TMCBLOG.com – Di website homologasi FIM terlihat Suomy baru saja menambah satu lagi varian baru dari helm yang sudah terhomologasi FIM FRHPe-01, namanya SUOMY S1 XR-GP. Secara umum bentuknya memiliki banyak kesamaan dengan desain helm yang pernah TMCBlog tulis ketika desain helm ini didaftarkan patennya di Eropa tahun 2019 yang lalu. Yes, kini terjawab sudah pertanyaan dalam artikel tersebut.

Dalam dokumen FRHPhe-01 helm tersebut fix akan memiliki dua brand yakni Suomy dan KYT (jadi bukan Suomy doang). Untuk Suomy akan dinamakan sebagai S1 XR GP sementara dengan brand  KYT akan dinamakan varian KX-1 Race GP. Ini sangat memperlihatkan bahwa helm tersebut sepertinya ke depan (mungkin mulai 2023) akan dipakai oleh para pembalap MotoGP yang menggunakan helm Suomy dan KYT.

Dilihat dari bentuk fisik shell terluarnya, TMCBlog memperkirakan mungkin masih tidak banyak perubahan signifikan dari SR-GP atau bahkan NZ-Race. Di laman homologasi FIM, kedua helm KYT dan Suomy ini didaftarkan dalam dua ukuran shell luar S dan M.

Menarik ketika melihat dua buah ventilasi di bagian shell atasnya dengan vent terdepan terdapat mekanisme buka tutup sesuatu. Ini sepertinya di desain dengan hitungan aerodinamika khusus. Dan jika kita ingat-ingat maka bentuk helm dengan adanya dua vent atas ini memiliki kemiripan dengan yang pernah didesain KYT di Thunderflash.

Ventilasi udara di desain helm baru KYT dan Suomy ini lumayan banyak ada di bagian depan dagu dan di bagian dahi. Secara umum desain posisi dan bentuk ventilasinya mirip dengan KYT NZ [NX] Race walaupun tidak sama persis. Visornya memiliki bentuk yang mirip dengan visor SR-GP yang ada di pasaran. Detail kuncian visor yang berada di depan yang TMCBlog prediksi memiliki mekanisme geser kanan kiri untuk lock dan unlock.

Detail bagian belakangya memiliki juga tambahan spoiler yang cukup panjang terutama di bagian tengahnya. Hmm ini atas masukan pembalap pembalap MotoGP kah?

Dan terakhir kita bisa intip juga bagian padding dalam dengan cover bagian bawah dagu atau disebut juga chin curtain. Kehadiran Emergency Quick Release dan tentunya sistem penguncian Double D-Ring – hmm kapan masuk ke diler yaa?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Patent Helm Baru KYT di Eropa . . . Jenis Apa Ya ?

20 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.