TMCBLOG.com – Jelang akhir tahun ini memang beberapa rumor perilisan varian motor baru terlihat lebih santer membahana. Salah satu yang mau kita bahas kali ini adalah salah satu calon produk terbaru dari Astra Honda Motor yakni [kita] sebut saja untuk sementara waktu dengan nama New Honda Vario 160 . . Penamaan ‘160’ jelas menjadi pembeda dengan varian current yang masih bernama Vario 150 (149 cc) dengan menghadirkan kubikasi mesin yang lebih besar sehingga logis kiranya Vario 160 nanti akan punya variabel performa yang lebih besar dari Vario 150 current.

Secara mesin, sebenarnya sudah ketebak ketika Honda merilis PCX160. Bukan apa-apa secara umum Vario series dari awal kehadirannya memang menggunakan mesin evolusi dari Honda PCX series yang sudah eSP+ itu. So, saat PCX berganti mesin menjadi 156,9 cc dengan 4 Valve, sudah hampir otomatis semua kita berfikir, Vario pasti juga sewaktu-waktu akan didaulat untuk bisa menggunakan mesin ini.

Dan sepertinya momentum itu akan hadir dalam pekan ini. Pekan kedua bulan November 2021 yang juga punya hubungan dengan gelaran pemeran otomotif terbesar tahun ini -GIIAS 2021. Yes undangan berlabel ‘gathering’ dari AHM pun sudah TMCBlog kantongi.

Bukan hanya berubah di sektor mesin, beberapa bocoran juga hadir melengkapi deskripsi dari calon motor yang secara segmen termasuk salah satu volume maker AHM selama bertahun-tahun ini. Secara umum bodywork untuk Vario 160 akan tetap menggunakan  desain dasar yang khas Vario 150. Namun sekilas akan sedikit lebih gemuk. Kilas bentuk lebih gemuk ini satunya kemungkinan akan ditopang oleh pergantian kaki-kaki terutama ukuran diameter dari roda dan ukuran ban.

Menurut informasi Nugi, adanya potensi penggunaan roda dari Vario 160 nanti akan mengikuti pola dari PCX160 yakni dengan pola ‘belang’ dimana roda depan dengan ring 14 inci sementara roda belakang akan menggunakan velg berdiameter 13 inci. Jika benar, hal ini masuk akal karena dengan pemakaian ban/roda belakang 13 inci akan membuat space di bawah jok Vario 160 nanti akan lebih lapang, sama seperti alasan desain yang Honda terapkan pada PCX160 mereka.

Sebagai catatan saat ini Vario 150 menggunakan kombinasi ban 90/80-14 depan dan 100/80-14 belakang sementara PCX160 mengunakan ban depan 110/70-14 M/C tubeless dan ban belakang 130/70-13 M/C tubeless. Sungguh akan menarik jika Vario 160 nanti menggunakan ban bertapak selebar atau mendekati lebar ban PCX 160. Selebihnya kita tunggu bersama saja sob, tho tinggal menghitung hari kan yah. . .  

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

51 COMMENTS

    • kayanya masih bakalan lama mesin bensin, ga bakal cepet dipunahin buat motor listrik. soalnya buat charge listrik nya aja belom ada banyak

      Guest
    • pcx160 saja banyak keluhan soal kualitas mesinnya, gimana kalau dikasih vtec ? bisa2 ada plat nomor saja sudah pada rontok tuh mesin pcx vtec.

      Guest
      • Sekarang Mesin apa sih yg ga ada keluhan sama sekali? jadi apa salahnya kalo dijejali VTEC kalo itu emang jadi nilai plus

        Kalo nunggu ga ada keluhan dr konsumen sama sekali mau sampe Indonesia ga punya hoetang samasekali?

        Guest
  1. Area ban belakang jangan keliatan kopong antara ban sama spakbornya, jd inget tren modif bebek tahun 2000an yg ban belakang dimajuin mentok

    Guest
  2. Wadeww,…. yg Var 125 ane ja dah hampir 3 thn km masih 6rb km… gara2 jarang kepake coz seringan malah pake NJMX135 … lha ni dah muncul yg 160…

    Guest
  3. Wuihh kinyis kinyis motor baru lagi.. Yamaha udah ada spyshotnya, honda siap launching, merk lain ada info ngeluarin produk baru juga gk ya?

    Guest
  4. Penasaran sama bentuk sasisnya. Apa jadi esaf?
    Dengan ban belakang jadi 13″,, sepertinya handlingnya akan jadi lebih baik..
    Secara vario current,,handlingnya busuk sekali.. ga enak..

    Terus penasaran sama vario 125, apa akan ada turunannya dari new vario 150?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.