SAH! Jorge Martin Dijatuhi Hukuman Double Long Lap Akibat Insiden Karambol T1 MotoGP Hongaria 2026!

TMCBLOG.com – Halo sobat tmcblog sekalian! Misteri mengenai siapa dalang dan apa hukuman dari insiden tabrakan beruntun di Tikungan 1 pada lap pembuka MotoGP Hongaria 2026 akhirnya menemui titik terang. FIM MotoGP Stewards Panel baru saja merilis dokumen resmi penalti yang dijatuhkan kepada pembalap Aprilia Racing, Jorge Martin (#89)!

Seperti yang kita tahu dari data balapan sebelumnya, sang pemuncak klasemen Marco Bezzecchi terpaksa crash dan gagal finis akibat insiden karambol tersebut. Nah, mari kita bedah detail surat keputusan dari Stewards berikut ini:

Kronologi Kejadian & Pembalap yang Terlibat

Berdasarkan investigasi Stewards menggunakan data dan video, insiden ini terjadi tepat pada pukul 14:02:15 waktu setempat saat balapan baru saja dimulai.

Jorge Martin dinilai menjadi penyebab utama kecelakaan (causing a crash) di Tikungan 1. Tidak main-main, manuver agresif Martin di awal laga ini langsung menyeret dan berimbas pada 4 pembalap lainnya sekaligus, yaitu:

  • Pembalap dengan nomor start #25 Raul Fernandez

  • Pembalap dengan nomor start #49 Fabio Digiananntonio

  • Pembalap dengan nomor start #54 Fermin Aldeguer

  • Pembalap dengan nomor start #72 (Marco Bezzecchi)

Tindakan ini dinyatakan melanggar instruksi spesifik bagi pembalap/tim, serta menyalahi Pasal 1.21.2 dari Regulasi Kejuaraan Dunia FIM Grand Prix.

Sanksi Berat: Double Long Lap Penalty!

Melihat efek domino kecelakaan yang masif, FIM MotoGP Stewards Panel yang digawangi oleh Simon Crafar, Andres Somolinos, dan Tamara Matko menjatuhkan sanksi Double Long Lap Penalty kepada Jorge Martin.

Berdasarkan Protokol Penalti, aksi Martin ini masuk ke dalam kategori Tipe MGP-CC5: START OF THE RACE / OPENING LAP, yaitu tindakan yang menciptakan situasi berbahaya bagi banyak pembalap dan/atau menyebabkan kecelakaan. Karena ini merupakan pelanggaran pertama (first offence) Martin di musim 2026, hukuman standar yang diberikan adalah Double Long Lap.

Aturan Eksekusi Penalti: > Hukuman ini wajib dijalankan oleh Jorge Martin pada balapan Grand Prix berikutnya. Namun, ada aturan protokol terbaru: * Jika Martin absen di seri berikutnya karena cedera/masalah baru yang tidak berkaitan dengan insiden Hongaria ini, maka hukuman dianggap hangus/sudah dijalankan. * Namun, jika Martin absen di seri berikutnya justru karena efek cedera akibat insiden Hongaria ini, maka hukumannya akan ditunda dan tetap wajib dijalankan pada seri pertama saat dia kembali membalap nanti.

Hak Banding Aprilia Racing

Pihak Jorge Martin dan Aprilia Racing sebenarnya diberikan hak untuk mengajukan banding (Right of Appeal) ke FIM Appeal Stewards. Jika berniat banding, mereka harus menyerahkan pernyataan resmi dalam waktu maksimal 60 menit setelah notifikasi ini keluar, lengkap dengan uang jaminan sebesar €1.320 (sekitar 23 juta Rupiah). Proses banding ini juga bisa dibantu dan dijembatani via IRTA.

Waduh, apes banget ya buat Jorge Martin. Sudah gagal mendulang poin maksimal di Hongaria, di seri berikutnya dia harus memulai balapan dengan beban Double Long Lap Penalty yang pastinya bakal menguras waktu dan memangkas posisinya secara signifikan di awal balapan.

Gasspoll Sob! Menarik banget nih buat kita ulik insiden yang melibatkan Jorge Martín baru-baru ini. Banyak opini liar bertebaran, tapi mari kita bedah secara dingin dan objektif ala tmcblog.

Kronologi & Analisis Teknis: Murni Front Wheel Lock

Kalau sobat tmcblog jeli melihat tayangan ulang, jelas banget terlihat kalau Martín mengalami penguncian roda depan (front wheel lock).

  • Dampaknya: Kehilangan keseimbangan seketika.

  • Konsekuensi: Kontrol pengereman hilang total, dan crash tak terhindarkan.

  • Kabar baiknya: Untung saja tidak ada cedera serius yang dialami para pembalap.

