TMCBlog.com – Halo sobat sekalian, bulan ini Astra Honda Motor sedang rajin merilis produk baru dengan setidaknya ada 4 varian sepeda motor berbagai tipe dan lintas genre yang dipasarkan di tanah air. Mengambil momen pada salah satu pameran terbesar otomotif terbesar di Indonesia yakni Indonesia International Motor Show 2018 (IMIS 2018), PT. AHM secara resmi meluncurkan motor cruiser paling mewah yang pernah Honda buat yaitu New Honda Goldwing Tour DCT. Harganya? Seharga dengan 1 unit rumah tipe sedang di daerah Bekasi tuh bro. Hahahaa….

Honda Goldwing Tour DCT ini dijual dengan harga Rp. 1.010.000.000,- on the road Jabodetabek. Dengan beragam fitur mewah keluarga dari Honda GL bermesin flat 6 silinder 1.800 an cc ini diprediksi akan bersaing kuat di pasaran motor besar genre cruiser tanah air dengan banyak pecintanya yang sudah menunggu-nunggu kehadiran Goldwing di Indonesia. Sebentar lagi jadi motornya paspampres kayaknya nih yah.

Okeh, apa aja sih fitur yang ada pada New Honda Goldwing Tour DCT 2018? Berikut ringkasan yang TMCBlog coba rangkum dalam satu artikel. Monggo disimak…

Mesin dan Transmisi

Honda Goldwing Tour generasi terbaru ini merupakan produk yang benar benar baru di segala sisi, tidak ada peninggalan Godlwing generasi sebelumnya. Sektor dapur pacunya masih memakai konfigurasi Flat Engine 6 atau 6 silinder segaris berlawanan arah.

Alasan dinamakan dengan ‘Flat engine’ karena sebutan mesin boxer sudah dimiliki oleh pabrikan Subaru. Mesin baru ini sanggup mengeluarkan tenaga lebih besar 5 Hp dibanding yang lama. Dengan memakai rasio bor x stroke 73 mm x 73mm berkompresi tinggi; 10,5 : 1 , Goldwing menyajikan sensasi tenaga dari mesin Square yang sangat baik di putaran mesin bawah hingga atas dengan torsi yang merata di setiap putaran mesin.

Lalu pada bagian transmisinya mengadopsi Dual Clutch Transmission dengan 7 percepatan maju dan 1 reverse gear atau gigi mundur. Guna reverse gear tersebut untuk memudahkan rider ketika akan parkir atau ketika harus berputar arah.

Suspensi dan Roda

Suspensi depan Godlwing terbaru ini mengadopsi sistem double-wishbone seperti yang sudah jamak dipakai pada mobil dan ini merupakan sebuah terobosan pada motor Honda.

Dengan menggunakan sistem front fork teleskopik konvensional pada model sebelumnya, pihak Honda merasa masih rentan terhadap getaran pada jalan yang akan sampai ke stang dan akhirnya membuat rider kurang nyaman saat riding.

Nah dalam sistem suspensi baru ini, seeprti mengisolasi pengendara dari semua getaran/guncangan yang dihasilkan akibat kondisi jalan raya, membuat tangan menjadi nyaman.

Dengan pemakaian suspensi model seperti ini juga ikut menyumbang pengurangan bobot yang signifikan pada Goldwing.

Lebih seru kalau kita bahas di artikel terpisah nih, dan memang dengan model suspensi seperti ini getaran/guncangan yang tangan rider terima akibat kondisi jalan bisa jauh berkurang dan menurut perhitungan secara teoritis model seperti ini dapat meningkatkan pengendalian pula.

Pada suspensinya ada Pengaturan spring-preload pada kedua suspensi yang dapat dengan mudah dipilih melalui sistem menu pad panelmeter yang dikendalikan di stang.

Parking Brake Lock

Tapi posisi sepeda motor harus dalam keadaan berhenti untuk menyetel preload.

Klaimnya setiap perubahan setup dapat dirasakan, mulai dari setingan lembut sampai keras. Wah keren banget seandainya kalo motor biasa bisa begitu. Hihihihi…

Fitur dan Teknologi

Goldwing terbaru ini sepertinya sebuah representasi dari mahakarya desainer Honda. Karena desainnya lebih kompak dari Goldwing sebelumnya, baik dari dimensi lebar dan panjangnya.

Tapi tidak menghilangkan kesan eksklusifitasnya, headlamp yang dipakai sudah full LED dengan DRL dan desain yang serupa dengan Honda NSX. Begitu pula pada lampu belakang yang bentuknya lagi lagi mirip dengan Honda NSX. Saingan sama lampu-lampu dari Honda CR-V mah bejaban ini nih, sugoi..!!

Motor cruiser atau touring sudah pasti wajib dilengkapi fitur navigasi, dan begitu juga yang Honda sediakan sebagai fitur standar pada Goldwing 2018 ini. Selain itu, karena motor ini bertujuan untuk dipakai saat perjalanan jauh maka diberikan pula fitur entertainment seperti audio system.

Dan yang keren, ada juga grip heater dan seat heater. Grip Heater berguna untuk menghangatkan handle grip ketika riding di daerah yang dingin, hmm.. Kalau di Indonesia mungkin ketika berada di kawasan pegunungan atau saat hujan nih ya.

Lalu ada juga seat heater, untuk menghangatkan bokong supaya tidak mengalami keram dan yang pasti memberikan rasa nyaman kepada rider dan boncenger nya.

