TMCBLOG.com – Setelah kemarin Kita Bongkar Yamaha M1 2019, Kini berdasarkan Foto dari YM hadir pula foto foto detail dari Honda RC213V 2019. Yap walaupun Hanya bisa juara Via satu pembalap, namun tak pelak Honda RC213V adalah Motor Juara 2019. Di 2019 sendiri juga Honda RC213V mengalami Perubahan besar besaran dibandingkan dengan Motor Tahun 2018 ( foto di bawah )Β  di mana beberapa ciri ciri di antaranya adalah penggunaan tunnel RAM air melalui bagian tengah. RC213V sebelumnya menggunakan RAM Air Tunnel Via Kanan dan Kiri dari body Motor

Dengan hadirnya tunnel Ram Air yang melewati daerah head Stock dari RC213 memang dipastikan bukan Hanya soal perubahan Performa Motor yang memperoleh asupan Udara Lebih ‘plong’ dari depan dan membuat top Speed bertambah tinggi, namun juga disinyalir HRC harus berfikir keras. Hal ini dikarenakan membolongi bagian tengah dekat headstock, dipastikan akan hadir perubahan karakter Frame yang berbeda karena bagian headstock memiliki lubang besar untuk aliran tunnel udara dari depan ke Box Filter udara . .

Honda RC213V ditengarai merupakan salah satu Motor dengan penempatan external Flywheel. namun sobat sekalian akan cukup sulit melihatnya dalam kondisi foto di atas karean disinyair part ini etrtutupi oleh Cover yang tepat berada di atas lubang Crank-Starter

Buat yang kepo sama Detail ‘ bridge’ antara Fuel tank cover atas dengan Side Fairing dua Gambar diatas sepertinya cukup memberikan penjelasan di mana sepasang bridge kiri dan Kanan itu menjadi tempat semacam jalur Kabel atau bahkan part elektronik dari RC213V. hal ini cukup Logis secara kita ketahui pada RC13V 2019 dan 2020 ini steering damper berpindah tempat di bagian headstock atas yang biasannya penuh dengan tempat part part elektronik seperti wiring dan ECU.

Foto di atas dengan sangat jelas memperlihatkan bahwa side Muffler berasal dari dua silinder ( diperkirakan dua silinder terdepan ). Swing arm carbon dengan bagian bawah mendapatkan Detailing Air Tunnel untuk mendinginkan Kaliper rem Brembo. Sementara itu sobat bisa lihat kembali Rotor / cakram rem belakang RC213V Marc Marquez menggunakan Tipe Ventilated rotor seperti cakram Mobil.

Muffler Belakang yang model Under Tail merupakan muara dari dua leher kenalpot yang diperkirakan merupakan muara dari exhaust dua Silinder yang belakang sob.

Sobat bisa lihat part yang merupakan bagian dari seamles gearbox Lalu ada beberapa detail baut yang diberi proteksi atau mungkin sealed dari kawat. Cukup menarik melihat bagian dari Dry Clutch ini hanya diberikan proteksi di bagian belakang saja, untuk melindungi kaki rider, atau punya fungsi sebagai air scoop pendinginan Plat Kopling ?

Sensor torsi yang dikenal sebagai Torductor. Honda ada Pelopor penggunaan sensor ini sebelum pabrikan Lain menggunakan Juga. Jika kepo sama sensor ini Sobat bisa baca lebih mendalam dari torductor ini di Link berikut ini

Bagian bawah dari Mesin Motor ini merupakan tempat pipa leher kenalpot dari dua silinder depan meliuk sebelum hadir di end Muffler sisi kanan Motor. Terlihat antara leher knalpot satu dan Leher Knalpot dua hadir seperti Tunnel kecil yang menghubungkan keduanya. Biasannya sih detail seperti ini punya fungsi meminimalisasi dari Back fire dari Muffler.

Handle Kanan dan Kiri Yang penuh akan tombol tombol serta Detail dari Hand Grip yang memiliki penguat mengguankan cara yang cukup Oldschool Yakni mengguankan Kawat. Hal ini dilakukan untuk menghindari gejala Karet Grip lolos dari poros setang yang tentunya akan mengganggu Handling . . . Jadi seperti itu beberapa detauil dari Honda RC213V Musim 2019, untuk foto detail selanjutnya bisa sobat Lihat di bawah ini

Taufik of BuitenZorg

 

 

 

 

55 COMMENTS

  1. Btw kopling kering merk ngondah sendiri y Wak? Gak kaya YAngMAHAL merk kopling keringnya exedy? Apa exedy juga cuma nempel merk doang di YAngMAHAL??

    Guest
    • Kalo dulu masih jaman old cb150f pake exedy juga om, bahkan di motor ocb jg pake exedy.. nah kalo skrg gk tau deh..

      Btw itu pake per kopling tiger apa aftermarket yak? Wkwkwkwk #jokepagi

      Guest
      • Kata nya gelar nya legend tp atitude nya buruk sekali kontrak blm abis udah menjalin komunikasi sama yimihi.ibarat kata lu blm resmi cerai tp udah pdkt ama cwe lain bgsd emang

        Guest
    • Itu secara gk langsung udah membuktikan kalo hohe gk bisa handle rcv dgn baik, bahkan dengan nakagami sekalipun.. tanpa perlu marc pindah pabrikan udah ngerti kapasitas hohe. Apalagi kalo si marc pake yamaha, bisa2 cukup adaptasi sebentar lgsg ditinggal sekebon race bareng hohe di track yg sama.. (asumsi ane ya, kalo beda pendapat ya monggo)

      Guest
  2. Wajar Sponsornya betah.. RcV sering juara..
    Motor selalu podium terosot media…
    plus ada rider spanyol…

    Yg gg wajar itu ymi sponsorin TVVII walau 3 tahun jarang podium… itu yg aneh… hehehe..

    Guest
  3. Sssttt honda itu tukang ngekor wak haji bukan pelopor. 😁😁
    Sudah kaya dharmo belum ya πŸ₯ΊπŸ₯Ί

    Guest
    • klo darmo hmpir mirip.yg pasti kalo mirip Alan,nah itu baru bener.
      si mutem,sering di tabokin gk kapok2.

      Guest
  4. Motor n mesin adalah matematika alamiah. Semakin paham mesin semakin dekat kpd Allah SWT. Ilmu yang paling murni bebas segala persepsi opini manusia.

    Guest
  5. Motor 4L..
    Loe Lagi Loe Lagi..
    Yang menang..
    Bikin blingsatan & senapsaran banyak pabrikan..
    Pokoke J U A R A !!!

    Guest
  6. Mas Taufiq mau tya system kopling di motogp itu gimana, apakah kyk mtr sport biasa atau system hidrolis?

    Guest
  7. Motor yg cuma kelas alien aja yg bisa bawa podium.

    Mesti kaya gatot kaca, tulang Wesi, otot baja.

    Bukan rider yg cuma bisa bawa motor kenceng doang,

    Guest
    • Motor yg cukup utk menakar kapasitas Jorge Lorenzo. Mampu ganas diatas Yamaha dan Ducati tp akhirnya bertekuk lutut hingga pensiun.

      Guest
  8. owalah wak wak
    di artikel buka2an kemarin biasa2 aja.lah yg ini pke pelopor2an segala.
    kami dari tim SMART anti yg namanya ngekor2an.Haram wak haram

    Guest
  9. Rcv terganteng adalah.motornya valentino rossi…moncongnya cuakep…apalagi Blm pk winglet sialan yg bikin semua motor jd jelek

    Guest
  10. Penutup botol buat minyak rem yg dicolong Marshal aja pasti harganya tinggi kalo dijual

    Apalagi ini,
    kasih baut titanium atau kabelnya aja deh,taruh di mika tertutup kayak yg dijual Ducati,bisa auto kaya πŸ€‘

    Guest
  11. kalo diliat2 ni motor
    ada hal yang mengejutkan, tak disangka2. apa itu?
    ternyata ….
    ni motor
    Gak Ada Mirip2nya ma CBR1000RRR

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.