TMCBlog.com – Halo sobat sekalian, dalam artikel kali ini TMCBlog ingin mencoba mereview tentang Tekiro Tool kit tipe 60 set yang sebetulnya sudah sejak lama ada di tangan kontributor TMCBlog (Nugi) namun tulisannya baru naik. Hehehe.. Semenjak diterima, sudah beberapa kali dipakai untuk bongkar-bongkar mktkr kesayangan dan tools buatan dalam negeri dengan teknologi Jepang ini memang sangat worth to buy. Mengapa? Let’s figure it out…

Terdiri dari 60 set tools dalam satu box/kotak, sobat bisa lihat pada foto di atas apa saja 60 set kunci kunci dan tools lain yang ada di dalamnya. Menurut saya ini merupakan alat-alat yang paling dasar untuk kegiatan bongkar ringan si motor kesayangan. Kalo mau turun mesin sih beda lagi ya sob tools yang diperlukan.

Untuk jaga-jaga di rumah sih udah cucok banget, sebatas bongkar body atau ganti busi matik mah eces sama Tekiro tools 60 set ini.

Untuk harga bisa sobat lihat di e-commerce langgananmu dengan referensi dasar Tekiro official shop. Sekitar 1 jutaan rupiah untuk tools berkualitas ini. Dipakainya juga nyaman sob, gak bikin bajt atau mur slek. Itu yang terpenting sih, karena bete banget kalau baut/mur rusak katika mau dibuka kan..

Obeng plus dan minus di segala ukuran (panjang dan besar obeng) juga tersedia dalam tools box set ini.

Kalo ada yang masih pakai motor karburator ada obeng minus kecil yang ujungnya bisa berputar sehingga memudahkan waktu seting bukaan sekrup angin di karbu. Hmm… Saya sempat pakai buat setup karbu motor bebek balap kemaren, jadi enjoy pas setting nya.

Wrench atau kunci pas merk Tekiro ini menggunakan bahan berkualitas teknologi dari Jepang dengan bahan chrome vanadium pilihan. Material kuat menahan beban torsi yang cukup untuk memutar baut tanpa melukai kepala baut tersebut.

Screwdriver atau obeng didesain dengan ujung bermagnet, hal kecil namun penting agar tidak buat repot ketika harus menjangkau baut yang berada di antara celah celah kecil. Seringnya motor matik atau ketika buka body motor sport fairing tuh ya.

Kunci inggris dan tang buayabserta tang jepit yang ada dalam satu set tools Tekiro ini saya rasa pas dari segi size dan juga bobot. Keseluruhan Tools set ini jadi tidak terlalu berat ketika harus dijinjing.

Nilai lebihnya, Tekiro mendesain dan menjual tools dengan finishing yang sangat baik dengan harga yang terjangkau banget. Penampakan fisiknya mirip mirip seperti tools luar negeri yang harganya berkali-kali lipat.

Ditambah tiap habis pakai saya punya kebiasaan bersihkan tools ini. Jadi ya cukup bersih lah ya kalau disimpan dan tidak jadi noda membekas di badan tools. Hehehe…

Tapi itu tips yang saya dapet waktu masih sering seringnya nongkrong ke bengkel, mekanik yang baik selalu membersihkan tools dan meletakkan kembali ke tempat semula. Jadi kalo perlu hanya tinggal mengambil tanpa sibuk mencari-cari lagi.

Besi baja yang jadi bahan dasar materialnya bagus nih, terlihat dari warnanya yang pekat. Cmiiw..

Kunci soket punya Tekiro ini biar kecil tapi punya kemampuan yang baik. Sedikit cerita, gear gear yang digunakan di dalamnya kecil dan berbeda dari tools kebanyakan. Sehingga waktu diputar, bunyi klik klik nya halus.

Grip pegangannya yang terbuat dari karet membuat nyaman saat tangan menggenggam. Tapi kalau untuk membuka baut yang keras atau lumayan besar disarankan pakai kunci soket yang lebih panjang supaya selain membuat tools awet juga agar tangan tidak cepat lelah.

Ketika dipakai bongkar kepala silinder Satria Fu150 milik teman sebelum turun balap. Kata teman saya sih, tools nya enak dipakai.

Ukurannya lengkap, mengakomodir untuk berbagai keperluan tak hanya otomotif tapi juga dalam hal kegiatan rumah tangga.

