TMCBLOG.com – Sob Kali ini kita akan diskusikan mengenai teknis Clutchless Shifting atau memindahkan gear (gigi) Khusus Buat Motor bertransmisi Manual Tanpa menekan Tuas Kopling. Tulisan ini terinspirasi dari sebuah Video Motorcyclist Yang baru saja di publish akhir akhir ini dimana disana dijelaskan bahwa memang Clutchless shifting ini sudah terkenal untuk menaikkan gear, Namun juga bisa digunakan saat Menurunkan Gear ( gigi)  . .

Perlu dicatat bahwa untuk pemakaian Standar Penggunaan Tuas Kopling saat pergantian gear adalah Opsi utama atau sangat dianjurkan dan paling safe buat Sistem Transmisi Sepeda motor karena memang fungsi tuas kopling adalah untuk me-renggangkan pelat pelat kopling sehingga memudahkan dalam perpindahan gear baik naik maupun turun.

Oke Menurut beberapa informasi baik di Motorcyclist maupun Video dari The Ride advice .com teknis Clutchless Shifting tidak akan merusak gear gear rasio Internal transmisi di Mesin ASAL dilakukan dengan benar. Dan Untuk Up Shift dilakukan dengan cara : persiapkan Kaki kiri untuk menempel ke tuas gear-change di footpeg kiri – menurunkan sedikit dan sebentar throttel Gas ( tiba tiba) – dan ketika posisi throttle berada persis di bawah secepat itu pulalah naikkan Gear semisal dari dua ke tiga, tiga ke empat dan seterusnya.

The Ride advice .com menambahkan bahwa Untuk Up shift akan lebih smooth dilakukan saat rpm tinggi kalau bisa hampir mendekati redline. Ini pula mengindikasikan bahwa memang mayoritas kegunaan Clutchless Upshift  ini untuk kepentingan ekstrim seperti balapan karena memang waktu yang digunakan Untuk menekan kopling jika diakumulasikan bisa jadi akan menentukan menang dan kalah. Sementara untuk kepentingan lain seperti touring, memang sebenarnya Cluth Shifting adalah lebih direkomensikan. Lagian upaya untuk menekan Kopling juga sebenarnya bukan upaya yang merepotkan banget.

Sementara Untuk turun gigi tanpa menekan Tuas kopling (Clutchless Down shift) biasannya sedikit lebih tricky dan membutuhkan pembiasaan bila dibandingkan dengan Clutchless Up shift. Berkebalikan dengan cara Clutchless Up shift, Clutchless Down shift dilakukan dengan cara : Menyiapkan dasar sepatu untuk menginjak pedal Perpindahan Gigi, lakukan blipping ( memblayer gas sebentar lalu turunkan lagi ), Lalu tekan pedal perpindahan gigi turun persis saat RPM mesin terlihat naik.Tekni Blipping gas ini Juga sering dilakukan pembalap saat turun gear terutama saat mendekati tikungan.

Patut Juga diperhatikan bahwa seperti juga yang diinforkan Motorcyclist, Teknik Clutchless Shifting ini mudah dilakukan di Motor bertipe revving RPM Tinggi dan bertipe Close rasio Gearbox, Sementara untuk motor dengan Wide rasio gearbox atau yang memiliki roda gila ( flywheel) berbobot berat disinyalir akan struggle untuk melakukan teknik ini. Silahkan sobat sekalian share pengalaman dan komentarnya mengenai teknik Clutchless Shifting. Ayo #DiRumahAja

Taufik of BuitenZorg

51 COMMENTS

  1. Saya Sering sih dari dulu begini kalo buat up shifts
    dan memang aman aman saja di mesin
    .
    untuk down belum nyoba
    deceleration nya terlalu besar ?
    ngeri ngepot ngepot

  2. Pernah upshift tanpa kopling gara gara gak sengaja ?. Untuk downshift sih nggak pernah. Tapi kalau blipping uda dari pake dulu waktu pake motor bebek, lebih smooth.

  3. aman asal tau tekniknya pernah baca di artikel majalah jepang tehnik ni dipke buat balapan mobil sih biar rpm naik terus

  4. Ada tuh motor yang pake kopling aja masih mbletak kalo pindah gigi. Apa lagi kopling nya gak dipake ya, mungkin aman tapi serem aja kan denger suaranya.

  5. Gsx dari awal beli saya berani langsung nyongkel kalau di rpm tinggi. Kalau downshift, memang hukumnya harus dikopling, entah sejago apapun kita bisa rev match

  6. Kalo perangkat quick shifter yg dipasang di moge2 terkini apa sama jg fungsinya ya?
    Pindah giginya tinggal congkel aja.

