TMCBLOG.com – Sobat sekalian, walaupun di tengah hantaman banyak kompetitor di segmen yang bertumbuh setelah Kawasaki mulai berjualan produk segmen Sport-Classic/Retro. Namun W175 tetap menajdi pilihan banyak konsumen motor sport di Indonesia. Tampilan retro dengan feel yang super retro karena masih menggunakan sistem pengabutan bahan bakar karburator membuat banyak konsumen menyukainya.

Kawasaki W175 Fuel Injection Resmi Dijual . . Selamat Tinggal Karburator!

Namun jika kita melihat apa yang sudah dirilis di negara negara lain seperti India, mereka bahkan sudah memperoleh unit Kawasaki W175 lengkap dengan sistem injeksinya semenjak bulan Sempetmber 2022 yang lalu dan ketika produk FI tersebut dirilis, pasar Indonesia masih memperoleh versi karburator.

Namun jangan khawatir, karena pilihan produk retro-modern tersebut akan lebih terasa modern di paruh kedua tahun 2024 ini ketika nanti KMI rencananya akan merilis versi injeksi dari Kawasaki W175 untuk pasar Indonesia.

Rencana ini TMCBlog peroleh dari jajaran manajemen PT. KMI yang sempat TMCBlog temui disela-sela hiruk pikuk pameran IIMS 2024. Di booth Kawasaki IIMS 2024, baik Pak Sucipto dan Pak Michael Tanadhi sepakat mensinyalkan kepada TMCBlog bahwa ada rencana menghadirkan mereka untuk menjual versi injeksi dari W175 ke pasar domestik Indonesia lengkap dengan ancer-ancer timeline yang sudah TMCBlog sebut di atas.

Ini menarik sih, terlepas dari masih banyaknya konsumen pencinta karburator, namun pemilihan sistem injeksi dari W175 memiliki dampak usia produk ini yang lebih panjang dan lebih tahan terhadap permintaan regulasi pembatasan emisi gas buang yang kian tahun kian ketat.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

16 COMMENTS

  1. harga pasti naik!
    Indonesia ini aneh juga, masa kendaraan bermotor roda 2 roda 4 dsb standar regulasinya masih EURO 3 sejak tahun jebot, gak ada improvement ke euro 4 kek…
    Stop jualan bbm busuk dan segera tingkatkan regulasi kita di segala segi termasuk keselamatan dan hak konsumen…
    udah gak waras sih, helm cuma SNI standar tahun 80, motor tanpa abs boleh dijual, mobil tanpa abs dan airbag boleh dijual… ngaco betul

    • Yah gimana yah, regulasi emisi gas buang itu bagus sih tapi nambah cost RnD buat pabrikan ujung2nya jadi nambah harga jual,

  2. Nitip pertanyaan ke pihak kmi wak, apakah part sistem injeksinya pnp ke w175 karburator yg sekarang masih dijual?

    Karena yg w175 karburator susah ngidupin motornya biarpun pake choke. Harus pake starter model dorong.

    Kalau ada kick starternya malah bagus.

  3. Penggunaan karbu untuk trabas atau enduro it’s ok.. tapi buat light adventure itu memalukan. Saat lawan lawan udah injeksi tapi kekeuh buat karbu… Kelakuan mirip ngahaem jaman awal milenium, ganti striping naik 500 ribu…

  4. Minat beli nih, kalo injeksi. Dibanding kompetitor, w175 ini yang desainnya paling retro.

    Orang2 cuma kangen desain retro, tapi jelas mereka suka –dan butuh– teknologi modern.

    • Fuel injection sekalian naik kompresi dari 9:1 ke 10:1 lumayan buat naikkin performa + oil cooler dan diskbrake belakang. Sekalian lampu depan LED. Desain boleh retro, teknologi jangan dong. Solusi itu ada di masa depan, bukan masa lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here