Tuesday, 24 September 2024

Marc Marquez Tercepat Pada FP1 MotoGP Aragon 2024

TMCBLOG.com – MotoGP GP Aragon kembali digelar setelah vakum di tahun 2023, setelah berita bersejarah bagi publik Thailand dimana Somkiat Chantra menjadi pembalap pertama Thailand yang masuk ke kelas MotoGP pada hari Kamis kemarin, sesi Free Practice 1 MotoGP dimulai. Trek dalam kondisi bagus begitu juga cuaca yang memanaskan aspal baru sirkuit Motorland Aragon.

5 menit pertama sesi Miguel Oliveira menempati posisi teratas selama beberapa menit, ketika Jorge Martin, Pedro Acosta dan Pecco Bagnaia masuk ke lintasan untuk mencari setup. Martin dan Bagnaia terlihat sempat keluar trek namun tidak sampai crash, Pedro Acosta masuk selama beberapa lap yang cukup intens mencatatkan waktu meskipun belum keluar sebagai yang tercepat hingga 10 menit berlalu.

Setelah menit ke-12 FP1, semua pembalap sudah masuk trek dan mencatatkan waktu, Marc Marquez hadir dengan laptime 1:48.383 detik dan memimpin timesheet sementara. Enea Bastianini bablas ke luar lintasan di Turn 12 pada menit ke-18. Hmm, ada apa dengan Ducati GP24? Top 3 rider pada menit ini yaitu; Marc, OOliveira dan Miller lebih sering berada di pit box.

Semua rider Honda; Zarco cukup impresif masuk Top 10 sementara Marini, Nakagami dan Mir terus berada di lintasan mencatatkan waktu yang berselisih lebih dari 2 detik dari pemuncak timesheet. Momen pengumpulan data bagi RC213V di sirkuit yang dahulu Honda memiliki catatan yang sangat baik dengan Aragon.

Menit ke-25 Martin kembali masuk ke trek, setelah berada di posisi 17 dirinya berhasil memperbaiki laptime dan merangsek ke posisi 2 dengan laptime 1:48.772 setelah melahap beberapa hot lap. Bagnaia masih ada di pitbox dan berada di posisi 11 sementara rekan setimnya, Bastianini ada di posisi 20. Martin kembali melebar dan masuk ke run off area, untuk sekali lagi, Pecco mulai keluar pit box dan memulai hot lap untuk perbaikan posisi.

19 menit waktu tersisa Pecco langsung gaspoll, namun belum bisa masuk ke top 10, posisi ke-13 setelah kembali ke trek, catatan waktunya berada di bawah Morbidelli posisi 11 dan Vinales di posisi 12. Setelah lintasi finish line Ia tetap dalam mode hot lap tanpa mengendurkan gasnya.

Pada menit ke-20 Vinales terlihat towing di belakang Bagnaia selama dua lap. Pada tikungan terakhir Bagnaia melebar dan Vinales memperbaiki laptime-nya dan langsung naik ke posisi 6 timesheet. Tercatat ada 3 rider Ducati GP24 yang kerap melebar di Aragon ini, Martin dan Bagnaia sampai 2 kali harus menyelamatkan diri ke run off area kemudian langsung berlanjut ke pit box. Harus kita cari tau ini ada apa.

Menit ke-30 Marc kembali ke trek, beberapa kali percobaan untuk memperbaiki laptime-nya. Baru pada percobaan keduanya Marc berhasil melakukan perbaikan laptime menjadi 1:48.289 detik. 15 menit tersisa mayoritas pembalap berada di pit box mereka masing-masing. Fabio Quartararo yang kurang bersahabat dengan Aragon hot lap beberapa putaran, berusaha bangkit dari posisi 17 timesheet FP1 namun masih belum bisa memperbaiki posisi, hanya bisa sedikti lebih cepat dari Alex Rins di posisi 18. Bastianini kembali mencoba hot lap namun ia melebar kembali dan keluar trek di Turn 1.

40 menit berlangsung giliran penunggang RC16 yang tampil, tidak mau kalah dari Acosta yang tercepat di posisi 3, Brad Binder dan Jack Miller tampil bersamaan di lintasan. Laptime Miller 1:50.048 detik dan belum bisa beranjak dari posisi 7, berselisih +1.759 detik dari puncak, sementara Binder 1:48.952 satu posisi di bawah Acosta yakni posisi 4.

Akhirnya Marc Marquez keluar sebagai rider tercepat di sesi FP1 GP Aragon, diikuti oleh Jorge Martin di posisi 2 yang sampai pada detik-detik akhir tidak sanggup memperbaiki laptime-nya kemudian Pedro Acosta di posisi 3 dan rider RC16 lainnya Brad Binder di posisi 4 kemudian posisi 5 besar ditutup oleh Fabio Di Giannantonio sebagai rider GP23 tercepat kedua. Menarik untuk menyimak feedback dari Pecco Bagnaia mengenai apa yang terjadi pada performanya siang ini, apakah faktor setup motornya atau ada faktor lain?

14 COMMENTS

  1. Aragon ini lengkap ya, tikungan parabola ada, chicane ada, trek lurusnya panjang, area hardbraking ada.. kenapa gak dijadiin tempat tes..

    • Memang aragon kan sirkuit yang didesain buat balapan motor, baru kemudian buat balapan mobil/touring, makannya rasanya kayak pas banget buat balap motor… kebanyakan sirkuit kan biasanya di desain untuk balapan mobil dulu baru balapan motor, makannya rasanya agak aneh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP