TMCBLOG.com – Kayaknya memang setuju sih sama yang dikatakan oleh Chief Mechanic Franco Morbidelli yang pernah menjadi Chief Mechanic Jorge Lorenzo – Ramon Forcada bahwa motor alami dari Jorge Lorenzo adalah Yamaha Mission One (M1) . Motor dimana Jorge menghabiskan 9 musim dan mengahdilkan 44 kemenangan plus 3 titel juara dunia di sana. Duet Forcada – Lorenzo memang boleh dibilang mungkin salah satu duet RiderChief Mechanic Yamaha terbaik. Masing-masing saling mengerti dan saling mengisi satu sama lain. Bahkan setelah keduanya berpisah di tahun 2016, sinar masing-masing dari mereka seperti meredup. Jorge tanpa Forcada struggle di awal bersama Ducati dilanjut dengan Honda, sementara Forcada tanpa Lorenzo bahkan sempat diminta pisah oleh Vinales karena Maverick merasa tidak klop.

Lorenzo dan Ramon Forcada

Dengan lamanya waktu kolaborasi antara Forcada dan Lorenzo, seperti punya semacam koneksi batin antara keduanya. Ketika Yamaha Movistar melepas Forcada dari Chief Mechanic pembalap factory dan ‘menurunkan’-nya ke sisi pembalap satelit Franco Morbdelli, Lorenzo sempat menganggap tindakan Yamaha tidak tepat. Dan saat ini ketika Lorenzo sangat struggle di Honda Forcada pun memberikan pendapatnya, seakan sangat tahu apa sebenarnya masalah dari Jorge saat ini dengan RC213V.

Seakan bertanya pada diri sendiri Forcada memulai “Apa yang terjadi dengan Jorge? Motor alaminya adalah Yamaha. Motor itu seperti dibuat untuknya. Ia telah bersama Yamaha selama sembilan tahun. Evolusi dari motor ini paling besar berdasarkan (masukan) Jorge. Dan Yamaha sesuai dengan kebutuhan semua pembalap, mereka membuat motor untuk semua orang.”

Ketika membicarakan soal momen saat Jorge Lorenzo ragu dengan masa depannya bersama Honda beberapa bulan yang lalu, Ramon Forcada malah mengajak sedikit flashback ke kejadian tahun 2008 ketika sang Por Fuera mengalami benturan di kepala akibat crash serius di Catalunya yang berujung pada dirawatnya Jorge beberapa hari di rumah sakit “Buat Saya, Jorge berada dalam situasi dimana ia kehilangan kepercayaan diri. Ini mengingatkan saya pada kejadian yang ia alami di Montmelo, setelah ia kehilangan memori hampir selama tiga hari. Dan ketika ia hadir kembali ia berkata ‘ Guys, apakah layak yang saya lakukan ini? ‘ Ketika itu ia 22 tahun sekarang ia 33 tahun. Jika ditanyakan saat berusia 2 tahun hanya butuh 30 detik untuk mengatakan LAYAK, ketika berusia 33 tahun dan kamu menyakiti dirimu sendiri, Kamu butuh waktu untuk menentukan bahwa itu layak atau nggak.”

Selain soal kepercayaan diri, menurut manager dari Morbidelli ini salah satu yang menghalangi Lorenzo beradaptasi dengan Honda RC213V adalah keadaan alamiah fisiknya “Lorenzo, sebagai pembalap harus bisa mengatasi motornya. Ia memiliki handicap dengan Honda semenjak awal. Ia tidak begitu kuat secara fisik. Ini kelemahannya. Ia berlatih namun tidak menghasilkan otot yang lebih kuat dibandingkan pembalap lain, mungkin latihannya kurang (keras), ini alamiah dan jika begitu tak ada yang bisa ia lakukan.”

Selain itu Forcada pun merasa bahwa jika keadaan terus seperti ini Honda menurutnya akan terus membuat motor yang secara spek selalu Marquez-centris, “Karena Marc menang dengan Honda, ini adalah motor yang sangat butuh fisik, namun Jorge seperti yang saya bilang – tidak siap secara fisik untuk fight. Dan karena yang menang Marc maka Honda akan mengikuti instruksinya dan membuat motor untuk Marc. Gaya berkendara Marc sangat bertolak belakang dengan gaya Jorge. Setiap Marc menang, (maka ) Honda (akan semakin) membangun motor lebih mengacu lebih pada Marc dan kurang kepada Jorge.”

Taufik of BuitenZorg

99 COMMENTS

    • Yamaha adlh Lorenzo… Syg sekali ‘trbuang’ krn si anu ?
      Mnarik untk mnnti apakh Zarco & Fabio nnti mlipir jg k HRC… Mnarik jg mnunggu smpai kpn regenerasi mandeg, smpai 2 dekade zonk kh? ?

