TMCBLOG.com – Jorge Lorenzo . . . Selamat Datang di Klub ‘ kaki gantung ‘. Semakin Kuat Thesis Bahwa saat Lorenzo Pindah ke satu pabrikan Bukan Ia berusaha Membuat Motor pabrikan tersebut menjadi mirip Motor di mana ia pernah sukses yakni Yamaha. Ducati Tidak ia Buat menjadi ke-Yamaha-Yamaha-an. Dan RC213V Pun Ia tidak akan buat Ke-M1-M1-an. JL99 lah yang akan beradaptasi ke Motor.

Saat bertemu Ducati, Jorge Berkata Bahwa mengendalikan GP18 haruslah laksana seperti Mengendalikan perahu Boat. Ducati itu menurut Jorge Punya Karakter di mana ban depan dan belakang berada pada garis yang sama saat memasuki tikungan. Ini membuat Ducati seakan ‘sulit dibelokan’, motor akan lurus ke gravel. Jorge harus rela membiasakan diri melakukan slide ban belakang menggunakan rem belakang di corner entry. ia rela Harus melakukan teknis rem belakang saat mau nikung. Mirip seperti membelokan kapal boat. walaupun sesama bermesin V-4 Honda tidak Punya Karakter kestabilan pengereman sebagus Ducati. Kita sering Lihat Marc Marquez godek Godek saat memasuki tikungan. Jorge harus beradaptasi sama Karakter honda ini.

Menggunakan Honda RC213V di pengeteesan kedua Jerez Lorenzo menggunakan Teknik masuk tikungan yang selama ini jarang ia gunakan. Ia melepas Pijakan grip Boot dari Footpeg dan membuat tungkai kakinya menggantung. Gaya ini sebelumnya dipopulerkan Valentino Rossi sebelum akhirnnya diikuti banyak pembalap termasuk Marc Marquez. dan bahkan Mungkin Sekarang banyak Pengendara harian naik SKutik entry level pun terinspirasi Gaya ini saat mau masuk tikungan πŸ˜€ hayooo ngakuuu !! . Adalah Kontributor tmcblog, Om manuel pecino termasuk yang pertama Notice adaptasi ini. Jorge mengatakan bahwa sebelum menggunakan Honda ia belum merasa perlu menggunakan teknik menggantung Kaki ini.

Jinakan Honda dengan memindahkan Bobot

Om Manuel Pecino Mencoba Menjawab kekepoan mengenai perlunya ‘Mengantung Kaki’ saat mau memasuki Tikungan tersebut. Beliau mengeluarkan Satu Rumus Fisika umum yang semenjak SMP pun Kita sudah pernah dapat yakni Hukum Newton ke II :Β  F = m x a. F merupakan Gaya, m adalah massa dan a adalah Percepatan. Menurut om Manuel, Lorenzo berupaya mengurangi gaya yang diakibatkan karakter Honda RC213V agar lebih ‘ nurut ‘ saat diajak Nikung.

Kalo di Matematika, Rumus di atasΒ  artinya Gaya berbanding lurus dengan massa dan atau percepatan. Jika Kita mau mengurangi Gaya dapat dilakukan dengan mengurangi percepatan ( atau perlambatan ) dan atau mengurangi massa . . Nah kata kata mengurangi massa ( bobot ) ini buat kita mungkin tidak masuk akal. Mana bisa massa Motor dikurangi saat berjalan?Β  Mau masuk tikungan ngebuang buang part githu? Massa dari pengendara Juga tidak bisa serta merta dikurangi Tho . ..Β  Itu logikanya BENAR. Namun perlu sobat catat, adalah benar Massa pengendara tidak bisa dikurangi. Namun massa bisa di-reposisi atau dipindah tho ?

Yap Massa dari Motor tentu tidak bisa dipindah pindah karena sudah Fixed. Yang bisa dipindah adalah Massa/ Bobot dari pembalap. Nah dengan Melakukan aksi menggantung kaki saat mau memasuki tikungan Maka disinyalir Pembalap sedang melakukan Upaya pemindahan Bobot.

