Saturday, 28 September 2024

Digital Flag Light Panel Mulai Diujicoba di MotoGP Portimao 2021

TMCBLOG.com – Secara umum, Digital Flag Light Panel baru akan diwajibkan dipakai mulai musim MotoGP 2022 nanti. Mulai 2022, sirkuit yang menjadi tuan rumah race MotoGP wajib memasang panel jenis T1 atau T2 mengikuti arahan bersama dari FIM dan FIA untuk meningkatkan visibilitas dan informasi mengenai kondisi lintasan untuk semua pembalap guna meningkatkan keselamatan mereka terhadap insiden apa pun. Namun mulai seri Portimao 2021 kali ini Digital Flag Light Panel mulai diujicoba penggunaannya sepanjang race weekend.

Dorna akan memulai menginstal dan mengujicobakan 22 unit Digital Flag Light Panel yang merupakan hasil kerjasama Dorna dengan EM Motorsport di sepanjang trek Portugal ini. EM Motorsport telah menguji Digital Flag Light Panel untuk memastikan bahwa apa pun cuaca atau kondisi pencahayaan, light panel ini dapat terlihat dengan jelas karena menggunakan kecerahan 64.000 candela per meter persegi. Digital Flag Light Panel dari EM Motorsport adalah yang pertama mendapat homologasi oleh FIM dan FIA.

MotoGP sendiri akan menggunakan kombinasi panel jenis T1 dan T2, dengan T1 digunakan di area run-off dan straight dan T2 menutupi seluruh sirkuit. Panel jenis T1 dan T2 berbeda dalam dimensi dan kinerja yang sesuai dengan kebutuhan kejuaraan dan sirkuit yang berbeda.

http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/2021/01/31/ini-dia-kode-kode-light-panel-untuk-balap-motogp-wsbk-dan-race-endurance/

Digital Flag Light Panel akan diintegrasikan sepenuhnya ke dalam sistem pengawas/kontrol balap MotoGP saat ini, yang berarti panel akan dikontrol terutama oleh pihak Race Controller. Ini akan memungkinkan mereka mengubah status panel seluruh sirkuit secara instan.

Selain itu setiap panel memiliki konsol yang dapat dioperasikan oleh marshal di sisi trek khusus untuk untuk bendera kuning lokal dan insiden sektor. Para marshal akan diberikan pelatihan lengkap tentang cara menggunakan panel baru sebelum event. Posisi panel di sekitar lintasan akan ditentukan oleh FIM Safety Officer MotoGP untuk memastikan bahwa panel tersebut ditempatkan pada garis pandang alami pengendara sepanjang balapan dan latihan.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

11 COMMENTS

    • Bagi penonton d rumah mah msh lebih alami pake marshal yg ngibarin bendera, tp bg rider yg sedang diatas 300kpj tentu lbh nyaman pake digital panel gitu

      • karena susah juga ngibarin bendera dikala hujan deras.
        tapi sepertinya ukurannya terlalu kecil buat speed kenceng gitu

        • Harusnya warna background speedometer nya aja diubah sesuai situasi,lebih simple

          Toh interface spidometer sekarang udah ga monochrome lagi,bisa diganti2 kayak layar smartphone

          Ga tau deh kalo yg punya magneti marelli itu masih primitif kayak kalkulator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP