TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui Cal Crutchlow harus Masuk ke pit lane untuk melakukan Hukuman Ride Through Penalty Karena menurut Race Direction ia telah melanggar regulasi dengan melakukan Jump start. Namun Keputusan Race direction ini instant menjadi Kontroversi. Komentator Live MotoGP saja sampai bilang bahwa secara pengelihatan Mata memang sulit ditentukan seperti apa Pelanggaran yang dilakukan Cal. Dan Karena itu Cal Harus kembali kerja dari Nol walau akhirnnya bisa finish dengan menggondol 3 point di akhir Race setelah Finish di Posisi 12. Pasca Race, LCR Honda Kecewa akan keputusan Race direction soal Cal Crutchlow
Di bawah ini tmcblog beberkan Foto start dari kamera Hi-speed Dorna yang menjadi BarBuk race direction untuk menghukum cal crutchlow . . silagkan dikunyah kunyah . .
Masih belum ngeh juga ? sama dong dengan tmcblog 😀 Kalo pake Foto di atas, Nah ada screenshot zoomnya nihh
atau pake animasi ini . . monggo di kunyah lagi
atau Yang ini dikunyah kembali . .
Memang asli tipis banget kan ? kalau menurutmu pantes nggak kena Penalty sob ?
LCR Honda Team Principall, Lucio Cecchinello mengatakan : “ Saya sangat kecewa terhadap apa yang telah dilakukan race Direction kepada kami hari ini. Hukuman Penalti yang diberikan kepada Cal sangatlah Keras dan pergerakannya saat start tidaklah relevan, sangat Tidak relevan. Kita Bicara soal 1,5 atau 2 cm, ini benar benar tidak seberapa. “
Lalu bagaimana upaya selanjutnya LCR, Lucio meneruskan : ” Namun, kami tidak bisa berbuat lebih, yang kami bisa lakukan adalah memberikan opini kami pada pertemuan komite Yang akan datang bahwa penalty untuk pelanggaran sejenis ini terlalu keras. Tidak ada relasi antara keuntungan yang diperoleh beberapa cm dibandingkan 30 detik penalti yang diperoleh melalui sebuah hukuman “ride through” . jadi kami sangat kecewa, Namun Kami harus melihat ke depan dan saya nggak sabar untuk berada di texas. “
💨 @calcrutchlow rolls down the pitlane
He's visibly frustrated as his challenge for the race win is no more! ⬇️#ArgentinaGP 🇦🇷 pic.twitter.com/gAOaC64Je5
— MotoGP™🏁 (@MotoGP) March 31, 2019
Bagaimana Pendapat Cal Sendiri ? ” pertama saya mau ucapkan terima kasih ke team untuk akhir pekan yang hebat dan pace Balap yang positif. Menurut saya hari ini kita menunjukan bahwa kita bisa fight buat podium dan mungkin bisa memperoleh Posisi ke dua. Namun kami tidak bisa lakukan, Steward mengatakan bahwa saya Jump Start di mana saya dan Juga team saya sangat tidak setuju. Kami kecewa akan hukuman Ride Through Penalty ini.”
” Namun kami menerima situasi ini, saya melakukan Ride Through dan saya membalap sebaik yang saya bisa di sisa race dengan pace yang bagus. Sekarang saya harus terus lihat ke Texas dimana kami akan merencanakan balapan yang bagus ( di sana ) “
Yes, Rule itu rule Kata Dorna, Cal Dianggap tidak berada dalam Posisi stationary. Namun buat yang mungkin ingat kejadian selama dua pekan terakhir tentu akan membandingkan antara Kasus Cal Crutchlow maju 1,5 cm atau 2 cm yang tetap namanya Jumpstart dengan pernyataan Amandemen soal Swingarm deflecor dimana 300 gram pada 180 km/jam dianggap tidak melanggar pernyataan ” menghasilkan efek aerodinamika ” . . . diskresi yang terlalu keras kalo menurut tmcblog 😀 . .
