TMCBLOG.com – Di hari kamis kemarin, setelah perilisan Suzuki Ecstar MOtoGP Team, back to back TMCBlog langsung menghadiri perilisan team Petronas Yamaha SRT yang berlangsung di Hospitality Team. Baik Fabio Quartararo maupun Franco Morbidelli hadir bersama dengan motor mereka Yamaha YZR-M1. Namun ada yang cukup menarik bahwa tahun ini secara umum Yamaha memberikan motor bagi kedua pembalap Petronas Yamaha SRT ini dengan spesifikasi yang terlihat berbeda. Paling tidak ini bisa dilihat dari fairing depan dimana Fabio menggunakan aero fairing model M1 2020 dengan lubang ram air lebih besar sementara Franco menggunakan aero fairing yang mirip model 2019. Ada apa sebenarnya?

Sepulang dari track semalam, TMCBlog, Crash.net dan Motomatters berada dalam satu mobil yang membawa kami pulang ke Hotel. Hotel kami berjarak kira-kira 5 km saja dari sirkuit dan dalam perjalanan ini David Emmett menceritakan informasi apa yang bisa diperoleh dari Lin Jarvis berhubungan dengan fakta yang terlihat saat perilisan team Petronas Yamaha SRT ini.

Jadi pada dasarnya pada test pra-musim Valencia dan Jerez bulan November 2019 yang lalu Yamaha sudah mempersiapkan dua spesifikasi motor Yamaha M1 untuk dipakai di musim 2020. Spesifikasi pertama yakni bisa dikatakan sebagai ‘Spek A’ adalah motor Yamaha M1 dengan konstruksi lebih ke penggunaan basis mesin Inline 4 model 2019 tetapi memiliki penambahan performa mesin seperti top end power. Boleh dibilang spek mesin pertama ini merupakan mesin ‘evolution’ dari YZR-M1 2019.

Sementara spek kedua adalah mesin inline 4 model 2020 yang boleh dibilang sama sekali baru. Saking barunya, sampai-sampai Yamaha harus membuat baru juga hampir semua hal yang berkaitan dengan motor tersebut dan secara spesifik penyesuaian terbaru untuk mesin motor tersebut yang paling kentara adalah pengunaan sasis dan juga penggunaan model aero fairing.

Aero fairing dengan bentuk ram air lebih memanjang vertikal itu adalah desain khusus yang didedikasikan untuk mesin baru/mesin factory. Dan tentunya banyak lagi detail-detail lain yang tidak bisa terlihat karena tertutup side fairing. Namun artinya bahkan sasis 2019 sekalipun tidak bisa dipakai untuk menggendong mesin 2020 ini walaupun secara regulasi diperbolehkan.

Dan menurut penuturan David, Lin mengatakan bahwa saat ini resource Yamaha belum sampai ke level untuk bisa menyediakan 4 motor spek factory terbaru. Hanya untuk 3 pembalap yang artinya secara total untuk 21 mesin dalam satu musim karena harus dikali 7 plus beberapa unit mesin spare untuk Test Rider.

Sehingga keputusan pun harus dibuat dan seperti yang bisa kita lihat kemarin saat acara perilisan team, Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Fabio Quartararo menggunakan desain fairing/mesin Yamaha M1 2020 dengan spek factory. Sementara itu jatah untuk Franco Morbidelli boleh dibilang sebenarnya juga menggunakan mesin 2020 namun yang dibangun berbasiskan paket motor evolusi dari mesin 2019.

Untuk Valentino dan Maverick memang tidak boleh berbeda dalam spek mesin sementara untuk Quartararo dan Morbidelli diperbolehkan menggunakan spek yang berbeda karena memang diperbolehkan oleh regulasi secara mereka tergabung dalam team satelit. Akan tetapi, sekalinya Quartararo ataupun Morbidelli diputuskan menggunakan mesin dengan spek tertentu maka mesin tersebut akan di-seal menjelang race weekend Qatar dan penyegelan berlangsung selama satu musim penuh.

Taufik of BuitenZorg

Galeri Detail Yamaha M1 Quartararo

 

37 COMMENTS

    • Intinya putra mahkota yg itu udah jadi pembalap lapis 2 sekarang. Karena Raja nya juga udah digulingkan πŸ˜ͺ

      Sosok Fabio bahkan lebih penting dari Raja itu sendiri. Apalagi ‘cuma’ sekedar Morbidelli. Perkara simpel yg udah keliatan banget ituh. 😬

      Guest
  1. Wkwkwk,tanda2 putra mahkota akan kegusur nih,tahun depan petronas ambil rekrutan muda baru dari Moto2 buat pengganti kedua pembalapnya πŸ˜†

    Guest
  2. Bentuk air ram nya mirip aprilia rs3 cube 2004. btw, perasaan saya aja atau memang helm fq20 ketambahan sponsor baru

    Guest
  3. Petronas SRT :
    Ace Rider : FQ20
    Rider Kedua : Putra Mahkota

    YFR :
    Ace Rider : Mack12
    Rider Kedua : Bapak Mahkota

    Like father, like son. Bapak sama anak sama saja.

