TMCBLOG.com – Sobat Sekalian, Kemarin, Suzuki Secara Global telah memperkenalkan secara resmi Model 2022 dari All New Suzuki GSX-S 1000 GT 2022. Varian big Bike ini merupakan versi faired Sport Touring dari naked 1000 cc terbarunya yang mempertahankan kombinasi karakter sportynya secara utuh dengan sisi kenyamanan riding. Sebuah sepeda motor yang dikembangkan dengan desain dan  estetika yang benar-benar baru, jauh lebih agresif dan dinamis dari pendahulunya, GSX-S1000F.

Dapur pacu Yang menyokong GSX-S1000GT ini masih merupakan mesin empat silinder segaris DOHC 999cc GT yang common part dengan mesin GSX-S1000. Mesin ini mengadopsi berbagai modifikasi untuk lebih meningkatkan kinerja dan efisiensinya. Drivetrain yang menghasilkan pengiriman daya yang mulus dan konsisten, dengan rentang daya yang luas.

Suzuki telah menempatkan penekanan khusus pada pengiriman torsi dan tenaga pada kisaran rpm rendah dan menengah. Mesin ini menawarkan angka tenaga dan torsi yang sedikit lebih tinggi, yakni mencapai mencapai 152 hp pada 11.000 rpm dan 106 Nm pada 9.250 rpm yang diejawantahkan dalam kemampuan untuk berakselerasi dari 0-200 km/jam dalam 6,64 detik.

Sistem pembuangan 4-2-1 telah didesain ulang sepenuhnya, dan sistem Suzuki Exhaust Tuning (SET) telah memposisikan ulang desain dari ruang knalpot serta  catalytic converter untuk membantu memenuhi standar emisi Euro 5. Hal ini juga diperhitungkan dengan camshaft baru dengan profil cam intake dan knalpot yang direvisi dengan hati-hati untuk membantu mengurangi emisi, nozel asupan baru yang dikontrol secara elektronik, dan box filter udara baru yang mengurangi hambatan asupan.

GSX-S1000GT baru memiliki seperangkat sistem bantuan mengemudi elektronik di bawah payung teknologi SIRS (Suzuki Intelligent Driving System): Suzuki Driving Mode Selector (SDMS), Suzuki Traction Control, Electronic Ride Throttle-by-Wire, Two-Way Quick Shift Assist, Suzuki Easy Start dan Low RPM Assist System.

GSX-S1000GT mengadopsi layar Dasbor multifungsi LCD TFT berwarna 6,5 ​​inci yang menawarkan berbagai informasi berguna dalam format yang relatif ringkas dan pembacaan cepat. Dasbor ini memiliki fitur anti glare dan anti-reflektif serta dibuat dengan permukaan anti gores.

Dasbor baru ini jua memungkinkan kita memanfaatkan semua kemungkinan konektivitasnya yang luas, bersama dengan aplikasi SUZUKI mySPIN gratis yang menyediakan akses mudah ke fungsi kontak, peta, musik, telepon, dan kalender. Berbagai konten tambahan tersedia melalui banyak aplikasi yang tersedia, seperti fungsi navigasi, rute dan waktu ke tujuan, informasi cuaca dan banyak lagi. Di sebelah kiri layar adalah soket USB untuk mengisi daya smartphone.

Bentuk fairing dan windshield yang aerodinamis dipadukan dengan pengaturan suspensi yang telah disesuaikan untuk menawarkan stabilitas yang lebih baik saat melaju di jalan raya. Garis-garisnya yang tajam, ujung depan baru yang tajam serta mencolok, serta aerodinamis yang halus adalah dasar dari pengalaman berkendara yang ditawarkan GSX-S1000GT ini. Sasis aluminium yang ringkas dan ringan, yang dirancang untuk memberikan kelincahan dan kesenangan saat berkendara.

Suspensi depannya menggunakan garpu Upside down KYB berukuran diameter 43 mm, dapat disetel sepenuhnya. Suspensi belakangnya menggunakan monoshock dengan sistem Link dengan beberapa opsi penyesuaian progresif untuk setup rebound dan preload. Sistem pengereman dipercayakan pada kaliper depan Brembo monoblok empat piston 32mm yang bekerja pada cakram floating berdiameter 310mm.

GSX-S 1000 GT 2022 baru hadir dalam tiga warna bodi: Triton Blue Metallic, Glossy Black Frosted, dan Metallic Reflective Blue. Suzuki telah merancang berbagai aksesori untuk menyesuaikan GSX-S1000GT, termasuk pannier dan windshield yang lebih besar.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

49 COMMENTS

  1. Akhir2 ini suzuki cakep nich… Hayabusa yang baru, GSX-S1000, sama yang ini. Semoga yang lain pas update juga cakep ga zonk…

    Guest
  2. Kayaknya designer yamaha pindah ke juki nih, si yamaha bahasa desain barunya malh terkesan nyeleneh ala minor fighter nah juki malah kearah lancip2 futuristis yg sebelumnya jadi pakem yamaha.

    Jadi penasaran bahasa desain seri gsx R ny pasti bagus2 klo pakemnya gini jg… Bayangin dulu aja gsxr150 dibikin lancip2 kaya cbr250rr

    Guest
    • gw merasa ini pertanda bagus utk facelift GSX 150 series kedepannya,, para tetua2 kolot Suzuki mungkin udah pada pensiun yg membuat desainer bisa lebih bebas menyalurkan idenya tanpa takut di declined atau ditolak di meja direksi,,

      Guest
  3. Sadis emang nih emisi, dari 185 PS di GSX R1000 K8, jadi sisa 152 PS.
    Btw posisi ridingnya asoy tuh, gak heran GSX R150 banyak yang dipermak jadi touring dengan setang fatbar tinggi.

    Guest
    • rasanya gsxr 1000 k8 power cuma 158 hp karena ditahun sblm 2010,pemain 1000cc tergede cbr 1000rr dengan 162 hp,,zx 10 158hp,,gsx 158hp dan r1 152hp,,,nah tu mesin k8 dipake ke naked terbaru ini dan karena aturan euro makin ketat ya mw gmw power drop

      Guest
  4. Cakep, Suzuki kayaknya udh mulai keluar dari pakem desain kolotnya. Ngeliatnya dari samping kayak ada aura ninja 1000 gitu siluetnya, dari depan aura Tracer 700 yg lebih menyipit DRLnya

    Guest
  5. Nah ini
    Suzuki berbenah, makin tjakep
    Harusnya bisa sih memanfaatkan Juara Dunia Joan Mir di tahun lalu yang masih hangat

    Untuk mendongkrak pamor dan penjualan kembali

    Guest
  6. terinspirasi muka R1 ama Ninja 1000 ini ya, tapi good job Suzuki, kali ini desainnya oke, coba motor kecilnya juga seperti ini

    Guest
  7. Awal lihat ta fikir Yamaha eh ternyata sang Suzuki kebanggaanku, (sambil lirik Skydrive dan Ertiga di Garasi).
    Pertama tama, R dan MT mata dua, now malah jadi mata satu, mungkin next R1 jadi mata satu. Butuh mata mata kalau ada test jalan, nanti jadi mata satu atau tetap mata dua.
    Kalau R1 jadi mata satu, amit amit.. Tinggal tunggu mata mata buat tau nantinya jadi mata satu atau mata dua.. (tamat tamat)

    Guest
  8. Saya liatnya kok seperti moge moge buatan cina ya desainnya, lancip lancip, gak seperti biasanya suzuki bikin desain kaya gini.

    Guest
  9. Sangat keren secara utuh cakep bner,semogo bisa di terapkan pada sport touring suzuki 250..cukup design ini saja puas Dohc,Usd,asc,all led,power cukup 37,5 hp aj on whell… insya Allah saya beli

    Guest
  10. Kalau yg lain bilang desainnya ala ala yamaha. Kalau saya semenjak gsxs 1000 lihatnya kok ala ala gundam dan robot2 komik jepang lainnya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.