TMCBLOG.com – Ditolak Dorna ketika mengajukan diri sebagai pengganti Suzuki di musim 2023 karena belum bisa independent dari KTM dalam menghomologasikan mesin sepertinya tidak membuat GASGAS patah semangat. Pierer Mobility sebagai induk perusahaan akhir-akhir ini sepertinya tetap ingin menaikkan brand image GASGAS via kegiatan balap dimana-mana. Lihat saja bagaimana Jorge Prado ‘direposisi’ dari KTM ke GASGAS, dan hebatnya performa GASGAS Aspar Team Moto3? Ke depan GASGAS ingin eksis di MotoGP via strategi lain . .

Merek GASGAS akan didorong secepat mungkin oleh Pierer Mobility group menjadi merk sepeda motor global di semua disiplin ilmu balap dengan slogan yang mirip dengan KTM “Ready to Race”. GASGAS telah memenangkan Rally Dakar 2022; sejak pengambilalihan oleh Stefan Pierer, kemenangan Moto3 GP telah diraih, selain itu GASGAS juga hadir di podium Moto2 serta jangan lupa kemenangan balapan kejuaraan dunia di World Motocross (MX2 dan MXGP) serta di kejuaraan Supercross di Amerika Serikat.

Via Speedweek diketahui bahwa bisa jadi pada tahun 2023 nanti akan menjadi momentum GASGAS untuk hadir di MotoGP sebagai rebranding dari KTM Tech3. Yes, sangat mungkin Tech3 GASGAS MotoGP team 2023 hadir dengan duet Pol Espargaro – Remy Gardner misalnya. Lalu motornya?

Motornya diperkirakan akan tetap pakai KTM RC16 yang dicat ulang dan diberi detail grafis dengan nama GASGAS. Tetap prototipe dan tidak boleh dijual di pasar terbuka sesuai regulasi FIM Grand Prix pasal 2.4.1. Semua komponen harus sama dan identik secara struktural dengan RC16. Hak konsesi pendatang baru buat GASGAS Tech3 nanti diperkirakan tidak akan berlaku karena motor tersebut akan digolongkan sebagai KTM.

Jika semuanya lancar dan firm dengan regulasi, keputusan Tech3 GASGAS diperkirakan bisa hadir paling lambat pada liburan musim panas mendatang. GP Austria pada 21 Agustus 2022 di Red Bull Ring akan menjadi kesempatan yang ideal untuk mengumumkan proyek baru ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

42 COMMENTS

    • Makanya salah besar klo ada sebuah tv ganti Matteo dgn jurnalis yg iya iya aja dikombinasiin ama wanita yg pengetahuan motogpnya monmaap stagnan. Skrg tayangan wsbk di trans7 lebih enak didenger obrolan komentator tvnya ya krn Matteo. Klo aja semua race wsbk ditayangin live kaga race 2 doang, gw yakin orang Indonesia lebih mudah dan lebih cepet berpaling ke wsbk. Alasannya? Krn hampir semua brand Jepang yg beredar di Indonesia ikut wsbk, biarpun pesertanya masih asing tapi dgn komentar Matteo yg bernas dan kaya nasi pulen, lambat laun publik akan mulai kenal rider2 wsbk dan tentu bumbu gosip personalnya yg dibawain Matteo. Contoh semalem deh, baru jg siaran beberapa kali Matteo udh bisa kasih cerita ttg Batistuta, Rea, Toprac, bahkan Rinaldi ama Axel Bassani yg di blog manapun sejauh ini gw kira ga ada yg angkat nama mereka. Matteo jelas bukan kaleng2, gausah ngaku2 akreditasi Dorna ato punya relasi ama orang luar tp dari cara ngomongnya keliatan jelas dia punya kedekatan ama orang FIM dan Dorna jg punya relasi org dalem di tim dunia. Untungnya skrg kita masih bisa denger cerita Matteo di TV biarpun cuma ditaruh di siaran wsbk.

      • WSBK race 1 dan race 2 ditayangin di Trans 7, kok, Superpole race nya aja yang gak disiarin. Kecewanya sih cuma 1 kelas, padahal pengennya kayak pas jaman 2009 dimana Supersport juga disiarin. Kalo Soal cerita pembalap2 WSBK, sebenarnya Matteo udah jelasin dari awal WSBK seri ke 1, dari Bautista, sampe Bassani.

  1. Lah terus yang gantikan Suzuki siapa?
    RNF Yamaha –> Aprilia
    Tech3 KTM –> GasGas
    BMW –> gak mampu 2023
    Kawasaki –> mimpi basah siang bolong
    CFMoto atau Bajaj –> kalo ngasih duit gede ke KTM sih bisa aja

  2. supaya terjadi diferensiasi, Gasgas pakai mesin RC16 tapi sasis pakai twin spar, seru kali ya, jadi pengembangan bisa 2 arah, KTM pakai tubular, Gasgas pakai twinspar, sekalian Pit Beier riset mana yg lebih baik.

    • Kalo dilihat dari produk mereka sih, gasgas gaperlu idealis trellis ala KTM sih, pake twinSpar Perimeter malah bagus, yaa walaupun nantinya tetep pakai WP.

    • Tapi apakah nantinya tidak disebut entitas konstruktor baru kalo ada 2 jenis sasis yg berbeda jauh walau dipakaikan mesin yg sama?

    • Komen gizi. Sepemikiran sy, masak sih masih mau ngotot jadi juara dgn 1 idealisme chassis? Mv agusta di moto2 & wsbk contohnya.

    • beda sasis beda respon motor Om, siapa yg mw jadi developer sasisnya ? input motor 4 biji selama ini aja kudu kena sihir DP26 baru bisa agak bagusan

      apalagi cuma 2 motor dengan sasis yg sama ?

  3. [Awalan]
    Stidaknya M*ot*GP memiliki masalah bsr skrang.Fakta yg pasti adlah bahwa saat ini wing/shape shifter sdng membnuh olhraga ini.Mot*GP semua tentang salip-menyalip,block-pass & aksi2 overtake di lap terakhir yg mnjadi bgian dr sjarah olahraga ini.Contohnya : Rossi vs Lorenzo Catalunya 2009, ​​​​Marquez vs Dovizioso Motegi 2017,dll.
    Dgn bntuk mtr saat ini + efek “dirty air” yg akan mmbuat aksi overtaking yang indah & spektakuler td tdak akan prnah trjdi lagi…sungguh menyedihkan.
    Apalagi akhir2ini bnyak fans yg akhirnya brhenti mngikuti Mot*GP lgi,bberapa diantara mreka pergi krna idola mereka sdh tdk ada/pensuin (VR,MM,JL,DP) & tnpa adanya overtaking Mot*GP trasa jauh lbh mmb0sankn,itu bnar adnya.

  4. Simpelny KTM melaporkan ke Dorna kehadiran gasgas d tech3 sebagai sponsorship, mka itu tidak akan ada maslah samasekali walaupun dalam manajemenny sendiri lebih condong d atur oleh pihak gas-gas drpda tim tech3

  5. Nggak bisa wak katanya dorna minta motor yang modelnya prototipe sendiri buatan gasgas kalo gasgas mau masuk motogp, bukan mirip ama rc16

    • Baca baik2, gas-gas hadir lebih kyak sponsorship untuk tim tech3 KTM. Mereka tetap pkai KTM rc16 tpi dengan pkai livery gas-gas

  6. Merk Jepang kemana..
    Sekarang kalau mau seru nonton Motogp classic. Biarpun tau hasilnya tapi masih bikin deg degan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.