Here is the video from Race Direction showing Crutchlow’s jump start at the #ArgentinaGP
The explanation of how he was penalised for this can be found under article 1.18 section 14 of the rule book (see the tweet below for full description). pic.twitter.com/1zWN2PG0pO
— MotoGP™🏁 (@MotoGP) March 31, 2019
Taufik of BuitenZorg
joss
Cal bukan Ducati sih
Coba klo Ducati, mau Yellow Flag tetep nyalip juga aman…
Mungkin simbah darno gak rela klw carl jadi kuda hitamnya dovi sama pak tino secara carl termasuk team satelite yang paling moncer di hampir setiap FP….!!!!, tapi knp hukumannya musti masuk fit juga, bukannya sdh ada area yang sdh disediakan wak??????…
klo aq hanya pencita tekhnologi. dan saya bingung dengan performa rcv. spertinya slip ratio rcv otomatis.
mau koment soal dorna percuma sih gak bs merubah apa yang sudah diputuskan
Yeiww
Babahno wis… Sakkarep2e, mental petarung tdk akn prnh klh dg mental licik ?
Wekkk….. Bentar lagi ada yang bawa2 religi akhlaq mulia cieeee….
aturan tetaplah aturan is bullshit. makan tuh sendok aero.
padahal prediksiku cc podium3 sayang dornal ikut andil dalam mencetak gol
Kpmntar sportif y klo orang sono
Best lap no. 2…
Selisih 32 detik…
Kalau gg kena penalty.. yakin dah peringkat 2…
Dovi dapat hibah..
Masuk pak analisanya.. di pit aja dah 30 detik an (info dr artikel diatas), brarti itungan kasar dia ada kans posisi 2.. kasarin aja masuk 5 besar udah 95% kepegang, apalagi lap2 akhir pos 2 dan 3 pada rebutan.. kereennn
Tp itu hanya andai saja, kenyataannya dorna kasi pinalty opset 0.2-0.3 detik itu sangat berharga kata dorna ketimbang downforce 300gr pada kecepatan 180kpj..
yang kayak gini aja langsung kena penalty, malah kasus miller yg kemarin ngga ada gaungnya….
Krn dr awal udh konsisten, kn bahaya klw da 2 RCV d dpan… Hal mgerikan bg Ducati yg sndrian.
Jk panitia tdk netral y motor kdua adlh panitia tu sndr ??
Hanya bisa tersenyum saat melihat fakta kredibilitas dorna..
Semoga honda juara dunia lagi tahun ini.. dgn itu maka mereka bisa menunjukkan kalau mereka adalah tim yg tidak mudah untuk di perminkan..
Sejarah sudah mencatat bagaimana perjuangan honda dlm dunia balap..
morbi kok sudah lindas garis putihnya ya
nah itu saya mau nulis gitu sebenarnya, berarti secara sudut pandang mata sama kita
yang galau malah penonton ni wak 😀
di web resmi motogp.com saja hal ini gag ada di publis
“politik” emang kejam kau
seharusnya morbi dapat penalty ya?bukan cc
morbi hanya mungkin melewati garis 2 cm dan itu tidak seberapa kata Lucio loh..
lagian morbi juga gak diuntungkan …dnf lagi ..?
membandingkan antara Kasus Cal Crutchlow maju 1,5 cm atau 2 cm yang tetap namanya Jumpstart dengan pernyataan Amandemen soal Swingarm deflecor dimana 300 gram pada 180 km/jam dianggap tidak melanggar pernyataan ” menghasilkan efek aerodinamika ” . . . diskresi yang terlalu keras kalo menurut tmcblog ? . .
—
Rule is rule
bullsh*t!!!,makin gedheg gw ama mbok Darni
karna morbi gk gerak, dan posisi roda masi di dalam garis putih depan belakang..
Carl motornya bergerak sebelum lampu padam, baik bergerak maju maupun mundur sensor mendeteksi..
Persis sensor lampu start Drag Bike
Setahu saya sensor drag itu cuma baca pas motor melewati/nginjak garis. Selama motor ga nginjak garis mau pembalapnya petakilan belaga keren padahal culun juga ga keitung jumpstart
si morbi mestinya kena juga tuh ? pasal ban depan terlalu maju melewati garis. dorna dmn keadilanmu??
Setahu saya yang dihitung bukan ban tapi as roda depan, dan Cal berhak atas hukumannya. Gerakan sekecil apapun sebelum lampu merah padam, walaupun masih berada dibelakang garis putih. seperti gerakan rebound shock depan walaupun motor tidak maju sama sekali juga bisa dikatakan jump start.
