TMCBLOG.com – Setelah kesuksesan besar RSV4 X, yang dihadirkan pada tahun 2019, dan Tuono X – hypernaked paling bertenaga dan paling ringan yang pernah ada – Aprilia Racing kembali mengerjakan proyek V4 yang luar biasa dengan menghadirkan Aprilia RSV4 XTrenta, sebuah kreasi yang benar-benar unik yang merayakan peringatan tiga puluh gelar Juara dunia pertama Aprilia di Kejuaraan Dunia.

RSV4 XTrenta dikemas oleh Departemen Balap Noale menggunakan teknologi yang belum pernah ada sebelumnya begitu dekat dengan yang digunakan di MotoGP dalam hal bahan, komponen, elektronik, perhatian terhadap detail dan di atas semua aerodinamis – sektor yang telah menjadi sangat penting dalam beberapa tahun terakhir. Aprilia Racing telah terbukti menjadi yang terdepan dengan RS-GP yang terlibat di musim 2022.

Belum pernah ada sepeda motor yang dijual ke publik yang bisa membanggakan studi aerodinamis yang begitu halus. Semua bagian fairing karbon dibuat oleh PAN Compositi dengan prosedur yang sama yang digunakan di MotoGP dan menggabungkan kedua sayap depan yang dirancang baru, yang mampu menjamin lebih banyak beban dan ketahanan.

Tapi bukan itu saja: RSV4 XTrenta adalah sepeda motor pertama di dunia yang memasang “under wing” di swingarm, sayap bawah yang dipasang di RS-GP sejak 2019 dan biasa disebut “spoon” di MotoGP. Hasil konfigurasi baru berbicara sendiri: downforce meningkat sebesar 25%, sekaligus mengurangi drag sebesar 4%.

Berawal dari basis Aprilia RSV4 Factory 2022, intervensi Aprilia Racing mencakup semua area, mulai dari mesin yang mencapai tenaga luar biasa 230 hp. Hal ini berkat peningkatan rasio kompresi, yang bekerja secara simbiosis dengan sistem pembuangan khusus titanium dan karbon, yang dibuat oleh mitra SC Project yang merawat dan mengembangkan semua knalpot balap Aprilia.

Perlengkapan tersebut dilengkapi dengan filter udara Sprint Filter yang menggunakan material dengan spesifikasi MotoGP dan Formula 1. Peredam full-titanium akan tersedia sebagai opsi, yang desainnya berasal langsung dari unit yang digunakan di MotoGP. Mengingat kinerja tinggi dan penggunaan berat di trek, radiator air dan oli adalah Taleo Tecnoracing yang berasal dari Superbike.

Performa V4 Italia diatur oleh unit kontrol Magneti Marelli dengan kalibrasi khusus, sedangkan transmisi dilengkapi Crown titanium bermerek PBR (eksklusif XTrenta lainnya). Rangkaian elektronik RSV4 XTrenta dikendalikan oleh panel tombol balap JetPrime, sementara aksesori termasuk footboard, tuas stang, dan tutup bahan bakar CNC by Spider.

Dari sudut pandang bersepeda, rangka RSV4 yang kokoh disempurnakan berkat suspensi Ohlins yang dimodifikasi oleh teknisi Aprilia MotoGP bekerja sama dengan Andreani. Pelat kemudi billet eksklusif untuk Aprilia Racing. Sistem pengereman adalah yang teratas yang tersedia di pasaran, di bawah merek Brembo, yang disusun di bagian depan kaliper monoblok yang dibuat dari GP4-MS padat dan cakram T-drive 330 mm.

Pelek magnesium tempa Marchesini M7R GENESI cocok dengan ban licin Pirelli Diablo SBK dengan ukuran 120/70 dan 200/65, dengan kompon depan SC-1 dan belakang SC-X. Pengurangan berat roda sekitar 2 kg dibandingkan dengan standar.

Livery Aprilia RSV4 XTrenta baru, yang digunakan oleh Lorenzo Savadori di GP Austria, mewakili interpretasi kontemporer dari yang dipakai Aprilia pada tahun 1992 di kelas 125 MotoGP, pada kesempatan pertama dari 54 gelar dunia yang menjadikan palmar-nya salah satu yang lebih kaya dari sepeda motor sport.

Ketersediaan dan harga

Masing-masing dari 100 model Aprilia RSV4 XTrenta, yang ditawarkan dengan harga 50.000 Euro tidak termasuk PPN, akan dapat dipesan secara eksklusif secara online mulai 6 September, dengan mengakses area web factoryworks.aprilia.com. Pembeli yang beruntung juga akan memiliki kesempatan untuk mengumpulkan model mereka di Aprilia Racing, dengan kunjungan eksklusif simultan ke departemen balap di Noale, dan akan menerima, selain RSV4 versi terbatas dan bernomor, juga cover dan Karpet sepeda motor khusus.

RSV4 XTrenta adalah bagian dari program Factory Works yang diluncurkan oleh Aprilia Racing: unik di dunia, membuat teknologi yang sama yang dikembangkan dalam kompetisi tersedia bagi mereka yang ingin bersaing di level tertinggi dalam kejuaraan turunan seri atau yang ingin memiliki performa RSV4 atau Tuono V4. dioptimalkan untuk penggunaan sirkuit. – Based on Aprilia Info

18 COMMENTS

  1. Ducati selaras motogp -> wsbk
    Yamaha selaras motogp -> wsbk
    Aprilia selaras motogp -> wsbk
    Suzuki selaras motogp -> gsx1000
    Honda ah sudah lah

  2. Wihh,Udah ada buntut Pikachu nya juga
    Sayangnya gak road legal,jadi gak bisa ikut WSBK

    Padahal kalo bisa siapa tahu kan ya comeback sama the maniac joe

    • Ya orang ga ikut wsbk lagi gegara join motogp kan

      Ngapain susah susah bikin motor 1000cc dengan target motor terkuat ? Tujuannya gaada lagi. Mending sekalian offside dikit, ga terlalu pusing ngatur settingan buat target emisi, material eksotis terlalu mentok kanan, tapi power dan torsi kurang lebih sama

  3. Para teknisi Jepang simply merespon dengan kasih ECU canggih. Ga perlu lah itu winglet2 aerodevice, cukup pake TCS.
    Motor ini cocoknya buat ngabers.

  4. Aprilia selain jago bikin desain produknya jg pinter banget kalo kasih nama2 produknya, jd inget motor jadul aprilia 125 sp extrema😂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.