    • yang membedakan adalah alat quic shifter akan memerintahkan setup khusus sementara (sangat cepat) saat gear dipindahkan seperti mematikan sementara pengapian ataupun merubah timing pengapian, cmiiw
      kerja quick shifter tergantung pada sensor yang ada di tuas perseneling serta modul penerima dan pengirim perintah.
      Jadi, ketika tuas persneling di tekan otomatis sensor akan mengirimkan sinyal ke modul untuk mematikan pengapian sesaat agar proses pindah gigi jadi lebih mudah dan aman.
      Saat dipakai, proses mati sampai hidupnya lagi mesin saat quick shifter bekerja tidak akan bisa dirasakan oleh pengguna karena biasannya cepet banget

  7. Sudah mempraktekan sejak lama, baik up shift maupun down shift, bahkan sudah menjadi kebiasaan. Jika sering melakukan maka cara kita shifting semakin halus. Jadi udh ga butuh lagi yg namanya quick shifter..

  8. Udah sejak lama wak, di vixion 2013 pun sudah biasa pake cara shift up begitu, tp ya harus deket redline shifting nya biar smooth, 10rb+ lah kalo di vixion. Kalo dibawah 9rb agak susah, kalopun bisa ya kasar nyendal2. Untuk downshift memang harus pake kopling, susah masuk gigi turun kalo gak narik kopling, jd tuas perseneling di ijak turun gak bisa (susah)

  9. Ane sering mainan ini pake Shogun SP ane kang, kalo Dowmnshift gak bisa, tapi kalo Upshift bisa, yang penting bukaan gas sama dengan laju motor, pindah gigi berbarengan dengan sedikti ngendurin gas, itu musti cepet banget sebelum terasa enggine break, 😀 kalo gas terus dipanteng sama pindah gigi, ngunci gak bisa upshit, ya maklum motor bebek … 😀

      • Blipping itu kalau dalam bahasa jawa namanya blayer, tutup gas bentar baru di naikkan tiba2.
        buat motor bebek dan sport gunanya supaya ketika menurunkan gigi, kampas kopling gak ngunci dan bikin ridernya tersentak

  10. teknik blipping emang lebih berasa manfaatnya kalo dilakuin di motor bebek perpindahan gigi jadi lebih smooth… terutama di motor H (lebih kerasa), ketimbang di motor batangan malah menurut saya ga perlu pindah gear dengan teknik blipping

  11. Kebiasaan naik bebek, jadi kalo naik / upshift kadang lupa tarik kopling, nyaris ga ada beda nya. Tapi kalo downshift selalu inget tarik kopling soalnya kalo turun biasanya lebih dari 1, mis 4 ke 2/1.
    Btw semalem baru nonton demo dari dovi & komen nya pada rame nanya kopling yg sama sekali ga ditekan.

  12. Kadang klo di bebek jupi pas tanjakan motor ga kuat, gas dipanteng tapi dengan cepat gear diturunkan dengan maksud mencari tenaga yang pas .. apakah itu aman ?

  13. kalau untuk downshift mungkin tergantung jenis motornya, paling ga untuk mempersingkat waktu sebelum masuk tikungan hanya menekan sedikit tuas kopling saat downshift gear sambil mainkan rem supaya motor ga ngesot, ya mirip2 teknik rolling speed lah

  14. Kalau saya kok masih rancu dan merasa aneh ya dgn penggunaan clutchless shifting ataupun quick shifter di motor yg rancang bangun dasarnya adalah berkopling, dr jaman MV Agusta dgn F4 nya kalo gak salah yg jg punya sistem ini…. terlepas dr keunggulan yg bisa diperoleh misal untuk balap tp aneh saja rasanya “mengakali” fungsi kopling sbg rancang bangun dasarnya, kalau memang ingin mengurangi atau malah menghilangkan fungsi kopling krn mengejar sepersekian detik knp tidak sekalian saja dibikin matik sekalian atau ky motor bebek misalnya (pdhl bebek yg buat balap malah dibikin jd kopling)

    • Bilango dewe ke pakde Gigi Dal gigina yo masbro kalo desmo 2021 motogp gak usah pake tuas kopling.. sekalian ke Alberto Puik.. kali aja sampeyan langsung jadi chief engineer..

  15. quickshifter di motor itu MUDAH dan MURAH untuk diterapkan, jadi yah terkesan ANEH saja motor kompetisi itu tak mampu pakai quickshifter sampai pembalapnya harus terapin teknik begini.

    • kadang ada regulasi yg tidak memperbolehkan penggunaan Quickshifter untuk beberapa event balap, dan lagi pula di sinilah skill pembalap bisa terlihat saat piranti quickshifter tidak di gunakan. CMIIW

  16. yang jelas klo ditoel tu perseneling keras, jangan dipaksa.
    klo dipaksa biasanya yang kena itu antara garpunya ato gigi anjingnya.
    anw mank pada mo balapan pake clutchless shift? klo balapan kayaknya uda pada pake quickshifter buat memudahkan clutchless shift (prinsip kerjanya sama)

  17. Udah lama tau Wak masukin gigi gak tekan kopling tapi enak nya pas rpm tinggi
    Ada lagi yg lebih ekstrim Wak tanpa turun gas sedikitpun tpi tekan kopling dengan cepat jadi rpm gak ada drop nya
    Itu teknik yg biasa dipake untuk balap liaran

  18. Yess bener wa, udah sy praktekin dr tahun 2002 (masih SMA) pake satria 120s (generasi ngebul), dulu pake teknik ini hanya naluriah sajah, karena seringnya trek2an akhirnya mencari cara sendiri dan akhirnya sy pake terus teknik ini saat trek2an. Teknik ini memang hanya dilakuin pas di rpm tinggi (mungkin hampir red line), klo menurut sy memang akan trasa lebih smooth malah hampir ga terasa perpindahan giginya saking smoothnya, dulu sy pake teknik ini mulai saat menggunakan gear 3 dst, 1 ke 2 jelas pke kopling, 2 ke 3 tenaga masih nyentak2 jd kadang klo pke teknik ini masih kurang mulus dan berasa ada jeda saat masuk gigi 3 nya, kurang nyambung tenaganya.
    Untuk downshift sy masih lebih nyaman pake kopling, sekelas motogp aja klo downshifting pasti pake kopling ?.

    • MotoGP semenjak pake Full SSG udah gak kepake lagi tuh kopling,palingan pas start sama masuk pitlane doang

      kalo Moto2 dan Moto3 downshiftnya masih nekan kopling

  19. Sejak pindah dari bebek ke sport sekitar 5 taun lalu, clutchless upshift jadi andalan. Soalnya lebih praktis ga pake ngopling 😀 Dipakai daily riding; aman…

    Kalau downshift sih saya nggak cluthless. Soalnya agak tricky. Kalo blipping-nya gak pas ya jadinya nyentak.

  20. Gk clutchless, gk asik sih wkwkwk
    Tapi gini, buat akselerasi terus up shift, clutchless sih oke, ato malah oke banget. Tapi yaa kalo downshift, bener2 tricky. Kadang aku suka juga downshift itu gk pake kopling.
    Menurut aku downshift itu enak tergantung jenis koplingnya.

    Kalo koplingnya masih jenis konvensional, biar gk terlalu “nyentak”, downshift clutchless sih nyaman di 6000rpm kebawah, kalo lebih tinggi, yaa “nyentak”. Tapi buat ngerem mendadak, downshift clutchless di rpm tinggi jadi ngebantu banget.

    Kalo koplingnya udah jenis Assist and slipper clutch, mungkin gk perlu worry lagi dengan “nyentak”, yang penting tangannya bisa auto-blipper.

    Oiyaa sama mau bagi pengalaman juga sih terkait kopling manual. Bisa dibilang teknik ini berguna. Cerita sedikit :
    Dulu pas sunmori, motor kopling manual konvensional. Lagi riding yaa kecepatan lagi sekitar 70-80kph, posisi lagi di tikungan. Sebelum keluar tikungan yaa aku otomatis buka gas lebih, dan tiba2 sekitar beberapa puluh meter setelah exit corner, ada macet karna ada yg kecelakaan. Karna sedikit panik, gk kepikiran downshift clutchless, yg kepikiran cuman ban belakang jangan sampai ban belakanh slip pas lagi ngerem. Ngerem, terus dari gigi 4 downshift ke gigi 1 dengan bliper dan tarik tuas kopling tiap mau downshift, dan biar ban blkng gk ngunci, lepas tuas kopling perlahan/diurut, ngerem depan (belakang gk dimainin remnya karna takut ngunci), dan engine cut off switch dipencet biar mesin mati. Dan akhirnya selamat, gk nabrak yg lagi kena macet.

    Dari cerita itu, teknik yg aku pake pas ngerem biar ban blkng gk ngunci karna engine brake itu setengah kopling. Melakukan teknik itu karena motor yg aku pake koplingnya masih jenis konvensional.
    Aku mikirnya gini, saat kondisi lagi jalan, kalo tuas kopling ditarik cuman setengah kopling, kopling itu menerima beban dari putaran mesin 50% dan putaran gearbox (beban putaran ban belakang) 50%.

    Makanya kalo lagi ngerem mendadak, terus downshift pake kopling, biar ban belakang gk ngunci, aku gk langsung ngelepas kopling, ngelepasnya perlahan ato diurut supaya gk nyentak dan ban belakang gk akan slip. Kalo pas downshift terus kopling langsung dilepas, bisa2 ban belakang slip dan gk bisa deselerasi secara sempurna.

  21. pernah ngerasain pke gl200 saat itu kabel kopling putus di jaln sukorejo temanggung wah sdah naik turun gunung malem2 pulak… bisa tuh karna kepaksa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here