Tmcblog.com – Ada satu footage menarik yang tmcblog lihat di Video pendapat dua pembalap WSBK Kawasaki Racing Team mengenai Kawasaki Ninja ZX-25R MY 2021 yang mereka coba di Jerez … Terlihat di satu tikungan Alex Lowes melakukan downshift dengan cepat , turun sebanyak sekitar 3 tingkat gear dan ketika balik ke pit lane Alex bocorin sedikit bahwa ia terkesan dengan auto blipper dari Kawasaki Ninja ZX-25R .. wah jadi ada Auto Blippernya ? ” Sangat menyukai Quickshifter, juga saat memasuki tikungan, The Blipper, Sangat menyenangkan menggunakan blipper di (gear) boxnya ” Saat ini Kawasaki belum secara resmi merilis full spesifikasi dari motor ini, namun dengan review Lowes mengenai auto blipper, maka secara tidak langsung Lowes mengkonfirmasi bahwa Kawasaki Ninja ZX-25R memiliki fitur semacam Quickshifter untuk downshift atau menurunkan gigi.

Saat melakukan pindah gigi cara NORMAL pada motor manual biasanya kita menekan dulu tuas kopling, nah ini tentu butuh waktu dan akan ada proses akselerasi yang ditinggalkan karena kita biasanya juga sedikit menurunkan betotan gas, Nyatanya rata rata rider motor manual melakukan proses ini selama 600 mili detik, dan untuk rider dengan skil hebat biasanya sampai 300 mili dedetik .. itu untuk pindah 1 gear .. bayangkan saat masuk T1 sentul biasanya turun 2 sampai 3 gear .. tinggal dikalikan saja berapa detik ‘ ketinggalan ‘nya jika gearshift masih gunakan cara normal ini

Kita pernah membahas salah satu teknik memindahkan Gear atau gigi di motor sport transmisi manual  Gear tanpa menekan tuas kopling ( Cluthless gear-shift )  baik naik gigi ( upshift ) maupun turun gigi ( downshift). Cluthless Up Shift dilakukan dengan cara  mempersiapkan telapak atas sepatu kiri menempel ke tuas gear-change di footpeg kiri – menurunkan sedikit dan sebentar throttel Gas ( tiba tiba) – dan ketika posisi throttle berada persis di bawah secepat itu pulalah naikkan Gear dengan cara mencongkel tuas.

Berkebalikan dengan cara Clutchless Up shiftClutchless Down shift dilakukan dengan cara : Menyiapkan dasar sepatu untuk menginjak pedal Perpindahan Gigi – lakukan blipping ( memblayer gas sebentar lalu turunkan lagi ), Lalu tekan pedal perpindahan gigi turun persis saat RPM mesin terlihat naik dengan dasar sepatu. Yap memang cara manual di atas memang sangat Tricky, butuh latihan yang sering agar bisa menguasai trik blipper untuk melakukan clutchless downshift ini.

Nah saat ini umum hadir alat yang dinamakan Quick shifter. Secara umum fungsi quickshifter adalah melakukan segala upaya awal yang dilakukan pengendara di throttel gas sebelum kaki melakukan proses clutchless shift seperti misalnya blipper untuk downshift. Caranya adalah mengganti batang pemindah gigi (gear shift rod) Biasa /standar dengan batang pemindah gigi yang telah dilengkapi sensor mekanik yang dihubungkan ke ECU sehingga ECU tahu banget waktu yang tepat sesaat ketika tuas gear mulai dicongkel (saat naik) atau ditekan saat turun gigi.

Inilah yang ada di dalam quickshifter OEM Yamaha MT-09 / Niken – Sobat dapat lihat hadirnya tuas pendorong , pegas yang kaku dan sebuah microswitch | Pict BennetBike
Ini adalah sebuah strain Gauge . . pada dasarnya ini lah Sensor di dalam Microswitch pada QuickShifter – Pict BennetBike

Sensornya umumnya berupa sensor tekanan seperti sebuah strain Gauge yang bisa memberikan informasi akurat kepada ECU bahwa rider sedang AKAN melakukan perpindahan gigi baik ke atas maupun ke bawah. Nah saat memperoleh informasi ini, ECU akan mematikan sesaat pengapian (ignition) atau mematikan sesaat suplay bahan bakar ke mesin ( biasanya sekitar 0,15 mili detik). Nah dengan berhentinya mesin sesaat ini, maka beban terhadap sistem transmisi akan berkurang tepat di saat yang baik untuk bisa berpindah ke gear selanjutnya tanpa menyebabkan gesekan berlebih pada kampas kopling dan part lainnya. Inilah auto blipper itu.

Dan satu lagi, biasanya cluthless shift manual dilakukan di rpm tinggi. Bagaimana  dengan Quickshifter? karena dilakukan secara elektronik hadir potensi bahwa cluthcless shift pada motor dengan Quickshifter dapat dilakukan di rpm yang tergolong rendah

Secara umum motor 250 cc single dan twin yang saat ini beredar di market indonesia baru berkutat pada detail assist and slipper clutch. Jarang yang sampai masuk ke fitur Quick Shifter. So jika Ninja ZX-25R ini hadir dengan fitur Quickshifter up dan downshift jelas akan tercatat menjadi first mover dalam segi fitur ini di sport 250 cc .. wah dulu duluan nih karena kabarnya update Honda CBR250RR twin 2020 akan juga dibekali Quickshifter.

Secara umum patut Juga diperhatikan bahwa Teknik Clutchless Shifting ini mudah dilakukan di Motor bertipe revving RPM Tinggi dan bertipe Close rasio Gearbox. Ini juga mengartikan secara tidak langsung Lowes telah memberi clue bahwa tipe gearbox dari Kawasaki Ninja ZX-25R adalah bertipe Close Ratio. … wew Alex lowes kasih clue nya koq keren sih . . . Asli, jadi makin Kepo coba ZX-25R di jelang T1 atau jelang S kecil Sentul nih dimana Downshift turun cepat biasanya . . . ahhh dua minggu lagi kali yaaa . .?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

28 COMMENTS

    • transmisi manual Gear tanpa menekan tuas kopling… Trima ksih ilmuny, Wak ?
      Beli Supri150 bwt praktek ? lncar y pke Ceboker RR & Rombeng25… Muantulll, Wak! ??

    • haha.
      idem..dulu pernah ngalamin juga kabel kopling mendadak putus di tengah jalan. akhirnya jadi quick shifter ala2 sampai bengkel terdekat.
      dan start nya musti sambil didorong dulu.

  1. Dilihat sepintas mechanical sensornya mirip Limit Switch-nya Omron. Cuma kalau punya Omron ga pakai strain gauge (pendeteksi tekanan kaki), sebatas “tombol” aja.

    Jadi pengen bongkar.

  2. Sangat menyenangkan menggunakan blipper di (gear) boxnya

    Terjemahannya salah, yg dimaksud box sama Lowes itu paket elektronik bukan girboks

  3. Dalam 15-20 tahun kedepan zx25r akan jd motor eksotis incaran kolektor seperti nsr150sp, 125z, tzm. dimana pd masanya harganya tak terjangkau smua orang indonesia…. ?

    • Kalo nsr150sp, 125z, tzm…… mahal selain karena CBU juga karena spek dan teknologinya diatas sekelasnya. Kalo ini sih mahal cuma aji mumpung KMI doang pasang harga tinggi mentang2 masih belum ada kompetitornya alias operpress doang kalo kata Alm. Om Roy.

  4. Supra x ku aja quicksifter wak.. Waktu lagi ngebut.. Oper gigi dari 1-4 g pake turun gas.. Kadang saat di kecepatan 60 km/jam.. Turun gigi dari 4-3 aja g oake turun gas.. Aotu njengat2 wak.. Xixi

  5. Auto Blipper itu fungsinya untuk menambah gas/throttle ketika gigi diturunkan om. Untuk fungsi clutchless itu namanya QuickShifter. Auto Blipper dipakai untuk downshift, upshift tidak membutuhkan. Cukup dengan mematikan pengapian sepersekian detik

  6. Wak haji, Kalo auto blipper bukankah jika disetting misal 5000 rpm, maka gear akan turun dengan sendirinya jika rpm di bawah 5000? Tanpa kita injek atau congkel transmisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.