Mnding sklian msin off & turun biar g goyang… Tggl ngupi ?
sekalian jadi kaya balap Le Mans 24H yg pas start, rider nya musti stand by di pinggir, bukan di atas motor.
yang penting gak gerak sebelum lampu hijau nyala lah. itu divideo kan gak gerak maju bbrp senti sebelum lampu hijau nyala.
jump start itu adlh berjalan melewati garis putih sblm green flag. menurutku gitu seharusnya jump start.. sementara calcut ya walaupun berjalan sdikiiittt tapi masih didalam garis putih/belum jump start
Lah peraturan dari mana Om? Yg dihitung bukan melewati garis, tp gerakan sebelum lampu merah padam
Kayanya itu quartararo deh, bukan morbidelli
Quartararo gan.. bukan morbi..
makin gak jelas nih dorna setelah dipermalukan honda terkait swing arm air deflector
Pengen marah tp gmn lg… Tk gadang2 podium dr awal kok gini ??
Dia potensi podium 2 dan lejen sama Dovi cuma rebutan posisi 3, tentu bahaya buat poin klasemen tim merah.
justru karna di permalukan honda dotna dedam ma honda cc dah korbannya
Cal juara seri tahun lalu..
Marquez kencang fp2 race simulation stabil 1:39an… kalau gg motor mati dadakan juara seri tahun lalu..
1.. 2 ditangan Dahon.. dov bisa finish ke 4..
Peraturan koplax
peraturannya ( book of rule) sudah benar, hanya mungkin keputusannya yang kontroversi
Peraturannya memang udah bener, tapi hukumannya yg keterlaluan, wak apa kabar penalty yg mengharuskan memutar lebih jauh di salah satu turn, kalo ride through kayanya terlalu kejam untuk hal yg tidak terlalu menguntungkan
soale di book of rule nggak ada opsi tersebut, ajdi ya memang mau nggak mau cuma Ride Through
Hondo mempermalukan DARNO, dengan sendok udara.
Dibalaslah oleh DARNO dengan “menghukum keras” salah satu pembalapnya.
Kalau ngincer Mamakez, DARNO tambah malu karena mainan politiknya keras sekali makanya ngincer pembalap satelit ajah biar efek dominonya ndak terlalu pengaruh. Kira-kira drama kecil apalagi yang akan disuguhkan di seri EROPA nanti? Mafioso emang gila.
Saya awalnya mikir Crutchlow nginjak gatis start sebelum lampu padam karena di video ga nampak Crutchlow jumpstart sama sekali, tapi kok Morbidelli juga sudah injak garis sebelum lampu padam kenapa ga dapat penalty juga? Aneh. Apa karena Crutchlow sangat berpeluang keluarkan Ducati dari zona podium atau jadi wingman Marquez?
Sy sepemikiran sm situ bro darso
Masalahnya cuma 1: Cal bukan rider Ducati!!
Coba klo rider Ducati, mau Yellow Flag tetep nyalip juga aman
Wkwkwkkk
Si dorna harun makin konyol aja…. padahal kalau crutchlow fight di depan auto seru….
Ban depan sdh lewati grs putih
Telanjangin aja race directornya diarak keliling lintasan, dasar corup, ini sama ky wasit di sepak Bola. Persatuan pembalap klo bisa juga buat aturan buat balas dendam untuk regulator yg corup macam ini, biar sama-sama ngawur
melihat dr rekaman motor Caal bergeraak sedikit Jump Star …
bedanya per sekian detik …
video reply lebih jelas..
beruntung Duo Yamaha bertubrukan dapet hibah posisi ?
Itu vukan hibah..tapi 2 pembalap yamama??
mau tanya wak, terkait skandal aerogate ducati kenapa danny aldridge ga dicopot ya, jelas ga kredibel pdhl, apa mungkin dorna gamau danny nyebar rahasia dorna kalo dipecat?
iya td pagi jelas banget kt komentator: I can’t ….dst…. you need a very high resolution camera to saw this
Direktur ahli teknik yg cm beda kata aja bisa beda keputusan….race direction yg gak jumpstart di jumstart2 in…..koq makin kesini makin gak waras dan dzolim ya…
Rombak total dorna…termasuk ganti si ezpeleta…
Walau g menang sponsornya lcr seneng kena screenshot n video pendek yg diputar brulang2
ya gak lah bro,wong tadinya berpotensi podium (yg pasti bakal mendongkrak eksistensi sponsor) ditambah ada di grup depan yg sering kesorot kamera kok
tetep aja mereka mengalami kerugian
Ya mending kesorot pas race lah daripada rekaman jump start, akhirya paling belakang jarang disorot pas race.
Potensi bs peringkat 3 d akhir musim jd buram nih klw d ganjal abu2 gini… ?
kebayar ya,
gagal kesorot terus karena ada dibarisan depan. eh jadinya kesorot terus karena banyak yang nonton reply video. hehe.
berdasarkan screenshot aturan dari dorna dan barbuk video, saya jadi cukup setuju dengan race director. di situ memang posisi motor cal terus bergerak (tidak stasioner) sampai lampu merah padam. jadi setuju gak setuju cal pantas dijatuhi penalti.
soal adakah keuntungan yang didapat cal itu tergantung perspektif race director. dan sial buat cal, race director punya perspektif yang bertentangan dengan miliknya.
parahnya lagi di antara anggota komisi ada freddie spencer juara dunia motogp yang harusnnya tahu apakah hal tersebut menguntungkan atau tidak buat pembalap. tapi dia diem aja cal diputusin jumpstart.
iya ni kayanya gegara kemarin di ledekin lembek2 dan ada miss yellow flag si D garang lagi dalam aturan. setipis apapun akan dilibas sama dia kedepannya.
Video replay nya pun GaJe abis!,setelah liat dr atas yg terliat crutchlow gak bergerak samasekali sebelum lampu padam,abis itu pindah ke onboard depan vinales yg startnya bobrok dan gak ada hubungannya sama crutchlow
kuonyoll!!!
Mau tanya serius Wak, kira² untuk memutuskan jump start spt ini sudah menggunakan sensor atau manual hasil dari pengamatan video? Kalau masih manual jadi berpikiran liar, mungkin kedepannya dipertimbangkan semacam teknologi di sepakbola untuk menentukan gol (sudah melewati garis gawang / belum)
Mungkin sensor menangkap dia ‘bergerak duluan’ meskipun sebenernya lum ngelewati garis putih .nha regulasinya sebenernya ini gmn tentang start ini ?
Jump start apakah berdasarkan ‘bergerak duluan’ atau yg lebih dlu ngelewati garis putih ?buktinya si morbi aman2 aja kan .
klo liat regulasi sih udah jelas kata anticipatednya bro, lampu musti padam dulu baru jalan, gak boleh jalan bersamaan saat lampu padam, yah apesnya cal saat dorna disorot soal “aerogate” seh, klo soal anaknya lejen mgkn ada referensi pasal regulasi yg lain wak klo regulasi yg ini keknya gak pas karena ini soal bergerak/anticipated/movement? kl nyalahi aturan yah musti kena hukuman/sanksi jg meski dnf
Di video setelah lampu start padam kenapa morbidelli lebih maju daripada cal wak.? Atau mata saya saja yang blur..
yah seperti yang biasa dibilang 0.0001 detik pun bakalan dikejar buat motogp, apakah terlalu keras hukumannya, yah bilang saja cal melakukan kesalahan disaat waktu yg gak tepat, karena soal aerogate dimana dorna merasa kecolongan di regulasi, saat ini dipantau dan mereka berusaha tegas/ketat soal regulasi, masalah anak didik si lejen yg nyentuh garis start tapi masih diem saat lampu padam mgkn bs dibuka lagi aturannya seperti apa biar lebih jelas aja, klo emg langgar ya musti dihukum jg, tp sayangnya dnf gak mgkn lagi dilorot posisinya, sistem pinalti poin masih adakah? kasih pinalti poin buat yg nglanggar tp dnf, kl udah ilang keluarin ST aja, 3x ST turun 1 posisi saat qualifikasi 😀
Halloo apa kabar yellow flag?
iya om yellow flag udah ada kasus “aerogate” dipublish belum y? udah rame di media? biasanya imbasnya di next race, makanya saya bilang cal melakukan kesalahan di waktu yg gak tepat a.k.a apes
salut sama cal,cechinello dan tim
mereka gentleman sangat walaupun dapat keputusan yg kontrolversial
ducacrot nyalip saat yellow flag gak masalah…hondut jumpstart 1cm penalty…blm lagi masalah swingarm deflector..ahh..darno..darno…
Salah siapa gk naik motor dukaty
#darnologic
Eman, padahal cal pace nya lagi mantab banget dari kemaren.
