460x110

IWB-TMC-NAKEDVOLUTION

IIMS 460x100

Bro sekalian, peluncuran dua superbike Yamaha YZF-R1 dan Yamaha YZF-R1M . . . dilakukan secara Compact, 60 menit-an padat . . . dimulai dengan Opening Oleh Direktur YIMM, pembukaan kerudung, lalu Ada Penjelasan sesi Marketing dari Pak Hendry Wijaya, Lalu yang paling menarik adalah penjelsan teknis yang secara apik di bawakan Oleh Pak M Abidin GM Aftersales dan Motorsport YIMM . . .Bukan hanya apik . ..  kalo menurut tmcblog Penjelasannya lumayan serem, serem bukan dalam arti Horor . . . namun seram karena Penjelsan teknologi yang mirio mirip Yamaha YZR-M1 yang diaplikasikan di Yamaha R1 dan R1M boleh dibilang mendalam dan cukup Komprehensif . . . So Bukan hanya media dan Blogger doang yang kiranya berhak menyimak penjelasan tersebut . . . mas bro sekalian apengunjung tmcblog pun tanpa batasan ruang dan waktu berhak menyimaknya . . . Silahkan saja simak Video amatir tmcblog diatas dan simak juga penjelsan di bawah ini sob .. .

banner-440x110genJuara

MBtech Riders-APR

2015_YAM_YZF1000R1_EU_MS1RB_DET_001_03

Video akan dimulai dari penjelsan Crossplane Crakshaft ( CPC ) . . . sistem Crossplane plus piston ringan yang di aplkasikan menurut pak abidin akan membuat motor naik powernya namun rendah vibrasi . ..  ini membuat  motor akan cepat dan controllable . .

2015_YAM_YZF1000R1_EU_MS1RB_DET_003_03

Lalu bro akan simak juga bahwa aliran udara mulai dari filterudara disemprotkan directly lurus ke katup IN . . . nggak pake belok belok . . . mungkin udah mirip downdraft nih sob . ..  ini membuat asupan udara untuk pembakaran bisa dipastikan cepat .. . oleh sebab itu dbanding R1 lama, standar R1 baru punya power 18 PS lebih besar  . .. wedeh

2015_YAM_YZF1000R1_EU_MS1RB_DET_005_03

Seperti Juga MotoGP, R1 dibuat dengan konsep Light weight  . . . hampir semua variable diperhatikan baik yang kecil kecil seperti Piston yang lebih ringan, juga hal hal yang kasat mata seperti bagian body . . .Alumunium fuel tank, alumunium main Frame, Magnesium subframe, magnesium wheel, dan swing arm yang lebih pendek membuat motor ini cuma berbobot 199 kg untuk ( R1M sedikit lebih berat) . . . enteng untuk ukuran superbike mah

R1-roll-1

Yang serem dari R1 adalah pengaplikasian IMU bukan IMU yang artinya  I Miss You yaaa . . wekekeke, Tapi IMU = Inertial measurement unit  . . . ini sistem yang didalamnya terdapat semacam Gyro sensor yang mengatur  dan mendeteksi keadaan posisi dari R1 mengguling kedepan, miring kesamping atau memelintir muter  . . . ini belum lagi ditambah Accelerometer atau G-Sensor yang mengukur skselerasi dari motor  . . . semua ini datanya diintergrasikan ke elektronik yang paling rumit di superbike yakni Yamaha Ride Control (YRC) . .. Oh ya IMU ini adalah Yang pertama di Superbike . ..  membuat superbike lain jadi kelihatan ( sorry to say )  old school

2015_YAM_YZF1000R1_EU_MS1RB_DET_011_03

Nah Bicara Yamaha Ride Control (YRC)  . . . di YRC ada Data loggernya juga sob yang akan menaungi 6 sistem kendali yang membuat motor ini bisa Liar atau jinak tergantung setingan yang kau inginkan . . . apa nggak sadis ? Nah berikut tmcblog copykan sistem yang bisa diperoleh di YRC nya Yamaha R1 ( maap masih males terjemahinnya dalam bahasa sunda sob )

  • Power Delivery Mode (PWR), similar to the earlier “D-Mode” system, lets the rider choose from four settings of throttle-valve opening rate in relation to the degree of throttle-grip opening to best match their riding conditions.
  • Variable Traction Control System (TCS) with lean angle calculating the differential in front to rear wheel speed as well as the lean angle, it helps prevent rear wheel spin when exiting corners. As lean angle increases, so does the amount of control…with ten separate settings (off and 1-9) enabling the rider to dial in the exact level of control needed.
  • Slide Control System (SCS), the first of its kind on a production motorcycle, comes directly from the YZR-M1. It works in tandem with the IMU, where, if a slide is detected while accelerating during hard leaning conditions, the ECU will step in and control engine power to reduce the slide. This too can be adjusted by the rider. Four settings (1-3 and off).
  • Lift Control System (LIF) IMU detects the front to rear pitch rate and the ECU controls engine power to reduce the front wheel lift during acceleration. Four settings (1-3 and off). Launch Control System (LCS) limits engine rpms to 10,000 wide open throttle. It maintains optimum engine output in conjunction with input from the TCS and LIF systems to maximize acceleration from a standing start.. Three setting levels regulate the effect (1-2 and off).
  • Quick Shift System (QSS) cuts engine output so riders can up-shift without using the clutch and closing the throttle, for quicker lap times, also with three variable settings (1-2 and off).
  • Assist and slipper clutch is used to give the rider more confident downshifts when entering corners aggressively.
  • The R1 uses YCC-T® (Yamaha Chip Controlled Throttle), fly-by-wire technology providing optimum power delivery. YCC-I® is Yamaha Chip Controlled Intake which is a variable intake system that broadens the spread of power in both low and high rpm.

2015_YAM_YZF1000R1_EU_MS1RB_DET_030_03

2015_YAM_YZF1000R1_EU_MS1RB_DET_029_03

Pak Abidin juga menjelaskan soal Interface dari panel meter Yamaha R1 yang punya dua wajah . . . wajah interface ini bisa dipilih untuk Riding harian atau Di Track ( hitam )

yatrack2

Dan Yang cukup serem juga didengar di akhir penjelsan bahwa Yamaha R1 dan R1M dibekali juga dengan Aplikasi gadget Yang namanya Yamaha Communication Control Unit (CCU) dan dikombinasikan dengan Y-Track . .. Perlengkapan Standar untuk R1M, dan Opsional Buat R1 . .. aplikasi ini dapat diunduh di playstore utuk mas bro yang punya gadget android dan data dari Datalogger akan bisa di upload ke CCU/Y-Track untuk selanjutnya dijembreng utuk bisa melihat bagaimana karakter mas bro di Track . ..

Ytrack-1

ini berguna untuk mengevaluasi Track behaviour mas bro sekalian sehingga bisa dimkoreksi kalo ada yang salah . . . kalo pak abidin bilang . . . Rider nggak bisa bohong atau cari cari alesan saat melakukan kesalahan kalo Pake R1/ R1M 😀  . .. canggih yak . . . woorthy kah untuk Motor seharga setengah Milyar ini ? . . . silahkan dikunyah kunyah sob . . . semoag berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

 

164 COMMENTS

    • saya kira kastanya di RC213V ato H2..lah kok cbr/zx dibawa2..berarti cuma facelit aja si r1..oh iya kan R series ya, harganya jg cuma segitu..ya value nya seri lama dah..toh cbr 1000 ato zx1000 jg sudah banyak berjejer djln..noh liat di olx..motor 1000cc yg udeh pd bosen pake yg nunggu penunggang baru nya..

  1. Nangis nh Rider Pabrikan Hon-OoN, klo liat kenyataan ini…hahahaha…ada harga ada teknology….bru Sport sejati nh….

  2. Was Haji kok Ngak kedengeran ya Ada FBH yg beli CBR1000SP harga 575 jeti yang Katanya motor dewa juara berkali2 Suzuka 8 hour. Yg Jadi pernyataan apakah :
    1. Begitu kerenyakah kaum FBH
    2. Apakah takut stuck throttle seperti Stoner yg bisa berakibat fatal
    3. Apakah modelnya sama dengan CBR150 Jadi FBH tajir jijaii makenya.
    4. Apakah Karena cbr1000sp technologi terjadul dikelas 1000cc sehingga harga 575 overprice.
    5. Apakah Karena terlemot dikelas 1000cc on stock sehingga FBH takut dikepreti New R1.

    Kira2 diantara 5 alasan Diatas apa alasan yg tepat sehingga FBH tidak Ada yg mau beli CBR1000SP

    Kasihankan nanti nasibnya kaya 0 unit CBr250 Dan disuntik mati kayak Kasus old CB streetfire DOHC overbore yg hidupnya Cuma 2 tahun

  3. Asli ngowoh bin ndhelangop kalo beneran wak haji menerangkan dlm ‘bahasa sunda’… :mrgreen:

    Asli ni motor keren bingit technical measurement nya… Sampe bolak balik bacanya sekedar ingin mudeng

  4. Saya heran pabrikan suling, yang kata FBH pabrikan Kere Dan ngak bisa bikin Mobil kok bisa buat motor Lebih canggih Dari CBR1000SP yang harga 575jt yg sorry to say Jadi terlihat old school

  5. canggih euhh tapi bentuknya rada aneh,, lbh suka R6 ama ZX10R…
    ada yg tau mayor facelit R6 kapan,, btw udah 10th an blum brubah,,, lgendaris emang

  6. wuah..wakAJI nyampe bilang superbike lain nampak jadoel(old school), nanti ada yg marah&ngambek loh wak,. *lirik eFBeHa. Nih motor bener2 canggih & value banget dah, yg lain jadi klihatan superduper overprice.
    JuoOs

  7. Ane jujur sebagai pencinta honda cbr .. Liat superbike nya yamaha yg ini memang keren .. Fitur canggih .. Sangat woorthy wak ..

  8. Skrng Koar koar bentar lagi Alamat sebelum setahun Di RRRRRRijek yamaho Macem teknologi maho YeMenJet MenJet Fi y Burossssnya gk ketulungan…..

  9. secara awam si jauuuh lebih superior dibanding RC213V-S.. dari segi power dan fitur.. apalagi harganya.. di thailand RC213V-S nyampe 3,2M.. apa gak gila?? hadeehh.. harga H2 kawasaki aja setara kyk R1M.. yang versi race alias H2R sktr 1M.. tinggal pilih.. beli merk atau motor 😀

  10. Mantap! Kata Satar motor ini murahan dibanding BMW1200GS dia. Ya orang bego dan kebetulan kaya aja yg mau beli motor payah dan bilang R1M motor murahan dan kasta rendah. HAHAHA

  11. Seperti Juga MotoGP, R1 dibuat dengan konsep Light weight . . . hampir semua variable diperhatikan baik yang kecil kecil seperti Piston yang lebih ringan, juga hal hal yang kasat mata seperti bagian body . . .Alumunium fuel tank, alumunium main Frame, Magnesium subframe, magnesium wheel, dan swing arm yang lebih pendek membuat motor ini cuma berbobot 199 kg untuk ( R1M sedikit lebih berat)

    ====================================

    apaan nih..jadi keinget the gram strategynya mazda pas buat MX5

  12. Canggih banget, teknologinya juga gak tanggung2 merupakan yg paling maju di kelas superbike.

    Pantesan CBR1000RR sampe ndlosor2 nggowoh bin dombleh mengejar Yamaha R1 hingga bikin Stoner patah kaki.

  13. untuk kelas superbike jepang,, saat ini R1 yang modern dan value for money paling juuooossss….

    namun semua itu wajar,, wong keluaran terakhir…

    tapi ntah mengapa untuk modelnya ane lebih demen R1 lama,, terlebih model swingarm terbaliknya 😀

  14. tapi kalo kejar kejaran dijalanan indonesia masih kalah ma HARLEY DAVIDSON….
    kena lampu merah berenti… sedangkan HD melenggang kangkung….

    salam susah netral

    • H2R whell basenya keliatanya puanjang bingit, buat ngejar trek lurus doank…jelas di sirkuit kewalahan lwn R1M
      Beda segmen bro.

  15. Klo menurut pandangan saya

    Terlihat sangat biasa aja

    Lbh serem klo dikasih liat pocong /genderuwo……

    Hohohohohohohohoo

  16. ekekekeke

    tim swat pada epilepsi
    cbr 1000 esp ga laku
    tebar brosur terasa percuma

    ekekekekeke

      • Lawan Hayabusha itu ZX14, mgkn kl mau Hayabusha dibandingin dgn H2R. Soalnya H2 diadu sm ZX10 drag aj ga beda jauh. Kl R1 jelas bukan motor drag jadi kl diadu ya tidak bisa banyak diharapkan. Filosopi Yamaha memang tidak berusaha mengumbar power tapi paket yang komplit

    • CBR bukanya cm 575 juta bro?
      mungkin yg anda maksud RCV S, 2 milliard rupiah kalo di Thailand. Masuk sini bengkak lg jd 3,2 M.
      Kalo menurut ane RCV S lebih sepadan di lawanin Desmosedici GP versi jalan raya.

      Tapi kalo kalah sama R1M ya itu derita Honda.
      Hehehe…

    • Beda segmen banget om kalo yang ercipies..mereka yang beli nyari yang sedarah motoGP kek desmo. Jadi disini sisi rasionalitas bakal dikesampingnkan. Biar kalah lawan rival juga ga masalah karena yang mereka ambil ya super limitednya dimana beli sekarang hari senin harga naik. Ga tau kalo yamaha tiba2 ikutan kesambet bikin M1 versi jalan raya… Kalo ini mah masih yzf bukan yzr. Versi r1 M sendiripun ga akan disambut seantusias M1 road legal

  17. fbh dilarang membaca artikel ini krn dijamin fbh gk bkal ngerti dn kemungkinan bsa ayan berjamaah

    krna fbh itukan koplak..

  18. R1 lebih Value daripada CBR1000RR/ SP, bahkan R1M sangat sangat Value Di banding RC213V-S.

    # engga salah jika Unit terjual habis,

    • Jangan bandingin YZF_R1/M dngn RCV 213V-S pak Udin,,
      Jelas2 YZF_R1/M bukan klans YZR,,
      kan udah di briefing sama Bero Subaru diatas,
      soal value ini produk dengan rival okeh saya setuju,,
      tapi kadang konsumen buang rasa rasional demi mendapatkan barang yg limit edition nd sedarah dngn produk aslinya,,
      #contoh RC213V-S = Desmosedici Legal
      #So,, YZF bukan YZR,,

      But ,, I am appreciate Yamaha for this things,,

      • hahaha….
        pasca race suzuka 8hr, fbh ngotot yzf r1 “wajar menang” karena r1 terbaru ini adalah m1 versi jalan raya….
        sekarang mulut fbh lain lagi….

        fbh..memang mencla mencle…

      • Cekekeek
        Tapi patah tulang dimana2…
        Yg paling miris liat Adriana dan anaknya juga nonton. Untung anak Stoney sibuk mainan Ipad.
        Get well soon buat Stoney aja deh. N selalu ingat Jgn pakek motor abal2 bila gak pengen jumpalitan lagi.
        Cekuekekekeek…

  19. Di mana2 kl gampar itu yg di gampar yg ndlosor
    Lha ini yg gampar malah ndlosor…
    Hadeeeh goblok kok di pliara !

  20. @Pak Haji,
    Mau tanya,,
    Knapa ea motor/mobil yg menggunakan mesin konvigurasi V lebih mahal harganya ketimbang mesin yg menggunakan mesin inline,,??

    #ambil contoh,
    Suzuki V-Strom 750 harganya nembus 275jt
    Padahal dilihat dari spek nd cc hanya menang tipis dngn ER6 series Kawasaki yg hanya 170jt,,??

    *Mohon Pencerahan’nya,,

    • sekalian tanya juga, kenapa motor honda rcv (v) dan ducati desmo (L) tim satelit motogp lebih mahal dengan harga ± usd1,7 jt dibanding yzr m1(inline) satelit yang cuma usd ±1,2 juta.
      padahal yzr m1 satelit selalu jadi motor satelit terbaik dan tersukses.

