TMCBLOG.com – Hari ini, KTM Factory Racing secara resmi merilis KTM RC16 untuk Kejuaraan Dunia MotoGP FIM 2021 melalui presentasi digital yang memperkenalkan tampilan, susunan, dan tujuan baru untuk musim 2021. Pada 28 Maret 2021 MotoGP akan mengaum kembali di grid Sirkuit Internasional Losail. Sebagai pemenang putaran final tahun 2020, bisa jadi akan lebih banyak perhatian akan tertuju pada empat KTM RC16 yang tahun ini memiliki konfigurasi Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing (Afrika Selatan, 25th) dan Miguel Oliveira (Portugis, 26th) serta Danilo Petrucci dari Tech3 KTM Factory Racing (Italia, 30th) dan Iker Lecuona (Spanyol, 21th).

Di musim 2021 ini pabrikan KTM berharap untuk melampaui apa yang mereka raih di 2020 : Posisi ke-4 mereka di klasemen konstruktor 2020, raihan 3 kali pole position, sembilan trofi podium dan tiga kemenangan dalam musim kelima mereka di paddock MotoGP. Corak 2021 untuk Red Bull KTM Factory Racing boleh dibilang nggak jauh berbeda dengan corak grafis 2020 mereka yang khas.

Sementara kejutan hadir pada desain serba oranye untuk team satelit Tech3 KTM yang secara umum menggunakan motor dengan model year yang sama dengan motor KTM RC16 yang dipakai oleh team pabrikan. Seperti yang sudah lebih dahulu TMCBlog infokan, karena Red Bull Organics telah mengundurkan diri dari Tech3 sebagai sponsor utama di MotoGP setelah bersama di tahun 2020, KTM diinformasikan akan mendesain empat motor Tech3 seluruhnya dengan warna oranye, tidak ada sponsor baru yang dicari. KTM akan menggunakan sponsor bersama kepada kedua team ini selama 2021.

Hubert Trunkenpolz, Anggota Dewan KTM AG (CMO): “MotoGP adalah platform terbaik untuk olahraga motor global yang hadir saat ini dan inilah mengapa kami ingin memperpanjang kerjasama sukses yang telah kami jalin selama lima tahun ke depan . Memenangkan balapan MotoGP pertama di Brno bersama Brad Binder musim panas lalu adalah salah satu momen paling emosional sepanjang hidup olahraga motor saya dan, tentu saja, juga untuk perusahaan. Kami mengirimkannya, dan itu menghilangkan banyak tekanan dari kami.

Saya tidak tahu apakah itu terjadi secara tidak sengaja, tetapi sejak saat itu bisnis kami dalam skala global mengalami peningkatan. Saya pikir para penggemar menikmati MotoGP pada tahun 2020 tetapi yang benar-benar kami lewatkan adalah mereka di trek. Saya berharap tahun ini kami akan kembali seperti biasa. Secara umum, tujuan jangka pendek kami sangat jelas: kami ingin finis dengan empat pebalap kami di sepuluh besar secara reguler dan naik podium secara teratur. Kami ingin memenangkan perlombaan lain untuk benar-benar melanjutkan apa yang telah kami capai pada tahun 2020.”

Pit Beirer, Direktur KTM Motorsport: “Seluruh perjalanan MotoGP sejauh ini adalah sebuah mimpi tetapi proyek ini dimulai dengan mimpi untuk menjadi pemenang GP di kelas itu, jadi sungguh menakjubkan untuk melihat ke belakang dan melihat kemana kami telah datang. Namun demikian Saya pasti tidak ingin berkomitmen bahwa kami sudah menjadi penantang gelar. Saya pikir tekanan ini harus tetap ada pada orang lain di paddock tetapi kami sangat, sangat senang bahwa mimpi menjadi kenyataan dengan kemenangan GP ini.

Itu adalah fakta kami pasti akan lebih lapar. Kami memiliki staf yang hebat dan semua orang berusaha keras. Saya pikir itulah gaya KTM dan seluruh perusahaan: memiliki semangat baru ini dengan tujuan baru berarti seluruh perusahaan tetap bersatu dan kami melakukannya bersama. Ini membawa energi ekstra. Keempat pembalap kami semua memiliki keterampilan dan bakat luar biasa, jika tidak, mereka tidak akan berada di kelas itu tetapi kemudian secara detail mereka semua berbeda dan dengan cara yang berbeda mereka mengejar tujuan mereka.

Keempatnya masih berkendara di detik-detik terakhir balap motor. Kami memiliki kemenangan pertama kami di saku tetapi sekarang musim baru dimulai dan semuanya dimulai dari nol. Saya akan senang dengan 2021 jika pembalap kami menyelesaikan GP terakhir tanpa cedera dan kami dapat mengingat kembali beberapa balapan yang sangat sukses. Itulah yang saya cari.”

Mike Leitner, Manajer Balap, Red Bull KTM Factory Racing: “Tekanan yang meningkat pasti membawa lebih banyak motivasi bagi tim balapan karena semua orang KTM yang bekerja di bisnis balapan ini ‘dibangun’ untuk tekanan. Ini adalah DNA olahraga kami -atau untuk olahraga secara umum- dan kami akan menganggapnya sebagai hal yang positif. Untuk tahun 2021 kita berada di skala waktu.

Kami memiliki ide dan kami harus menemukan keseimbangan yang baik antara apa yang dapat kami capai sekarang dan antara lima hari pengujian di Doha sebelum musim dimulai karena kami harus melakukan homologasi spesifikasi mesin dan paket aerodinamis di sana. Kami memiliki hal-hal yang kami inginkan untuk ’21 tetapi tentu saja orang-orang di perusahaan sudah mengerjakan hal-hal untuk musim ’22.

Rencana kami untuk tes musim dingin; bagian atau unit ini sudah siap tetapi apa yang akhirnya dapat kami bawa ke musim 2021 akan ditentukan setelah lima hari di tes Doha. Kedua pembalap kami akan mendapatkan semua yang mereka butuhkan untuk melakukan yang terbaik di tahun 2021.”

Hervé Poncharal, Manajer Tim Tech3 KTM Factory Racing: “Setelah musim 2020 yang luar biasa dimana Tech3 KTM memenangkan dua balapan, kami tidak sabar untuk memulai 2021. Ini akan menjadi musim yang sangat istimewa bagi kita semua di Tech3 KTM Factory Racing karena kita sekarang tahu bahwa dengan KTM RC16 kita memiliki senjata untuk memperebutkan posisi terdepan dan untuk memperebutkan podium dan kemenangan.

Kami akan menyambut pembalap baru dengan banyak pengalaman: Danilo adalah pria yang sangat menawan, dia sangat tidak sabar, sangat fokus dan termotivasi untuk memulai musim dengan tes di Qatar. Iker tetap bersama kami. Kami memiliki banyak kepercayaan dan ekspektasi padanya. Dia bukan rookie lagi dan ini adalah waktu yang tepat untuknya.

Bagi saya sebagai pemilik tim, saya harus mengatakan bahwa dua tahun pertama bersama KTM seperti mimpi. Perbaikan dari 2019 hingga 2020 luar biasa dan sejujurnya, meskipun saya mempercayai KTM untuk membuat langkah besar, langkah yang mereka buat adalah sesuatu yang tidak saya duga. Seperti yang saya katakan sebelumnya, memenangkan dua balapan di tahun kedua adalah pencapaian yang luar biasa.

Kami adalah tim yang bahagia, semua orang sangat tidak sabar untuk memulai musim 2021 tetapi sebelum kami pergi ke Qatar, ada momen hebat untuk KTM dan Tech3 terjadi, yaitu presentasi ini. Kami akan mengenakan warna pabrik KTM lengkap, yang merupakan pengakuan besar atas kemitraan kami tetapi juga banyak beban di pundak kami untuk terus mendorong lebih banyak lagi. Kami tahu kami mewakili merek dan kami tahu betapa pentingnya motor MotoGP dengan warna pabrikan penuh bagi semua orang. Terima kasih untuk semua yang mengikuti dan mendukung kami.”

Galeri foto KTM factory 2021

Galeri foto KTM TECH3 2021

45 COMMENTS

    • Sependapat sama nih komen, malah kaya YFR pas gak punya sponsor jejer sama monster tech3, tapi ini di versi kebalikan jadi malah kesan ny tech3 yg tim pabrikan & redbull yg satelit ny wkwkwkwkw…

      Jangan2 opsi corporate color yg di jual KTM nanti based on tech3 ini buat RC390/250/200

      Guest
      • Setuju kalo diaplikasiin ke motor road legal mereka. Kalo di buntut motor tech3 ini livery nya sengaja dibuat lancip buntutnya, jadi keingetan motor superbike KTM RC8 dulu..

        Guest
  1. aneh saja menurut saya (bukan liverynya sih), di saat prestasi tagun lalu meningkat malah tech3 gak dapat sponsor sama sekali. gak ada yg mau atau emang ktmnya yg ogah. padagal waktu di yamaha monster energy setia menemani.

    Guest
    • Coba baca artikel wak haji yg sebelumnya tentang Tech3 ini om. Secara sponsor yg nempel di motor (Redbull Organics) memang cabut. Tapi secara dana masih didukung penuh sama RedBull via KTM. Mangkanya di video presentasi mereka nyebutnya “We Are KTM Factory Racing” karena mereka satu kesatuan dibawah naungan KTM dan dilaunching pada waktu yang sama.

      Tadinya ane kira bakalan sama kayak factory livery nya tapi ternyata tetep dibedain pake warna korporat nya KTM.

      Guest
    • sponsornya dana ya brand motor KTM ….. lihat tuh tulisan KTM segede gaban,
      kalopun ntar ada sponsor masuk lagi ya rejeki anak soleh tech3 tp nempel stiker gak boleh gede2

      Guest
  2. HJC RPHA 1 GP belum launching juga wak, padahal udah ketauan juga bentuk aslinya di web FRHP, IG sakartdesign(pernah ke revealed tapi dideleted sama adminnya), dan sekarang udah ada photo fisik sama teamnya. HJC iki piye.. 😌

    Guest
  3. Ada yg kurang’ menurut saya’
    Duo’ pembalap pabrikan Binder nd Oliveira
    Apparel wearpacknya brand’nya masih kelas medium, belum dilirik Duo’ top Alphinestar nd Dainese’, ibarat klub bola’ Klub top UCL tapi apparel nya belum yg centang ato tiga garis’,

    Guest
      • Nakagami sebelumnya dah pake alpinestar tahun ini malah ganti Ixon kok sama kayak punya Miguel dan Binder, mungkin hanya masalah kontrak sponsor aja mana yg bisa kasih lebih banyak cuan.
        IMO.

        Arsenal aja pernah dari Nike pindah puma karena puma kasih duit lebih gede😁😁

        Guest
  4. Kalo sponsor Tech3 cuma dari KTM doang ga ada yg lain trus dananya siapa yang nombokin ? Apakah pemilik team sendiri si opa Herve.

    Red bull keluar dari sponsor Tech3 itu karna Danilo bukan merupakan pembalp redbull atau karna emang redbull ga minat sponsorin team satelit ya?

    Bikin ngakak itu dibilang Danilo adalah pria yang meanawan. Wkwkwkwk baru kali ini pembalap dipuji gitu.

    Guest
    • Awalnya b aja baca komentar situ kalo lagi komentarin cowok, tapi makin kemari, kok semakin menjurus kalo situ homo ya. Apa cuma perasaan saya aja? Atau memang Ogun ini cewe?

      Guest
  5. bahasanya lbh cocok kalo ktm factory nyisihin dana dari para sponsor buat tech3, mana ada sponsorship “via”²-an.

    Guest
  6. Rindu warna genjreng genjreng, akhirnya terwujud via Tech3, warnanya jadi inget zaman Kallio di GP250 sama Koyama di GP125
    Oren banget pastinya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.