TMCBLOG.com – Ternyata Bukan hanya Honda dan Aprilia yang mencoba aero Fairing baru di test Misano yang lalu. Tercatat Ducati dan KTM pun ternyata Mencoba beberapa desain aero Fairing Baru entah untuk Motor Desmosedici GP21 dan RC16 2021 atau versi 2022 nanti pada test Misano.

Untuk Desain Aero Fairing pertama Ducati Desmosedici terlihat Asupan udara/ RAM AIR baru yang memiliki dimensi tidak setinggi yang sekarang dipakai Oleh Bagnaia dan Miller. Lubang RAM Air ini  juga terlihat lebih lebar. Banyak Yang beropini bahwa desain ini terlihat seperti asupan udara lama Yamaha di tahun 2019.

Terlihat Juga dibandingkan dengan Winglet yang dipakai Ducati saat ini, Winglet Utama pada Desain baru ini tampaknya kehilangan sebagian dari luas permukaan dan sudut angle of attack-nya. Jika kembali dihubungkan dengan Rumus bernouli tentu aero yang ditest ini akan membuat downforce sedikit berkurang.

Nah berkurangnya Downforce ini sepertinya Juga telah diperhitungkan dan Ducati pun mendesain beberapa Detail tambahan pada  paket aero kedua yang sempat terpantau ditest Oleh Jack Miller.

Terlihat di sini Jack Miller menggunakan paket aero kedua dimana pada side fairing selain downwash duct, ada dua pasang winglet. Artinya, Paket aero yang sedang ditest Oleh Miller ini memiliki total empat elemen aero  . . banyak sekali ya ?diperkirakan penambahan detai Winglet di side Fairing ini ini akan menghasilkan lebih banyak downforce daripada sebelumnya.

Selain Ducati, KTM Juga menguji paket aero baru ini pada test Misano. terlihat desain Input udara RAM AIR nya berbeda, lebih lebar menunjukan bahwa KTM menginginkan Input udara Yang lebih banyak.

Jika diingat ingat, Paket Aero baru KTM ini terutama Set sayap kedua di Side fairing malah Mirip seperti paket aero Ducati dari tahun 2020 dan 2019. Saat itu Ducati mencari lebih banyak downforce dan juga membawa beberapa downforce sedikit lebih jauh ke belakang pada motor sehingga tidak terlalu berat di depan . . Mungkin ini juga yang dicari Oleh KTM di test Misano Yang lalu. . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

19 COMMENTS

    • mesin dan sasis kan confidential bang,, ya ga mungkin di tunjukkan ke khalayak ramai lah, kecuali emg jurnalis bisa curi2 kesempatan,,

      Guest
      • Iya jg sih wkwkwkwk
        Tapi maksud saya macam torductor, ssg, desmodromic, ram air, sasis carbon, bentuk knalpot dll kan info teknologinya di kasih tau meskipun detailnya dirahasiakan

        Guest
  1. Tumben belum ada yg mencontoh menggunakan downwash duct,biasanya kan kalo Ducati sdh mempelopori memperjelek tampilan beberapa waktu kemudian yg lain ngikut,karena Danny Aldridge ngangguk” aja kalo yg mengawali trend Ducati

    Guest
  2. kayanya desain motor makin mengerucut ya ngga masing2 punya arah sendiri.
    karena ecu dan ban. lama2 nanti mirip2 semua cuma beda warna wwkkwkwkw

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.