Sunday, 29 September 2024

Segini Angka Eksak Tekanan Minimum Ban MotoGP di Silverstone

TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui bersama berlakunya regulasi tekanan ban depan dan belakang di kelas MotoGP mulai ditegakkan pada seri ke-9 di sirkuit Silverstone Inggris akhir pekan ini. Hukuman sementara yang menjadi penalti bagi pembalap yang melanggar ketentuan regulasi tekanan ban minimum ini pun sudah ditentukan mulai dari peringatan sampai penalti pemotongan waktu balap 12 detik bagi satu pembalap yang kedapatan 4 kali melanggar aturan ini.

http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/2023/07/28/resmi-regulasi-tekanan-minimum-ban-motogp-akan-ditegakkan-mulai-silverstone-2023/

Sistem yang disepakati dengan pabrikan adalah bahwa ban harus berada di atas tekanan tertentu selama persentase putaran minimum tertentu dalam Sprint Race atau pada balapan utama.

Pada artikel TMCBlog sebelumnya yang berdasarkan berita resmi Dorna tertulis; “Sistem yang disepakati dengan pabrikan adalah bahwa ban harus berada di atas tekanan tertentu selama persentase putaran minimum pada Sprint Race atau pada balapan utama. Tekanan minimum ban yang menjadi patokan akan bervariasi dari ban depan ke belakang, dan dapat berubah dari beberapa sirkuit ke sirkuit lainnya.” Nah, kini yang jadi pertanyaan adalah berapa nilai persentasenya dan berapa angka patokan tekanannya?

Menurut informasi yang TMCBlog peroleh langsung dari Piero Taramasso – Manajer Kompetisi Roda Dua Michelin – mengenai tekanan ban yang akan digunakan selama balapan. “Nilai target untuk ban depan, ditetapkan pada angka 1,88 bar dan ban belakang pada angka 1,68 bar yang harus dipatuhi selama 30% dari jumlah laptime pada Sprint Race dan 50% dari Balapan Grand Prix (hari Ahad). Nilai-nilai ini mungkin bervariasi sedikit ke atas atau ke bawah tergantung pada sirkuit.”

Nah kini jelas sudah, untuk seri Silverstone di mana Sprint Race akan dilaksanakan sebanyak 10 lap dan balapan utama Grand Prix dilakukan sebanyak 20 lap, jelas bahwa pembalap hanya memperoleh kesempatan berada pada kondisi tekanan ban depan di bawah 1,88 bar selama 3 lap saja dan selama 10 lap saja pada balapan utama di hari Ahad.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

8 COMMENTS

    • klo pembalapnya napsu pas awal geber terlalu maksa bisa aja mleduk karna over stressed di ban yg kurang mumpuni tekanannya

      cmiiw

  1. Berarti saat start mereka boleh kasih tekanan ban dibawah standard, nanti setelah beberapa lap, tekanan ban akan naik sendiri.
    Disini seninya balapan, kapan dan berapa banyak kenaikan tekanan diperkirakan berdasarkan data.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP