TMCBLOG.com – Setelah mengumumkan keputusan pensiunnya pada GP Catalunya, Barcelona, Spanyol yang lalu, Aleix Espargaro kemudian dirumorkan bahwa ia akan mencari peran sebagai pembalap test. Awalnya dia dirumorkan tetap berada di pabrikan selain Aprilia sebagai tester, tapi juga muncul isu dia akan pergi ke Honda. Hari ini, Honda secara resmi mengontrak Aleix Espargaro sebagai pembalap penguji MotoGP untuk musim 2025.

Sebelumnya Honda sudah bertindak cepat setelah kedua belah pihak sudah hampir mencapai kesepakatan dalam permbicaraan pra kontrak. Dan hasil dari kesepakatan tersebut kini telah resmi dan diumumkan ke publik dimana Espargaro akan memimpin program uji coba Honda-HRC bersama dengan test rider HRC saat ini – Stefan Bradl.

Honda yang sedang mengalami masa-masa terburuk dalam sejarah keikutsertaan mereka di balap Grand Prix MotoGP, merasa perlu untuk merekrut seseorang dengan bakat dan pengalaman seperti Espargaro, dan kondisi seperti ini akan sangat berharga bagi percepatan pengembangan motor mereka.

Pernyataan Honda Racing Corporation mengonfirmasi Espargaro sebagai pembalap penguji baru mereka bersama Bradl dan bukan sebagai pengganti pebalap asal Jerman itu: “Honda Racing Corporation akan memperkuat program pengujian mereka dengan bergabungnya Aleix Espargaro sebagai pembalap penguji pada tahun 2025.

“Dengan hampir 250 balapan di kelas utama, pembalap berusia 34 tahun ini memiliki banyak pengalaman di atas motor Grand Prix dan juga memiliki tiga kemenangan dan lebih dari 1.300 poin MotoGP. Ia akan bergabung dengan pembalap andalan HRC, Stefan Bradl, untuk melanjutkan pengembangan Honda RC213V.” 

Aleix Espargaro absen di MotoGP Belanda akhir pekan lalu setelah mengalami dua kecelakaan besar, mengalami patah tulang metakarpal kelima di tangan kanannya dalam kecelakaan yang terjadi di lap terakhir balapan Sprint. Espargaro diinformasikan akan menjalani magnetoterapi untuk mempercepat proses pemulihan dan bisa tampil di MotoGP Jerman akhir pekan ini di Sachsenring.

Akankah Aleix Espargaro akan menjadi salah satu tokoh kunci kembalinya Honda ke rombongan depan? Berharap HRC bisa memanfaatkan pengalaman Aleix Espargaro saat berada di Aprilia dalam garda pengembangan RSGP terdepan di sana, yang dipuji karena dianggap cukup berhasil mengubah Aprilia dari pabrikan yang selalu berada di belakang menjadi motor pemenang balapan. Kehadiran Aleix Espargaro selama ikut langsung dalam proyek pengembangan Aprilia RSGP telah memainkan peran penting seiring dengan kelemahan RS-GP yang perlahan bisa diatasi satu demi satu. @tmcblog

37 COMMENTS

  1. Nampaknya, imej brand motor tidak terpengaruh dengan prestasi di kejuaraan seperti motogp.

    Sebab, penjualan terbesar pabrikan adalah motor-motor bermesin kecil yang digunakan untuk komuter harian.

    Thus, kejuaraan seperti motogp lebih kepada menaikkan pride.

  2. Paling ridak, jabatan dari RT Andorra bisa meningkat menjadi RW Andorra karena gaji HRC lebih tinggi daripada waktu jabat RT

  3. Harusnya bisa sih ngebantu perkembangan hcr, tapi kembali lagi ke hcr itu sendiri mampu ga membuat formula dari input sang penguji tersebut? Hcr kan terkenal ribet soal update part baru. Pak rt andora sebelum sukses dalam proyek aprilio juga sebelumnya ikut dalam proyek comeback susukui, jadi soal pengalaman sudah tidak diragukan lagi.

  4. joki resminya hendi si maroni kalo nggak salah belum pernah dnf. konsisten finish sih. tapi telornya belum pecah.

  5. kalau di motoGP riset pake pembalap, kenapa motor jalanan gak riset pake user beneran ya, atao influencer yang motoran banget

  6. Wkwkwk makin ga jelas arah pengembangan RCV. Kecuali kaya Aprilia, udh punya text book sendiri rider cuma tinggal disuruh nyoba capcipcup. Tp gaya Jejepangan selama ini kan, bergantung ke feedback sembalab, kemudian bikinin part dan setingan kaya jaitin baju buat ciwi wisuda alias sesuai permintaan. Bkn gaya Itali yg merasa lebih ngerti, sembalab cuma kebagian coba dan pilih.

  7. apa aleix pernah atau ada history dengan honda ya ?

    kehilangan dani, stoner, dovi yang bisa sebagai pengembang… kenapa kira kira tuh ? atau mmg dianggap tak bisa mengembangkan RCV atau pada nolak biar gak rontok tulang 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here