Atau dalam Bahasa lengkapnya pemindahan CoG ( centre of Gravity ) atau Titik Pusat Massa secara keseluruhan ( kombinasi pembalap-motor) . Entah Seperti apa bentuk penindahan CoG-nya secara imaginer digambarkan, Namun itu sepertinya berhasil dilakukan Vale dan Marc.Β  Kapan kapan Kita akan bahas mendetail tinjauan Fisika dari fenomena ini. Untuk sementara ini Buat Jorge, Selamat Datang di Klub ‘ kaki gantung ‘

Taufik of BuitenZorg

90 COMMENTS

    • Wkwkwk gantung kaki itu udah ilmu dasar belok di motorcros…

      Coba kita cerna logika kata2 diatas….motor mesin V susah di belokkan….pakai gantung kaki supaya pindah bobot masa….hohe akan menggunakan cara gantung kaki….seperti gaya gantung kaki yg katanya penemunya si rossi saat mengendarai yamaha yang motornya mudah dibelokan…???..ngapain gantung kaki di M1 yg mudah belok???

      Guest
      • Om holyday keliatan kalau masih imut2 nih.. bukan buat M1 nya, kalo om nonton motojipi jaman old, lha itu ditemukan Rossi saat masih di honda om.. haha…

        Ada 3 alasan, yg pertama buat memindahkan CoG (seimbang), kedua kaki keluar dari fairing sehingga menambah hambatan angin (ngerem), ketiga mempersempit line overtake lawan (blocking).

        Itu!

        Guest
      • Om holyday keliatan kalau masih imut2 nih.. bukan buat M1 nya, kalo om nonton motojipi jaman old, lha itu ditemukan Rossi saat masih di honda om.. haha…

        Ada 3 alasan, yg pertama buat memindahkan CoG (seimbang), kedua kaki keluar dari fairing sehingga menambah hambatan angin (ngerem), ketiga mempersempit line overtake lawan (blocking).

        Haha!

        Guest
    • jgn sok2 disini bre bree….yg pertama memunjulkan style kaki gantung adalah keny robert jr….rossipun pernah mengakui itu….jgn ditambah2 seakan rossi yg pertama mempopulerkannya! haddeh….artikel sepanjang itu membuat valeban bernostalgia lagi demgan kutipan yg pertama mempopulerkan!

      Guest
  1. Naik matic/non matic di jalan kakinya gantung sebelah pas mau belok malah bahaya,bisa di samber kendaraan lain dari samping,jangan banyak gaya naik motor di jalan

    Guest
    • Sy nurunin kaki sebelum belok sbg sinyal tambahan kalo mau belok, terutama kalo mau ke kanan. Karena ga semua orang perhatian sama sein motor di depannya.

      Ini dipake kalo di spion tampak rame dari sudut serong kanan. Sejauh ini efektif, karena setiap kaki turun motor di sisi kanan langsung ambil kiri semua.

      Syarat :
      – spion WAJIB dipake.
      – kalo ada motor yg mau nyalip dan udah nempel, kasih aja dulu.

      Guest
    • Tepat, termasuk nikung tight in tight out. Masuk dari luar, ke sisi dalam apex, out wide. Sayangnya banyak oknum (baca: “emak” dan alay) yang suka ky gini. Yang satu tito krn skill kurang, yang satunya tito krn ngerasa jalanan adalah miliknya.

      Guest
  2. Teorinya, dengan gantung kaki motor bisa sedikit belok dengan roda tetap tegak lurus (tanpa miring)
    Itu yang pertama, yang kedua meminimalisir ban belakang terangkat

    CoG bergeser ke arah dalam tikungan dan ke bawah

    Guest
    • ane malah bingung pas pake kaki kiri,terus downshift nya kapan? wong kalo ane liat leg dangle biasanya sampe hampir nyampe ke apex baru kakinya balik ke footpeg,engine brake buat membantu pengereman gimana tuh? apa udah diprogram komputer walaupun belum di downshift?

      Guest
      • Downshiftnya cepet banget, sih, kalo nggak, dilakukan dua kali, yang pertama sampe gear 4 kemudian kaki nggantung sampe hampir nyampe apex, baru kemudian dioper sampe gear 2, baru belok, mungkin gitu. Itu analisa saya, sih.