      • Pengen denger yg agak teknis jawabannya Pak Haji,,,

        Terus kenapa ea semua kontestan Mobil F1 dari Jaman Shcumacher awal 2000an sampai sekarang konsisten memakai mesin konfigurasi V ,,??
        dari V10 3000cc ke V8 2400cc menjadi V6 1600cc,,???
        Padahal dari best lap time F1 belum bisa disamain atau malah dilewatin sama MotoGP,,
        Top speed F1 jga lebih tinggi dari MotoGP, padahal berat mobil F1 hampir 1ton aka 1000kg,,

        #Mohon pencerahan Wak,,

  21. 6. Bobi – August 23, 2015
    Was Haji kok Ngak kedengeran ya Ada FBH yg beli CBR1000SP harga 575 jeti yang Katanya motor dewa juara berkali2 Suzuka 8 hour. Yg Jadi pernyataan apakah :
    1. Begitu kerenyakah kaum FBH
    2. Apakah takut stuck throttle seperti Stoner yg bisa berakibat fatal
    3. Apakah modelnya sama dengan CBR150 Jadi FBH tajir jijaii makenya.
    4. Apakah Karena cbr1000sp technologi terjadul dikelas 1000cc sehingga harga 575 overprice.
    5. Apakah Karena terlemot dikelas 1000cc on stock sehingga FBH takut dikepreti New R1.

    Kira2 diantara 5 alasan Diatas apa alasan yg tepat sehingga FBH tidak Ada yg mau beli CBR1000SP

    Kasihankan nanti nasibnya kaya 0 unit CBr250 Dan disuntik mati kayak Kasus old CB streetfire DOHC overbore yg hidupnya Cuma 2 tahun

    ===========================================================

    Kalau pertanyaannya dibalik ke saudara bagaimana, apakah saudara sudah merasa mampu membeli barang mewah seperti yang saudara sebutkan, jangan dulu yang kelas 1000 cc, kelas 500 cc saja dulu baru cocot saudara itu bisa di maklumi dan diakui. Jangan opini bodoh itu anda pakai kalau belum bisa jadi apa-apa atau jadi siapa siapa.

  22. Ekekekkeke

    Motor kasta rendah kok mau dibandingin sm RCV

    Kagak pantes cooy…pantes nya ya yg sebanding

    Contoh niih klo mau bandingin n sekasta ….
    Yzf R15=lele
    Yzf R25=anak hiu
    Yzf R1=hiu ubanan….

    Wekawekawekawekawekawekaweka

  23. Ekekekekkekkk

    Klo berani kopdar

    Ane bakal ajakin uji nyali din …

    Berani apa kagak kira2?

    Wekawekawekawekawekawekaweka

  24. Ekekkekekek

    Yzr m1 disewakan cooy ,gak dijual?

    Tp ini yg bikin knp paling murah

    Karena merk nya YAMAHO biasa jual barang murah tp kagak laku……

    • kasta rendah aja ada drive by wire sama traction controlnya

      lha si cebong 1000rr sp masih pake kabel gas mesin jadoel 2008 mau dikata kasta apa??
      kasta recalan ekekekekek
      jlubb
      gevleek akhbar

  25. Weh keren kalau slide power bisa langsung drop
    Sama biar ga standing motor nya

    CBR jadi jadul dan oper pret

    ekekekekekekekek

  26. wak ..!!! berapa persen trobleshooting motor ini..? motor hightech tp di jual murah..jadi kek produk china..!! sdh laku berapa unit wak di dunia..

    • Itu namanya kemunduran kalo teknologi makin canggih makin mahal, teknologi makin berkembang yang mahal itu risetnys bkn produksinya, ukuran transistor makin kecil dan sudah nano,interface makin simple tp bandwidth makin tinggi. Procesor speed jg mkn tinggi tapi resource produksinya makin murah krn ukuranya compact. Contohnya duo kaleng xenia avanza, versi awal sm versi terakhir seberapa jauh peningkatannya secara quality dan teknologi tapi bandingin juga harganya yang tidak naik signifikan belum kalau dibanding inflasi liat juga competitornya ertiga yang kasih harga lebih murah tapi secara fitur lebih banyak, apa mau dibilang kaya produk china juga?

  27. ane pribadi semua teknologi di atas sdh seharusnya dan wajar.. biasa aja ngga ada trobosan yg mutakhir..!!
    yg paling heboh klo tuh motor bisa di ajak ngobrol dan bisa jemput kita … btw supra x 125 klo jatuh juga mati mesinnya..!!

    • njirrr
      supra 125 ada traction control. slide control. ada drive by wire. gyro sensor. sama Lift Control System. jan juozz supra 125 daripada cebong 1000rr

  28. ekekekekeek

    fbh curut pada ayan
    miskin miskin aja mbing
    orang kaya tau mana yang value

    ekekekekekeke

  29. Harga
    CBR/CB650F OTR jadetabek 235jt,,
    inline 4cilinder, knalpot underbelly,
    nicasil cilinder, twinspar nd rear-arm allumunium, ABS, double disc brake depan,
    Top speed 210km/h,
    Dapat penghargaan di Amrik jg kategori best easy and worth big-bike,,

    WOW,
    worth bnget buat diboyong bagi yg nyidam moge dengan spek tinggi dan anti-mainstream,,

    dicompare sama rival sejenis,
    Er6 series OTR 2015 nembus 170jt area Jadetabek, Top speed hanya 170km/h
    masih inline 2 cilinder,
    *Yamaha gag punya line-up dikelas ini,,
    *Suzuki V-Strom series harganya 275jt,

    *Dilihat dari spek, fitur dan harga, CB/CBR650F juaranya,,
    Bener2 bikin kepengen nieh Honda CBR/CB650F,,

    Tunda dulu beli Jazz’ny ahh,,
    CB650F dulu,,

  30. Ah msh valuable honda HRV…bs msk tol,,g keringetan,,klo nabrak bs dbenerin asuransi,,mesin g overheat klo mct2an & hargany lbh murah pula

  31. Karena contekannya sudah banyak seperti : Ninja H2, new GSXRR dan Yamaha R1, maka disinyalir new CBR akan segera keluar.
    PS :
    Maklum di MotoGp dikepretin Yamaha
    Maklum (juga) di Superbike dikepretin Kawasaki
    Dan RC213V street legal juga sunatan massal meski harganya dapet 10 biji Yamaha R1

    Yang sudah beli CBR1000SP versi Indo jangan sedih ya kalo baris berbaris dengan CBR150,CBR250R modelnya susah dibedain beda rasanya kalo produk Yamaha berjejer orang tau itu mana :
    R15,R25,R6, dan R1

  32. Di Suzuka 8 hours, R1 2015 terbukti lebih irit 3 lap dibandingkan CBR atau GSXR, so kl Yamaha kemaren ga menang kesalahan mutlak jatuh ke ridernya.

  33. Dan pabrikan sayap suengkleh berpikir keras untuk menelorkan motor tandingan. Tentunya dibarengi dengan komat2 kamit Mbekha dimari…
    N saya pikir butuh 1 dekade buat menandingi R1, persis dengan mindset Mbekha dimari yg tertinggal 1 dekade.
    Cekuekekekekek…

  34. Selain buat koleksi , ni motor bisa apa ? D pakek muter2 d jalan ? Off the road kok . D pakek d sentul ? Muter2 doang ? Naik vespa juga enak .

  35. canggih dan futuristik…

    menurut penuturan di video itu r1 dibuat utk menjadi lawan bmw s1000rr dan ducati panigale.. di beberapa video di yutup r1 tertinggal cukup jauh dari panigale saat berakselerasi dan tertinggal terlalu jauh dari bmw s1000rr.. dari beberapa review itu juga new r1 mendapat nilai kurang memuaskan utk kategori akselerasi, nilai tertinggi ada di kenyamanan saat berkendara.. top speed memang imbang tapi akselerasi utk mencapai top speed itu masih terlalu lambat, makanya tidak salah klo bmw s1000rr masih tercatat sebagai motor produksi masal tercepat di dunia di antara kelas supersport..

    namun lagi” harus diakui new r1 memang tampaknya cantik sekali namun utk urusan performa saya lebih suka bmw s1000rr sejak pertama kali diluncurkan, namun apa daya hanya sebatas mimpi saja

    • klo drag y masalah power klo performa y 1 paket keseluruhan, harus liat lap per sektor keseluruhan, yah mgkn beda paket tgl lihat value for money en kebutuhan aj klo mo bli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here