TMCBLOG.com – Dalam Penjelasannya kepada Media beberapa hari yang lalu, Dato Razlan Razali – Principal Petronas Yamaha SRT MotoGP menjelaskan dengan Lugas apa saja perbedaan antara Motor pabrikan Yamaha 2021 ( identik dengan Spek 2020)  dengan Motor yang dipakai Morbidelli tahun ini ( Yamaha M1 A-Spec ) ” Saking barunya, Kita tidak bisa meletakkan mesin 2020 ke sasis 2019. Tidak akan pas dan itu tidak akan bisa berhasil. Ini ( M1 2020) adalah Motor dengan Evolusi yang sama sekali baru untuk M1 dibandingkan Mesin generasi tahun sebelumnya. ” Di awal Musim 2020, Yamaha akhirnnya mengumumkan bahwa Fabio Quartararo di tahun keduanya memperoleh Yamaha M1 Spek terbaru ( factory Spec ), sementara Morbidelli Kala itu tetap memperoleh M1 A-Spec yang merupakan Motor spek 2019 versi Update terakhir Valencia 2019.

Awalnya Kita berfikir :  kenapa bisa Quartararo di awal 2020 sudah memperoleh Yamaha M1 Spek pabrikan? Analisanya bisa saja berujung pada performa pembalap asal Niche ini di Musim 2019 yang benar benar Moncer ( 5 kali finish Podium 2 ) sehingga Baik Yamaha maupun team memutuskan memberikannya Motor paling mutakhir saat itu.Sementara Morbidelli memang agak Terpuruk kala itu.

Selain itu juga tentunya Makin banyak pembalap menggunakan Motor spek terakhir maka Data Pengembangan ‘ lab berjalan ‘ akan makin banyak. Namun apa benar 100% begitu latar belakang keputusannya, sedikit info dari AS yang di compile dari Moto Revue ini mungkin akan juga bisa berikan insight mengenai kenapa F1/4 memperoleh M1 Factory di 2020 sementara Morbidelli Nggak.

Jadi sebenarnya Menurut Pengakuan Quartararo sendiri, setelah ia merenungkan kecepatan Maverick Vinales di tes Valencia 2019, hadirlah keputusan bahwa Ia harus memperoleh Yamaha M1 terbaru untuk musim 2020 No matter it cost. Dan Jadilah pada akhir tahun 2019 sepertinya ia membuat semacam ‘ Negosiasi ‘dengan Yamaha Via managernya untuk Memperoleh Yamaha M1 Spek Factory tentunya dengan beberapa ‘ catatan ‘

Fabio berkata “Itu adalah pilihan yang kami buat dengan manajer saya (Eric Mahe). Kami berjuang keras untuk memiliki motor ini. Ketika kami melihat laptime yang Viñales pernah lakukan di Valencia Test Pada akhir 2019 kami berkata pada diri kami sendiri bahwa kami harus memiliki sepeda motor itu, meskipun itu berarti memotong gaji kami tahun 2021. Mungkin sekarang saya sedikit menyesalinya, tetapi dalam kehidupan ini ada taruhan bahwa kami menang, yang lain bahwa kami kalah. Terlepas dari segalanya, kami memenangkan tiga hadiah besar, kami puas. ” 

Patut dicatat bahwa gaji yang berkurang bukan gaji 2020 ya sob, Namun malah Gaji 2021  dimana Fabio Sudah bergabung dengan Team factory Yamaha, walaupun memang perbincangan ini dilakukan Manager Fabio dan Yamaha di akhir Musim 2019 yang lalu

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

60 COMMENTS

    • Jangankan fq, rosi saja gajinya dipotong . Pandemi jadi alasan yang tepat . Dan gaji Fq ini selain dipotong oleh korona , juga oleh keputusan tadi .an akhirnya menyesal kan ? Namun harus memakan dalih sendiri menang disini kalah disana. Penyesalan adalah penyesalan.

      Guest
      • Mau dibilang pandemi tapi negosiasi yg beurujung pemotongan gaji itu dilakukan akhir 2019, pandemi belum separah pertengahan kuartal pertama tahun 2020.

        Emang pabrikannya aja yg pelit😂.

        Guest
  1. Masih ingat dulu ada yg bilang kalau quartararo dapat spec factory karena prestasi dia yg bisa melawan marquez. Kenyataannya? Karena gaji yg dipotong.

    Guest
    • Iwata butuh dana bro buat penggandaan unitnya,emang kayak ducati,hodna, KTM?motor pabrikan ke 3-4 tinggal Bim salabim jadi apa prok prok udah keluar unitnya

      Wwkwkw,canda

      Guest
    • Lu ga bisa nuker pengalaman jadi runner-up n last lap battle dgn Marquez sama gaji.

      Gw rasa Fabio puas dengan pilihannya.

      Sampai sekarang Morbidelli/Mir belum punya pengalaman itu kan ? Fight/podium dgn Marquez…

      Lihat Taka n Pecco, belom matang ngelola pressure saat leading. Ga pernah P1. Apalagi fight dgn Marc

      Rins/Fabio/Mir/Miller udah. Mereka lebih siap saat Marc kembali.

      Guest
  2. Karena kemampuan satelit kan ada batas dan sponsornya. Jadi kalau ingin lebih konsekuensinya ada. Saat ingin nasi goreng spesial ada tambahan kok. So its normal dude. Salam dari youtuber cilik.

    Guest
    • Normal ? Tim sultan sekelas Petronas yg bisa biayain tim MotoGP sekaligus tim papan atas di ajang motorsport termahal sejagad alias F1, tapi gak mampu buat ngasih biaya sewa motor ace ridernya sendiri, really dude ?

      Guest
      • Makanya itu saya heran kenapa tim sekelas Petronas gak bisa ngasih motor pabrikan ke pembalapnya, rupanya memang dari pabrikannya toh.

        Guest
    • Ego team pabrikan di moto GP lebih gede dari F1.

      Cuma sekali kan team satelit jurdun MOTO GP? Itu pun cuma di atas kertas team satelit. Dalemnya team pabrikan.

      Jadi jgn harap walu petronas bawa uang setruk juga dikasih spek sama dgn team pabrikan.

      Guest
      • Ya intinya tim pabrikan takut kalo tim satelit lebih moncer.. karna speknya factory semua. Hehe.. soalnya terlihat petronas sangat menjanjikan dgn struktur organisasinya dan dana nya..

        Guest
  3. “Ketika kami melihat laptime yang Viñales pernah lakukan di Valencia Test Pada akhir 2019”
    Salah analisa, tidakkah melihat data-data sebelumnya

    Guest
  4. Man full of dedication, appreciate that.
    Keliatan Taro all in, ambisinya jurdun GP.

    Mudah2an marq balik lagi ke GP, kangen ngeliat marc vs taro.

    Guest
  5. Tapi ada keuntungan yah wak buat Fabio,
    Karena sekarang jadi tahun kedua dengan motor yg sama sehingga tidak perlu lagi adaptasi.
    Tinggal kita lihat apakah akan ada masalah lagi dengan mesin M1 tahun ini.

    Guest
  6. Buset… demi dspet motor spek pabrik gaji di potong… kena pandemi gaji di potong…sebelah malah cidera ga race 1x pun gaji tetep…gajo terbesar pula di motogp…gila honda..duitnya ga berseri

    Guest
  7. Maaf wak sedikit koreksi nama kota asalnya fq itu Nice bukan wak ? Atau mungkin saya yg salah cmiiw 🙏

    Guest
  8. Salut, rela gajinya dipotong demi motor terbaru. Terus seumpama dia ga potong gaji apa dia dapet motor yang sama dengan morbi?

    Guest
    • Ya. Dan konyolnya lagi apa ga ada gitu tawaran dari pabrikannya “nih lu tahun kemarin bagus, berikutnya pakai motor spek pabrikan, gimana?”.

      Sampai – sampai pembalapnya sendiri yg inisiatif motong gaji demi motor pabrikan😂

      Guest
  9. Semoga FQ bisa lebih kompetitif di musim 2021, dengan prestasi bagus mungkin aja Yamaha balikin gajinya yang dipotong. Dan jangan ngikutin kebiasaan teammatenya.

    Guest
  10. Hahaha udah kayak beberapa tempat kerja di sini aja. Dapat previlege tapi potong gaji. Niat kagak sih pabrikan yg satu ini buat pembalapnya😂

    Guest
  11. Atau jangan lupakan Mbah Ochim yang nyewa Chinook buat datangin ban fresh dari penggorengan, nyewa pasukan orange buat ngepél sirkuit, mo jadi juara butuh pengorbanan 😀

    Guest
  12. Kalo gua bos besar yamaha, hal seperti ini, citra perusahaan yg harus dijaga dan dijunjung tinggi, perilaku fq20 membocorkan klausul ini kepada media, sudah jelas melanggar ethical behavior.

    Fq20 masih harus banyak belajar dari keluarga besar Witwicky, “No victory without sacrifice”

    Guest
    • Ya mo gmn, dia menyesal. Plus dikatai anak emas krn morbo gk dpt pabrikan kyk dia,pdhl sdh keluar duit

      Guest
  13. artinya manusia itu optimis, walau kadang hasil tidak sesuai harapan, sama halnya dengan marques, optimis bisa balapan setelah operasi, tap hasilnya malah gak balapan sampai akhir

    Guest
  14. Tahun ini puasa dulu,buat bayar cicilan M1

    Thug life 😎

    Cicilan nmax,cicilan zx25r,cicilan Pajero,cicilan sedan sport?apa itu?quartararo langsung nyicil YZR-M1

    Guest
  15. Ternyata yamaha factory tidak sesultan yg kita kira.. Penurunan marketshare worldwide tentu menghantam keras budget MotoGP mereka

    Guest
    • Laptime Q, sama Free practice ya kencang. Tpi saat raceday banyak faktor .. trutama adu lencang dgn pembalap lain.. dan MV terkenal emng jago kualifikasi. Dan penyesalan Quartararo mngkon lebih kepada hasil akhir yg mana morbideli dgn spek lama malah bisa Runer up.yg andaisaja Taro pake spek sama mngkin finisnya diklasemen ada diatas Morbi. Mngkin saongan utama Joanmir.hehe

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.