Bro sekalian, bagaimana menurut bro semua mengenai dua kosa kata berikut ini Indent dan Popularitas. Kata yang mana yang tercipta lebih dulu? Maksutenya gini apakah sebuah Produk, katakanlah Motor produksi sebuah pabrikan akan Dikatakan populer setelah terbukti antrian Indent pemesanannya panjang membludak? Ataukah Suatu Produk Dipastikan akan mengalami fenomena antrian Indent yang mengular dikarenakan Kepopuleran Produknya? Kayak pertanyaan duluan mana Ayam dan Telor Ya? he he 🙂 Pertanyaan ini saya rilis jadi artikel sebagai buah penasaran saya akan Fenomena Inden berbagai Produk R2 seperti Honda New Scoopy ataupun Yamaha Byson.
Indent dalam dunia marketing kalo ngak salah tetep dibutuhkan untuk bisa memetakan Potensi Konsumen dari suatu Produk, dan tingkat ‘loyalitas’ Konsumen . . List Indent lah salah satu cara Pabrikan bisa menentukan rencana Produksi dan Strategi Marketing selanjutnya. Kalo dipikir-pikirInden itu mirip dengan Khitbah/Lamaran sebelum Nikah ya he he he 🙂 pasangan saling diikat biar nggak lirak lirik. Tapi tentu setelah Indent dilaksanakan di butuhkan Komitmen Pabrikan untuk memenuhi dengan cepat permintaan Inden ini. Bila kelamaan Bisa menjadi Bumerang dalam situasi Perang trust yang semakin ketat ini. Salah salah pabrikan bisa kehilangan Potential buyer dan lebih parahnya kehilangan kredibilitas, cmiiw
Sampai saat terakhir artikel ini dirilis saya masih percaya bahwa Popularitaslah yang menjadi Unsur yang mempengaruhi. Popularitas diperoleh melalui proses promosi dan Pengenalan product Knowledge Yang Intensif (ingat, Bukan Instan). Nah Karena Keterbatasan daya produksi yang belum mengimbangi permintaanlah yang kemudian menghasilkan fenomena Indent. Nha ini kan baru Hipotesis Thoq, Kali aja bro sekalian punya pendapat lain . .. ya Monggo di share dan didiskusikan sehingga menjadi berguna bagi orang banyak . .. monggo
Taufik of BuitenZorg
[polldaddy poll=4309444]
baca dulu
aku pertamax yang like. Btw perumpamaanya boleh juga.
Ato bisa aja produksi di batesi biar keluar fenomena inden.
padahal kapasitas produksi mampu
Podiumkah??
wah jarang jarang podium di sini 😀
Fenomena Indent pasti sering terjadi khususnya buat produk produk yang banyak peminatnya, indent agak lama sih ga papa, yang penting pabrikan memberikan servis dan layanan yang bagus pula.
sulit sekali membeli motor tanpa rencana, makannya biasanya dia kenal dulu baru beli motor yg dikenalnya
yang pasti kalo indent jangan kelamaan, nanti poularitasnya malah turun drastis bos!
selamat kan posisi dulu
xxl123 ganti nama jadi Oby ya?
@8-9 astrea
aku lagi libur pertamakk dulu 😀
kalo menurut saya sih, tuh motor populer dulu baru kemudian terjadi indent. masak orang mau indent tanpa tahu barangnya? kaya beli kucing dalem karung dooong… ;P
Konsumen mengetahui produk yang akan dibeli baru inden, kalo bagus otomatis permintaan pasar tinggi, sehingga tercipta fenomena inden…
Tapi NSZ yang ngga heboh banget kenapa mesti inden juga yak????
vote populer dulu dong kan kalau produk yang populer pasti banyak yan nginden om….
Numpang iklan http://moyseventeen.wordpress.com/2011/01/02/bocoran-motor-baru-di-2011/#wpl-likebox
vote kenal ayam (populer) dulu baru telur hehe…
Populer dulu inden belakangan..
