TMCBLOG.com – Persis banget seperti Foto Spy yang sempat dirilis di Tmcblog November 2020 yang lalu, akhirnnya pada Januari 2021 ini, resmi Aprilia telah memperkenalkan sosok Superbike Aprilia RSV4 dan RSV4 Factory yang didesain ulang untuk model tahun 2021, dengan berbagai pembaruan pada bodywork, sasis, dan mesin.

Mesin berkonfigurasi V-4 dari Aprilia RSV4 MY2021 memenuhi standar emisi Euro 5 dan diklaim dapat memberikan torsi dan tenaga lebih dari sebelumnya (Power Maksimum 217 hp) berkat peningkatan Kubikasi mesin V4 pada 65ΒΊ dari awalnya 1.077cc menjadi 1.099cc plus perubahan/ Update sistem pembuangan.

Di sektor Elektronik hadir ECU Marelli 11MP baru dan unit pengukuran inersia (IMU) enam Axis yang akan secara elektronik mengatur pengiriman daya dan kinerja melalui enam mode berkendara. Tiga mode akan dikhususkan untuk trek, dengan dua pengaturan yang dapat disesuaikan, dan tiga mode akan diarahkan untuk berkendara di jalan raya. Sistem ride-by-wire dan APRC juga dioptimalkan.

Sasis mendapat manfaat dari swingarm baru dengan Model Underbrace yang menurut Klaim Aprilia diambil dari desain Swingarm Aprilia RS-GP MotoGP. Ergonomi riding juga ditingkatkan, dengan tangki bahan bakar baru dan jok yang memberikan posisi berkendara yang lebih santai.

Pembaruan ini juga merambah ke bagian bodywork baru, yang secara umum memiliki corpotare Design yang sekarang memang mirip RS 660. Aprilia bertujuan untuk mengoptimalkan efisiensi aerodinamis dengan revisi bodywork dan desain winglet ke dalam fairing dengan dinding ganda, daripada menjadikannya bagian tambahan yang dibaut ke panel fairing samping kiri dan Kanan.

Untuk MY2021, Aprilia tidak lagi menjual RSV4 dalam versi 999cc, Mungkin karena mereka tidak lagi merasa perlu menyiapkan Motor Spek Homologasi WSBK sekarang ya ?Β  . . . RSV4 hanya akan tersedia dalam warna Dark Losail sementara Aprilia RSV4 factory akan hadir dalam jalur warna Aprilia Black dan Lava Red. RSV4 factory memiliki peningkatan bagian seperti pelek aluminium tempa, suspensi Γ–hlins EC 2.0 semi-aktif, dan kaliper rem Brembo Stylema.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

17 COMMENTS

  1. Walah kirain pertamax tryt disalip om ipan.

    Trs brrti gmn wak kl gak bikin versi 999cc nya? Mereka ttep pake motor lama gitu di WSBK?

    Guest
  2. Design superbike Aprilia yang cenderung konvensional ikut selera pasar, tapi gpp sih untuk bertahan hidup dan memperluas penerimaan pasar. Toh BMW juga udah gak picek sebelah, malah picek 2-2nya 😁

    Guest
  3. kirain bakal kembangin V4 90 Derajat.

    sayang gak ikutan WSBK.
    apalagi kalo homologasi RSV4 90derajat. wah Kawak dapet pesaing keren

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.