TMCBLOG.com – Diberitakan bahwa saat ini puluhan petugas pemadam kebakaran sedang berjuang melawan api yang sedang melahap komplek sirkuit yang biasa digunakan di MotoGP Argentina yakni Termas de Río Hondo. Tanpa diketahui penyebabnya, kebakaran ini dimulai sesaat sebelum tengah malam pada hari Sabtu waktu Argentina (jelang siang tadi WIB) di area VIP di dalam gedung pit utama dan dari sana api telah menghancurkan segala sesuatu yang ditemuinya: ruang pers, garage box, pusat kesehatan, ruang bantu, dan menara kontrol.

Saat ini, museum motorsport yang biasa diakses melalui beberapa catwalk adalah satu-satunya hal yang tetap aman, meskipun begitu diberitakan bahwa petugas pemadam kebakaran telah memindahkan semua kendaraan di dalamnya sebagai tindakan pencegahan. Salah satu petugas pemadam kebakaran yang sedang memadamkan api mengatakan kepada surat kabar La Nación: “Kami sedang bekerja untuk menyelamatkan museum, sisanya terbakar semuanya, semuanya habis dimakan api, itu membuat Anda ingin menangis.”

Sumber sirkuit sementara memperkirakan bahwa kerugian yang diderita berada di kisaran jutaan Dollar, meski untungnya tidak ada korban jiwa dan cedera satupun. Termas De rio Hondo diresmikan pada 2008 – dijadwalkan menjadi tuan rumah putaran MotoGP tahunan pada 11 April 2021, tanggal yang akhirnya ditunda tanpa batas waktu karena pandemi virus corona.

Seri MotoGP Argentina di Termas De Rio Hondo sampai hari ini  kemungkinan digeser pada akhir musim 2021, mungkin pada bulan Oktober atau November, bergantung pada hasil pengendalian krisis COVID-19 di Argentina dan global sendiri. Dan dengan bencana tak terduga ini tentu semakin membuat gelaran GP Argentina semakin menjadi tanda tanya besar apakah Argentina bisa melakukan recovery agar gelaran balap prototipe ini bisa dilakukan di akhir musim 2021.

Taufik of BuitenZorg | IG @tmcblog

14 COMMENTS

  1. Oh my 😱

    Turut berduka,semoga ga ada korban jiwa dan segera bangkit lagi

    Setelah ditimpa berita bahwa Brno udah gak akan menggelar MotoGP, sekarang ini
    2021 masih jadi tahun yg kelam

    Guest
  2. Turut beduka.
    By the way, kalo memang hanya infrastruktur, dan tidak berdampak ke track dan aspal sirkuit, mudah²an bisa rebuild dalam 6 bulan

    Guest
  3. Padahal di argentina masih ada sirkuit yg sangat bagus yaitu sirkuit sannjuan villicium yg biasa digunakan oleh WSBK..,layout sirkuit nya sangat bagus hampir mirip seperti sirkuit portimao

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.