      Guest
      • Menarik kok cuma ngamati nganalisa. Tak tunggu kamu di grid motogp bung.
        Tapi klo anda keturunannya mbah darmo, ane maklumin deghh…

        Guest
      • perlu 12 tahun Yamaha puasa gelar, dan saat ini seperti deja vu melihat kombo MM+Honda seperti Doohan+Honda, butuh rising star yg sekelas Rossi muda/Marquez juga untuk nandingin hegemoni MM+Honda, atau klo mau cepet sukses ya bajak MM… pertanyaannya seberapa kuat modal YFR untuk bajak MM?

        Guest
        • Sebenarnya saat ini yamaha ada pembalap yang bs fight dgn MM tp apakah yamaha akan mempertahankan rider tersebut? Dan memasukannya ke rider factory?entah lah. Yg jelas menurut sy Quarta pembalap masa dpn yamaha.

          Guest
      • Menurut gue JL seorang juara yg tidak punya rumah. Itu alasan dia pindah ke ducati. Di ducati tidak cukup waktu menjungkal dovi, namun honda juga bukan pilihan. Balik ke yamaha pun tidak karena yamaha sudah ada VR dan MV. Lebih tepat klo waktu itu JL merapat ke suzuki. Karena suzuki belum punya penghuni waktu itu

        Guest
      • betulbro
        akibat terlalku nurutin si anu, regenerasi Yamaha jadi mandeg.
        Ben Spies,Hohe,Zarco adalah pembalap2 hebat, tapi mereka lebih milih hengkang dari yamaha gara2 Yamaha lebih mempertahankan si anu.

        Guest
        • yg bikin ulah itu sebener nya si kuning itu, merusak masa depan rata” pembalap yg lebih bagus darinya

          Guest
    • Hey wak, bikin sirkus balap sendiri napa?
      Tunjukin nyali balap. Machine Knowlegde. Team managing ability. Jangan cumak anallisa, ngegosib aje. Ayoohhhhh…….

      Guest
      • Ente punya berapa nick sih, goblast ,gobleh, apalagi ? mana komentarnya ga jelas lagi, mending kaya si dajo mau artikel apa aja komentarnya tetep “hmmm”

        Guest
      • @Go Blast: elu nyampah trus di komen org. Ga ada kerjaan ya lu? Sini gue kasi kerjaan supaya berfaedah hdp lu gak ngata2in org mulu.

        Elu sendiri prestasinya udh apa? Ini wak haji berprestasi bikin blog mtr slh satu tertenar di Indonesia makanya elu bs nyampe baca dsini. Klo ga tenar, ya elu ga bakal dsini.

        Ngerti ora sonn?!

        Guest
    • Bs jd smusim lg d Y untk effort trbaik agr HRC trgiur untk mnarikny kmbli & mgisi slot Lorenzo, stdakny bs pny posisi tawar d Tim Utama Repsol (bs agk lbh mmnta pgembangan khusus untk motorny sndr, slain gaji loh)… Who knows ?

      Guest
  1. hmmm,, jadi musti gmn donk ?? seperti jodoh yg ditakdirkan bersama tapi harus berpisah krn keadaan,, rasa ane selama mbah masih membalap di Yamaha….

    Guest
  2. Siapa yang bisa nolak tawaran HRC?

    • Gaji kompetitif
    • Pembayaran tepat waktu
    • Tunjangan profesi
    • Tunjangan kesehatan BPJS
    • Bonus prestasi
    • Dikelilingi orang kompeten
    • Uang lembur jelas
    • Uang transportasi
    • Sedia makan pagi-sisng-malsm
    • Kesempatan untuk jadi pebalap reguler

    Dan yang paling utama, yamano cuma tawarkan jadi Test rider, HRC tawarkan jadi pebalap 3 seri 2019 dengan rcv original 2018. Jelas beda kelas … Yang ada duit beneran sama dengan yang duit monopoli.. jiahahaha ???

    Folger aja kapok jadi Test rider yamano… Icip-icip sebentar sebentar.. takut jebol, rusak… Di anyem-anyem motor, .. dapet wildcard juga kagak…!!! Ogah dia jadi tua Bangka Test motor sendirian kayak jomblo!!!!

    Pppffffftttttt ?

    Guest
  3. pertanyaan saya , apakah bisa di 2021 jika rossi pensiun ataupun habis kontrak nya dn tdk di perppanjang . paduka jorge comeback ke yamaha . ? ? menurut wak haji bagaimana ?

    Guest
    • Jl99 pindah yahaha….?
      Berarti turun gengsi dong
      Masa dri rider MotoGP ganti profesi narik angkot
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

      Guest
      • Untuk apa juga Yamamah rekrut Hohe lagi kalo udah ada Fabio?
        Fabio kan ‘raw diamond’, tinggal kurang polesan aja karena masih rookie dan sangat muda

        Hohe udah terbukti jurdunnya dgn Yamamah, tapi bukan apa-apa, umur Hohe engga bisa dibohongi ?

        Guest
  4. jadi paduka disuru menang pake motor si “anu”, baru inputnya bisa diterima oleh pabrikan. kalo udah bisa menang pake motor si “anu”, buat apa lagi input dari paduka, udah bisa menang kok. ? loh?

    Guest
    • Honda akan sulit membuat motor user friendly dgn masukan Marquez. Krna riding style Marquez bertolak belakang dgn riding style Lorenzo. Dengan masukan pengembangan motor dari Marquez yg dikenal dgn gaya balap agresif ya cuma rider agresif yg bisa pake RC213V.

      Guest
    • Dimana-mana, kl mau omongannya didengerin sama prinsipal, tunjukin dl kemampuannya, jangan cuma modal CV doang……

      Guest
    • jorge bisa dbilang wanti-wantinya HRC buat serep dan resep baru yg bilamana andaikata jikalau marc hengkang.. ada opsi baru buat pngembangan. krna nama dan gelar jl di motogp jg patut diperhitungkan. msalahnya sekarang di Honda adlh whose the Boss now?? klo mau nurutin dri segi prioritas pngembangan..? pastinya jorge perlu melakukan pembuktian.

      Guest
  5. Satu pembalap kudunya gak boleh pindah-pindah motor n pabrikan. Karena motor n rider itu satu kesatuan. Seperti keluarga. Gak boleh pecah kongsi. Klo gonta-ganti itu namanya pembalap munafikun. Gak ada loyalitas babar blast. Gak beda sama pekerja tukang buruh pindah pabrik buat cari makan. Cuihhh……

    Guest
    • masalahnya suzuki enggan menarik pembalap berumur, suzuki yg skrng menjadikan rins sma mir long project mereka. kalau seandainya diganti kemungkinan tdk dalam waktu dekat. keburu lorenzo patah hati atau pensiun.

      Guest
      • Suzuku terkenal kolot dan budeg juga. Yakin bisa klop ama rider tipe Hohe yang cerewet ini?

        Bisa-bisa Dukaty jilid 2

        Guest
  6. Bisa jadi pelajaran ni, di kompetisi tertinggi jika sudah menemukan team/club yang cocok ga perlulah pindah pindah, ingat ini bukan masa pencarian jati diri, pindah sana sini cuman cari pengakuan.

    Guest
    • si ‘itu’ dulu pindah-pindah sampai ke dikiti sampai akhirnya sekarang tidak diakui lagi sama dikiti mas. kapok dikiti ngontrak si ‘itu’. hehe…

      Guest
        • si ‘itu’ saat di dikiti langsung kena skakmat stoner saat di hadno. dalam sekali ini mas. hehe..

          Guest
  7. Latihannya cuma nge gym doang,gak main dirtbike atau flat track gitu,,di medsosnya mana pernah keliatan main motor trail
    Dovi,Markus,Vale,Vina dan kebanyakan para pembalap itu latihan pake motor trail jg buat jaga kebugaran,mungkin melatih reflek riding juga

    Guest
    • Setidaknya sudah juara. Setidaknya sudah ngalahin Marc. Artinya ga ada yg salah dgn metodenya.

      Kalo itupun salah, dan rider yg latihannya dianggap berhasil harus dirtbike, pernah juara n pernah ngalahin Marc di championship, MotoGP pesertanya cuma dua orang. Marc n Rossi. Lu mau lihat balapan cuma dua orang ? Kalo gw kagak.

      So menurut gw rider yg pernah ngalahin Marc itu rider hebat.
      Masalah kecocokan dgn motor urusan lain lagi, toh dgn metode seperti itu dia udah ngalahin Marc pas make Ducati.

      Guest
      • Agak setuju

        Biar gimanapun cuma Hohe yg berhasil ngerem Marc di 2015 dan itu waktu dia di Yamamah… apapun alasan fans Marc, knyataan memang gitu

        Guest
  8. Forcada bener bgt, di yamaha jorge menang terus dan M1 dibangun sesuai jorge, di honda marc menang terus dan rc213v jadi marc centris. Ga masalah tho…salahnya forcada cuma dia blm masuk di lingkungan kerja HRC, jd dia org luar yg beropini soal dalam rumah tangga org! Hahaha

    Guest
  9. Sujuki bikin tim satelit, lord lorenso ke pabrikan sujuki sma rins, satelitnya diisi mir sma ianone (mungkin?) Naikin cal ke repsol dan taroh zarwo kr lcr, klo kaya gitu mungkin seru, cuma ngarang bebas, jangan diseriusin ?

    Guest
  10. Aku kan dah bilang jolor tuh yach yamaha m1 baik sebagai ace rider maupun developer rider. Disitulah dia sdbenarya tp malah nyasar2 gak jelas gitu. Tim yg jelas dengan visi misi plus prakteknya ya cuma HRC, tim yg lain aneh dan mbuyan semua (ada rider hebat cocok dgn motornya gak diambil [ducati, yamaha, suzuki], ada jg turun ke motogp cuma setengah2 [aprilia], nah tinggal nunggu ktm berhasil gak dgn sasis tralisnya lambat atau cepat)

    Guest
  11. Lorenzo adalah pembalap hebat, 3x juara dunia itu bukan kaleng2. Hanya saja, skrng lagi kurang beruntung, dilanda cedera, sementara harus menjinakkan motor dengan karakter paling banteng. Bisa jadi sebenarnya lorenzo mampu menjinakkan RC213V, kalau tubuhnya fit.

    Guest
  12. secara tidak langsung memang benar RCV harus di kendarai dengan fisik dan stamina yg benar2 bagus, skill saja tidak cukup

    Guest
  13. uda lumrah anak berprestasi dapat perhatian lebih dan didengar omongannya. lha yg zonk 1 dekade aja masih pede pengen jadi yg diutamakan dalam pengembangan motor, dan hasilnya setahun juara seri 1x doang..

    Guest
  14. Di 2019 ini ane menganalisa kalo wak taufik dapat tugas tambahan dari dorna buat naikin pamornya marques nih,mengganti icon baru persiapan icon lama pensiun ,setiap ane baca tentang artikel motogp,seringkali ada kalimat yg menyindir rossi ,
    Apakah ada pemikiran yg sama??
    Ane bukan fansboy manapun ,ane cuma penikmat dunia balap

    Guest
    • hebat banget kalo itu benar terjadi, saya sangat tersanjung sampai jidil 7 kali
      saya cuma blogger pinggiran doang hehehehehe

      Administrator
    • sebenarnya sah sah sadja, marquez di agung agungkan jd magnet motoGP. juara dunia nya berjilid cuy. lagipula sponsor motogp buat dorna itu ga banyak, jadi butuh simbol motogp kedepan nya ga kaya f1 sponsor bejibun. menang pabrikan juga dapat hadiah. tp ya beda lagi omongan nya kalau kesitu. intinya ttp motogo butuh pembalap hebat bersponsor besar biar makin ramai dan pamor motogp makin naik.

      Guest
  15. Kalo saya pengennya wak
    Zarco bagus pake rcv terus dikontrak hrc tandem sama marc, lorenzo pensiun aja kasihan badannya terus jadi test rider yamaha hehe kayaknya lebih cocok gitu dengan keadaan lorenzo yg udah gak fit 100% yamaha juga butuh test rider yg jempolan…

    Guest
    • Lord Hohe Hoheho test rider?

      Alamak egonya bakal nolak mentah-mentah.

      Kaya gak tau aja Lord Hohe yg begimana ??
      Dia itu harus near perfect (99%) sesuai dengan term & condition nya

      #JL99 gitulohh

      Guest
    • lorenzo itu pembalap bagus, dan harus jadi pembalap yg lead development motor kalau mau juara. dia keluar dr yamaha krn jd nomor 2 terus ducati setengah hati dengerin lorenzo, di hrc jd pembalap kedua karena ada marquez. lorenzo butu motor yg arah development nya ke dia.

      Guest
  16. Lorenzo pensiun, suruh jd test rider honda, bantu bikin motor yg lebih friendly jaga2 marc kl 3-4 thn lg udh ga skompetitif skrg (sbg developer rider jg sdh terbukti di Y), krn klo terus2an marc yg jd patokan, kemungkinan muncul alien kyk gt lg kecil bgt..

    Guest
  17. “Evolusi dari motor ini paling besar berdasarkan (masukan) Jorge”

    Semakin lama semakin kebuka, ternyata simbah ga bisa apa2 emang, pantes di tinggal lorenzo dengan input kakek lejen yang ada yamama tambah ancur…

    Guest
  18. kenapa lorenz ga ke suzuki??
    karna suzuki lbh memilih membangun hubungan dgn pembalap dri awal. harusnya MV yg di ajak berkembang sma suzuki, tp apa daya dya lebh kepincut sma yamha.. sedang sujuki ga tertarik buat pke pembalap lama (kecuali pas awal2 buat membangun pondasi kepercayaan diri tim) walopun akhirnya mesin gsx dibangun dri riset ‘para rookie’.. moga rins/mir ga kepincut pabrikan lain kyak MV..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.