Darno takut anak emasnya gk dpet jatah popokdium
Ngiah ah ah ahhhh
Sayangnya ride trough pit penalty dan ini memakan waktu kenapa hukumannya ga diganti penalty melalui tikungan yang udah disediakan di track sirkuit aja
nah ini, saya setuju. jumpstart itu kan gak merugikan pembalap lain sampai hilang poin. lebih adil kena penalty line dari pada ride trough penalty
iya juga, masa jumpstart beberapa mili detik disamakan dengan membuat pembalap lain kehilangan poin. logikanya di mana coba
menurut ane kalo jumpstart sangat bisa merugikan banyak rider lain.
tapi khusus cal yang cuma beberapa cm seharusnya tidak.
start dan tikungan pertama sangat krusial bro. yang sudah didepan kalau disodok dari samping bisa melebar dan merugikan banyak posisi. ingat ngejar ketertinggalan itu ga mudah.
iya juga sih, lihat Vinales di qatar, startnya lumayan tapi di tikungan pertama langsung disodok dari dalem tikungan, melorot banyak deh
Kok bisa beda sama Qatar yg cuma kehilangan kurang dari 2 detik? Salah rancang turn nya kah? 30 detik itu 1/3 lap loh…
saya tahu saya tahu .. karena kita lagi ngebicarain Pitlane Ride through Penalty bukan penalty time. Jalur penaltynya beda. kalo Cal kali ini sepanjang pitlane
Itu bukan jump start, Freddie Spencer seharusnya mikir dulu.
Dia balapan sejak 1980, ketika Dia selalu jump start setiap saat
Prlu d ‘sendok’ pke deflector kl ?
Oh.. maap, ane koreksi lagi. Kenapa gk penalty long lap daripada ride through. Emg sih aturannya jelas+official sole judge, kontroversial bgt. Mungkin ada faktor yg bikin official kasih ride through drpd long lap.. entahlah. Aerogate masih kisruh ditambah ini lagi
Lha, rulenya emang gt. Jump start, y ride through penalty. AFAIK, penalty line diterapkan untuk misbehavior di tengah race untuk menggantikan penalty yg hukumannya turun posisi.
mungkin ini avril mop nya drona,tapi kebangetannya pake banget 😀 😀 😀
Hanya bisa tersenyum melihat facta dari kredibilitas dorna…
Mari lanjutkan honda.. kalian sudah di jalan yg benar.. dan walau itu sulit.. namun sejarah mencatat kalau kalian memang tim yg sangat kuat dan meyakinkan untuk bisa menang dan juara..
Walau banyak yg akan menjegal kalian dgn cara yg tidak baik..
Maka tunjukkan bahwa walau dicurangi kalian bisa menjdi juara dunia kembali tahun ini..
Maaf wak, tapi kalo lihat animasinya malah menurut saya cal malah kayak gak gerak deh, soalnya pas di sliding animasinya , relatih huruf/gambar berikutnya ikut gerak juga. Tapi just pengamatan aja sih
Bukan masalah tajam ke bawah tumpul keatas..
Bagaimanapun kita harus menjagal Hodna berkuasa, makanya perlu sangat kita kritisi.
Jadi sedikit apapun salahnya iya hukuman tertinggi langsung dijatuhkan, kalau perlu cari terus kesalahannya.
Swim arm sama kita tolak kalau masih punya alasan sekecil apun.
Kalau udah ga punya alasan ya mau engga mau di bolehkan.
Pokoknya hodna tidak boleh memonopoli podium.
Untuk rakyat yg lebih adil makmur..
Cal cruthclow dateng ke paddock yamaha ada apa tu bang?
cari jalan pintas ke RD om
Gimana kl pola startnya balik lagi k era GP500 awal yg pake pola standing start……….
