Bro sekalian, Pada Salah satu gelaran akbar AHM yang tmcblog hadiri di Jogya Kemarin adalah event Balap Honda racing Championship . . . Naaah di sekitar arena Balap tenyata Buanyak tenda yang menyugukan produk produk para spnsor balap seperti sok breaker dari Showa, Disc Brake dari Yutaka, Ban FDR, Helm dan Juga tenda produk Honda sendiri yang dikomandoi Oleh HSO Astra Internasional Jogjakarta. Nah dari segitu banyak Varian yang dipamerin, tmcblog cuma tertarik untuk meneliti satu varian yakni Varian terbaru Honda, New Supra X 125 Helm In . . . jujur ini merupakan pertama Kalinya tmcblog menatap langsung motor ini dari dekat . . . kayak apa Impresi Padangan pertamanya? Okeeeh mari kita mulai

yang pertama terlihat adalah adanyaย  refreshment pada bagian tebeng dengan tetap menempatkan lampu sen pada tebeng . ..ย  namuan dimensi dan ukuran lamu sen menjadi lebih kecil. Secara desain lampu sen Supra X 125 Helm in ini mirip dengan Honda New Blade. Lampu headlampnya masih mengadopsi sistem dual keen . . . yah hasil penerangannya sepeertinya nggak jauh beda sama Supra X lama bro

Lalu Lampu Sein Belakang yang katanya bila dihidupkan pada malam hari akan terlihat siluet berbentul tulisan X . . . desainnya juga berbeda dengan Supra X lawas . . . namun lampu pelat nomer yang masih numpang sama mika stoplamp tentu masih kalah asik sama New Blade yang sudah mengadopsi lampu penerang nopol/NoReg terpisah.

Body motor yang dijual Rp 15,6 Juta OTR Jakarta ini memang terasa lebih ‘gendut’ dibanding supra X 125 biasa . . . yup ini memang disengaja oleh Honda untuk diferensiasi fungsionalitasnya yang memaksimalisasi Volume bagasi di bawah jokย  (19,5 liter-lebih luas dari bagasi spacy ) dan tangki bensin bensin (5,6 liter ). Body lebih gambot apa bisa lincah . . .?? kita bahas kemudian di sesi artikel test ride ya ๐Ÿ˜€

Panel spidometer, lumayan informatif walaupun desainnya biasa aja ๐Ÿ™‚ dan seperti biasa standar keamanan honda . . . secure key swith . . .

Disc Brake belakang berkaliper satu piston . . . emang udah jadi standar perlengkapan Klan Honda supra X125 nih

Koq bisa sih membuat segitu luasnya tangki bbm 5,6 liter dan Bagasiย  sampai 19,5 liter? Idenya adalah memindahkan dua part yang biasanya diletakkan persis di bawah jok rider dan bawah tulang sasis underbone nya yakni filter udara dan aki.Honda memindahkan Aki dibawah tulang underbole depan yang biasanya pada bebek bebek biasa menjadi tempat filter udara . . . nahhh filter udara pindah kemana dong? Filter udara pindah ke balik tebeng bro. Nahhh ini membutuhkan konstruksi penyimpanan aki yang mantab, soale itu kan tempat paporit cipratan air dari ban ya ?? . . . namun kayaknya semua telah diperhitungkan bro

Eiit ada cutting engine nya tuh . . . sayang bagian pistonnya nggak keliatan bro . . . hanya bagian Transmisi/kopling aja yang dibelek dan tutup gir rantai keteng yang diboka . . . namun seperti kita ketahui bersama . . . motor ini lebih bertenaga dibanding supra X sebelumnya . . . hal ini dikarenakan kompresi mesinya lebih tinggi sedikir (HSX Helm in 9,3:1 – HSX lama 9:1) dan Diameter klep masuk yang lebih lebar 25,5 (Diameter Klep HSX sebelumnya hanya 24,0 mm) dan Motor ini juga sudah mengadopsi sistem HVIC ( Honda variable Ingnition Control ) yang sejatinya merupakan CDI dual mapping ( mapping standar dan mapping responsif )ย  . . . kayak apa handling dan first impressionnya . . . kita lanjutkan di artikel selanutnya ya bro . . . silahkan kunyah kunyah dulu pendahuluan ini dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

79 COMMENTS

  1. ‘Diameter klep masuk yang lebih lebar 25,5 (Diameter Klep HSX sebelumnya hanya 2,4 mm)’

    Ga salah mas bro

    iyah salah . .. kurang geser koma, thks ๐Ÿ˜€

    Guest
  2. aki di balik tulang underbone depan? berani bertaruh, calon pembeli yang tau keadaan ini pasti urung membeli. tapi karena ini merek honda, peduli amat?

    Guest
  3. lampu blakang nya sip tenan kalo malem emang kaya X… wah moga2.. gak ditiru yamaho.. yg stengah2.. BC ๐Ÿ˜€

    Guest
  4. anu itu kok indikator bahan bakar kembali pake model jarum si??/ga digital lg kenapa bang??apa ada alasannya gitu??

    Guest
  5. Lagi-lagi Honda memang peduli terhadap konsumen. Supra X akan memenuhi market yg sangat mementingkan keluarga, dg bagasi luas mapiing CDI buat yg suka mudik bwa istri jarak 100-150km. wah pas bgt. kalo ada yg komentar kyak td gendut dan yg lainnya memang honda sudah menghadirkan blade u bro n sis smua. klo supra x dibuat ramping dan sporty secara honda lbih teliti nanti konsumen bisa tabrakan rebutan merek dong. itu menurut saya dari kacamata kebutuhan. buktinya merk sebelah dg type yg sporty smua u cub high end nya gak laku juga tuh. kadang sbg konsumen inginnya ini itu, spedometer digital disimpan di cub low end..tp ktika hrga naik malah jd gak beli.
    Salut buat Honda untuk yg kyak gini…harga disesuaikan dg fungsi dan kebutuhan.
    BTW iklan Supra X 125 nya keren abis (menyentuh banget).

    Guest
  6. emang kenapa Aki dibawah tulang underbole depan? klo gw justru seneng bgt…secara ini teknologi. kalo ingin di depan ya hrus inovasi dong…bukan hanya slogan..uupsss…ini secara teori ekonomi ya.

    Guest
  7. Apapun yang diberlakukan oleh para pabrikan tentunya sdh melalui pertimbangan teknologi dan teknologi yang ada di Honda Supra X 125 Helm In ini menurut sy jauuuuuhh lebih keren dari kompetitornya ..

    Sy setujjaaa sama bro zig zag No. 23,, “Kalo Ingin DIDEPAN ya HARUS bisa INOVASI” …

    Guest
  8. ajib gan,kmrn sempet test ride jg. bongkar2 dikit liat tempat helm in nya wuih manteppp bisa naro barang lumayan banyak. asik lha bwt pergi2 jarak jauh ga pegel gemblok tas dpundak.

    Guest
  9. AHM skrg bener-bener contek mencontek yah…
    lampu belakang ny bahhh kok mirip hayate…
    *salam contek-mencontek…wkwkwkwkwk

    Guest
  10. ane udah test drive d dealer honda buah batu, untuk selap-selip sama aja, ga terlalu beda… Untuk ngebut…. Kayanya ok bgt, mungkin karena aki didepan kaya vario ya….

    Guest
  11. mas speedonya koq masih kabel ? ow iya yg model helm in speedonya pakai kabel , spurax yg ramping sudah digital… semuanya ada plus dan minus , disesuaikan dgn kebutuhan saja tapi yang penting harganya sama …jadi anda tertarik yg mana ? …ohhh engga saya cuma nanya2 doang koq…motor saya modern koq New jupie MX .. cuma mau banding2kan saja…. Ow gitu , mang MX speedonya digital mas ? ..ow engga masih cable jaga koq mas ๐Ÿ˜€

    Guest
  12. secara disain, memang tidak secakep supra x helm out, tapi jauh lebih ganteng n proporsional dibanding karisma ane….
    Ga gendut dibelakang….
    Yang paling ane suka….
    Bagasinya bisa nelen helm full face nhk terminator ane ukuran XL…
    Wuiihhhh….
    Recommended nih… Buat keluarga, yang pasti para alayyer ga suka motor ini….

    Guest
  13. wuiiiihhh….Honda selalu berikan yang terbaik buat konsumen..
    manteeepp tenannn..
    fitur-fitur yang komplit,teknologi yang canggih uyyy,bagasi nya gede…
    cocok untuk motor keluarga..
    good Honda..^^

    Guest
  14. buat komuter juga oke nih, depok-jakarta pp(22km/1x jalan), ato cileungsi-jakarta pp(50km/1x jalan)
    soalnya ane pake sportbike ga kuat pegelnya…
    Pake matic… Mata ane ke indikator bensin mulu.
    Kalo ini, ane ga perlu pake rice cooker givi lagi….
    Siap maharin deh….
    Kenyamanan bagasi spacy+iritnya bebek….
    Memang inovatif euy…

    Guest
  15. hmm..emang keren hsx125 helm in. ane udah punya nih gan..inden dulu selama semingguan lebih. sekedar info aja. sehabis launching di jakarta tanggal 14 sept kemaren ane lansung datengin salah satu dealer honda yang ada di jogja di jalan magelang (tunas jaya) katanya belum launching untuk jogja, ya udah ane inden dengan nyerahin duit 50rb untuk inden hsx125 helm in dengan warna grey silver. baru tanggal 24 kemaren motor di anter ke rumah. bisa2 ane pemilik pertama nih hsx125 helm in di jogja.

