TMCBlog.com – Lagi lagi berita datang dari Milan, Italia dan masih dari pameran EICMA 2018 yang untuk kali ini Honda yang punya gawe sob. Bukan CBR1000RR Fireblade yang banyak dibilang harus kena update masif, namun sebuah motor konsep untuk dual purpose. Honda CRF450L Rally Concept nama yang Honda Motor Co., LTD. berikan untuk motor jangkung tersebut. Meskipun konsep tapi bentuknya dekat banget sebuah motor yang siap dibeli konsumen dari dealer.

Yang namanya motor konsep masih belum ada detil spesifikasi yang diumbar ke publik. Tapi menurut penuturan banyak media yang hadir di EICMA, motor Rally 450 cc ini bisa dengan jelas diekspos secara fisik. Mesinnya 1 silinder 450 cc DOHC berpendingin cairan. Sasis juga sama yang beritpe twin spar berbahan aluminium dengan garansi bobot yang ringan serta lincah untuk bermanuver.

Memang basis yang digunakan adalah Honda CRF450L, motor enduro street legal yang mengadopsi banyak parts dari motor special engine MX1 dari Honda dan sudah dipasarkan oleh Honda di Amerika utara dan juga Eropa. Nah dari dasar itulah CRF450L Rally Concept ini hadir, bedanya untuk versi Rally sudah dipasang navigation tower di bagian depan dengan windshield tinggi dan juga fairing body menutupi mesin.

Karena motor ini bisa dipakai di jalan raya, maka sudah pasti dibekali lampu lampu penerangan dan juga spion. Headlamp memakai CRF450L dengan LED dual cluster atas bawah dan dimensinya pipih banget. Tak lupa hadir sepasang lampu sein atau winker dengan desain yang ‘Honda banget’. Bagian belakangnya sih masih nihil spatbor dan plate number holder, tapi udah bisa dibayangin nantinya akan seperti apa desain spatbor belakangnya, bisa jadi gak beda jauh dengan CRF450L nya.

Kapasitas tangki bahan bakar diprediksi mampu menampung 19 liter Bbm yang didapat dari penempatan tangki bbm sampai di dekat mesin seperti halnya motor balap Rally. Tapi kalau dibandingkan kapasitasnya sih masih jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan motor balap Rally Dakar yang sanggup membawa bahan bakar sebanyak 33-35 liter sekali jalan karena sub-frame motor Rally Dakar merupakan tangki Bbm.

Pada bagian bawah motor concept iniini dibekali dengan engine cover berbahan carbon fiber untuk melindungi area mesin dari benturan dan bentuknya dirancang untuk mengalirkan udara ke mesin sebagai bantuan pendinginan. Fuel filler cap motor ini ada dua untuk akses pengisian bahan bakar di tangki yang terpisah di kanan dan kiri. Entah akan seperti ini pula ketika sudah masuk ke bentuk massalnya nanti.

Pada motor yang sedang dipamerkan ini menggunakan knalpot balap full system dari Termignoni berbahan titanium. Hmmm.. kalau mass prod nya nanti sih udah pasti bukan knalpot begini yang dipasang karena gak lolos Euro 4. Tapi unik bila jalur knalpot juga akan sama seperti konsepnya, dengan tidak lagi berada dibawah jok seperti motor trail special engine.

Bagian kemudi sepertinya menggunakan merk Renthal Fatbar. Jok pakai Noguchi sebuah perusahaan spesialis jok asal Jepang yang juga menjadi vendor bagi HRC di ajang balap Rally. Bagian menara navigasinya (navigation tower) itu merupakan layar digital yang sayang sekali fungsi detilnya belum ada informasi nih.. Masih nihil nih sob, tapi speedometernya kecil dan sederhana banget yah.

Ban yang dipakai adalah Dunlop AT81 yang orientasinya lebih ke off road, jadi bisa saja nantinya ban dari CRF450L Rally lebih seimbang untuk on dan off road. Lingkar roda depan 21 inchi dan belakang 19 inchi rim aluminium warna hitam.

Hadirnya hand guard menjadi pemanis sekaligus peranti safety bagi motor ini. Menurut TMCBlog motor konsep ini sudah siap buat dijual. Berbeda dari motor konsep Honda sebelumnya yang kelihatan banget cuma buat dipajang, tapi kalo yang ini beda. Sepertinya Honda lagi cek ombak nih di EICMA karena kompetitornya ngeluarin motor rally adventure semua, hehehe.. By the way, kira kira nih bakalan muncul juga gak yah CRF150L yang versi Rally?

14 COMMENTS

    • mungkin karna pembalapnya juga sering berdiri karna lewat Medan terjal dibanding yg mulus,drpd hernia karna telor sering kepentok jok 😂😂

      Guest
    • Belum diumumkan dan gak ada bocoran.
      Kalo mau prediksi bisa berpatokan sama CRF450L yg dijual US$10.400 (Rp. 155 juta), nah versi Rally bisa sampe US$22.000 an (Rp. 325 jutaan)…

      Editor
  1. Wak, bikin artikel spesial motor2 peserta rally dakar dung… Spek2nya, tekhnologinya, part2 uniknya, dan tetek bengek lainnya…Masing2 brand… Hehe
    Makasih

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.