Termasuk Strategikah?
wah indent teryata seperti musang berbulu domba..tak kira krn keterbatasan line produksi
pagi2 telor abis nih,,
kudu ke pasar dulu
g salah sisapy inden? D dealer honda d kotaku banyak banget lho, tp bnyakan yg wrna hitam.
menurut saya fenomena indent gak selalu karena popularitasnya ataupun sebaliknya.
banyak org yg beli scoopy atau byson yg sebenernya pd awalnya gak kepikiran buat beli produk2 itu.
pd awalnya mungkin akan beli beat atau vixy, tp begitu lihat didealer ada scoopy/byson dgn desain yg lebih menarik jadilah indent kedua produk itu.
sarapan dulu , monggo, , , , ,
sarapan pake telor 😀
#20
klo dalam kasus Byson Populer dulu terus Inden
KLO megapro Inden dulu baru populer 🙂
intinya
indent karna populer or populer karna indent…
saya rasa hal yg wajar buat produk r2 yg br loncing, karna (mungkin) angka produksinya blom stabil n skalian ngetes pasar sampe dimana produk baru tsb bisa ditrima masyarakat…
karena banyak yang inden, akhirnya jadi populer. orang banyak inden karena penasaran. rasa penasaran menciptakan popularitas, meskipun saya lebih suka popularitas itu karena kualitasnya sudah teruji dan terbukti. ambil contoh suzuki jelajah negeri sejak, kalo gak salah, zamannya Shogun ampe kemarin Titan. kan ditayangin terus to di tipi. ini berarti menambah popularitas. tapi toh pesanan biasa2 aja. beda dengan Byson di sisi lain. jujur aja. orang2 tau Byson ya sebatas rumor, spek-nya gini, gitu, tapi belom pernah liat ditunggangin langsung, belum terlihat diuji di medan apa gitu. rasa penasaran karena pemberitaan yang membludak akhirnya mengarah pada inden yang mengular.
tentunya popularitas dulu lalu hasilnya inden…kan gak mungkin inden barang yg dak populer..
memang saya sadari, merk dari raja 4 tak itu yg sering inden dibandingkan merk hnd…yah tau la …kapasitas prod. terbatas dan sdh maksimal alias produksi main di red line terus.
Semestinya merk hnd yg sering inden…seharusnya sih. Tapi itu mungkin krn populernya kurang akibat design yg kurang citarasa….
karena rasa penasaran yg sangad tinggi sama si byson maka konsumen berbondong bondong ke dealer yamaha,apakah betul tuh mongtor keren tongkrongannya seperti yg di beritakan di dunia maya? ternyata setelah melihat secara langsung si kebo langsung deh mereka pada ngilerrr dan terjadilah inden yg mengular 😀
kena jaring betmen terus 😀
populer bisa menjaminkan terjadinya situasi inden utk beberapa waktu….tapi gak bisa sebaliknya.
terlalu banyak inden jelek juga, kasian konsumennya…!!!
http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/03/mana-bagusan-power-atas-atau-power-bawah-yang-menggila/
biasanya yang penting populer.. kaya politiku…sing penting tenar..qqq
http://rosso99.wordpress.com/
ngikut ajah 😛
absen pagi…
ngindén telur aja wis…
😀
kalo masalah Indent mah gue benci bnget….
kalo beli barang suruh pesen dulu berapa hari ato minggu baru dateng keburu nafsu gue ilang….
beli yg ready ajah ……………………………………………………………………………………………………………………………………..
perumpamaannya diganti dong, jelas lebih dulu ayam dari pada telur, ayam BISA bertelur, tapi telur TIDAK BISA jadi ayam bila tidak dierami AYAM….
HIDUP AYAM!!!
konsumen juga sebenarnya g suka inden lama.. tapi mo beli yg ready yg sekelas, sayangnya modelnya kurang citarasa kata om jaos 😀
terpaksa deh inden dari pada beli yg ready kurang pas di hati 😀
Hidup sapi…..
loh ko’….. ❓
si jaos mah seleranya yang penting yamaha semua pasti bagus..xxixixi
ayam bisa bertelor
telor gak bisa ber ayam
@ scnk
Ayam apa dulu nich…..
kalo Ayam Jantan gak bisa bertelor loh………….
Ayam Betina pun gak akan bisa Hidup tanpa ada Ayam JAntan…. kan mereka cinta mati….
yg pasti kelakuan kita jangan sampai kayak Ayam Jago yang suka gonta ganti Babon, Babonnya orang di kejar2… habis manis sepah dibuang… trus cari mangsa lagi…dan lagi…
yg pasti kelakuan kita jangan sampai kayak Ayam Jago yang suka gonta ganti Babon, Babonnya orang di kejar2… habis manis sepah dibuang… trus cari mangsa lagi…dan lagi…..
@36 mr xxl123
correct….sepakat.
@38 mr scnk
itu tidak benar, mr… Memang hnd sangat disayangkan designnya masih kurang. Tidak berarti merk lain sempurna, hanya saja hnd belum nangkap betul selera konsumen INA, selain mengandalkan nama merknya sj.
indent suatu produk bisa juga dikatakan sebagai stimulan pasar sebelum suatu produk diproduksi dalam jumlah yang benar-benar massiv. Hal ini juga bisa dianggap sebagai tolok ukur suatu produk dalam melakukan penetrasi ke pasar, yah itung-itung sebagai Test Site nya produk-produk yang akan diluncurkan, CMIIW.
HIDUP BIKERS INDONESIA !!!(wildcarder)
@ 26. jaos
yang populer itu tidak mesti indent khan ???
indent terjadi karena kapasitas produksi yang terbatas ….
kalau ymh indent wajar, karena kapasitas produksinya yang serba terbatas, nah yang hebat itu kalau hnd indent, sudah kapasitas produksinya yang memadai masih indent …
mr. jaos coba otaknya jangan digunakan untuk ngerem saja, sekali-sekali gunakan untuk logika yang benar
kok pagi-pagi udah lempar lpg …. jangan-jangan lpg kentut …
😀 😀 😀
@ mr. jaos again
sudara sejak turun gunung selalu mempertanyakan design hnd, anda terlalu terobsesi semakin di depan, untuk mematahkan argumen anda coba tengok sikupi … begitu fenomenal dan membuat si fino mati kutu … berhentilah berkhayal dengan obsesimu mister …
😀 😀 😀
kalau ditanya duluan mana telor ama ayam ???
jawabannya hanya Tuhan yang tahu … hehe
tapi kalau ambil analogi diciptakannya Adam dan Hawa, bisa ditarik kesimpulan bahwa yang lebih dulu diciptakan adalah ayam jantan lalu ayam betina, barulah telor ….
adapun mengenai popularitas dan indent dalam dunia R2, ya populer dulu dong, masa orang tiba-tiba nginden produk yang belum dikenal dan terkenal … itupun kalau produsen tidak bisa memenuhi permintaan, tapi kalau terpenuhi buat apa indent-indent-an … iya thoh ????
jadi inget masterNeon yang berjibaku debat masalah telor dan ayam …. xixixi
permisi, udah waktunya kuliah nih … xixixi
@43mr udin
yg populer PASTInya inden…cek saja ke lapangan.
Hnd inden bisa sj…tapi utk berapa lama..? Bagaimana itu soal inden tapi stok ready? ha ha ha…
@44mr udin
mempertanyakan soal design itu sdh saya lakukan sejak eksis pertama kali di blog2 mtr…ha ha
btw, otak manusia biasanya cuma 1% yg kepake…lebih dari itu namanya super jenius…CMiIR
Indent karena Demand tinggi, bisa diartikan bhw produk sudah populer.
Indent karena keterbatasan space lini produksi, padahal demand rendah/sedang bisa diartika bhw pabrikan sekedar coba coba pasar.
Terjadi Indent padahal tidak ada demand adalah sebuah lawakan..
@ shrouder …
wkwkwkwkwk …. cukup cerdas …
seperti yang indent online itu kali yach …
sutuju dgn bro Udien
klo byson indent ya wajar lha wong kapasitas produksinya cuma 5000 unit sebulan.
klo permintaan pasar 7000 aja dijamin bakalan indent.
klo aja NMP kapasitas produksinya dipasang cuma 5000 unit jg dijamin bakalan indent panjang jg karena permintaan pasarnya nyampai 17 ribu, lebih besar dr permintaan byson.
yg hebat itu spt vario techno dan scoopy dgn kapasitas produksi hampir 25 ribu tp masih aja indent panjang.
kenapa byson gak ambil line up produksi si klingon a.k.a The Blunder Motorcycle of The Yeary g gak laku itu ya?
saudara jaos bisa jwb knp?
