Bro sekalian, apakah Honda Supra X 125 helm In itu down Grade dari Supra X lama? Pertanyaan menggelitik ini bisa membuat diskusi alot seperti yang terjadi oleh ketiga blogger Kondang di atas :mrgreen: . . . Menurut tmcblog, Supra X 125 Helm ini itu jika dilihat haya parsial,  bagian per bagian, bisa saja Dibilang down Grade  . . . . Namun selain itu ada beberapa fitur yang ditambahkan lho pada Motor ini alias ada juga Yang di UP Grade. . . Plus dan minus jadi balans ? Gak tau deh . . . Bisa jadi ini dilakukan untuk menekan harga agar HSX 125 Helm ini agar bisa dibandrol sama dnegan HSX lama yang menurut AHM akan tetap diproduksi bertandem dengan HSX 125 Helm In . .   . Nahhh apa aja sih yang dikurangi dan ditambahkan di HSX 125 Helm In ini?

Konsol meter

HSX 125 Helm In masih menggunakan Spedometer, Fuel meter dan odometer Analog . . . sedangkan di HSX . . . Spedometer, odometer dan penunjuk Fuel Meter sudah digital . . . nah ini emang bener faktanya seperti ‘turun derajat’  . . . but wait ini belom selesai

🙄 Kurva pengapian Dual Mapping HSX 125 Helm In

🙄 Kurva pengapian Dual Mapping New Honda Blade

CDI Pengapian

seperti juga CDI New Honda Blade, CDI pengapian HSX 125 Helm in sudah dual mapping. Tapi mappingnya menurut pak Edhi Sarwono dari divisi teknis AHM beda bro. Karakter Mapping HSX lebih diarahkan kepada Efesiensi. Lha ini menurut tmcblog merupakan sebuah Upgrade signifikan karena dnegan ini karakter pengapian mesin tidak sepertinya dipaksakan sama satu tipe untuk setiap gaya berkendara . . . derajat pengapian akan sesuai dengan kondisi geberan trotel. . . pembakaran lebih sempurna-bensin lebih irit, cmiiw

Rem depan

Nahhh Rem depan New HSX 125 Helm In satu kaliper segede jengkol . . . HSX lama dua Kaliper . . . Walaupun karena luasannya sama maka bisa jadi daya pengeremannya sama . . . namun mindset orang awam selalu bilang kaliper rem lebih banyak maka lebih pakem lebih mahal . . . yah lumrah lumrah aja sih, yang penting AHM sepertinya tetap berusaha tidak mengorbankan tingkat kesafety-an walaupun piston rem depan dikurangin satu :mrgreen:

Resonator

Resonator ini baru pertama kali diaplikasikan pada motor bebek Honda . . . tempatnya ditandemkan dengan filter udara dan berfungsi untuk menghilangkan noise mesin . ..  nahh yang ini tentunya merupakan tambahan bro

beberapa detail ‘pengurangan’ lain adalah . . .Kick starter yang dah nggak pake karet, nggak ada tombol saklar lampu (wong udah AHO je :mrgreen: ) Hilangnya lapisan Molibdenum pada piston mesin yang digantikan alur penahan oli, hilangnya TSS karena digantikan HVIC  . . . atau ada lagi yang terlewat sama tmcblog?

lalu ada beberapa upgrade yang dilakukan pada HSX 125 helm ini ini seperti Fuel Tank yang lebih besar, bagasi yang lebih besar, tensioner lift sudah pake sistem hidrolik, lampu led pada stoplamp (irit listrik, lebih terang), swing arm yang full kotak, Knalpot yang sudah dikasih pelindung panas, Pengaman rantai pada sprocket belakang, dan needle bearing pada rocker arm

Nah sekarang udah komprehensifkan? IMHO, secara Umum part Honda Supra X 125 Helm In yang diupgrade lebih banyak dari Part yang downgrade bila dibanding HSX 125 desain biasa/lama . Silahkan Bro nilai sendiri deh he he he . . . dan jangan lupa share komentar di kolomnya, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

tmcblog youtube channel
TMC ADS

105 COMMENTS

  1. konsumen indonesia sukanya yang keliatan dr luar(penampilan)
    makanya spido yg downgrade itu banyak dipermasalahkan…
    Nitip kang….
    Http://4201megaprolama.wordpress.com/2011/10/11/keadaan-ibu-saat-ini/
    makasih kang taufik…

    Guest
  2. konsumen indonesia sukanya yang keliatan dr luar(penampilan)
    makanya spido yg downgrade itu banyak dipermasalahkan…
    Nitip kang….

    http://4201megaprolama.wordpress.com/2011/10/11/keadaan-ibu-saat-ini/

    makasih kang taufik…

    Guest
  3. Mau tanya kang haji… Apakah bisa CDI pada supra x helm in diaplikasikan pada supra x 125 lama…? Mengingat pada supra x 125 lama sdh ada tss nya…? Karena saya tertarik dengan dual mappingnya.. Dan apakah berpengaruh juga pada supra x 125 lama…sehingga konsumsi bbm lebih irit..dan tarikan motor jadi lebih sip?

