TMCBLOG.com – Pada pengumuman kegiatan/aktifitas balap Honda HRC 2023 dua hari yang lalu, Presiden HRC Koji Watanabe sempat mengumumkan soal kelanjutan dan pengembangan dari project HRC race kit untuk beberapa motor sport produksi massal dengan gambar utama yang dihadirkan di slide adalah motor yang memiliki basis produksi di plant 5 AHM Karawang – Honda CBR250RR. Nah di artikel ini TMCBlog akan mencoba hadirkan kepada rekan-rekan semua lebih dekat soal rencana detail HRC race kit untuk CBR250RR yang rencananya akan dijual di jaringan HRC mulai bulan Maret 2023 yang akan datang.

Foto-foto yang dihadirkan pada artikel ini aslinya berasal dari HRC langsung via rekan media TMCBlog di Jepang yaitu Auto-By, ditambah beberapa informasi tambahan dari Young Machine. Honda CBR250RR race kit ini pada dasarnya secara bodywork adalah model yang menghilangkan bagian part keselamatan jalan raya yang tidak diperlukan untuk kegiatan di trek balap dari CBR250RR spesifikasi produksi massal (versi Jepang) dilengkapi dengan kontrol traksi (HSTC) selain hadirnya peningkatan output (power) mesin.

Produk basis balap CBR250RR yang baru mengadopsi fairing baru dengan pengurangan hambatan udara. Rasio kompresi, port intake, camshaft, ring piston, dan bagian mesin lainnya telah diubah dan pipa knalpot baru khusus untuk model berbasis balapan telah diadopsi. Output maksimum telah ditingkatkan dengan tetap mempertahankan kecepatan rendah dan sedang.

Unit kontrol mesin (ECU) yang didedikasikan untuk model berbasis balapan juga hadir baru, menambahkan Honda Selectable Torque Control (HSTC = apa yang disebut kontrol traksi) dan fungsi kontrol wheelie. Jumlah pengaturan mode untuk mode daya (power mode), mode kontrol traksi, dan mapping engine brake lebih banyak ketimbang versi road-legal.

Quick shifter serta wiring harness (kabel body) dengan pola shifting ala spek balap yang berkebalikan dengan gaya pemakaian harian adalah perlengkapan standar lengkap. Jika dilihat lebih teliti bahkan model HRC Kit yang merupakan model basis balapan dari CBR250RR ini tidak memiliki kunci starter di bagian segitiga atas handlebar. Wah mudah-mudahan ada yang mau jadi dealer penjual HRC CBR250RR race kit buat pasar Indonesia nih yaaa.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

23 COMMENTS

  1. kok di gambar presentasi head gasketnya ada 3 piston ya? 😂

    dan dr gambar sepertinya ada sproket,dan per rearshock yg lebih keras mungkin

  2. buat ARRC okelah sangat mumpuni di tangan AHRT, … entah kapasitas pebalap nya yang jebolan ATC, atau racikan yang all out dibandingkan team privater

    masih penasaran kalo CBR ini di tandingkan WSSP300, mampu seperti apa? minimal pebalap AHRT juga yang udah faham Karakter CBR ini.

  3. paling nasibnya bakal sama kaya GYTR, yg beneran kepake dibalap cuma elektronik aja sisanya jadi konsumsi pengguna harian. racing kit yg bener2 kepake di balap menurut gw baru Ducati ama Aprilia yg ampe sekedar fairing bahkan footstep aja laku di balap. racing kit pabrikan Jepang entah itu moge ato sekadar 150-250cc kebanyakan cuma berakhir jadi bahan komorod kalo bahasa jadul aka korban motor rodrez.

  4. yang kemaren-kemaren minta ECU inhouse aka asimo, ini HRC udah nyediain paket generik-nya, tapi gak bisa ditebus pake kartu BPJS ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.