    Guest
    • mungkin yg lebih pipih itu jalurnya lurus langsung lewat dr tengah sasis,yg lebar harus melingkari shock depan dulu,kan udara yg masuk akan lebih plong yg jalurnya langsung lurus,jadi tenaga bisa lebih terkerek naik

      #ngaco

      Guest
  4. Namanya juga el diablo(iblis) spesifikasi kudu nomer wahid, walopun udah ketolong sama ban michelin (perancis) biar tampil di depan mulu…el diablo el diablo #motogpakhirzaman

    Guest
    • suotoy!Fabio kan gak diakui sebagai orang Perancis,karena udah lama tinggal di Spanyol paspor doang Perancis
      kalo gitu kenapa promotor GP Perancis getol banget pertahanin Zarco biar tetep di MotoGP wong udah ada Fabio,biar pas GP Perancis masih ada yg didukung oleh masyarakat sana,tiket sold out

      Guest
      • Boneng jarang nonton motogp yak, tiap gp di lemans perancis tribun mayoritas isinya atribut kuning kuning… Sebelom ada zarco balap di motogp juga udah full kok di lemans, mau el diablo kgk di akui orng perancis sama warga perancis karena menurut lo doi lama tinggl di spanyol Wkwkkw… tetep aja doi orang perancis mewakili negara perancis. julukan iblisnya aja yg pake bahasa sepanyol…

        Guest
  5. Pdhl dulu jaman awal2 karir Morbidelli sy fans berat sm doi aplg pas di European Superstock 600 nunggang Kawasaki, skrg kyknya kurang mengkilap ya..

    Guest
  6. selain untuk riset berjalan mungkin salah satunya juga karna faktor biaya mungkin sehingga sulit untuk menghadirkan 3 motor pabrikan

    Guest
  7. Saya rasa apa yg diraih fabio musim lalu jg pantas ditukar motornya, so morbidelli harys jenggah nih biar bisa top 5 terus. Kalau tidak…bakal diganti pembalap muda dr team petronas moto2.

    Guest
  8. Kirain beneran 4 spek a
    Ternyata tetep 3 spek a + 1 spek b
    Cuma narasinya aja yg diubah
    Padahal ane udah berharap lebih untuk 2021

    Guest
  9. Tdk disebut ya resource teknis atau finansial? Tp berani jg mempublikasikan kapabilitas Yamaha seperti itu? Atau mmg sebagai sindiran ke Yamaha terhadap proyek GP nya? (perbandingan dng KTM)

    Guest
  10. Yang ragu sama Pangeran Morbidelli siap2 gigit jari hihihi….
    Hasil test sepang 07 Februari 2020
    No. Pembalap Tim Waktu
    1 QUARTARARO, Fabio Petronas Yamaha SRT 1:58.945
    2 MORBIDELLI, Franco Petronas Yamaha SRT 1:58.996
    3 RINS, Alex Team SUZUKI ECSTAR 1:59.195
    4 CRUTCHLOW, Cal LCR Honda CASTROL 1:59.234
    5 MILLER, Jack Pramac Racing 1:59.236
    6 VIΓ‘ALES, Maverick Monster Energy Yamaha MotoGP 1:59.367
    7 ESPARGARO, Aleix Aprilia Racing Team Gresini 1:59.427
    8 ESPARGARO, Pol Red Bull KTM Factory Racing 1:59.536
    9 MIR, Joan Team SUZUKI ECSTAR 1:59.568
    10 ROSSI, Valentino Monster Energy Yamaha MotoGP 1:59.569
    11 DOVIZIOSO, Andrea Ducati Team 1:59.666
    12 MARQUEZ, Marc Repsol Honda Team 1:59.676
    13 MARQUEZ, Alex Repsol Honda Team 1:59.918
    14 PETRUCCI, Danilo Ducati Team 1:59.939
    15 PEDROSA, Dani Red Bull KTM Factory Racing 2:00.017
    16 OLIVEIRA, Miguel Red Bull KTM Tech 3 2:00.131
    17 BAGNAIA, Francesco Pramac Racing 2:00.136
    18 GUINTOLI, Sylvain SUZUKI Test Team 2:00.371
    19 ZARCO, Johann Reale Avintia Racing 2:00.464
    20 LECUONA, Iker Red Bull KTM Tech 3 2:00.511
    21 BINDER, Brad Red Bull KTM Factory Racing 2:00.519
    22 RABAT, Tito Reale Avintia Racing 2:00.750
    23 NAKAGAMI, Takaaki LCR Honda IDEMITSU 2:00.815
    24 TEST 1, Yamaha Yamaha Test Team 2:01.080
    25 TEST 2, Yamaha Yamaha Test Team 2:01.744
    26 SAVADORI, Lorenzo Aprilia Racing Team Gresini 2:03.150

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.