Secara teknis, ini bukan manuver gila atau balapan yang sembrono (reckless riding). Ini adalah kesalahan sirkuit yang murni alias racing incident biasa yang sayangnya berakibat fatal bagi pembalap lain. Ya, tindakan ini memang layak diganjar penalti.

Pelajaran Berharga: “Hari Ini Untukmu, Besok Untukku”

Ada sisi psikologis menarik di MotoGP. Pelajaran berharga buat Martín hari ini adalah empati. Ketika pembalap lain melakukan kesalahan di masa lalu, Martín kadang cukup keras mengkritik. Nah, ‘karma sirkuit’ itu nyata, Sob. “Hari ini untukmu, besok untukku.” Saat kita di atas, kita harus lebih lunak menilai kesalahan orang lain, karena besok bisa jadi giliran kita yang apes. . . Uniknya Lagi . . yang kena Raul Fernandez dan hubungannya dengan Clas Sebelumnya nih.

Bagaimana opini sobat tmcblog sekalian? Apakah hukuman Double Long Lap ini sudah adil bagi Martin atas dampaknya yang membuat banyak pembalap lain merugi? Silakan tulis komentar sobat di bawah!

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

27 COMMENTS

    • Wes wes…gak habis fitri pokoknya sma kelakuan horhe hari ini. Nafsumu mengalahkan bakatmu kalo kata mbah stoner .kapok kon dihukum dobel llp

  1. Pdhl tadi Martin gak gusrak gusruk lo, malah bisa dibilang kalem, ngeremnya juga jaraknya aman, tapi pas ngerem itu entah ngunci atau malfungsi rem depannya bikin roda depan ky kekunci

    • Sependapat
      Tapi karena efek nya krambol + banyak memakan korban jadinya accident besar

  2. Konyol banget AI nya..

    Sejak kapan maverik balik pake nomer #25 dan sejak kapan toprak make nomer #54 di moto biji ??

    sedih liat hasil tulisan begini

  3. Harusnya bukan double long lap. Karena merugikan pembalap lain, motogp harus buat aturan baru pengurangan poin. Martin bernafsu ngebut masuk tikungan pertama, sedangkan motor aprilia punya tenaga sangat besar, goyanglah stang motor martin kayak stang becak. Padahal race masih panjang. Ini sangat merugikan pembalap lain. Btw marc marquez gak ada lawan, salip menyalipnya luar biasa. Marc marquez dengan motor bagus skill bagus, gak ada obat.

  4. Udah serius mau baca, eh artikelnya ngaco lagi, kok malah vinales dan Toprak ikutan juga, tolonglah bang Taufik, kurangilah nulis artikel pakai AI

    • Bukan AI, Itu kesalahan 100% saya . . Malem Malem Jam 10 ngetiknya, ngantuk salah ketik 😀 , No 54 dan 25 masih dalam otak Toprak & Vinales 😀

      • Assalamualaikum wak, knp bang Nug tidak dilibatkan lagi dlm menulis artikel? Jika wak capek, bisa bang Nug yg nulis, bukan AI

  5. Kalo Marquez yg ngelakuin pasti kolom komen udh jebol2, plus penyelenggara langsung merivisi aturannya kayak yg sudah-sudah wkwkwk 😂

  6. Dia tau di sirkuit ini bkal susah overtake,mngkanya doi ngambil posisi sbnyak2nya di turn1,tp ya gitu agak grusa grusu dn akhirnya misscalculation…hkumannya msih kurang brat seh mnrt sy biar ada efek jera. Selain itu jg si e bazz yg di prtngahan blap melebar tp pas gabung ga liat blkng,mngkin liat tp kurang teliti shingga joan mir jd korban yg hmpir aja crash dn ad srpihan part yg trlepas…hrusnya ebazz bkn hny dpt 2llp bkan 1 keknya kok ringan bnget dbndingkan sm efek yg di timbulkan, cb pas bukan hnya mir tp bbrp pmblap yg brdekatan bs runyam tuh

  7. Imbasnya, marc bisa memangkas 30 poin terhadap marcobez dari hasil sprint dan race

  8. martin kayak rodeo .. terima kasih martin, jadinya pembalap yamaha bs masuk 10 besar..

    • hanya orang ber otak deket anus yang bakal komen bgitu, lha karambol kjadian di belakang leading pack, plus yg menang emang pole sitter plus menang sprint kok hibah.
      only poop logic says that giveaway

  9. Enteng klo hukumannya cm long lap penalty berarti masih bisa ikut balapan, dibandingkan dengan jika pembalap lain yg apes cidera parah dan tidak bisa ikut balapan

      • Hoalah tin martin …ricky martin ini .mohon maaf yak itu akibat mu sendiri ,gws dan balap dgn kepala dingin next race jgn nyusahin rider lain malah parahnya nyusahin rider setim sepabrikan aprilia duhduhduih

Comments are closed.

TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP