TMCBLOG.com – Seperti yang sudah kita diskusikan sebelumnya Trackhouse Racing adalah team satelit Aprilia yang akan memulai Musim 2024 dengan dua spesifikasi Homologasi berbeda Untuk kedua pembalapnya. Awalnya tmcblog pikir bahwa spek yang akan dipakai Baik Oleh Miguel Oliveira dan Raul Fernandez akan berbasiskan Mesin 2024 namun berbeda spek Lain seperti sasis dan aero, namun ternyata setelah mengecek literasi regulasi dan Informasi sana sini, Kemungkinan besar Oliveira akan Memulai dengan RSGP 2024 sama seperti Aleix dan Vinales . . Sementara Raul akan menggunakan RSGP 2023.

Pada dasarnya Justin Marks selaku Principals dari Trackhouse Racing inginnya sih Baik Raul dan Miguel itu memulai dengan spek motor 2024 yang sama. Namun Yang nggak sanggup itu ternyata ada di pihak Aprilianya terutama dengan permasalahan supply bahan, sproses Produksi lain lain yang dikarenakan memang waktunya mepet banget secara Tim ini kan baru di akhir akhir Musim confirm mengambil alih dari RNF. Dan Bahkan Massimo Rivola sendiri mengaku bahwa awalnya Menyuplai Oliveira dengan RSGP 2024 sendiri adalah sebuah ‘ Mission Impossible ‘ Buat Aprilia Racing.

“Faktanya, kami mengira hal itu tidak mungkin terjadi bahkan bagi Miguel. Namun kami menekan kantor drawing, kami harus menekan kantor pembelian (bahan) , dan kami harus menekan pemasok. Dan sejauh ini, itulah bagian yang paling penting. Jadi saya perlu berbicara dengan mereka, kepada tiga pebalap di ’24, bahwa mereka tidak boleh terjatuh saat tes! Karena kami belum memiliki banyak suku cadang. Tapi sebentar lagi kami akan berada di, katakanlah, posisi produksi full “ Begitu Massimo Rivola memberikan penjelasan kepada Jurnalis Simon Patterson di Hollywood saat Perilisan team

Pertanyaaanya adalah . . Memang Boleh Raul  dan Miguel Mengunakan Mesin yang berbeda? Secara Regulasi hal tersebut tidak diperbolehkan Untuk team Pabrikan Namun diperbolehkan Khusus Untuk team Satelit. Satu Pabrikan bisa mendaftarkan dua Homologasi mesin yang berbeda. Namun pertanyaaanya adalah Apakah Bisa Raul di tengah Musim Pindah ke RSGP 2024 ?

Secara umum Aprilia akan berada di Kelas Konsesi B dimana Untuk kelas Konsesi ini spesifikasi homologasi Mesinnya akan dibekukan semenjak Race Putaran pertama sampai Musim 2024 berakhir di Valencia nanti. Jadi berdasarkan Regulasi Raul Fernandez TIDAK BISA berpindah Homologasi mesin seenaknya di Tengah Musim berjalan. Kalau misalnya Ia lakukan, dipastikan dia akan kena notifikasi DSQ atau diskualifikasi.

Speedweek pernah Menuliskan bahwa Kemungkinan Raul akan mulai bisa merasakan ‘ Motor 2024 ‘ pada pertengaha Musim atau sekitar Seri ke 8  . . itu Mugello yaa ? Dan tmcblog percaya jika ini terjadi maka Mesin tetap akan pakai spek 2023, Namun Aero, Sasis, swingarm, suspensi dan hal hal lain sangat Mungkin mulai menggunakan spek 2024 karena hal ini dimungkinkan juga Oleh Regulasi Teknis MotoGP.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

5 COMMENTS

  1. Bahkan sekelas Ducati aja kayaknya gak bisa mensupply lebih dari 4 pembalap. Makanya kmrn pas VR46 ingin spek 2024 kan gak di kasih dgn alasan cuma hak ekslusif tim Pramac sbg satelit pabrikan. Yakin aja sih VR46 mampu bayar, minimal 1 motor pabrikan.

  2. Mungkin yang di daftarkan rsgp 24 selama satu musim, tp karena keterbatasan supply jadinya pakai yg lama dulu. Ibarat kata mesin nanti sama plek dgn Miguel dkk, jadi awal daftar di list “idem” gitu Wak haji 😄

  3. engine=freeze
    aero update=1
    artinya gak mungkin pake mesin 23 aero 24 kemudian di tengah jalan 24, aero gak diganti terus mesin diganti 24, kan freeze bro @ifoelfumi, itu mah sama aja gak mendaftarkan mesin yg sebenarnya.
    BTW bang Haji Taufik, bukankah pengembangan aero akan berbanding dengan pengembangan mesin? masa iya, di tengah musim pake mesin 23 terus aero 24? emang mesin nya sanggup ngikutin “maunya” aero?… saya kok ragu ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here