TMCBLOG.com – Brad Binder Menjuarai Race seri ke tiga MotoGP 2020 di atas Motor KTM RC16. Dan kemenangan Brad Di Brno ini turut serta membawa panjang sekali gerbong catatan catatan sejarah baru. Brad membawa Untuk kali pertama Lagi semenjak Seri Yugoslavia 1973 pabrikan Non jepang dan Non Italia Menjuarai race di kelas Primer Grandprix. Selain itu Brad Menorehkan Podium serta Kemenangan pertamanya Di kelas primer. Kemenangan pertama Rookie di Musim 2020, Kemenangan Lagi Seorang Rookie semenjak yang Marc Marquez lakukan di 2013, kemenangan pertama pembalap Afrika selatan di Grand prix empat tak, Ini Juga merupakan Podium Pertama KTM di Musim 2020, kemenangan Pertama KTM di kelas primer Grand prix secara overall. Kemenangan pertama kembali setelah sekian lama Buat Suspensi Non-OhlinsΒ  dan lain lain . . Dan Memang yang terpenting adalah kemenangan yang dinantikan selama 4 tahun semenjak KTM secara resmi menghadirkan team factory sejak Musim 2017 yang lalu. tmcblog tahu sobat sekalian udah geregetan mau diskusi soal bagaimana Pedrosa bisa membawa Motor dari yang katanya punya ” S**t Power Delivery, S**t Chassis ” berada di Puncak Podium Brno . . namun kali ini Kita bicarakan dulu apa saja pencapaian statistik dan angka pasca Race MotoGP Brno 2020 ini.

Buat Johan Zarco, Kontroversi berbau Blunder Steward berupa hukuman Long lap Penalty setelah insiden dengan Pol Espargaro banyak ditanggapi negatif. kedua pembalap ini tidak ada yang salah, namun Pihak Pemberi Hukumanlah yang dianggap memberikan ketidak adilan terhadap Johan. Namun Untungnya Bahkan ukuman seperti itu sendiri tidak bisa mengalahkannya untuk tetap meraih Podium kembali setelah lepas dari Motor Yamaha Tech3 dua tahun yang lalu.

Franco Morbidelli memang semenjak Jumat merupakan pembalap paling konsisten soal race Pace dan akhirnnya Podium pertama di kelas primer yang sudah ditunggu tunggu semenjak Turun pertama Kali di team marc VDS Honda hadir, namun memang Grip Ban KTM lah yang juara Di race seri ini . . Bisa dilihat hegemoni Binder, Ngerinya tusukan Pol Sebelum Crash, Miguel Oliviera. kemenangan 5,2 detik di depan Franco jelas adalah fakta Mutlaknya Keunggulan KTM kali ini . .

Berdasarkan hasil Ceko, fabio Quartararo masih memimpin 17 Point di atas pesaing terdekatnya, Maverick Vinales yang di race brno ni terlhat seperti Hopeless . . Sulit terbayang mental ini hadir dari sosok yang di dua race sebelum ini menjadi Runner Up. Morbidelli menutup Yamaha yang menguasai Top 3 Klasifikasi pembalap pasca brno.

Yamaha memimpin Klasifikasi Championship pabrikan dengan point sementara 70 dan berada dengan jarak 26 Point dari kejaran . .Β  KTM ? wahhh benar benar menarik nih. Sementara itu Petronas yamaha RST dan Monster energy yamaha membuat Yamaha kuasai Posisi 1-2 Klasifikasi team.

Walaupun Quartararo agak sedikit drop di race brno ini, namun ia masih memimpin Klasifikasi Championship kategori pembalap pembalap satelit dengan 59 point. 28 Point lebih tinggi dari kejaran Morbidelli. Petronas Yamaha SRT Juga memimpin kalsifikasi team independent . . namun yang aneh, dorna masih memasukan KTM Redbull sebagai member dari Kategori team ‘ satelit ‘.

dengan kemenangan Brad Binder, Pembalap Africa Selatan ini memuncaki Klasifikasi Kategory pembalap Rookie terbaik sementara, Menggeser lex marquez dengan Jarak 15 Point. Ini jelas sebuah motifasi Khusus Buat KTM jelasng Dua race di kampung halaman Mereka . . GP Austria dan GP Styria 2020

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

125 COMMENTS

    • Sekelas Repsol Honda Team berada hanya diatas Aprillia Gresini. Pfffffft. Something is wrong here.

      Mbah Claudio mesti cengar-cengir sambil bilang : Lha to! Seperti yg kubilang. Marc Marquez yg hebat! Perkara motor yg hebat tetep Dukati

      Guest
    • semakin jelas, kerugian Repsol Honda membuang pembalap developer, Pedrosa dan Lorenzo… kali ini Dani yg bicara… kita tunggu apakah Lorenzo juga akan show off juga,smentara dia sudah buktikan di Ducati, setup Lorenzo masih dipakai ducati kalau Zarco mau jujur dan setup frame Vale yg dipakai

      Guest
    • Ini pemilihan ban belakang medium untuk FQ yang membuat dia ga bisa panas diawal?
      Atau penggunaan mesin yg udah digunakan sebelumnya? Pengaruh kah itu?

      Zarco dihukum ngebut banget haha presisi dia

      Guest
    • 2020 screws RHT up! Very very much!

      Sedih sih liat mereka jadi turun gunung.
      Can’t wait to see him. Jelas rookie Alex ibarat masih butuh 1000 tahun untuk bisa dijadiin ujung tombak.

      Guest
    • Pol ngenes banget nasibnya, udah ngembangin ktm sampe bisa juara eh malah pindah ke tin itu. Calon nasibnya kaya Dp dan JL nih πŸ˜…

      Guest
      • Gw rasa Pol ga punya andil apa2 di pengembangan. Skill development ga ada, skill balap aja pas2an liat Binder ngacir dia musti maksa 110% yg berakibat crash. Seperti yg udah lama gw bilang, Pol cuma pembalap papan tengah.

        Guest
  1. Ducati baru aja dapet bahan buat manas-manasin dovi. Sebut saja Pecco. Eh dia cidera.
    Dovi naik lagi bargain powernya.

    Eehh…si jarwo tiba-tiba nyodok
    Pusing lagi deh si dovi.

    Guest
    • Entah kenapa di saat gagal podium ada aja yg di sebut..aspal lah jelek ,ban lah jelek ,electronic dan lain lain..
      Yg jelas adalah kenangan manis waktu dulu akan susah ter ulang,situasi nya sekarang berbeda..Kompetisi sangat ketat

      Guest
    • Kawak udah sering di sentil. Biar mau ikutan. Dorna udah ngubek regulasi :
      – one make ecu
      – tim konsesi/non konsesi
      – pembatasan diameter piston
      – dll
      Tetep aja geng ijo emoh comeback.

      Guest
    • Kawasaki ndak punya nyali balik ke MotoGP pakai motor prototipe, soal dana harusnya ndak susah, kan bisa dibantu sama divisi heavy industries nya

      Guest
    • Kawasaki kayaknya ga punya sosok macam pit beirer yg ada di ktm. yg bisa mendevelope team, mulai dari riset motor sampai nego pebalap yang kompeten.

      Guest
      • Ngak aneh om, walu cuma jendela dan ngak berat, kalu posisi lengan salah, bisa keseleo.

        Kita saja duduk dilantai. Begerak dikit saja, bisa kejepit syaraf punggung.

        Ini saya alami sendiri.

        Guest
  2. Uang nyatanya tetap tidak bisa berbohong..selamat ktm atas kerja kerasnya.

    Ktm bisa berbangga karena membawa cara tersendiri bisa menang di motogp.

    Guest
    • Tahun 2019 si kembar Can Oncu dan Denniz Oncu juga dibawah payung tim yang sama >> RedBull KTM Ajo Moto3. Walaupun untuk hanya 2 seri balap saja.

      Guest
  3. Mungkin marc mempertimbangkan geber rcv 2019 saat comeback nanti. Untuk mendulang poin sebanyak-banyaknya. Motor yang dia tau persis luar-dalam.

    Ketimbang pake rcv 2020 dia sendiri bahkan belum 1 race completed.
    Ngandelin data cratcrutcrot ruwet.
    Ngubek data adeknya malah tambah zonk.

    Di tambah lagi liat sikon ternyata banyak motor lawas masih mampu unjuk gigi. Termasuk si taka.

    Guest
    • Bisa om pake metode hybrid.
      Mesin memang nggak boleh dirubah, tapi sasis dan base setup bisa pake data 2019.

      Kakek lejen di Jerez 2 juga memutuskan untuk kembali ke old base setup. Walaupun nggak dijelaskan pake data kapan.

      CMIIW

      Guest
    • yg 2020 bagus kok. buktinya waktu melorot ke belakang waktu di Jerez kemaren dia masih bisa fight kedepan. cuma ya kurang kontrol emosi aja. dan sekarang sambil nonton tv Marc pun sadar, yg perlu dikhawatirin bukan cuma Fabio, tapi banyak yg lain juga.

      Guest
  4. Walaupun zarco ttp dapat podium sehabis long lap penalty ttp aja pada saat itu dia berpeluang overtake morbi diposisi 2, jaraknya udah semakin kecil eh malah kena penalty. Makanya sampe mencak mencak itu ducati, itu kalo sampe zarco kelempar dari podium kayanya bakalan rame ducati vs dorna beserta netizen. Sampe seorang stoner ikut komentar haha

    Guest
    • Karena ya memang ga ada yg merasa Zarco layak daper hukuman. Apalagi insiden itu 100% kesalahan Espargaro sendiri. Yg sradak sruduk siapa yg kena penalty siapa. Tapi anehnya Zarco di parc ferme malah kalem aja, harusnya kan dia berang. Mungkin udah karakter dia kali ya kalem. Bilang shit chassis aja intonasinya jg santai aja ga ada sensasi emosi yg terasa.

      Guest
  5. Zarco bisa moncer lagi dengan ducati padahal dulu sangat kesulitan dengan ktm,, tetapi ktm malah menang dengan binder yang notabene binder masih kalah pengalaman dibanding zarco di motogp. Sama-sama naik ktm tapi hasil sangat berbeda.

    Bukti kalau motor bisa cepat jika pembalapnya juga cocok, melihat dari kasus zarco dan binder ini.

    Guest
      • Benerr… binder itu mmng binaannya KTM mulai dari moto3 dan jurdun jg di moto3. Ya ga gt mengherankan jg sih di penampilan ketiganya ini dia bisa menang sm KTM(dan tentunya ada andil dani sama pol yg ngembangin). Klo peribahasa bulenya KTM is cherry picker.. alias pemetik bibit unggul hhe..

        Guest
    • Motor yg dipake zarco sama binder atau pol sekarang udh beda jauh..

      Sama kaya ducati dipke rossi trus duc dipegang gigi

      Guest
  6. menurut saya private test yang dilakukan KTM bersama pedrosa di brno sangat berpengaruh dalam moncernya performa KTM Boys kali ini, mereka sudah tau sedari awal harus pakai ban yg mana, jelas suatu keunggulan banyak dari pabrikan lain, terlepas dari ya.. memang KTM sudah banyak kemajuan juga dan bakat Binder yg mungkin sekelas MM dalam menghadapi track buruk dan licin

    Guest
  7. Fabio masih di bawah Marc, mungkin dia punya sensitivitas tinggi terhadap motornya, tapi dia belum bisa menemukan solusi untuk menembus batas motornya.. harus diakui Marc punya bunglon mode.. mengubah gaya balap untuk menembus limit motornya.. makanya ditiap sirkuit selalu kompetitif.. Fabio masih bisa berkembang, dan kalo itu terjadi baru bisa jadi lawan sepadan untuk marc pas comeback nanti

    Guest
    • gw setuju kalo FQ masih angin2an belum sekompetitif MM, gw malah yakin Alex Rins yang akan juara dunia 2020. secara skill, dia bisa menang waktu fight sama MM menjelang finish dengan selisih sepersekian detik.

      Guest
    • Quartararo itu bisa dominan di sirkuit Jerez karena itu tipe sirkuit yang terus mengalir cepat, banyak tikungan panjang tipe high speed yang bisa dioptimalkan dengan keunggulan mesin inline Yamaha.

      Disirkuit seperti itu hampir sepanjang waktu balapan, motor terus melesat dengan kecepatan tinggi dibanyak tikungan cepat.
      Ditikungan panjang dan high speed ini, secara alami mesin V yg bersifat “nyeleng atau mbanteng” nggak akan bisa gas pooll ditikungan, bisa kena efek nyeleng saat nikung.

      Di sirkuit Brno Cechko, nggak ada tikungan panjang high speed. Disini motor V tidak khawatir dengan efek “nyeleng” seperti yg dialami saat berada ditikungan panjang cepat, yg membuat motor V terpaksa harus mengurangi gas pollnya.

      Guest
  8. Hebat banget Binder. Ga salah pilih KTM. Pantes anak baru udah langsung di taro di pabrikan KTM, karna emang sehebat ini. Dulu kan saat dia di Moto2 Aki Ajo sempat memuji kalo Binder rider yang sangat hebat. Terbukti!

    Kalo Danilo ditaro dulu di satelit KTM. Berarti belum percaya sama kemampuan Danilo.

    MotoGP saat ini yang emnang dan podium orang-orang yang tak disangka-sangka untuk berdiri di podium. Sungguh menghibur, ga ngebosenin!

    Guest
  9. Pendapat saya selain trek ini umbar power v4 mreka yg dipodium nothing to lose. Sedangkan yg pegang championship dah taw dsini speedcorner gak bs keluar full aplgi trek bumpy. Bljr dr overlimit fabio dan mv mreka main aman asal konsisten dulang poin. 9 poin better dr nothing lah atau cedera dalam kejuaraan yg jadwalnya berdekatan. Yg paling tersenyum lebar kemarin adalah Dani pedrosa dan brad binder.

    Guest
  10. Trek licin membuat motor V4 bisa sliding ban belakang untuk rear wheel steering. Online kesulitan corner speed karena trek licin

    Guest
  11. bnyk yg hepi nih, ktm hepi, zarco hepi-Ducati jg krn ad stok pmbalap yg msh bs d dpan, morbideli hepi – si mbh jg krn bs jd alumni akademinya bs smkin baik, Fabio hepi – vinales hepi krn pesaing championship trdekatnya malah kurang greng.. rins jg hepi bs hmpir podium, jgn lupa Pedrosa jg hepi πŸ˜„

    Guest
  12. Jangan lupa juga sebagai pabrikan konsesi, KTM sudah duluan uji coba di Brno dan Redbull ring. Jadi mereka udah punya set up dan ban utk dipakai race

    Guest
  13. Gak melulu soal nyali sih… Nyatanya Toyota sbg pabrikan roda 4 terbesar sedunia jg belum balik lg ke F1, dr jualan avanza di indo aj mungkin udah bisa buat nutup operasional tim F1nya tp itung2an bisnisnya beda sm Ferrari atau Mercedes

    Guest
  14. Bahagia emang kalau dalam satu lomba ada pembalap baru yang menang.
    Binder ini dari zaman moto3 memang punya Champion material.

    Zarco dirampok oleh keputusan race director Brno yang bukan sekali dua kali ini membuat keputusan kontroversial. Dulu pernah juga kalau nggak salah mutusin satu kasus yang minim impact tapi damage penalty-nya besar seperti drive through.

    Kalau boleh tahu siapa sih orang-orang dibalik jajaran race director apakah tiap sirkuit punya perwakilan race directornya juga?

    Guest
  15. Wah sudah ga sabar nih wak..πŸ˜€ nunggu ulasan dani pedrosa yg sukses bikin KTM cetak sejarah baru di kelas tertinggi motogp lewet developed nya.

    Guest
    • halah bredel aja itu keberapah mas bro
      bahkan sekarang masuk balapa kerjurnas superbike jerman dan bukan di WSBK lagi mainnya musim ini

      Guest
  16. sepertinya Pol akan menyesal pindah ke pabrikan sayap chicken.
    akankah pol menjadi next Alex Mar seperti 2020 ini ? yang selalu lolos dari sorotan kamera saat balap (ghoib) ..?
    berarti memang benar hon mengikat mm93 selama 4 tahun karena dia tau, mm93 balap dengan motor apapun akan juara dunia, even pake motor apr1lia sekalipun karena terbukti motor hon memang bukan motor juara.
    angkat topi buat buat mm93 dengan segala skillnya, dan pake lagi topi buat pabrikan sayap chickec.

    Guest
  17. Praktis tinggal Aprilia doang yg belum juara seri. Tapi kalo liat pembalap Aprilia dgn skill alakadarnya semalem sempet nyodok di awal2 race, gw yakin sebenernya taun ini Aprilia jg punya kans juara seri kalo aja Iannone ga kena kasus. PR Aprilia selain poles itu rsgp jg cari pembalap mental juara.

    Guest
  18. Gak kebayang Rider yg dipuja puji punya Ultra Insting bisa lembek selembek sayur bayam dan rider yg secerdas tony stark bisa finis diluar 10 besar

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.