        Guest
  3. yg paling sering leg wave di kubu H0nda itu cal Crutchlow,bahkan di game android MotoGP Championship kalo pake cal hampir tiap tikungan slalu leg wave πŸ˜‚πŸ˜‚
    Pedrosa jarang banget leg wave,mungkin walopun turun kaki,karna kakinya hampir ga goser aspal jadi ga dapat sensasinya πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  4. bukanya si marquez sering godek godek sebelum masuk tikungan karena faktor dia ngepush dan mengerem selambat mungkin wak ?
    soalnya rcv yang lain walaupun pembalapnya nurunin kaki tapi gak godek godek kaya motor marquez.

    oiya kalo mesin V nurunin kaki karena kestabilan pengereman kurang oke, kalo mesin inline nurunin kaki ? apakah tanda mau belok wak ?

    Guest
    • Pernah iseng naik metik (minjem) pas mau belok nurunin kaki, eh malah dikira gaya motocross sama temen yang di bonceng :v

      Guest
      • saya pake vario gaes, waktu itu lagi bikin breket kaliper rem depan jadi otomatis gak ada rem depan. begitu lewat turunan fly over bundaran slipi arah palmerah jalanannya menikung, karena rem gak pakem nurunin kaki buat bantu ngerem dan pede aja gaes karena sepatu karet. begitu besok dipake lagi itu sepatu telapak kaki panas gaes, eh pas dicek ternyata bolong kegerus aspal gaes

        Guest
      • @hahahihi
        Se hina itu ya metik buat om yg cuma punya moge? Sampai harus diperjelas minjemnya. Kesannya yg punya metik tuh marjinal bgt. Hahaha
        Fyi aja om old money aja make kolor doang naek metik busuk atau bebek busuk b aja. Kalo okb anti bgt keknya sama yg begitu takut turun y om citra dirinya?hihihihi

        Guest
    • koreksi klo saya salah, nurunin kaki itu bagian dari tekhnik trail brake, rossi sering banget pake tekhnik ini, bahkan saat overtake lawanpun dipake, melakukan late brake sedalam mungkin trus overtake pake tekhnik pengereman ini…..

      Guest
      • (trail brake) artinya apa ya om? teknik di motocross ya yg dimaksud?

        setau saya di motocross haram hukumnya turunin kaki sebelum mencapai apex, karna wajib hukumya kaki/paha tetap mengapit bodi motor untuk menjaga kestabilan. misalpun kaki turun tetap rapat pada body motor tidak seperti leg wave di motogp yang kakinya keluar untuk memindahkan masa.

        Guest
  5. Marc marquez nurunin kaki bukan cuma buat mindahin distribusi massa, tapi juga mengurangi kecepatan dengan menggesekan kaki ke aspal πŸ˜‚

    Guest
  6. Ada satu referensi lagi soal kaki gantung
    Di freestyle sering juga ngimbangin motor dgn kaki gantung padahal motor sedang dalam keadaan berhenti
    Poinnya sih kaki gantung buat membantu handling motor ketika hard braking

    Guest
  7. jujur saja ketika naik Sportfairing leg wave berasa pede saat mau masuk tikungan, duduk lebih kedepan otomatis, bobot pegang handle jadi lebih mantap, kaki gesek ke aspal sembari menyambut tikungan latebrake sedekat mungkin, bismillah ban belakang gak slide depan terkontrol , baru deh lahap tikungan.

    metik?? jujur gak ada feel apa-apa

    Guest
  8. CoG dipindah ke arah dalam tikungan dan kebawah (kaki lebih rendah dr footpeg)..sehingga menguragi gejala rolling..

    Guest
  9. pernah saya baca di tabloit motorplus sekitar tahun 2005 atau 2006, rossi ngaku gaya ini dia contek dari kenny roberts jr waktu masih di suzuki, konon dengan gantung kaki tsb bisa ngasih feeling ke pengereman yang lebig dalam pas hard braking sewaktu mau masuk tikungan

    Guest
    • Betul… itu memang bukan gaya rossi asli, aku malah klo g salah dengernya dari joni lono waktu jadi komentator klo gaya itu yg pertama mempopulerkan itu Kenny Robet Jr.

      Guest
  10. Hahaha ketauan juga. Aku salah satu yg naik skutik pake gaya gantung kaki (lebay juga sih) πŸ˜‚
    Meski ga tau ilmu nya, tapi belok pake gantung kaki itu enak sih, bisa bikin masuk belokan tajam dg cepat, ga perlu rem terlalu dalam.

    Guest
  11. wak haji salah…. sebenarnya yg pertama memunculkan style kaki gantung itu adalah kenny robert! dan rossi mengakui itu!
    coba deh di korek2 lebih dalam siapa yg pertama kali!

    Guest
    • Sy nggak nulis pertama memunculkan, saya tulis pertama mempopulerkan hehehe .. saya tahu akan ada yg bilang hal seperti ini πŸ˜›

      Administrator
  12. Hmm beradaptasi terhadap motor, persis pembalap papan atas era sekarang. Lorenzo, Stoner, Marquez, you name it. Bukan berusaha rubah motor kemudian kalau gagal salahin pabrikannya. Ah lagi malas bahas si tuaπŸ˜‚

    Guest
  13. markues turun kaki sebagai bantalan seperti roda tiga sekaligus rem …πŸ˜‚

    yg mempopulerkan Rossi …tp rossi kadang gk nurunin kaki time attack bisa lebih kencang…

    Guest
  14. Turunkan kaki itu utk.mengurangi daya dorong motor. Dengkul nempel.ke.aspal.juga sama.fungsinya, sekalian menstabilkan gaya dorong.

    Pedrosa.ngak turunkan kaki, karena bobotnya ringan, ngak ngaruh ke efek mengurangi daya dorong.

    Karena kurangi daya.dorong itu ;
    K ( koefeaian) * V^2 / 2 g,

    Dgn nilai K.yg semakin besar, maka pengurangan daya dorong.juga semakin besar.

    Pedrosa bobotnya ringan,. Jadi koefeaian K nya kecil, hasil secara matematika itu negitible, ngak ngaruh.

    Guest
  15. Kayaknya rumus F=m.a dlm kasus ini kurang relevan. Yg lebih relevan dgn center of gravity -imo- adalah momentum angular atau momen inersia..

    Guest
  16. Nambahin hambatan udara, jadi tekanan udara yang di sisi kaki gantung lebih rendah daripada tekanan udara di sisi sebelahnya, mempermudah nikung

    Guest
  17. velociraptor menggunakan ekor belakang untuk keseimbangan ketika mengejar mangsa di medan tidak terduga. juga menggeser titik masa ekor yg menggantung untuk mengubah haluan arah ketika berlari cepat.

    Guest
  18. dulu pernah baca di tabloid otomotif, rosi pake tehnik itu buat nambah hambatan angin deh, mana yg sotoy nih jadinya

    Guest
  19. Ane pengguna sport 150 cc πŸ˜… juga salah satu pemakai gaya kaki gantung wak, enak sih kalo buat nikung apalagi buat nikung dalem

    Guest
  20. Cara belok motor cc kecil saat berjalan opini sy cuma ada 2 yaitu lean the body atau lean the bike. Sisanya saat mau menjelang tikungan itu gimana kontrol dari kita aja.
    Coba aja lihat seberapa banyak di jalan raya saat belokan orang turun kaki. Paling cuma 1 atau 2 orang alayer…. Hehe….

    Guest
  21. Entah kenapa Anak-anak sekarang pada benci amat sama Rossi. ga sopan sama orang tua -,-. apa salah rossi sampe pda benci gitu ckckck.. Rossi Memang Mempopulerkan Gaya Leg Wavenya dan rossi mengakui mencontek Gaya Seniornya. kenapa jdi di namai Rossi leg? karena rossi yg pling sering pake itu style dripda yg punya ,+ rossi saat masih Muda Adalah Pembalap yg Jago Latebraking mungkin sampe sekarang. Jangan lupa loh Rossi Mempopulerkan Gaya Itu saat di Honda.

    Guest
  22. Saya jg suka turun kaki…tapi lebih ngebantu lampu sein kanan…soale pernah udh ngesein dr jauh masih juga ada Nmax nyalip….gila bahaya banget…masa mau masuk gang aja gaboleh hahahha

    Guest
  23. massa ( berat) berbanding lurus dengan gaya…artinya jika hidupmu kelebihan massa dan terlalu berat, maka kurangilah gaya hidupmu…..gitu ya kang?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.