Saat membuka baut, clearance atau jeda tidak terlalu jauh dan menurut Saya inilah yang membuatnya nyaman ketika dipakai dan juga tidak membuat baut slek.

Untuk keperluan kelistrikan juga hadir di dalam tools kit Tekiro ini sob. Mulai dari skun sampai fuse/sekering berbagai ukuran. So, dalam satu box bisa dibilang lengkap banget kan.. Kalau yang lebih banyak isinya lebih mantap nih pasti sob.

Dibekali pula tang plastik untuk membantu memasang atau mencopot sekering bila tempatnya sulit dijangkau tangan.

Sudah dari dulu pakai Tekiro Tools

Nah jadi seperti itu review singkat dari TMCBlog soal Tekiro tools. Saya pribadi sudah sangat sangat familiar dengan merk Tekiro karena sudah cukup lama pakai Tekiro, teman-teman sepermainan (kok kayak lagi yah) juga banyak yang pakai Tekiro tools karena harga yang masih masuk di kantong mahasiswa (jaman saya dulu) kualitas yang diberikan Tekiro memang tidak main-main.

Konklusi setelah beberapa kali pakai Tekiro Tools 60 set baru ini adalah, Tekiro beneran sebuah tools yang berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa membantu sobat sekalian yang demen banget bongkarin motor (jangan lupa dipasang lagi ya) di rumah. Semoga reviewnya bisa berguna, siapa tau ada yang butuh tool kit dan lagi cari-cari referensi merk yang bagus tapi gak bikin kantong jebol.

Nugi TMCBlog

30 COMMENTS

  1. “saat membuka baut, clearance atau jeda tidak terlalu jauh dan menurut saya inilah yang membuatnya nyaman ketika dipakai dan juga tidak membuat baut slek.”

    menurut saya clearancenya cukup jauh. kalau ketemu baut keras trus pakainya ga hatiΒ² atau dengan teknik yang bener sih slek juga tuh baut… mungkin Bro Nugi boleh coba tools yang lebih presisi seperti Vessel misalnya

    @Jublik
    bener bro, emang masih kurang… kurang presisi… apalagi kunci L hexagonnya, bikin dagdigdug

    Guest
  2. Tambahan input buat bro Nugie TMCblog … Kepekatan warna baja tidak merupakan pertanda kualitas.

    Beda alat beda tuntutan spesifikasi materialnya. Ada yang butuh surface hardness, ada yg butuh toughness dll.

    Kadang dari satu baja yang sama, dengan heat treatment yang berbeda, warnanya berbeda dan hasil akhirnya juga berbeda. Jadi lebih ke tuntutan spesifikasi alat saja.

    Stainless steel warnanya sama ada yg sifat mekaniknya lebih unggul, ada yg lebih aman buat alat masak dll.

    Guest
  3. Kl mau yg lebih pahe soal harga dgn kualitas yg lumayan bagus bisa pilih merk Krisbow. Duluu… pernah beli yg 250 tools set dlm satu koper. Harganya ngga sampai 500 rb, kl skrg ngga tau harganya berapa.
    Tp dari segi kualitas kyknya lebih bagus Tekiro.

    Guest
    • Hahaha Krisbow itu merk paling sampah bro. Dia gak laku di luaran, cuma berani pasang di etalase mall sama Ace doang karena ngincer konsumen yang gak terlalu melek dunia teknik. Lagian Krisbow aslinya barang China kualitas rendah, di rebranding jadi seolah barang bagus dan di kasih bandrol seolah barang kualitas tinggi. Ya masih jelas lebih tinggi Tekiro, Krisbow itu cuma sekelas Kenmaster.

      Guest
    • Krisbow merk abal om sama kaya kenmaster haha, masih lebih baik tekiro. Atau kalau kebanyakan duit bisa beli TDR

      Guest
    • Jangan lebay ah krisbow setara kenmaster, tetep bagus krisbow bos

      Tapi jika di banding tekiro ya jauh lebih bagus tekiro bos

      Guest
  4. dirumah ane ada yg masih asli jepang, kunci sok lengkap dengan berbagai macam gagang, case dr besi,,, udah lama bgt, tp masih awet.

    Guest
  5. Lebih recomended stanley om, kalau ga sekalian heyco, weser, tp kalo untuk tang jauh lebih oke knipex setau ane yg pernah nyoba

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.