TMCBLOG.com – Siang ini waktu Misano Dorna Menyelenggarakan Press Converence Khusus dengan Para Jurnalis termasuk tmcblog menghadirkan Key Note speaker, Mike Webb Race Director MotoGP untu menjelaskan kembali mengenai regulasi Track Limit. beliau mengawali dari penjelasan Bahwa track Limit yang berwarna Hijau itu adalah daerah yang berada di Luar Bagian dari track namun di Lakukan finishing ( asphal ) sama seperti track untuk menggantikan rumput di masa lalu yang tentunya membahayakan.

“Selama balapan kami mengizinkan pebalap melakukan kesalahan, tapi terlalu banyak akan diberikan penalti,” kata Webb. “Jika ada keuntungan yang didapat dalam posisi atau waktu, itu segera menjadi penalti. Jika tidak ada keuntungan yang didapat, maka itu bukan penalti dan bahkan tidak dihitung pada jumlah pelanggaran yang diizinkan pengendara selama balapan.”

“Kami masih mengizinkan limpasan (keluar dari) aspal untuk tujuan tertentu, untuk menghindari tabrakan, tetapi Anda tidak dapat terus melakukannya. Hitungannya hanya jika kami tidak tahu apakah ada untung atau rugi,” kata Webb.

Dan Mike kembali menyebutkan regulasi jika dua ban menyetuh daerah Track Limit tersebut saat Latihan bebas, Kualifikasi dan Warm-up maka menyebabkan laptime hangus dan Lap dibatalkan. Sementara itu yang menarik jika terjadi di Lap lap terakhir Maka Keputusan Penalti akan diberikan Oleh Race steward berdasarkan pengamatan dan data mereka apakah pelaku melebihi track Limit tersebut mengalami kerugian posisi atau tidak. Jika Tidak, maka akan diberikan penalti. dan Jika Ya maka penalti tidak diberikanย  .

RD MotoGP Mike Webb menjelaskan pada kasus styrian GP dimana Pol Espargaro tidak dihukum oleh FIM Stewards di Austria disebabkan karena Stewards menganggap bahwa Pol Espargaro sudah kehilangan posisi di tikungan terakhir dibandingkan kompetitornya saat itu ( Miller dan Oliveira )ย  dan Mike weeb menjelaskan bahwa Anda tidak perlu kehilangan 5 tempat Untuk masuk dalam Kriteria ” kehilangan Posisi ” . Sementara itu Jorge Martin diberi penalti turun posisi di Race Moto2 karena aturan mengatakan Anda harus menunjukkan kerugian jika Anda keluar jalur dan Jorge Martin saat itu tidak kehilangan posisi sampai di finish line.

Namun memang perdebatan terus berlangsung jika dilihat dari nada pertanyaan Para Jurnalis. Mereka menganggap kondisi Pol Espargaro yang terus Buka gas setelah keluar Track Limit itu lah yang menyebabkan pembalap Suzuki kehilangan Potensi terbaik untuk Podium di race tersebut.

Jurnalis Paolo Scalera bahkan sempat dengan nada agak keras memberikan ilustrasi dengan mengembalikan tema dan filosofi track Limit tersebut sebagai rumput kembali. Saat pembalap Masuk ke daerah rumput maka ia tidak akan berani membuka gas karena akan hadir potensi slide dan Crash, sehingga seharusnya regulasi mengenai melebihi Track Limit ini harus kembali ke Khitah dari Kehadiran Modern Tarck Limit yang saat ini sudah di asphal, yakni rumput dan di rumput kita nggak bisa buka gas dan regulasi harus lebih ketat soal ni . . . Namun RD Mike Webb menjawab bahwa Kriteria penilaian ini tentap akan dikembalikan ke regulasi yang mengatakan demikian ( harus Lossing advantage ) . . dan memang ini jelas masih menyisakan banyak ketidak-puasanย  . .

taufik of BuitenZorg | @tmcblog

59 COMMENTS

  1. Saklek aja.kalo melanggar trek limit harus pinalty.mau untung atau tidak.biar fair
    Tapi ntar moto gp akan kehilangan banyak drama di last corner last lap.

    Guest
  2. Apaan. Kok aturan kaya gtu. Jujur, kecewa sih sama statement yg diutarakan. Terjadi ketidak tegasan dari seorang Race Director MotoGP

    Guest
  3. Harusnya yg ijo dibikin lebih kasar atau bertekstur kayak kerb,jadi gak seenaknya tancap gas dan gak mungkin ambil keuntungan dr situ, walaupun kalo nelosor disitu bakal lebih sakit kayak seluncuran diatas penggilesan ๐Ÿ˜

    Guest
  4. masih ada celah yang mengganjal. harusnya yg tadi press converence orang/anggota steward panel yang waktu itu ngambil keputusan, yang ngejelasin.. malah mr. webb..
    para jurnalis yang ikut meeting keliatan pd gregetan yaa wa,, kyk kurang puas

    Guest
  5. Dalam kasus martin, kenapa hanya dia yg dihukum sehingga vietti yang finish posisi ke 2 mendapat hibah podium juara, padahal jika dilihat dalam gerakan lambat, ban depan vietti jg memyentuh batas hijau pada track ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ

    Guest
  6. Gw jadi inget pas hari itu bahkan di twitter resmi motogp pun banyak cuitan makian yg dilontarkan ke Espargaro wkwkwk

    Emang statement ‘khusus last lap harus dilihat dari sisi kerugian’ ini aga rancu dan jadi celah buat curang, contoh Espargaro kemaren, dalam posisi kaya gitu kalo track limit masih rumput gw sangat yakin yg podium 3 pasti Mir karena Espargaro mau ga mau harus turunin gas dan berusaha tetep di dalam aspal sementara Miller dan Oliveira melesat.

    Guest
      • Itu dia, Pol sengaja ga nurunin gas karena dia tau bakalan turun posisi tanpa kena penalty. Pol sengaja ga nurunin gas dan berusaha tetep di line karena dia ga mau kesalip lebih banyak pembalap.

        Guest
  7. Jadi inget kasus silverstone beberapa tahun lalu…
    Ada pembalap yang melewati track limit saat latihan bebas bukannya di penalty tapi aturan track limit nya yang diubah…

    Guest
    • Mboknya baca dulu aturannya…

      Jika Pelanggaran dilakukan selain Last Lap dan Menyebabkan keuntungan seperti mempercepat waktu maka akan ada peringatan yang hadir di Dashboard mereka dari Stewards setelah Pembalap melakukan 3 kali pelanggaran serupa. Jika pelanggaran dilakukan 5 kali di luar Last lap maka pembalap harus masuk Long lap Penalty

      tmcblog com/2019/09/22/regulasi-protokol-track-limit-motogp-diperbarui-khususnya-untuk-last-lap/

      Guest
      • Wkwkwk itu vinales pas di last lap panjul, posisinya lagi dikejar rossi buat perebutan podium 2 tp lagi gak fight macam pol dan martin.

        Guest
        • Barusan cek ke motogp
          Gak ada satupun tanda bintang di laptime maverick
          Artinya tidak 1x pun maverick melewati trak limit
          Ini transponder yg nentuin bukan orang

          Guest
  8. skrg msh ada aturan change position gk kya dulu? klo dulu seingat sy biasanya klo kena track limit si pembalap suruh turun posisi -1 ato -2, ato dengan ngendurin pace nya

    Guest
    • oke , race misano nanti siap2 bila ada dog fight di last lap di tikungan terakhir,, mata siap2 pelototin aspal yang di cat hijau,, kali aja yg posisi depan yang ngelindes.. klo ada kan lumayan rider yg belakangnya, dpt jackpot๐Ÿคฃ

      Guest
  9. Beginilah klo track utk mobil Formula dipakai utk balap motor. Track limit yg sebenarnya aman utk mobil dianggap kontroversi utk motor.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.