TMCBLOG.com – Pada Video Stage Ke3 Modifikasi Kawasaki Ninja ZX25R terlihat jelas bahwa Motor 250 cc empat silinder yang akan dirilis Oleh KMI tersebut sempat dilepas Fairing dan Bodynya untuk dipakaikan Body A-Tech berbahan Serat Karbon. Dan ketika dibuka terlihat dengan Jelas seperti apa Jenis Sasis dan tentunya Model Jalur Intake RAM AIR ZX25R ini sob.

Dari Foto di atas  terlihat memang bahwa dari moncong depan , Jalur udara hanya satu line yakni ke arah kiri dari motor, meliuk sepanjang bagian dalam Fairing, masuk ke sela sela diantara jalinan batang dua bagian sasis teralis vertikal dan akhirnnya masuk ke Box Filter udara yang ada di daerah ‘fuel tank ‘ . . Dan Boleh dibilang sama persis dengan Desain Yang tertulis di patent sob alias Klop

pertanyaannya, kenapa Nggak Lewat tengah saja, Jadi Lurus dari depan dan ”Ngebolongin” daerah di bawah headstock? Hi -Cost Bro . ..  Butuh Material Yang benar serius Kalo mau begitu. Karena Selain harus bolong, bagian headstock harus pula memiliki karakter kekakuan yang tidak membuat karakter motor sulit dihandle. Wong Sekelas RC213V saja sebelum 2019 masih menggunakan Jalur Tunnel Ram Air dari samping koq.

Gambar di atas  adalah gambar lebih detail lagi mengenai Lebar dari tunel yang berbeda beda. Sobat Bisa lihat saat Udara mau ‘ nikung ‘ maka jalurnya dipersempit seperti yang ditunjukan oleh No 64 dan daerah saat mau masuk Box Filter udara (No 60) Juga menyempit. Ini tujuannya apa ? Kenapa Nggak Lebar diameternya konsisten sama dari depan ke belakang ?

Seperti kita ketahui jika diameter mengecil maka tekanan atau Pressure akan meningkat. Sesuai Hukum Kekekalan Energi di Persamaan Bernoulli Sepertinya Kawasaki ingin aliran Udara hadir dengan Pressure tinggi saat berada di tempat menikung pada Tunnel RAM AIR . . . hmm mungkin untuk menjaga kualitas tekanan Udara yang kuat yang ujungnya bisa meningkatkan Power / torsi yang dihasikan Meisn 4 silinder segaris ini ? . Atau sobat sekalian mau urun Pendapat lain ?

Taufik of BuitenZorg

66 COMMENTS

    • bentar lagi corona beres pengen turing lagi pantau pantau mau beli motor enak buat turing tapi pengen 250cc siapa tau ada yg mau brojolin

      Guest
      • Selang ram air menggesek yoek? Handling rusak parah?
        Lu kira desainer dan engineer Kawasaki itu lulusan tata boga atau tata busana ya?

        Guest
        • Iya nih Kampret sok tau, dipikir Jepang hingga sekarang negara dengan kemampuan abal2 ya. Kalau kemampuan hanya komen doang ya begini nih.
          Melek dikit jadi orang napa, merdeka udah kapan masih aja IQ lu jongkok

          Guest
  1. Mantap wak…

    OOT : bagi yg terlanjur beli Ninja 250 yg 2 silinder jangan sedih, tinggal modif crankshaft 360 derajat, suara auto 4 silinder ekekekek…

    Guest
  2. Intinya, gmn caranya ZX25R tetap hyped & exposed di berbagai portal/canal info..

    Diharapkan jd cash-cow nantinya, stlh KLX berkurang kontribusinya..

    Guest
    • Yap Memang harus begitu, sepertinya kawasaki melihat/ mencontoh bagaimana Honda dulu melakukan Kampanye serupa dengan CBR250RR, tercatat menurt saya sekitar hampir 6 bulan Honda melakukan Kampanye awareness sebelum motor hadir, dan satu lagi . . itu tanpa Pandemi

      Administrator
      • Betul, Wak…
        CBR250RR berhasil membuat hype didukung oleh kualitas produk yg bagus juga.. namun kondisi & behaviour market Fairing 2 Silinder 250cc sdh berubah, sehingga secara nominal penjualan tdk/kurang berhasil..

        Semoga ZX25R bisa expand & create market ini, sehingga kelak pabrikan lain bisa nyemplung juga (apa 3 silinder CP, 2 silinder V, atau sama2 4 Silinder inline), sehingga market 250cc bisa lebih berkembang..

        Guest
  3. Semoga nanti motor ini laris karena mau gak mau bakal jadi tulang punggung penjualan (di Indonesia) dan pasti keluar biaya yg lumayan buat promosi biar motor ini hype terus dari gaung bertahun-tahun lalu sampai diviralkan terus oleh” influencer” otomotif di sini biar tetep hype di waktu yg susah(pandemi) dan performanya bagus sesuai ekpetasi kita selama ini.

    Guest
    • Laris sesuai dengan posisitioningnya ya, jangan disamakan dengan Honda beat tentunya 😀

      Administrator
  4. Subframe nya nungging amat yak. Akibat rangka motor kecil yang dipaksain punya seat height ala 1000cc yang tinggi. Heran motor2 superbike di kompak2in biar jarak jok ke stang ga terlalu jauh dan tinggi jok lebih manusiawi. Motor kecil justru digede2in, di tinggi2in. N250 lebih gede dari ZX636, R15 segede R6 tapi begitu di terondolin cuma macam vixion pake tabung 3kg. Padahal motor kecil juga lebih enak dipakenya, buktinya moto3 kek motor mainan doang padahal yang naik juga jangkung2 juga pembalap jaman sekarang.

    Guest
      • @Ganti Cangkir
        kalau bicara seat height, seat height ZX636 itu tinggi banget lho, 83cm, R6 itu malah 85cm…
        Orang dengan tinggi <170 cm, bakalan kesulitan buat nguasain itu 2 moge.

        Kalau Ninja 250FI old dan new, seat heightnya lebih rendah kok, sekitar 78,5cm, masih bersahabat buat orang dengan tinggi 160an.

        Guest
      • @Aris karena Suzuki sendiri ga turun di moto3. Beda cerita kalo CBR jomblo dibikin semirip mungkin sama moto3 sambil dibilang replika GP, auto laku dah macam NSR dulu

        @Agus iya seat height emang tinggi, tapi baik R6 sama ZX636 kalo udah diatas jok terasa kompak karena stang dan footstep deket. Enak di handlingnya. Masalahnya cuma di lamer aja harus jinjit. Kalo versi balap sih bisa custom macam yang dinaikin pembalap cebol dari Indonesia udah dipendekin jadi hampir seukuran R3. Seat height tinggi ga melulu bikin motor terasa gede.

        Guest
    • @Ganti Cangkir
      kalau bicara seat height, seat height ZX636 itu tinggi banget lho, 83cm, R6 itu malah 85cm…
      Orang dengan tinggi <170 cm, bakalan kesulitan buat nguasain itu 2 moge.

      Kalau Ninja 250FI old dan new, seat heightnya lebih rendah kok, sekitar 78,5cm, masih bersahabat buat orang dengan tinggi 160an.

      Guest
      • Kalau cari moge dengan seat height yang agak friendly untuk orang dengan tinggi <170cm, Z900 dan Ducati Monster bisa jadi pilihan. Seat height keduanya <80cm

        Guest
  5. apa di dapam box filter ada sensor lagi wak… soalnya khan bisa aja ada supply udara yg berlebih

    Guest
  6. Mas mau tanya ini,kl ada air ram intake gitu bagaimana kl hujan? Apa airnya tidak masuk ke mesin?
    Atau mungkin airnya ditahan di filter, kalau begitu umur filter waktu musim hujan sebentar ?

    Terimakasih 🙏

    Guest
      • berarti kalau cuci motor jangan semprotkan air ke dalam air ram donk? selain air rum dan knalpot bagian mana lagi yg tidak boleh tersemprot air saat cucui motor ya?

        Guest
  7. IMHO Moncong intake yg ktemu external environment agak bawah sudutnya dibuat menukik.
    Plus lorongnya di desain sdemikian rupa, agar makin masuk makin meninggi secara gradual jadi gravitasi tetep memainkan perannya.

    Guest
  8. Wak Haji, bukannya kalo pelajaran ilmu fluida mengalir alias mekanika fluida dinamis, kecepatan tinggi maka tekanan rendah. Kalau diameter mengecil, kecepatan menjadi tinggi karena yang tetap itu debit alias volume per waktu. Makanya pipa air kalo dibumpet dikit ujungnya bisa muncrat jauh. Cuma kawak ngejar kecepatan kayanya biar udara freshnya masuknya cepet ke pembakaran.
    Prinsip Bernoulli
    Prinsip Bernoulli menyatakan bahwa di mana kecepatan aliran fluida tinggi, tekanan fluida rendah. Sebaliknya jika kecepatan aliran fluida rendah, tekanannya menjadi tinggi.

    Guest
      • kayanya ngejar kecepatan udara tinggi untuk mixing bahan bakar lebih homogen. kalo lambat kan mixing lebih susah

        Guest
        • Seperti semprotan anti nyamuk yg manual jaman dulu, mixing angin dengan cairannya jadi lebih lembut..

          Karena itu moncong inlet Throttle Body / Karburator untuk udara masuk desainnya mengecil seperti moncong terompet..

          Guest
    • Ram air kelemahannya di low speed. Mungkin penyempitan untuk mengoptimalkan flow rpm rendah dan speed rendah. Bisa juga sedikit menciptakan frekuensi backpressure menambah EV di rpm rendah. Menambah sedikit torsi di rpm rendah menengah. Kan motor ini motor harian. Gk lucu kalau di lampu merah diasapi matic, mesti naikin rpm lebih tinggi dulu untuk bisa keluar torsinya.

      Guest
  9. at bahwa disinyalir itu Lubang di Moncong Fairing depan Motor tidak buntu seperti R15 . . Namun bisa sobat lihat ada memecah ke kanan dan ke kiri . . disinyalir itu adalah dua tunnel Yang mengarah Ke Box Filter udara . .

    Jika Perkiraan tmcblog benar adanya, maka boleh dibilang Next R25/R3 merupakan Motor Sport 250 cc twin pertama yang menghadirkan lubang ram Air terekspos dari depan . . Sebenarnya CBR250RR juga ada, namun posisi Lubang Inletnya ngumpet di bawah fairing. Nah untuk R25 ini jelas desainnnya sangat Motor Balap banget . ..

    Guest
  10. Asli tak kira rangka CBR 250RR, jangan jangan pas CBR 250RR keluar motornya dibongkar Kawasaki dan di ambil hal hal yang baiknya, dunia dagnag memamg gituya saling inspirasi apalagi sesam jepang Nasionlaisnya kuat, yang ributkna orang Indonya aja wkwkwk dsana malah ketawa ketawa..

    Guest
  11. “jika diameter mengecil maka tekanan atau Pressure akan meningkat”.

    Punten Wak, barangkali persepsi sy salah mohon dikoreksi..

    Tujuan diameter yg mengecil adalah untuk mempercepat Flow atau Aliran, karena pada rumus Differential Pressure untuk mengetahui kecepatan suatu aliran, diameter penampang yg lebih besar itu tekanannya lebih besar dibandingkan dengan diameter yg penampangnya lebih kecil..

    Guest
  12. kereen wak artikelnya, hukum kekekalan energi sampe di bahas juga….blogger techtalk the best..artikel yg susah di contek nih.sblm nyontek udh mumet duluan..wkwkwkwk

    Guest
  13. liat protolan gitu jadi membayangkan versi streetfighter nya, semoga ada, naked sport 250cc 4 silinder setelah Suzuki Bandit 250

    Guest
  14. Kenapa cuma kiri doank..?

    Kenapa g diaplikasikan ke dua sisi..?
    kalo diliat secara estetika serasa berat sebelah..

    Guest
    • Tambah di kanan tambah cost. Jika 2,ukuran lebih kecil, jika sama, bisa kelebihan suplai udara. Torsi Rpm bawah menengah bisa turun dibandingkan ukuran yang sesuai.

      Guest
    • 1000 cc kanan kiri, 250 cc mah cukup 1 aja
      Volume mesin dan kebutuhan udara diperhitungkan jga kan.

      Guest
  15. Daripada meliuk2 gitu maksain ditengah kenapa ga ditaruh di samping kiri aja kaya Yamaha TZ125 edisi terakhir. Malah keren kan

    Guest
  16. biar saat putaran rendah/pelan air flow nya kenceng mungkin wak.biar nga tekor udara yg masuk ke box filternya, makanya di buat menyempit di ujung. mungkin lho

    Guest
  17. Terowongan penyalur angin memanfaatkan tekanan dari arah depan biar terkompresi kaya turbo 😁
    Pemampatkan yang cerdas

    Guest
  18. baca komentnya ramai bener, ….smoga laku bener nih motor biar tetep idup kawak lokal ,buat iklan n wallpaper jejeran ninja 250 karbu ampe 4piston cakep X

    Guest
  19. nah mau tanya nih para senior2, kekuatan suara, volume suara, kepadatan suara, ngebassnya dari zx25r ini, apakah sama degan zx636r (2020)? soalnya sedih juga kalau yg sudah punya zx636r dengan harga lebih mahal disamain dengan zx25r.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.