TMCBLOG.com – Di IMOS 2022, NJS resmi merilis Helm Dual Sport, Dual Purpose, Helm Supermoto NJS S-Cross dengan Dua jenis Model yang dibedakan dari Jenis Material Shell terluarnya sob. Yang versi pertama berbahan shell Thermoplastic ABS ( Solid 890 ribu, Grafis 950 ribu) sementara Jenis kedua berbahan Full Carbon dengan Harga 3,5 Juta rupiah. Kebetulan banget tmcblog memperoleh kesempatan mereviewnya secara detail Helm ini dan Impresi pertama memang terlihat ini helm Dual-sport yang secara Bentuk Fisik, proper banget ! Kebetulan helm yang di Review hadir dalam Warna Putih Mutiara Gloss, Thermoplastic ABS berukuran L ( 59-60 cm ) . .

Helm ini Di Pasaran helm Lokal nggak banyak saingannya, tercatat mungkin yang paling terkenal KYT Enduro atau MDS Super Pro. Secara bobot, NJS S-Scross ini berada di antara Keduanya. Enduro memiliki bobot 50 gram lebih ringan dari S-Scross, Namun S-Cross tidak seberat Super Pro yang 100 gram lebih berat.

Dengan Bobot resmi 1.500 gram ±50 gram, helm ini saat dipakai tidak terlalu membebani Leher, yang terutama terasa ketika dalam keadaan motor berhenti. kalau S-Cross Carbon beda cerita ya sob. Bobotnya ringan kalo itu, cuma 1300 gram ± 50gr.

Secara bentuk Fisik, Garis garis desain kurvanya tidak se agresif NJS ZX-1R, lebih ke arah Rounded, ya macam gaya gaya helm Arai gituloh. Namun itu membuat Desain helm ini menurut tmblog lebih gentle dan lebih everlasting ke depannya.

Helm Dual Sport/ Supermoto itu pada dasarnya memiliki bentuk Mirip helm Cross lengkap dengan Pet/ Topi namun memiliki Visor permanen. Dan Untuk Visor NJS S-Cross ini cukup baik desainnya, bahan polycarbonate, Warna Clear untuk bawaan Standar, Berjenis Flat Visor lengkap dengan Pin Pin Pinlock. Detail Visor cukup tebal, lengkap dengan sistem Slot pengunci di sisi kiri bawah.

Sistem Visor, pet dari NJS S-Cross masihh menyatu . . artinya ganti Vsor, akan lepas Pet dan Juga pas lepas pet, Maka Visor juga ikut lepas. Sistemnya di-mounting menggunakan 3 sistem baut. 2 di Kanan Kiri bisa dibuka dengan Koin sementara 1 di bagian atas dengan Sistem Baut biasa tapi mudah diputar menggunakan tangan.

Petnya bisa dicopot dan NJS menyiapkan Juga sepasang penutup samping Visor sebagai pengganti Pet. Jika dilepas Petnya, S-Scross akna tampil layaknya helm Full Face Street Biasa. S-Cross Juga emmiliki Sun Visr di dalam Dengan warna smoke yang mudah untuk dibuka tutup mengunakan knop geser di Sebelah kiri helm.

Untuk Spek ventilasi S-Cross, punya ventilasi mouth vent (chin vent) dan ventilasi top vent, dan juga sama-sama punya ventilasi rear vent.  . . Top vent dan rear vent berfungsi sebagai Trigger untuk ‘ menyedot’ udara panas di sekitar kepala, sementara ventilasi di Chin berfungsi biasa untuk memasukan udara. Sistem buka tutup Ventilasi di Chin vent dilakukan dari bagian dalam dengan cara menggeser kanan dan kiri

S-Cross memiliki Busa padding dengan tingkat kehalusan Medium yang biasa kita temukan pada helm helm jenis Dual Purpose dan Cross. Jadi memang benar nggak sehalus Padding dalam dari Tipe steet mereka ZX-1 misalnya.

NJS S-Cross Juga memiliki Chin Curtain. Chin Curtain adalah fitur yang ada pada helm full face dan berguna sebagai pelindung dari kerikil atau debu yang masuk lewat celah dagu. Fitur ini juga berfungsi sebagai anti noise atau peredam kebisingan yang dapat mengurangi noise karena angin saat helm digunakan berkendara.

S-Cross Juga mengadopsi desain Wearable Glass,  yang merupakan fitur pada helm yang berguna untuk mempermudah pengguna berkacamata agar lebih mudah saat memasang atau memasukkan tangkai kacamata ketika sedang memakai helm. Pada padding helm yang sudah glasses fit diberikan semacam tunnel atau slot untuk ruang  tangkai kacamata. Helm dengan fitur ini akan user friendly bagi rider berkacamata.

Saat tmcblog coba test dalam keadaan Statis, secara umum memang Dimensinya yang cenderung rounded pas banget dengan kontur kepala. Daya Pandang lumayan Luas dan mengenai Beratnya termasuk medium. Sistem Buka tutup dari Sun Visor keduanya sangat mudah diaplikasikan, paling agak ribet doang di sistem Doble D ring, walaupun buat tmcblog yang sudah terbiasa sih, nggak bikin ribet sebenarnya. Overall Ini helm NJS S-Scross build Qualitynya Jempolan dipadu dengan Desain yang elegan dan everlasting – Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Spesifikasi Helm NJS S-Cross
Rilis 2022
Material Thermoplastic
Berat 1,5 kg ± 50 g (ABS) 1300gr ± 50g Carbon
Tipe Helm Full Face
Ukuran Helm S – M – L -XL
Ukuran Shell :
Ukuran EPS :
Tipe Ukuran Asian Fit
Pembuat Suryamotorshelmindo
Tali Pengait DD Ring
Standar SNI
Visor Flat
Jumlah Visor 2 (Satu)
Perekat Visor : Baut
Harga Baru Rp 890.000,00 ( ABS-Solid) – Rp 3.500.000,00 (Carbon)
Buatan Indonesia

 

9 COMMENTS

  1. salah satu helm saya NJS Shadow, dari beli baru cuma disimpan, tau2 padding bagian bawah pada rontok, sekalian aja rontokin biar gak keliatan pecah2…

  2. Design helmnya kurang menarik opini saya , tidak lebih bagus Helm sejenis ….. malah lebih bagus design snail yg sdh beberapa thn silam beredar di lokal …. Maaf jk tdk sesuai ekspektasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.