TMCBLOG.com – Secara Fisik terlihat Bahwa Suspensi depan Honda CB150R StreetFire 2021 yang sudah Up Side Down SFF-BP dari Showa memang sama dengan yang dipakai Di Honda CBR150R Terbaru. Namun setelah tmcblog coba tanya ke Pak Endro Sutarno Dari Divisi TSD AHM, Suspensi ini Lumayan berbeda dari kandungan jeroannya sob. Spring di dalamnya Lebih Pendek dan membuat Secara umum Dimensi panjang dari Suspensi Pun lebih pendek dari Supensi serupa di CBR150R.

Nggak hanya Dimensinya lebih pendek, pak Endro menambahkan bahwa Spring-rate dari Pegas di dalam Suspensipun memiliki Nilai yang berbeda, sehingga walaupun secara diameter tempat Penjepit Shock sama, Namun Jika Misalnya CBR150R dipaksa pakai Suspensi USD SFF-BP CB150R maka feel lendutannya berbeda. Akan lebih keras menurut pak Endro.

Yang Juga Patut ditekankan adalah Jika sobat sekalian mau Mengganti Suspensi teleskopik dari Honda CB150R StreetFire generasi sebelunya menggunakan Suspensi SFF-BP ini, walaupun Secara Steering-Comb nya mungkin Mirip, namun sobat sekalian akan menemukan banyak sekali tantangan yang mungkin Jika buat Yang baru eprtama Kali menginstallnya akan Kewalahan.

Yang pasti pertama harus menyiapkan banyak hal part dulu seperti Shock kanan dan Kirinya, lalu Spatbor depan, Segitiga atas, segitiga bawah. Mengenai part Number dari part part ini menurut Pak Endro berbeda karena Secara umum ada perubahan parameter seperti spring dan perbedaan Segitiga atas yang pada CB150R mensupport raiser setang.

Selain itu pak Endro bilang, bahwa Jika Mau pasang plek Suspensi USD SFF BP new CB150R SF di generasi sebelumnya maka sobat sekalian akan menemukan tantangan yang akan bikin puyeng dimana Radiator akan bepotensi Kepentok batang suspensi USD ketika setang di tekuk maksimal Kanan maupun Kiri. Harus ada perubahan lain seperti, eprubahan posisi radiator, ganti radiator yang lebih kecil, atau membatasi Sudut Putar Setang yang tentunya akan bikin Motor terkebiri derajat kelincahannya nanti ketika bermanuver.

Tidak berhenti sampai disana, tantangan lain siap menunggu, Karena setang dari new CB150R SF yang sekarang itu Lumayan Tinggi dan lebar ( baplang ) maka butuh Kabel Kopling, kabel gas, kabel/ selang rem dan Juga kabel kabel Panel saklar kanan dan kiri yang lebih panjag. Jika dipaksakan ada potensi kebetot yang ujungnya bisa menyebabkan Putus kabel kabel.  . . Pokoknya akan banyak tantangan penyesuaian sob jika mau mengganti suspensi teleskopik CB150R SF Generasi 2020 ke bawah menggunakan Suspensi Depan Upside Down CB150R SF yang baru, Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

29 COMMENTS

  1. Lha malah lebih pendek dan lebih keras dibanding full fairingnya?gak kebalik tuh karakternya

    Guest
  2. Kalau tuk mengakalinya, biker indonesia jagonya.. pake limbah moge saja masuk, apalagi cuma mongakali yang 150 cc yang masih banyak miripnya??

    Guest
  3. Wak, kalau misalkan kita hanya beli tanpa raiser dan raiser pake bawaan cb150sf lama dan stang juga pake yg lama apa bisa ?
    Itu raiser bikin illfeel hehehe…

    Guest
  4. Kok bisa kepentok radiator ya ? padahal rangkanya sama aja..

    tapi ada clue dari Pak Endro tuh, rubah posisi radiator, berati tinggal bandingin sektor situ aja, apakah mountingan ori nya lebih pendek di cbsf yang baru sehingga radiator lebih mepet ke rangka dan mesin.. soalnya ga mungkin mereka ngecilin radiator kan kudu riset lagi XD

    urusan stang mah bisa diatur, raisernya dah tinggi.. beli stangnya yg lebih pendek aja XD halo stang rzr

    Guest
  5. kug jadi tambah keras mengorbankan shokbrekernya
    udah terlihat sejak awal rilis ni motor shokbreker blakang kayak batu

    sebegitu ngoyo kah ngejar Handling Vixion yg terkenal baik dengan sasis Deltabox swing arm banana

    Guest
  6. Kondenya ituloh… Kog muncul lagi sih wak..
    Katanya STREET .. akan lebih baik jika speedo dibikin terpisah sekalian kayak naked2 eropa…paling kayak beat street… Dripada digabung kesannya tumpuk2..

    Guest
  7. Kalo pake paket suspensi CBR150R usd dicangkokin ke CB150R lama kira2 lebih mudah gak wak haji?
    Resiko beda di triple clamp atas pake stang jepit tapi secara dudukan dll sepertinya masih sama kaya yang lama baik ukuran suspensi derajat kemiringan suspensi dan gak mentok radiator sama radius putar
    Itu gimana wak haji?

    Guest
  8. yang versi sok teleskopik dah ga ada lagi berarti? dinaikin kastanya nih sama honta, vixion mungkin nanti jg seperti itu, yg vixion biasa ilang, tinggal vixion-r, mungkin strateginya kalo pasarnya mengecil, produknya jadiin lebih ekslusif sekalian dengan penambahan fitur2 yg mewah

    Guest
    • 2-3thn mendatang, mungkin cuma Byson, Verza, Bandit & GSX-S150 yg mengisi segmen 20jt-an.

      Kecuali, Sport 125cc dibangkitkan kembali.

      Guest
      • Sejak negara api menyerang.. eh motor metik bongsor hadir. Semua motor sport ancur penjualannya. Tinggal motofreak aja yg masih naik motor sport. Era penjualannya sampai 30ribuan sebulan sudah lewat. Bahkan AHM hanya menargetkan 2700 unit per bulan.

        Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.