TMCBLOG.com – Sejatinya Triumph telah memperkenalkan trisula produk motor 660 mereka pada pertemuan diler di tahun 2020 yang lalu dimana hadir tiga varian yang akan menggunakan mesin twin 660 mereka yakni jenis Roadster, Adventure Bike dan Adventure Sport. Untuk versi Roadsternya sudah resmi dirilis dengan nama Triumph Trident 660. Dan kali ini kita bisa melihat bocoran bentuk final secara official dari varian Adventure Sport mereka yang akan dinamakan Triumph Tiger Sport 660.

Menarik melihat style Triumph ini, sama seperti gaya perkenalan Trident terdahulu adalah Triumph sendiri yang merilis foto ala ala ‘spyshot’ kepada media dan kali ini untuk Triumph Tiger Sport 660 disinyalir kuat merupakan gambar versi test terakhir. Secara penampakan bentuk, Tiger Sport 660 baru ini adalah model jalan raya murni, sangat mirip dengan Tiger 1050 lama dan penerusnya. Tapi seperti namanya, mesin adalah pembeda utama dimana Tiger Sport 660 mengemas mesin yang mirip dengan mesin pada Trident 660cc.

 

Diasumsikan spesifikasi mesin tidak akan terlalu banyak diubah, dengan demikian Tiger Sport 660 diperkirakan akan menggunakan mesin yang menghasilkan sekitar 80 Hp dan torsi 64 Nm, seperti Trident. Dari beberapa foto yang dibagikan, mengenai frame/sasis sendiri tampak sangat mirip dengan Trident, meskipun ada panel trim yang berbeda di atas bagian pivot swingarm dan gambar-gambar teaser ini tidak mengungkapkan apakah geometri telah diubah secara signifikan.

Mengenai elektronik, diperkirakan Triumph Tiger Sport 600 akan berbagi pakai dengan setup elektronik varian Roadster Trident dengan dua mode berkendara, slip-and-assist clutch, Traction Control dan instrumen TFT, sementara opsi quickshifter diperkirakan merupakan opsional.

Sementara beberapa bagian, termasuk sistem knalpot, suspensi kanan Showa 41mm dan rem kaliper model axial dua piston Nissin, tampak sangat mirip dengan apa yang dimiliki oleh Trident, Tiger Sport 660 memiliki swingarm baru yang kemungkinan akan memberikan update perubahan ketinggian kendaraan dan jarak sumbu roda belakang. Posisi berkendaranya juga sangat berbeda, dengan footpeg yang diposisikan ulang – lebih rendah dan lebih maju daripada Trident – dan setang lebar tinggi yang dikombinasikan dengan raiser yang cukup tinggi.

Bagian roda sendiri diperkirakan akan merupakan kombinasi ban depan 120/70R17 dan belakang 180/55R17. Walaupun stiker kamuflase menyelimuti bodywork, dari gambar teaser Triumph terlihat jelas bahwa desain bodywork dengan penyangga lampu depan LED agak miring yang mengapit lubang inlet ram air yang di desain di bawah windshield panjang memang mengesankan motor adventure touring banget. Terlihat juga sepertinya Triumph menyediakan opsi bagasi berupa hard case pannier yang dapat dilepas dipasang. Wahhh menarik nih.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

9 COMMENTS

  1. Btw gegara mesin 675 nya udah dibongkar ulang jadi versi 765 buat performance use

    660 ini versi bongkaran si 675 untuk genre yang lebih non performance use ya ?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.