TMCBLOG.com – Paralel dengan Project Dax-baja, TMCBLOG juga mengerjakan restorasi Honda Astrea Legenda 1. Dari awal sebenarnya agak malas melakukan retorasi C series keluarga legenda karena memang mesinnya agak beda sendiri dari C series yang lain, namun akhirnya jodoh melakukan Retorasi ini hadir ketika salah dua orang sahabat semenjak SMA berniat menjual Si Kukut, Astrea Legenda 1 yang dibeli baru semenjak mereka berdua mengarungi bahtera rumah tangga belasan tahun yang lalu.

Yap Si kukut sampai ke tmcblog dalam keadaan sangat Lusuh walaupun secara umum ini motor standar banget jika dilihat dari kacamata Mesin dan kelistrikan. body bodynya ada yang pecah dan bahkan ada beberapa spot seperti fender depan dilukis dengan cat minyak karena Sahabat yang pria memang seorang seniman lukis. Rodanya menggunakan Velg racing, Spatbor belakang buntung dan lain lain , pokoknya mengenaskan  . .

Setelah motor ini tmcblog beli, langsung dilakukan diagnosa masalah awal dengan melakukan test jalan. Ahhh semua terlihat normal normal saja, Lalu dilakukan pembongkaran body. Ya ampuuun Kerak kotoran bisa setebal dua milimeter bro, entah kerak kotoran berusia berapa tahun itu hadir di body legenda 1 yang bertipe monokoq ini.

Body ledipas, Mesin dilepas, Kelistrikan dilepas pokoknya tinggal sasis, suspensi dan roda saja. lalu menggunekan Sikat cuci piring yang dua tipe kuning dan hijau itu mulailah pembersihan dengan dibantu sabun colek . . dan waaah, sangat mengejutkan , semua sasisnya lempeng, Mulus. Kabel kabelnya yang telah dicopot pun lengkap tanpa ada satupun tanda kabel dipotong atau disuntik  . . menandakan pemilik sebelumnya tidak pernah bermain asesoris kelistrikan lainnya kecuali part part standar saja.

Setelah dibersihkan dan di ampelas pada bagian bagian yang sudah mulai hadir tanda tanda berkarat, tmcblog mainkan cat aerosol warna hitam untuk mengembalikan cat hitamnya seperti sedia kala dan diakhiri dengan cat vernish aerosol dua atau tiga kali lapisan biar konclongnya tebaaall. mantabbb  pokoknya. Mesin pun tak lupa dibersihkan, kabel kabel pun dibersihkan. Untuk port port soket kabel tmcblog semprotkan penetrant khusuus kelistrikan dari Rexco biar sippp.

Setelah itu mulailah pembelian part part body, dan penamis striping. awalnya tmcblog tanyakan dulu kepada sahabat tmcblog mengenai striping apa yang dipakai dulu saat motor ini baru beli. Setelah confirm tmcblog lakukan pembelian. Hampir semua Part tmcblog beli online di Bukalapak dan dari berbagai toko.

Jadi bisa saja body samping beli di toko daerah citayam, Batok headlamp beli di Toko di Jakarta timur. dan bahkan ada part yang elinya dari Luar provinsi. Nulis cerita ini kayaknya sebentar, namun ngerjainnya butuh lebih dari dua pekan sob hehehe . . . singkat cerita Motorpun jadi dengan beberapa Customisasi tambahan seperti rak depan menggunakan Part Ori dari Jialing dan sayap berwarna Putih (aslinya legenda asayap berwarna Hitam)

Kedua sahabat tersebut sowan ke tmcblog news room di BuitenZorg dan keduanya pun terenyuh terharu ..  Motor kenangan, motor perjuangan mereka semenjak awal mengarungi bahtera rumah tangga ini seperti dilahirkan kembali, seperti saat motor ini diantar dari diler ke rumah mereka belasan tahun lalu. Mereka Tahu Motor ini diberikan ke tangan yang tahu menghadirkan memori kenangan etrsebut.

Yap Restorasi Bukan Hanya sekedar merapihkan yang terbuang, ada banyak hal hal kebaikan bisa lahir kembali dari aktifitas ini . . . Coba Cek rumah orang tuamu bro, kali aja ada motor tua yang merupakan saksi perjuangan mereka dahulu, jika kamu mampu kerjakan sendiri dan buat mereka menitikan air mata haru akan hasil kerja tangan mu sendiri . . . semoga Menginspirasi

Taufik of BuitenZorg

 

65 COMMENTS

  1. Mulus. Munculnya legenda adalah Saat era plastik mulai menyerang. Kesannya udah modern.restorasi astrea primanya diliatin dong. Lebih dpt klasiknya prima

    Guest
  2. Di rumah ada sih grand yg striping ijo. Full standar & ga ada aksesori apa2. Tapi yg jadi masalah, oli udah rembes dari semua sisi mesin. Dan yg lebih parah, nih motor kepemilikan nya engga jelas.

    Guest
  3. Mantap wa, hasil restorasi sendiri, keringat bercucuran tapi bangga dan haru. Tipe Wak Haji ini tahu ilmunya ga cuma jas jos doang seperti …….???

    Guest
      • Kayak mesin verza ke crf ….padahal tinggal pindah mesin doang ….maping maping segala macem itu cuma bahan gorengan bloger aja

        Guest
      • Secara basic sama, luarnya mirip sama untuk dalamannya agak beda sedikit.
        Pembeda utamanya di susunan paking blok & cop, dimana Legenda (keluarga FitNew) cop hanya seng untuk cop & kertas untuk blok. Kalau GN5 grand supra prima dia tebel, adal silnya jg. Yg beda lagi Rantai Keteng, Kampas ganda (KFL vs GN5)
        Untuk kampas kopling masih masa.
        Kebetulan saya jual.. 🙂

        Guest
    • Banyak,salah satunya rantai keteng panjangan legenda,stang piston askruk beda termasuk blok dan head yg ga pnp di mesin grand karena blok legenda lebih panjang

      Guest
    • Mulai mesin ini blok silinder terbuat dari aluminium Dengan liner masih tetap besi, sebelumnya c series semua silinder bloknya besi tuang. Setelah kehadiran legenda, semua platform mesin c100 pakai aluminium. Bahkan sd revo yg mahal s.d. supra fit (100 cc).

      Guest
    • @ Ndabrul
      Kalau mau black camp coba deh belajar dulu. Pelajari betul betul materinya biar ga malu.
      Prima, Grand, Supra memang identik. Iya walaupun fin blok ada yg tidur / berdiri tapi sama bisa tukar pakai.
      Cuma kalau Legenda, Supra fit, Revo, Fit new dsb udah beda. Basenya sama C100 97cc tapi seperti yg saya bilang diatas, paking block & copnya beda. Untuk paking kopling & magnet memang sama. Rantai keteng & kampas gandanya jg beda. Selain mesin di penggerak jg beda. Tromol fitnew dia lebih ciut. Pake karet tromol kode KFL. Kampasnya jg beda walaupun masih bisa dipakein punya grand. Untuk gir beda dikit, grand supra sama beda mata pakai GN5 KEV. kalau fitnew pake KTL, subtitusi sama karisma KPH.
      CMIIW

      Guest
  4. Secara basic sama, luarnya mirip sama untuk dalamannya agak beda sedikit.
    Pembeda utamanya di susunan paking blok & cop, dimana Legenda (keluarga FitNew) cop hanya seng untuk cop & kertas untuk blok. Kalau GN5 grand supra prima dia tebel, adal silnya jg. Yg beda lagi Rantai Keteng, Kampas ganda (KFL vs GN5)
    Untuk kampas kopling masih masa.
    Kebetulan saya jual.. 🙂

    Guest
  5. Kurang 1 wak …tutup mesin dari plastik nya itu kok ndak ada ? Hehehehe
    Gara2 Tutup ini dulu legenda di cap mocin karena mirip dg mesin cina

    Guest
  6. Tonggak menurunnya kejayaan motor bebek , mulai zaman matik meniti via vespa corsa 91 – 2006 ?,Jetmatic Trend 125 thn 2000?Yamaha Nouvo AT 115 pd 2002? sekarang bebek tersingkir dr panggung motoran negara +62 ….tinggal nunggu e motoran suksesnya kapan? N tutupnya spbu jd sp-e

    Guest
  7. pernah restorasi dua tahun lalu, gl neotech
    1995 milik bokap, total restorasi hampir 9juta kurang dikit. hasilnya membuat ortu bahagia.
    Musibah datang, saat bokap bawa itu motor keluar kota tgl 22 juni kemaren, kecelakaan single di boyolali ( bokap umur 72 tahunan) sampai operasi patah tulang.
    kerusakan motor, tuas kopling patah, mika stop lamp pecah.
    sampai sekarang ntu motor gak tak urusin lagi, nongkrong di yogya.
    Biarkan rusak aj, drpd membawa ortu celaka

    Guest
  8. restorasi lagi hehehh, joss masbro ? tapi ada 2 kurangnya: 1. Saklar2 udh kusam, maunya ganti baru aja. 2. Mika lampu blkng udh buram, kadang cahaya lampu jd lebih redup klo siang hari krn terhalang mika buram

    Guest
  9. Legenda tumpakane ora penak,isih luwih penak Astrea Grand, mbuh ngopo padhal sasis Podhowae,sokbreker podho,mung torsi mesin kayak’e ga penuh pokokmen bedo
    mungkin Krn kastanya motor ini paket hemat, cuma bingung juga,stroke sama tapi stang seher beda panjang,blok beda panjang,rantai keteng beda

    Guest
  10. Pernah restorasi GL max neotech 95 dg jerohan mesin full tiger ehh dijual sama ortu ,restorasi NSR R jadi RR dijual lagi …akhirnya bosen restorasi wong saya dibengkel 10 th walau sekarang lagi restorasi mobil harian biar ga malu2 in hehehehe

    Guest
  11. Halo, Pak, Pernah Restorasi Astrea Prima atau nggak? Soalnya Motor Bapak Saya ini Astrea Prima, nah, saya pengen bisa bikin motor itu seperti yah mendekati dulu, lah. Soalnya dari segi performa mesin udah turun, torsinya mungkin masih lumayan, meski gak sebagus dulu, tapi topspeed turun jauh, sekarang bisa nyentuh angka 65 kph aja udah bagus. Dan juga Suspensi belakang itu yang saya belum tahu harganya, kayaknya sih lumayan mahal, kalo part lain, yang sudah rusak itu keranjang dibagian depan itu dan cover bodi di bagian belakang bawah Behel. Kira-kira untuk Suspensi belakang yang Ori harganya berapa, ya?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.