*tapi udah ketauan sih yg demen lari-larian siapa
Saya ngeh. Sebelum lampu start mati. Atau lampu merah berubah jadi hijo. Roda motor tidak boleh bergerak/berputar sedikit pun.
berarti balapan motogp,balapan????? oleh fansboy yg anu haha,
kalau sudah dibutakan sesembahan ya susah untuk menilai benar atau salah.
yang perlu diingat, setiap pabrikan mencari celah dalam sebuah regulasi, mereka mempelajari bagai mana cara panitia melakukan pengecekan terhadap kendaraan mereka.
seperti kasus Swingarm Deflector, Ducati mempelajari bagaimana pihak penyelenggara melakukan pengecekan fungsi part tersebut, mungkin percakapannya seperti ini.
Ducati : bos saya mau pasang Swingarm Deflector boleh apa kaga
Technical Director : tujuannya dipasang buat apa
Ducati : buat mendinginkan ban
Technical Director : ohh kalau buat dinginin ban boleh
Aprilia : bos saya mau pasang Swingarm Deflector boleh apa kaga
Technical Director : tujuannya dipasang buat apa
Aprilia : buat memberikan downforce, jadi grip ban bisa lebih bagus
Technical Director : waduh, kalo buat nambah downforce itu kaga boleh, coba baca peraturan yang sudah ada.
Hondapun penasaran makanya bikin 2 proposal Swingarm Deflector, yang satu dengan alasan downforce dan yang satu dengan alasan untuk mendinginkan ban.
ternyata proposal Swingarm Deflector downforce langsung ditolak, sedangkan proposal Swingarm Deflector untuk mendinginkan ban disetujui.
rules is rules #ShameOnYouDorna wak ayai mas Nugie mau nanya pinalti yang terbaru ini berlaku buat pelanggaran apa saja ya ? koq masih ada drive through
kaget si CC ke garasi yamaha untung komentator bilang nyari shortcut. kemaren JL, Race CC tgl nunggu sialmya MM di C.O.T.A kena durno magic
Setelah saya kunyah2… Kok gak ada manisnya….wak
Sisa kunyahan gua elo kunyah lageee….
Race direction saklek, technical director dableg. Chakep
Mestinya hukumanx pinalti 1 detik atau apa lah, keterlaluan mah kalau lewat pit
IMO, emang Cal sedikit bergerak. Tp kl mendengar pembelaan Cal sendiri yg bilang kalau sebenarnya pergerakan motor itu karena gerakan kakinya saat dia berusaha menyeimbangkan motor, dan tuas koplingnya pun masih dia tarik dalam-dalam (Mungkin perlu menggunakan data telemetri sebagai dasar pembelaan). Dan menurut saya juga ride trough penalty terlalu kejam untuk ukuran kesalahan yang memang unsur kesengajaan masih debatable, beda dengan kasus Lorenzo yang terang-terangan dia maju duluan dengan kecepatan tinggi sementara pembalap yang lain masih memperhatikan lampu start.
hari minggu memang menghadirkan 2 balapan beda jenis dg hasil yg aneh namun sangat menghibur buat saya. di motogp jelas mm93 juara dg gap yg sangat dominan tidak tersentuh dan drama jump start cc35, di f1 sang juara mesti dikawal safety car/sc, dimana driver tidak diperbolehkan opertake selama ada sc di lintasan dan drama duo renault yg kompak dg engine failure-nya.
hasil positip dari tontonan 2 jenis balapan semalam adalah, membuktikan kekuatan hadno di balap f1 dan mogotp tidak bisa dipandang remeh
apakah bandar judi eh mafia cari lahan baru pa Bangun setelah bola d obrak abrik haajajaj
lebih asik kuda lari mas. haha..
lomba teraman dari regulasi kuning-kuning cuma lomba 17an. bebas merdeka yg penting ceria. haha..
padahal semalem crutclow dipersiapkan buat jadi wing man marquez ?
marquez memutuskan gaspoll karena bakal ada pertarungan dibelakangnya antara dovi, rossi dan crutclow untung walaupun crutclow kena penalty, marquez bisa kabur leluasa. biarpun nontonnya rada ngeri pas camera on board marquez karena ngeri grip ban bermasalah terus crash ?
Wingman kayaknya terlalu berlebihan.
Lebih tepatnya pagar betis.