    Guest
  4. Pernah tanya harga kaliper cakram depan ganda dan single, mahal yg single lho. Jadi rem punya helm-in ini lebih mahal drpd punya supra x lama.

    Guest
  5. kalo pabrikan sebelah yang upgrade cc dari 110 ke 115cc tapi performanya malah turun plus knalpot cempreng gak ada value lebih nya dong? ada juga malah kayak odong2 kebanyakan lampu dangdut.. :mrgreen:

    Guest
  6. ulasan yang mendidik dan komprehensif, mantabs
    kira body geter nya masih dipertahankan atau malam tambah geter mas ? hehe 😀

    http://keshamotor.wordpress.com/2011/10/11/honda-sedang-menyiapkan-satria-fu-killers-dan-vixion-killers/

    Guest
  7. @14. absoluterevo
    enakan Supra x ini bro . . . IMHO, lebih nyaman, cmiiw . ..
    lagi kedanan pertamax ya ? :mrgreen:

    @15. Readijoss
    nanti tak siapkan gambare dulu bro

    @19. Cah ndeso
    sebenarnya mirip dengan TSS . . . cuma TSS itu mekanik . . . sedangkan HVIC ini TSS yang otomatik dengan melihat/merasakan dengan sensor RPM, cmiiw

    @25. Joko
    nah lo baru tau aku

    @30. Mercon C gak Mretelli
    power dan torsi naik . . yaa . . kelupaan ngetik aku :mrgreen:

    Administrator
  8. HSX helm in : kompresi lebih gede,power lebih gede, jalur oli untuk pendinginan mesin disempurnakan , bodi lebih melar,rangka lebih melar.
    kalo spedometer balik analog,toh kompetitor yang ber cc sama (axelo,athlete) juga analog 😀

    Guest
  9. semuanya kumplit toh…. sayang pastinya nggak pengaruh pada konsumennya… terutama konsumen muda.

    *** yg muda = yang penting bisa di modifikasi….pasti laku

    Guest
  10. hahahahahhaah iya kang haji ni setiap buka artikel pasti blm pernah patarmax soalnya saya matau warung kang haji di twitter pas nonghol di twitter masuk warung sudah berjibun pelangan 😀

    Guest
  11. Kurang kerjaan kalo ada yg mempermasalahkan masalah speedometer punya HSX Helm-in… Yg penting kan ga mengurangi fungsionalitasnya kan… Dengan harga sama dengan pendahulunya, ane pikir value HSX Helm-in meningkat signifikan..

    Guest
  12. Ada ya istilah blogger penjilat ?? baru tahu aku…
    blog jadi sarana bisnis memang perlu..tapi urusan netralitas dan keberpihakan tergantung masing2 orang
    HSX 125 memang mengikuti momentum fungsionalitas motor dengan tidak mengabaikan sisi desainnya..mengikuti konsumen lah…

    Guest
  13. upgrade yg signifikan menurut gw adalah knalpotnya yg sudah pake pelindung panas.

    tinggal revo + supra x 125 helm out yg knalpotnya kurang safety

    Guest
  14. Kalo lebih banyak yang di Upgrade daripada yang di Downgrade, berarti konsumen lebih diuntungkan dong ya…
    Muantap dong kalo gitu ya…

    Guest
  15. mantap honda new supra x 125 helm in ini, banyak fitur yg ditambah smakin membuat mesin honda supra x 125 helm in semakin moncer aja. pasti banyak yg tertarik buat memilikinya.

    Guest
  16. fitur di HSX 125 helm in banyak yg di upgrade,
    so makin banyak konsumen yg tertarik dengan produk ini…

    waaah…ga sabar nih pengen tau gimana entar hasil penjualannya…

    -welovehonda

    Guest
  17. semakin memperjelas citra Supra X dengan gelar rajanya motor bebek, ditambah dengan kemudahan dalam membawa barang yang ditawarkan dengan bagasi yang super besar dan volume tangki yang besar 5,6 liter… saya rasa tidak ada alasan lagi buat para calon konsumen untuk melihat ke lain hati. pokoknya one heart untuk Supra x

    Guest
  18. benar Bro… meski ada yang dikurangi namun pastinya nilai safetynya sduah dipikirkan dan disiapkan, lagi pula dengan beberapa fitur yang ditambah, terutama helm in nya yang menjanjikan kemudahan bagi konsumen untuk membawa banyak barang.

    Guest
  19. kira2 klo naek hsx helm in ini gimana ya? sasisnya dibilang agak lebar dari yg dulu.. mungkin jok-nya juga ikutan lebar..
    nah, kira2 klo naek itu, kakinya ngangkang ga ya? pas misal berhenti (kaki turun) atau pas jalan..

    Guest
  20. HSX 2007 ku tetep enak, tapi HSX Helm In Hitam Silver ku yg baru, jauh lebih mantabh! Nyaman (bahkan buat bonceng anak + bini sekalipun), Irit (32KM harian, dah seminggu blum isi bensin), Soal tenaga belum isa kasi comment krn belum buka gas pol.
    Kesimpulan: Gak nyesel beli ni motor HSX Helm In ! Recomended lah.

    Guest
  21. To all: Mohon Informasi untuk asuransi motor yg terbaik, hasil googling kurang memuaskan, siapa tau ada yg dah pake asuransi?
    Syukur2 ada yg All Risk bukan cuma TLO.
    Trims atas infonya, Jempol buat admin blog nya.

    Guest
  22. Saya bru beli Supra X 125R,tp knpa suara mesinnya disaat kita jalan dgn gigi,1,2dan 3 sprti gigi klos tak enak kita dengar,tp ke gigi 4 tdk ada lg.tp rata2 hmpir smua mcm gtu,sbnrnya bunyì apa itu gigi klose apa ptran gigi mesin,apa memang design bgtu atau bubutan gigi tdk standart krn rata2 X125 bunyi mcm gtu.tp sy krng puas,krn beda suara dgn keluaran thn 06,07 mesin putih.thanks

    Guest
  23. apa yg bagus….modelnya aja kaya combro…masih bagus suzuki axelo design sport,irit dan mantap…hd ngga ada model khusus bebek..dari dulu sampai saat ini hanya bohongi consumen aja..mutu mesin suzuki yg lebih unggul dan awet lama…thanks

    Guest
  24. Mau bertanya, ada gambar dengan serial SH829AA. Itu apa ya? Alat sensor kecepat digital? Apakah Alat Sensor Digital bisa dijual pasaran/distributor untuk dimodifikasi?

    Guest
  25. para mas-mas.. klo ad yang kenal director Honda Indo..
    tolong sampein klo bkin motor supra x 125 helm-in injection nnt pk DOHC y.. (Dual OverHead Camshaft)
    hoho.. thx

    Guest
  26. kenapa switch lampu(aho) nya kok di hilangkan,krn setiap mau masuk parkiran sepeda motor lampu hrs di matikan,kl sepeda motornya di matikan otomatis dorkit (dorong dikit…)kl lampu nya di hidup kan terus org yg catat karcis parkir bisa sakit mata…..

    Guest
  27. Dah 3 bulan memiliki ini motor, km dah 1900san nunggu servis yang kedua..kesannya adalah:
    1. paling stabil dikendarai dibanding honda bebek lainnya termasuk supra 125pgm punya istri saya, mantap seperti motor gede mungkin karena bodynya lebih bongsor, softbreaker lebih enak, posisi bonceng lebih tinggi dan luas (karna jok lebih lebar)

    2. Terasa banget keunggulan defaultnya yaitu bagasi luas bisa bawa macem macem dan tangki bensin gede bisa dikendarai lebih jauh

    3. dalam hal kelincahan masih unggul supra x biasa karena body lebih ramping dengan tenaga yang relatif sama menurut saya.

    4. keiritan relatif sama dengan yang biasa, ngoper gigi agak lebih halus dari yang biasa

    Guest
  28. saya sdh memakai supra x helm in pgm-fi untuk kepeluan sehari” dari rmh ketempat kerja dan buat tongkrongan bersama tmn”.
    Performance dr supra x varian baru ini tarikan lebih responsif dan perpindahan gigi lebih halus.
    Rem depan biarpun cuman kalipernya satu tp masih tetap pakem buat menahan laju motor dengan baik, dan saya yakin pihak Astra honda motor tidak mungkin mengabaikan hal safety riding apalagi AHM sebagai pelopor safety riding di Indonesia.

    Buat tongkrongan bersama teman” model Supra X helm in PGM-FI tidak kalah dengan model” kompetitor.

    Secara keseluruhan saya sangat puas dengan Supra X varian baru ini. Thanks buat AHM yg sudah membuat motor yg bermutu istilah kerenya motor premium hehe ^.^v

    O iyah, saya sangat mendukung akan Global warming / pemanasan bumi dunia dengan PGM-FI saya cinta lingkungan dan cinta Indonesia. SELAMAT BERAKTIVITAS TEMAN-TEMAN.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here