TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui Bersama, Royal Enfield telah merilis satu Terobosan dalam Line Up Produk mereka dengan menghadirkan Sosok Motor Classic bertema Easy Cruiser Dengan RE Meteor 350 Series yang dibanderol mulai 85 Jutaan Off The Road di Indonesia . . Kalau ditanya Harga On The Road diperkirakan akan mendekati angka 100 Juta  . . Sebagai bayangan ditambah ppn 10% saja berarti Off The road tersebut sudah masuk ke 90 Jutaan . . Namun yang jadi perhatian tmcblog apakah Honda ( AHM ) tidak merasa kans Pasar ini menarik Buat Mereka ?

Secara Umum Honda memiliki CB350 Hness yang kalau di Jepang dinamakan Hodna GB350. Kalau masuk Indonesia memang sih lebih baik tetap bawa Nama CB, Bukan GB karena Nomenklatur “CB” tentu Jauh lebih familiar Buat Market Indonesia ketimbang ‘GB’ . Di India sendiri sebagai tempat pertama debut CB350, Produk ini ahdir memang salah satu tujuannya Untuk mengganggu Pasar RE di kelas 350 big single Classic mereka.

Secara spesifikasi sobat bisa baca di Bagian Bawah dari Artikel ini, Boleh dibilang cukup Ketat jika dilihat dari aspek performa dan lain lain. Keduanya menggunakan Mesin 1 silinder berpendingin udara SOHC dengan konfigurasi yang klasik banget yakni tegak. Walaupun Keduanya berjenis Overstroke, Namun mesin RE ‘lebih Overbore’ dan ini memang secara logis membuat Mesin CB lebih torque baik di angka maupun di rpm berapa Torsi maksimum di capai.

Pokoknya speknya head To head banget, dan yang jelas RE Indonesia sudah membuktikan bahwa Pasar motor 350 cc Classic sport kayak begini memang ada di Indonesia.

Selain performa, dari beberapa Kali postingan kami mengenai CB350 Hness ni, ternyata Sambutan dan penerimaan Netizen pada umumnya cukup tinggi pada Jenis Produk seperti ini. tmcblog yakin banyak konsumen indoensia juga yang memiliki konsep “Less is More” . . berpandangan bahwa pendekatan minimalis pada urusan artistik atau estetika bisa jadi lebih efektif  dan CB350 ini bisa jadi salah satu produk yang merepresentasikan konsep ini.

AHM sendiri pada dasarnya bisa memasukkan varian CB350 ini ke jaringan Big wing mereka dengan Harga yang bisa lebih kompetitif bergantung pada tujuan apa yang diinginkan Honda . . Sobat sekalian tentu tahu maksud kami bukan ? . Dan Mungkin saja CB350 ini akan menjadi Produk Di Line Up Big Wing yang paling rendah Bandrol harganya dibandingkan misalnya 500 series yang saat ini sudah mencapai lebih dari angka 150 Jutaan.  . . Kira Kira AHM mau Nggak Ya ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Komparasi Spek Honda CB350 VS RE Meteor 350 ( India Version )

SpecsHness CB350Meteor 350 Fireball
Engine Type4 Stroke, SI Engine, BS-VISingle-Cylinder, 4 Stroke, Air-Oil Cooled Engine
Fuel TypePetrolPetrol
Brakes FrontDiscDisc
Brakes RearDiscDisc
Wheel SizeFront :-482.6 mm,Rear :-457.2 mmFront :-482.6 mm,Rear :-431.8 mm
Wheels Type (Pressed Steel/ Alloy)AlloyAlloy
ABSDual ChannelDual Channel
StartingSelf Start OnlySelf Start Only
SpeedometerAnalogueAnalogue
Engine Type4 Stroke, SI Engine, BS-VISingle-Cylinder, 4 Stroke, Air-Oil Cooled Engine
Engine Displacement348.36 cc349 cc
Max Power21.07 PS @ 5500 rpm20.4 PS @ 6100 rpm
Max Torque30 Nm @ 3000 rpm27 Nm @ 4000 rpm
Bore70 mm72 mm
Stroke90.5 mm85.8 mm
No Of Cylinders11
Drive TypeChain DriveChain Drive
Fuel TypePetrolPetrol
IgnitionPGM FIElectronic Fuel Injection
Compression Ratio9.5:1
Brakes FrontDiscDisc
Brakes RearDiscDisc
Quarter Mile18.24s @ 112.43kmph18.74s @ 109.43kmph
Braking (60-0 kmph)16.87m20.09mm
Braking (80-0 kmph)29.01m34.40mm
Braking (100-0 kmph)45.74m51.08mm
Mileage (City)45.8 kmpl41.88 kmpl
Mileage (Highway)42.17 kmpl
Braking 60-0 km/h16.87m20.09mm
Suspension-FrontTelescopicTelescopic, 41 mm forks, 130 mm travel
ChassisHalf Duplex CradleTwin Downtube Spine Frame
Suspension-RearTwin HydraulicTwin tube emulsion Shock absorbers with 6-step adjustable preload
Tyre SizeFront :-100/90-19 Rear :-130/70-18Front :-100/90-19 Rear :-140/70-17
Wheel SizeFront :-482.6 mm,Rear :-457.2 mmFront :-482.6 mm,Rear :-431.8 mm
Tyre TypeTubelessTubeless
Wheels Type (Pressed Steel/ Alloy)AlloyAlloy
Length x Width x Height2163 x 800 x 1107 mm 2140 x 845 x 1140
Wheelbase1441 mm1400 mm
Ground Clearance166 mm170 mm
Fuel Capacity15 Liters15 Liters
Kerb Weight181 Kg191 kg
Tail LightLEDLED
Front Brake Diameter310 mm300 mm
Rear Brake Diameter240 mm270 mm
ABSDual ChannelDual Channel
Body TypeCruiser BikesCruiser Bikes
StartingSelf Start OnlySelf Start Only
Seat TypeSingleSingle
SpeedometerAnalogueAnalogue
Trip MeterDigitalDigital
Cooling SystemAir CooledAir & Oil Cooled
ConsoleAnalogue and DigitalAnalogue and Digital
OdometerDigital
Navigationtripper
Mobile ConnectivityBluetooth

31 COMMENTS

  1. Kalo CBU kebiasaan matok harganya ngajak bercanda, walaupun kalo masuk big wing mungkin pelayanan dan aftersalesnya sgt diperhatikan

    Mungkin harganya udah termasuk untuk membiayai itu ?

    Guest
  2. Calter kiri engine CB350 menurut gw ga se-classic punyanya RE, tapi secara keseluruhan gw tetep milih CB sih,, dr data pun CB terlihat unggul di power dan fuel consumption,,

    Guest
  3. nambahin wak. di jepang ada 2 versi yaitu GB350 Hness dan GB350S yg di gambar tangki abu2. ada perbedaan di ukuran rim belakang dan akesoris macam ring headlamp, cover fork depan, muffler dan handle. kl gw sih lebih demen yg GB350S ini. looksnya lebih sporty

    Guest
  4. Di stroke down mesinnya, jadiin 250cc biar bisa lebih masuk akal pajaknya wak

    Sukur sukur bisa under 50jt, kemungkinan bisa lumayan laris bukan sekedar laku

    Cuman mengingat ini AHM ya sabar aja nungguin niat ke arah sana (nunggu kompetitor laris dulu)

    Guest
  5. gak usah big wing,
    wing dealer aja yg udah banyak jaringannya di indonesia
    biar orang luar p. jawa bisa punya juga

    Guest
  6. BS-VI itu standar emisi di India ya Pak?

    Kaya pernah denger dari youtuber Jogja yg kuliah di New Delhi
    Moch. Agoes

    Guest
  7. Pasang mesin 250cc air-cooled kasih nama cb tiger (padahal tiger seri gl, eh verza jg turunan gl sih)

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.