:D:
kenapa byson gak ambil line up produksi motornya jaos a.k.a si klingon a.k.a The Blunder Motorcycle of The Year a.k.a si jago ambles a.k.a nsz yg gak laku itu ya?
saudara jaos bisa jwb knp?
:D:
di motogp fby bilang…siapa suruh ndolozzooorrr
disini gue bilang…siapa suruh kapasitas produksinya gak mampu..heheheheh..kalah deh ama onda 🙂
Kalo di indonesia kebanyakan sepertinya gak peduli…
Kalo udah cocok di mata,indent trus..
Skupi n Byson indent 4 bln aja masih nambah terus daftar antrian indentnya..
Gilaa..
Motor yg lama mo dikemanain ntar 2012…
Indent sudah menjadi makanan mafia sales, dealer, & Leasing…
Kalau berani setor 500 rb – 1 jt gak pake indent tuh, lgsg kirim ke rumah…:) palagi kl belinya kredit…
hehehe… betul..betul..betul.. Cpa suruh kapasitas produksi cekak…….
@ jaos
ngomongin maslah selera konsumen INA emank lo bisa pasti’in kalo Selera masyarakat INA itu semua sama ❓ ah.. lagi-lagi pikiran anda sempit…..
lho, katanya au_ah byson ready stock kog, tanya aja kalo ga percaya.. wkwkwk 😆
boleh indent , asal jangan Ngendon! ngendon= kegemaran ayam / bebek yg mangkring diatas telor dalam kandang nya 😆
nitip bang haji:
http://azizyhoree.wordpress.com/first-quis-2011-warung-dohc-bagi2-hadiah/
populer dulu mas taufik sebelum indent
menurut ane lo
kapasitas produksi sgt mempengaruhi indent
Kapasitas yamaha cuma 3 juta pertahun,
motor yamaha yang laku mungkin udah 3,1 – 3,2 juta tahun kemarin, jadi kapasitas emang full bgt., wajar kalo inden.
beda dengan honda yang kapasitasnya sampai 3,5 juta pertahun, 500 ribu lebih besar dari yamaha, tapi penjualan cuma unggul 100 ribuan diatas yamaha.
jadi gak perlu inden.
kalo ada fbh yang teriak 2 produk H sampai inden, itu hanya di mulutnya aja……
@mr elek
pertama2, scouzy bkn blunder dan bkn klingon…ha h aha…klingon itu y supri…blunder itu ya cbr (vfr?)250…semoga bisa membantu jelas..
kedua,opini saya, maximal kan sj yg ada, penuhi target yg dibuat, toh permintaan buat scouzy masih oke…
ketiga, kenp? terus terang saya orang biasa…soal tambah kapasitas produksi, itu bukan kapasitas saya utk tambahkan kapasitas itu yg mana kapasitasnya sekrg masih terbatas.
@59 mr lui
tentunya saya gak bisa pastiin, tapi ‘barometer’nya mudah kok…lihat saja knp produk ymh (designnya) bisa sebegitu laris…itu artinya designnya touching heart…
lain kalo one heart, itu artinya terimala design ini apa adanya dgn hati yg pasrah dan sepenuhnya….kira2 begitu.
siapa suruh kapasitas terbatas?
Tentu gak ada yg mau dan nyuruh , ya to?
Tapi cb pikirkan, sdh terbatas, inden tmbh panjang, designnya touching…menurut sodara2 bisa jadi bangkrut gak ke depannya? ya gak to…yg ada peningkatan, itu pasti…
klo mnurut gue indent dlu..
karena, kan yamaha rilis nih byson..
terlepas dari merk nya,
jika orang suka maka akan beli bukan?
popularitas didapat setelah beli & ada feedback positif dari konsumen, serta menyebar dari mulut ke mulut
tentu popularits yang bikin Inden makin panjang kemudian inden panjang semakin menambah popularitas iya to??
http://blogpakyo.wordpress.com/2011/01/02/honda-india-percepat-inden-cbr-250/
@kang udien: indent 5 bln bikin cape hate.
inden sudah menjadi popularitas bagi Honda..
hhheeee…
sehabis popularitas maka bisa muncul ‘spike’…
dan tampaknya produk yg tampak laris tapi gak inden panjang itu lebih mudah kena ‘spike’s syndrome’…biasanya cukup butuh jangka waktu 6 bulan tampaknya
yg saya tau ada sebuah merk yg sdh inden panjang, lalu gak inden lagi tapi gak ‘spike’ juga tapi konstan laris…..yg begini ini yg harus diketahui apa resepnya….
time will tell laaaaghhh …. gak usah sok teo ..
wakakak ……
ya…… kita kan cuma komen apa yg sdh terjadi, masa’ time wil tell la terus..?
perang dingin …
sejak eksis mempertanyakan design …
gak liat tuuuuchhh …
macem-macem wae ieu mah yeuh ….
design memang ada kemajuan, tapi masih kurang dikit lagi la….ok.
ternyata jaos lebih perhatian thdp hnd ketimbang fbh … wakakak …
ada cinta tersembunyi … ok… siip dech …
xixixi…
G ada ceritanya gara2 Indent trus jd populer..Ini bukan spt Ayam dan telor..lha wong sdh jelas..karena populer makanya jd indent yg disebabkan ada demandyg meningkat pesat tajam, sementara kapasitas produksi ndak mencukupi…Ngapain juga harus Indent klo suatu produk tdk terkenal bagus kualitasnya atau populer..
@ jaos
si A pupuler …. kapasitas cuma 5000
ular indenan ada 2000
si B populer …. kapasitas 17.000 tidak ada ular indenan …
nah populer mana A dan B ayooo ….
( inih mah analogi sajah bos )
nyambung : sedangkan si B udah terjual 17.000 …
@mr udin
kan saya jg pernah punya hsx…soal cinta merk, sama ymh pun tak adanya…kalo fbh? nah ini yg bikin hnd tambah buruk, ibarat sdh jatuh ditimpa tangga yg lagi jatuh lagi…
soal analogi…ayo la ditingkatkan lagi analoginya, masa’ kapasitas perbandingannya 3,sekian:1..yg benar saja la…coba diturunin atau dinaikkin lagi angka-angkanya.
@79 mr udin
tipikal fanboyism….cinta merk…senang bukan kepalang bila ‘antagonis’nya perhatian thp merk pujaan kesayangannya… ha ha ha
@ jaos
bukan seneng bung, tapi herman eh heran …
@ mr. jaos
analog gak usah ribet-ribet
yang mencernanya saja yang harus lebih ngerti …
kecuali yang mencernanya gak ngerti …
kalau si klingon kok gak ada yg indent ya?
malah kemarin diobral dipameran.
cacingaaaaan……
@jaos
entunya saya gak bisa pastiin, tapi ‘barometer’nya mudah kok…lihat saja knp produk ymh (designnya) bisa sebegitu laris…itu artinya designnya touching heart…
===============================
kalau si klingon bijimane bro?
desain terancur abad ini ya?
@mr udin
ha ha ha..iya monggo dibolak balik…
@mr paido
ha ha ha kau ini siapa lagi? Klingon itu apa? kalo supri z ..iya. Design nya hancur, ya nilai sendiri la…
Gak ada inden? monggo koar-koar non sense nya…ha ha ha
@ jaos
emang argumen sudara udah terbalik
wakakakak …
Gak usah rame. Yamaha, kata Jaos, Thole, Xeon, desainnya bagus, honda kurang bagus. Tapi faktanya konsumen lebih memilih Honda. Buktinya, jualannya selalu lebih banyak. Siapa yang mau membantah?
Penjualan produk Y makin tergerus secara persentasi, seiring tergerunya Si Jadul Mio oleh Beat dan Sutekno. Karena di Mio lah tulang punggung yamaha. Saya tidak yakin mio facelif bisa sesukses mio jadul. Peta kekuatan sekutik sudah berubah. Tidak seperti dulu, orang hanya tau kalau matik itu ya mio. Sekarang? Mio sudah tidak ada gengsinya.
@90 mr udin
ha ha..itu krn saya lg malas…
@mr nhd..
tentunya gak ada yg bantah dong, kan design itu salah satu faktor saja, cuma termasuk faktor utama.
Lagiankan hnd juara jualan dan raja bebek tentunya.
Saya sepakat….
See, selalu akhirnya ada kesepakatan antara konsumen biasa dgn fanboyism.
bhuahahaaa….
supri dibilang klingon?
kalau klingon itu produk yg dapet predikat The Blunder Motorcycle of the Year itu.
kalu si supri sih siapa juga tau kalau RAJANYA BEBEK.
untuk kelas 125 cc keatas ada yg bisa ngalahin?
ha ha…saya bikin blunder dong, tryt supri itu raja bebek…walau tampang spt klingon…
Jadi,please apa itu blunder of the year si klingon? Siapa yg kasi gelar? Sdh diuji waktu? ha ha…
wakakakaka
jaos … pemalas yang rajin (koment kebalik)
wakakakaka …
dulu inden karna keterbatasan produksi..
kalo skrg inden identik dgn narsisnya atpm..
ndak ada hubungannya dgn popularitas krn contohnya cs1 cukup populer dikalangan biker tapi jelas ndak ada inden..
klo indent ymh byson tampak sekali unsur YMKI sengaja meminimkan stock byson di seluruh dealer ymh,tujuan’ny jelaz agar calon pembeli byson yg tdk sabar menunggu indent,akhir’ny beralih membeli ymh vixi.
susah ngomong karo jaos iki opo maneh thole
wes bengi iki,yen arep ndagel melu OVJ wae
99 lorengso
seratus 100 😀
hahahaha.. bukan nya susah ngomong ma saya, tapi omongan fanboyism itu NGACO.. darimana lagi predikat Blunder of The Year?? apa sudah terbukti?? saya tanya.. wkwkwkwkwkwk 😆
*eh..giliran produk kebanggaannya dikatain balik, Klingon dia ga trima.. NGACO ahh wkwkwkwkwkwk 😆 fanboyism musti banyak2 legowo deh, belajar sama saya boleh..wkwkwk
@ thole
belajar ngaco sama thole ??? gak mau ah …
xixixi
le coba buka warunge si mbah
https://ducatimonster.wordpress.com/2010/12/23/blunder-of-the-year-new-scorpio-z/
@udin
neverpreett lah..
@ thole
first lesson from U … 😆
wadohh jauh amat…100. menurut aye indent pasti populer. artinya yang mesen banyak. pake logika sederhana aja. nah, kalo yg pesen dikit buat apa indent?
Menurut Gwa sih om taufik yg lebih duluan adalah popularitas, orang sekarang liat barang bermerk pasti itu yg jadi fokus pertama, yg kedua baru klo dah cinta sama satu produk tentunya bakalan ditungguin, terlepas itu bener ato ga faktanya sebagian besar kaya gt. orang2 Qt mindsetnya masih banyak terpengaruh sama popularitas
kalo ada yg bilang hond* designnya jelek, tpi tahun 2010 dari 12 bulan, 7 bulan dipegang honda penjualannya, gimana klo designnya bagus ya ???
yang ngaku semakin didepan minggir dulu lah…
kupii mo lewat ni…
Setuju ama Bro Richie…Popularitas mendahului Indent…karena populer maka dikejar2…klo gak populer, dilihat aja dah untung
So pasti bro- bro popularitas suatu produk yang mendunia bisa membuat deretan orang rela untuk ngantri.
yang pasti populer dlu bru orang mo bli…klo produknya bgus trus orang bersimpatik pasti di beli wlo rncana awal mo bli produk lain bsa bralih k produk yg indenya panjang contohnya aja sperti scoopy tu indenya pnjang bener brarti masyakarat udah mnyukai produk yg satu ya…
klo menurut ane popularitaslah yang menyebabkan indent.. klo ga ada promo ga ada gembar gembor.. sulit rasanya buat bikin indent membludak.. tapi klo indent lama… ini akan membuat polaritas menurun….