    Guest
  16. Sdh liat di showroom ahass depok (pas ganti oli kmrn), sebelahan lagi sama new blade, ternyata biar gendut supra x 125 helm-in bentuknya streamline (bentuk spt peluru / membelah angin). Kalo new blade malah gendut di tebeng (front fairing ???, CMIIW), jd kurang streamline (istilah-nya “nampek angin” :D). Selisih harganya juga 1 jeti. Sayangnya, supra x 125 helm-in, musti minum oktan 92 krn rasio kompresi lebih dari 9,0 :1, kalo tdk, sayang seher-nya, kecuali pakai forged piston (spt yamaha).

    Guest
  17. Ane dah lihat langsung, keren bgt nih motor, walaupun tambah gambot, tapi overall masih terlihat kompak bodynya…

    Yg paling ane suka pada desainnya adalah bagian belakang tebeng depan, sama lampu belakang yg tiada duanya.. Keren abiz bro!!

    Gak kaya yg diomongin Virus tukang BC tuh!!! Bisa2nya disamain lampu belakang Hayate!! Matamu berpasir yah??

    Guest
  18. sory kang taufik ini memang yang menganjal di hati ane,melihat letak aki yang hampir dekat ke karbu,cmiiw.apa nggak ada kekhawatiran terjadi sedikit percikan pada terminal aki walaupun kecil dan apa ngga akan membahayakan mengingat bisa saja terjadi kebocoran uap bensin pada karburator,meskipun hal ini mungkin sudah dipikirkan sebelumnya,mohon pencerahannya !!!!!!thank,s

    Guest
  19. Disinyalir sistem penegang rantai mesin kembali ke teknologi jadul yang dipakai supra fit.
    Sistem penegang rantai yang tidak tahan putaran tinggi, rantai mesin cepat kendor dan berisik.

    Guest
  20. ane udah ada mas yg merah di garasi. baru sehari udah 40 aja tu meteran ๐Ÿ˜€
    so far …. suara halus..enak didengar lah + tarikan enteng (apa masih baru yak) + enak aja dikendarai + irit bensin + AHO (cmiiw)

    Guest
  21. tambahan…kata dealer nya motor ane yg merah ntu yang dipake buat pameran mas, stok masih terbatas mungkin ya (ada yang liat pas di pameran + ada fotonya??) hhe…

    Guest
  22. Sayangnya, supra x 125 helm-in, musti minum oktan 92 krn rasio kompresi lebih dari 9,0 :1, kalo tdk, sayang seher-nya, kecuali pakai forged piston (spt yamaha).
    ====================================================
    Ah ga juga, kompresi cuman 9,3 msh layak minum premium. Disamping itu pasti ada penyesuaian maping CDI. Motor2 yamaho jg kompresi 9 koma, apa iya mesti pake oktan 92 ??? Apa iya jupi sm vega zr pake forge piston???

    Guest
  23. honda lagi2 meluncurkan produk terbarunya, x ini supra yg di refreh jd lbih fungsional dngan helm in. ahm emang ga da abisnya buat yg baru.

    Guest
  24. SAYANG, TIDAK ADA PANEL ON/OFF UNTUK LAMPU DEPAN.
    STANDART JUGA PENDEK, SEHINGGA RAWAN ROBOH JIKA DI PARKIR DI TEMPAT YANG TIDAK RATA

    Guest
  25. Ane selama ini cari montor yang easy handling, gak ribet, mudah perawatan, irit, bagasi luas, nyaman, desain cerah, bisa utk orang bnyak. Dan trnyata honda yg mengerti dgn supra x helm in. Ingin bli nih.

    Guest
  26. mau tanya gan, maaf telat..
    cdi HVIC itu apakah benar bikin bensin lebih boros.
    karena jika dibandingkan new blade sama blade lawas, lebih hemat 7km blade lawas daripada new blade????

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here