CC ini sebenarnya kalau ane liat pembalap alien juga hanya saja unggul di “sensor badan” sehingga jadi pembalap developer permanen Honda. Kalau ditaruh di repsol, bisa bikin gak nyaman teammate karena gaya ceplas ceplosnya. Akhirnya ditaruhlah di satu tim “satelit” dengan fasilitas dan update yang menyamai pabrikan. Malah lebih update.
Tapi namanya insting petarung susah ditahan ya begitu, biarpun satu pabrikan, tetap kasih perlawanan ke Mamakez. Beda ama Pedrosa, Wingman sejati. Atau Rubens Barrichelo di F1.
MM bukan kabur boss…MM kalah pelan dari VR46 ama AD04 ??
Petruci ga di bahas bro? Layak kah jackass gantikan doi 2020 nanti bro stang lurus?
blunder lagi nih,, sharusnya cal bisa podium ntah 2ato3
rules is a rules hahahahaaha dasar durmo durmo CC dan JL sudah dikerjain jangan jangan MM di C.O.T.A kena sial #ShameOnYouDurno mudahan ng kena jaring
Apapun akan dilakukan utk menjegal Honda jadi juara konstruktor
makin kesini dorna menunjukkan kwalitasnya 😀
di insta cc aleixespargaro berkata was not fair today, you deserve the podium
jgn terulang lah kasus sprt wsbk dimana hrc cabut setelah tidak sepaham dengan penyelenggara
Cal korban april mop 🙂
di paragraf ketiga jelas itu dari rulesnya, “whether an advantage has been gained ” dan spertinya gak tuh wak ..
dari pace infonya Cal bisa ngimbangi gak wak untik jabanin Marc ?
jump startnya ambigu..
ngeri kamera high speed, berapa FPS tuh? ?
Nugie TMCBlog March 30, 2019 at 10:26
@mentega Di kometar lain saya udah bilang kok kalo yang dimaksud bukan sampeyan mas Mentega. ?
situ yg dosa sih, tapi gw tetap mengingatkan fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan, kasian dosa lu nambah terus soo 🙂
pada gambar 6, tepat setelah start, kalo dibilang crutchlow nginjek garis start, maka morbido jelas jelas lebih jelas lagi nginjek garis start. tapi morbi lolos lolos aja tuh?
sudah dibilang kalau ada pergerakan sebelum lampu benar2 mati. mungkin gerakan itu terbaca oleh sensor pada motornya Cal, kita kan cuma lihat video 🙂
udah ada videonya tuh, jelas banget dia bergerak walaupun bukan karena ngegas duluan
kayanya memang harus benar2 diem, jadi biar aman mending neken rem sebelum lampu mati, kopling setengah, jadi tinggal lepas rem langsung jalan
Betul sekali. Saat start mayoritas sehabis kaki kiri masukin gigi 1, pasti kaki kanan langsung pindah posisi injak pedal rem belakang kuat2. Di sisi lain rpm langsung dipanteng, pas lampu padam tinggal lepas kopling dan rem belakang berbarengan
Mungkin cal dituduh melakukan jump start karna terjadi gerakan kedepan motor,yang dianggap cal memilki keuntungan darapada pembalap lain dalam berakselerasi yg mengurangi beban mesin dalam berakselerasi dari pada pembalap lain dalam posisi diam,mungkin
nah itu, benda bergerak memang lebih mudah berakselerasi dibanding benda diam
Wak aji knp yah skrg ko berasa semua anak tiri dorna kecuali ducatrok heran sya smg ini tdk menghancurkan sportifitas blpn di motogp sekian dn terimaksih
Mungkin cal dituduh jumpstart karna motor cal terjadi gerkan ke depan yg dianggap cal memiliki keuntungan yangmana terjadinya gerakan tersebut sedikit mengurangi beban mesin untuk mendorong motor ke depan atuaupun berakselerasi.mungkin
Terus terang wak aji opini sya merasa darno sengaja menekan pabrikan jepang atau mgkin mengintimidasi secara hampir setiap kejuaran roda dua pabrikan jepank slalu tampil superior dri mulai di sunatnya ecu,imu,softwere hardware atau apalah hnya demi supaya pabrikan eropa bisa bersaing contoh logis dri regulasi dorna korban paling mencolok adlh yamaha ini sih opini saya aja wak aji
dari dulu jg emg DORNA udh aneh, termasuk saat mbikin mbah Rossi & Iannone start dr grid terbelakang… #eh, Iannone termasuk gag yah..? hahaha
tipis banget emang liat di video…
sangar tenan kamerane…
Saya melihatnya juga begitu. Sebelum lampu merah benar2 padam motor cc 35 memang bergerak. Di sebrang sono ada yg injek garis tp ga kena jumstart mungkin krn dr awal sampai lamer padam dia memang ga bergerak sama sekali.
Tumben ya si crutchlow gak ngomel-ngomel, biasanya kan dia yang paling vokal kalo ada hal yang menurut dia gak menguntungkan
tapi dia kelihatan banget kecewanya, mungkin dia memang melanggar tapi keputusan terakhir ada di tangan race direction. kalau memang sangat minimal sebaiknya hukuman tidak sampai ride through juga
Sptnya sensor menanda gerak yg bekerja dan berkorelasi dgn lampu, sepersekian detik Mungin cc bergerak dulu dibanding lampu . Sudah diprogram spt itu PLC nya .
lCal Cruclow yg dihukum yg dusalhin Bendera kuning ….
netizen paling lucu
wkwkwkwk
¯\_(ツ)_/¯ ya begitu deh ¯\_(ツ)_/¯ kalau kita berbeda opini pasti diserang 🙂 mending ngikut arus aja om. mungkin pola pikir orang2 di sini masih ***, maklumin aja ?
kyknya bnyk yg alergi yg berbau kuning
apalagi bahas skill diusia 40 yg masih tajam..
tul kalo gk mo dibully ya ikuti arus oren
wkwkw ada yang pake N-word wak, apa salahnya mereka coba dikatain? wkwkw rasisme dianggap normal ? ? +62
Lebay…padahal kalo ga kena penalty bakalan tambah seru…aya aya wae
Mata anda jellydrink bagaikan elang laut master jimoo…
Experience anda benar2 master bung enjiner mentega… Kakak anda master jimoo dan mr.Pengamat pasti bangga…
itulah pengamatan seorang ahli bung @Noolan melampaui batas normal pengamatan kita kita.?
gak setimpal ketimbang musti lewat pit … makin aneh aja nih … 😀
Oiya jadi keinget jaman Ianone pas di suzuki, doi bilang cuman masukkin gigi … dan cuman motor sedikit bergerak juga kena penalti … ckckck
kata mereka darno memang berusaha mencekal hadno. berarti sizuka juga dong ya? emang nih darno cari2 alasan aja buat mencekal hadno dan sizuka ?
intinya seh kenapa dibuat hukumannnya berat biar gak terjadi pelanggaran disini, mgkn wak haji bisa bantu dalam hal fisika buat dorong benda yg diam sama yg bergerak gayanya lebih besar mana? pernah dong dorong mobil yg diam sama yg udah bergerak sama” mesin mati gigi netral kga direm, lebih berat mana, mgkn ini jg yg jadi konsern penalty jump start soal movement
Coba wak masukkan ke Kin*master Pro, disitu ada fitur slow motion…1/2 atau 1/4 dst…
Kopling kurang tarik tuh..
Keputusan melanggar sdh tepat, namun mmg sanksi dlm kejadian ini terasa berat sebelah..
Btw, si Morbid itu ga offside ya? Ato krn sudut pandang saja?
Deflektor aero ada downforce kecil woles aja..
Penalty time lebih pas.. 5, 10, 15, 20, 25, 30 detik..
Deflektor aero ada downforce kecil woles aja..
Yellow flag woles juga..
Penalty time lebih pas.. 5, 10, 15, 20, 25, 30 detik..
Darno vs Hadno and Sizuka. justice for Iannone and Cal Crutchlow ?? jumpstart harusnya tidak dihukum ??
Di austin taun maren klo sabar kemungkinan cc bs podium tuh
lihat tangan kirinya cal ada pergerakan melepas kopling atau tidak saat lampu start blm padam
knp cal tdk diberikan hukuman melewati jalur penalty zone?
karena memang belum ada regulasi yang menuliskan seperti itu bro, mungkin ini akan jadi bahan masukan ke FIM untuk kedepannya