Bro sekalian Catatan ini salah satu Catatan perjalanan Di Dua Kota Suci, Yang tersimpan di Ponsel

Masjid Al Haraam 14 Nopember 2010 . . .

ketika saya dan istri sedang mengisi termos air dengan zam zam di lantai dua masjid Al-haram, saya berkesempatan ngobrol sebentar dengan Rumali seorang pengepel lantai masjid al haram makah yang ternyata dikontrak selama 4 bulan dengan gaji sekitar 1 jutaan perbulan. Rumali ini adalah pekerja musiman yang berasal dari daerah rangkas deket daerah Malingping Banten.Untuk bisa datang dan bekerja di al haram, pak rumali mengakui mengeluarkan biaya sebesar kurang lebih 21 juta

Sahabatku, Ia datang ke makkah ini tujuan utamanya adalah berhaji. Lho koq? Pak rumali ini datang ke makkah dengan biaya sendiri lho, ia mengakui membayar 21 Juta rupiah ke yayasan yang memberangkatkannya di daerah Tipar. So secara ekonomi, uang yang diterimanya saat mengepel lantai masjid al haram tentu tidak sampai break even point kan he he he. Uang yang diperolehnya habis buat kebutuhan hidup sehari hari di Makkah. Pak rumali ini memperoleh 4 hari libur dari tanggal 9 sampai 12 dzulhijjah  yang dapat digunakannya untuk menunaikan prosesi Utama haji mulai dari wukuf di arafah, mabid muzdalifah, mabit di Mina, melontar jamarat di mina sampai thawaf ifadah, sai dan ditutup dengan tahalull.

so dengan menjadi pengepel lantai ini, memperoleh banyak manfaat :

  • pak rumali terbebas dari proses antri kuota haji, Note Waiting list Bogor 3-4 tahun . . . entah jakarta ??
  • mengeluarkan biaya lebih murah . . . note ONH Bogor Tahun kemarin Rp 30,25 Juta
  • dapat membiayai biaya hidup dari gaji,
  • dan dapat pahala dari membersihkan masjid al haram, amiin

Yup pak rumali mungkin hanya seorang ayah sederhana dari daerah rangkas banten, akan tetapi jasanya membersihkan masjid suci al haram serta tekat kuatnya untuk bisa menunaikan ibadah haji mungkin bisa sedikit banyak mengispirasikan kita semua akan cita cita ini, semoga pak rumali menjadi haji mabrur, amiin

Taufik of BuitenZorg

76 COMMENTS

  1. subhanallah…sebuah nikmat persaudaraan ya Mas Taufik…’brotherhood’…sebuah pengalaman relijius…
    ditengah-tengah ‘hiruk-pikuk’ kuda besi ciptaan manusia…..yang tak habisnya…..seperti ‘oase’…..

    Guest
  2. Amin…walaupun caranya bkn yg biasanya melalui quota Haji, atau haji plus…yg penting nympe sana, berhaji, ibadah , membersihkan rumah Allah…surga dah tuh…

    Guest
  3. Menurutku kesempatan emas para TKI yg berada di saudi Arabia untuk bs menjalankan ibadah Haji.
    Banyak di saudi penyedia/penyalur pemberangkatsn hsji dgn biaya murah dg biaya minimal 2500 SAR kalo di convert ke riyal kira2 Rp.5.750.000,-

    Guest
  4. BANG HAJI… gimana caranya bpk tersebut jadi petugas pembersih di masjid tsb… ???
    kok bisa ?
    apakah dg menawarkan diri menjadi petugas tsb ?trims

    Guest
  5. Orang indonesia memang nyatanya tidak kalah gigih, pintar, ulet dan tangguh dari bangsa-bangsa lain di dunia. namun, keteledoran dari pihak pemerintah tertinggi yang tidak jeli dalam menentukan dan membangun kekuatan sesungguhnya dari bangsa inilah yang membuat kita terlambat maju dibanding negara-negara lain, kita banyak sekali dibodohi, dizalimi, bahkan dianiaya oleh pemerintah kita sendiri. Entah ribuan atau jutaan talenta-talenta yang bangsa ini miliki harus berjuang extra keras sendiri tanpa bantuan dari pemerintah untuk maju dan berkarya, kita memang bangsa yang terpilih, INDONESIA adalah persatuan dari macam-macam bangsa dan ras yang sling mengisi karena ini sudah takdir kita. Brother sekalian, mari kita buang segala keburukan demi negeri kita ini dan tancapkan segala aroma kebaikan untuk kemajuan di masa depan.
    HIDUP BIKERS INDONESIA !!!

    Guest
  6. Amiiin Ya Rob…
    Minta doanya jg mas taufik,ayah saya th ini insyaAllah brangkat haji,harusnya th kemarin 2010 tp dgn alasan ga jelas dari panitia pemberangkatan jamaat haji Purwokerto di undur th 2011,mohon doanya mas moga ga di undur lagi…
    Amiin.

    Guest
  7. Mas, mbok ya dikomentari sikap pemda dan masyarakat bogor pada khususnya dan Jabar pada umumnya sekarang ini. Bagaimana mungkin moral orang beragama bisa jauh dibawah moral ateis. Kita masih tinggal di Indonesia kan?

    Guest
  8. Amiiiiinnnnn…… Semoga ga ada hambatan lg buat ortu kadalsandalan….
    Juga buat kita(muslim) untuk kewajiban ke-5 itu….
    Amiiiiinnnn
    (love this blog very much)

    Guest
  9. Mas taufik, just curious … di mekah ada R2 juga gak?
    btw, di jakarta saat ini daftar tunggu haji dah di atas 5 tahun euy. dengan asumsi 7000 quota/tahun untuk DKI.

    Guest
  10. bukannya nggak boleh moto di kompleks masjid tuh?…. berarti melanggar…. 🙂 harus tobat…hi..hi..hii

    Guest
  11. ke tanah suci itu bukan untuk bersenang-senang (secara fisik), bahkan kita harus siap, sigap, cekatan tapi tetap menjaga kesopanan …. kesabaran betul-betul diuji

    tapi kalau dijalani secara ikhlas …. justru yang pengen balik lagi ke sana … tanya kennapa ??? 🙂

    Guest
  12. baru kali ini aku baca artikel pak Taufiq yang g bahas motor… Subhanallah…… semoga saya diberi kesempatan untuk bisa menunaikan ibadah haji…. aamiin

    Guest
  13. ini afdholnya bekerja sambil beribadah…kuncinya sabar…tidak hanya di tanah suci…bisa juga di tempat lain..

    Guest
  14. maha suci allah..
    kalau ingat-ingat tanah suci saya jadi begitu terharu dan rindu rasanya beribadah disana kang haji taufik..
    tanah suci memang selalu meninggalkan goresan qalbu di hati kita

    Guest
  15. kok bajunya bagian belakang polos ya?
    biasanya ada tulisan bin laden.
    jd pengurus kedua masjid haram ini dimonopoli sama keluarga bin laden, tp osama nya dah ‘hilang’

    itu dulu lho, gak tau sekarang

    Guest
  16. wah daerah asal saya tuh di rangkas, dikmpung saya juga bnyak yang kerja di arab, bysanya pke pasport umroh, trus visanya udah hbis ngga blik2 lagi ke indonesia, jadi TKI ilegal,hehe,klo mau pulang tinggal minta ditangkap oleh polisi,pulang gratis

    Guest
  17. amien niat bapak tersebut insya allah bener, cause ada banyak TKI 1-2 thn disana tapi belum pernah sama sekali ke masjidil haram, dengan dalih kesibukannya ……….

    Guest
  18. sebenarnya ini tulisan gak ada hubungan dengan automotif.. tapi cukup memberi inspirasi dan motivasi yang baik.

    ternyata orang indonesia pandai memanfaatkan situasi dan mencari celah, sekali dayung 2-3 pulau terlampau.. hehe

    Guest
  19. Orang sederhana yang berpikiran sederhana, kadang jalan untuk berbuat baik lebih dimudahkan.

    Sebuah bahan introspeksi dalam menjalani hidup.
    Allahu Akbar!

    Guest
  20. Hello there, Cool write-up. There’s a issue with the site with ie, could go here? Web browser still is the market industry director in addition to a major aspect of other folks leaves out there superb creating because of this challenge.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here