Fitur Keyless sudah pasti ya bro, masa Vario yang 20 jutaan aja udah keyless, lah goldwing belum. Hehehe.. Dalalm pengoperasian Goldwing mengandalkan ride by wire dengan beragam Mode berkendara, seperti mode Tour, Rain, Economic dan Sport Mode.

Masing-masing mode memliki besaran output yang berbeda pastinya. Pada Tour Mode mesin mengeluarkan tenaga yang cukup dengan transfer tenaga ke roda dengan lembut, jadi ada kompromisasi keseimbangan antara performa besar dengan kelembutan.

Pada Rain mode, ada kemiripan dengan Econ mode karena mesin akan mengkebiri tenaga Goldwing dan mesin secara otomatis memposisikan gear transmisi ke gigi lebih tinggi secepat mungkin. Jadi rider tidak akan susah mengendalikan torsi di kondisi jalan yang minim traksi.

Untuk mode Sport sudah pasti agresifitas mesin Goldwing diumbar, biasanya dipakai untuk meraih kecepatan maksimum saat berboncengan.

Ada juga fitur seperti mobil SUV di honda Goldwing 2018 ini yakni Hill Start Assist yang akan membantu rider ketika berada di tanjakan. Dengan mengaktifkan assist mode ini rider akan terbantu oleh torsi mesin yang akan menahan motor di posisinya begitu tuas rem di lepas. Sehingga gak ada gejala motor mundur ketika di tanjakan yang pasti akan membahayakan. Oh iya ada juga indikator pemantau tekanan angin nih sob..

Lalu ada Trunk atau bagasi pada bagian belakang dan juga samping kanan kiri yang daya tampungnya aduhai banget. Tak lupa bagian trunk/bagasi bisa dicopot ketika ingin berkendara sendiri, biasanya kalau boncengan leboh asik dipasang tuh ya biar yang dibonceng bisa senderan.

Last, Goldwing yang PT. AHM jual di Indonesia merupakan varian tertinggi Goldwing. Karena memang ada Goldwing F6B yang lebih murah degan tampilan sporty cruiser, bila sobat ada yang berminat AHM pun bisa membantu menyediakan Godlwing 2018 yang tidak semahal Goldwing Tour DCT ini.

Tapi ya semurah murahnya Goldwing sih bisa dapet satu unit rumah tipe sedang di daerah Bekasi atau Depok ya sob.

Saya ketika di booth Honda IIMS 2018 sempat merasakan aura mewah dari Goldwing ini, duh gak kebayang kalau motor ini ada di rumah satu unit. Bingung mau dipake kemana, Hahahaa… Kalian minat sama Godlwing Tour ini? Monggo sediain 1 Milyar sepuluh juta dulu sob buat maharnya, langsung sambangi ke dealer Big Wing Honda. Uyeee…

Nugi TMCblog

56 COMMENTS

  1. Wak, tpi bmw menamakan mesin 2 cyl flat engine, dgn boxer jg?? Berarti secara sebutan “boxer” bpm dipatenkan oleh pabrikan dong??

  2. motor yang gak pernah saya impikan. meskipun mampu.

    1800cc 6silinder cooyyy…

    ngalahin xpander saya nih mesinnya :-p

    • Pfftttt jan ngarepp coyy hpm wakakaka, pabrikan sampah apa yg mw diarepin??? Build quality gk ad yg bener, itu mobiloyo n brv suruh facelift yg bener dlu klo gk mw rusak, mindset mobil honda itu skrg jelek gk ad value sama sekali, penjualan crv turbo jg turun n diims yg paling laku si pajero sport dakar rockford edition lohh, dimata konsumen indo n petrolhead, diblack list malah, klo mw nyari mobil keluarga pilihannya antara mitsu dn xpander , suzuki dgn ertiga,ato ya wuling dgn confero or cortezz, jazz skrg jg ancur2an dihabisin sama yaris new yg valuee for money, honda gk diksh napas lg, cuma ungul di hrv krn harganya yg pas dn msh lbh worth dibanding chr yg OP

  3. jadi inget suspensi arm miilik Yamaha GTS 1000, tahun 90an kok sepertinya tidak dikembangkan lagi kini malah ada gold wing walau beda penerapan dan sistemnya

  4. Kalo jatoh bego,yg ngangkat harus satu rombongan nih ?
    Kalo sendirian ya alamat nunggu dipinggir jalan nyari bantuan ??

  5. hadoooh nih mongtor gede banget dah. Gak cocok buat harian. Ini cocoknya di amerika /eropa. Duit segitu beli tanah 140m = 280 juta, bangun rumah 90 m = 400/500 juta, bikin carport sama taman = 50/80 jut, beli n max sama cbr 250 rr = 100/105 juta, sisanya di tabung. Sukur sukur tabungannya menang undian, bisa beli mobil honda jazz =250/300 juta. Wah indahnya.

  6. errr Subaru ga memiliki sebutan mesin boxer, bro sah-sah aja sebutan Boxer Engine ke semua pabrikan kayak BMW dengan K seriesnya, Porsche dengan jajaran mobil2nya terutama 911nya
    Flat sama Boxer bedanya di crackpin nya, kalo Boxer cranckpinnya cuma 1 buat 1 silinder and Flat crackpinnya ada 1 tapi buat 2 silinder yang berlawanan.

    • Honda githu loh Bero,,
      Pabrikan besar,,
      Punya Prestasi di R4 maupun R2,
      Punya paten sendiri, Wajar banget,,

      Anehnya diikuti juga sama pabrikan level junior bikin paten sendiri juga,,
      contoh ; twinspar -> Deltabox
      ISS -> SSS
      Semoga you paham Mas_Bero,,

      eeeekkkkeeeekkkk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.