jump to navigation

Detail Honda Supra X 125 Helm In . . . ada yang dikurangi . . . ada Juga yang ditambahkan October 12, 2011

Posted by Taufik TMCBlog in : Honda , trackback

Bro sekalian, apakah Honda Supra X 125 helm In itu down Grade dari Supra X lama? Pertanyaan menggelitik ini bisa membuat diskusi alot seperti yang terjadi oleh ketiga blogger Kondang di atas :mrgreen: . . . Menurut tmcblog, Supra X 125 Helm ini itu jika dilihat haya parsial,  bagian per bagian, bisa saja Dibilang down Grade  . . . . Namun selain itu ada beberapa fitur yang ditambahkan lho pada Motor ini alias ada juga Yang di UP Grade. . . Plus dan minus jadi balans ? Gak tau deh . . . Bisa jadi ini dilakukan untuk menekan harga agar HSX 125 Helm ini agar bisa dibandrol sama dnegan HSX lama yang menurut AHM akan tetap diproduksi bertandem dengan HSX 125 Helm In . .   . Nahhh apa aja sih yang dikurangi dan ditambahkan di HSX 125 Helm In ini?

Konsol meter

HSX 125 Helm In masih menggunakan Spedometer, Fuel meter dan odometer Analog . . . sedangkan di HSX . . . Spedometer, odometer dan penunjuk Fuel Meter sudah digital . . . nah ini emang bener faktanya seperti ‘turun derajat’  . . . but wait ini belom selesai

:roll: Kurva pengapian Dual Mapping HSX 125 Helm In

:roll: Kurva pengapian Dual Mapping New Honda Blade

CDI Pengapian

seperti juga CDI New Honda Blade, CDI pengapian HSX 125 Helm in sudah dual mapping. Tapi mappingnya menurut pak Edhi Sarwono dari divisi teknis AHM beda bro. Karakter Mapping HSX lebih diarahkan kepada Efesiensi. Lha ini menurut tmcblog merupakan sebuah Upgrade signifikan karena dnegan ini karakter pengapian mesin tidak sepertinya dipaksakan sama satu tipe untuk setiap gaya berkendara . . . derajat pengapian akan sesuai dengan kondisi geberan trotel. . . pembakaran lebih sempurna-bensin lebih irit, cmiiw

Rem depan

Nahhh Rem depan New HSX 125 Helm In satu kaliper segede jengkol . . . HSX lama dua Kaliper . . . Walaupun karena luasannya sama maka bisa jadi daya pengeremannya sama . . . namun mindset orang awam selalu bilang kaliper rem lebih banyak maka lebih pakem lebih mahal . . . yah lumrah lumrah aja sih, yang penting AHM sepertinya tetap berusaha tidak mengorbankan tingkat kesafety-an walaupun piston rem depan dikurangin satu :mrgreen:

Resonator

Resonator ini baru pertama kali diaplikasikan pada motor bebek Honda . . . tempatnya ditandemkan dengan filter udara dan berfungsi untuk menghilangkan noise mesin . ..  nahh yang ini tentunya merupakan tambahan bro

beberapa detail ‘pengurangan’ lain adalah . . .Kick starter yang dah nggak pake karet, nggak ada tombol saklar lampu (wong udah AHO je :mrgreen: ) Hilangnya lapisan Molibdenum pada piston mesin yang digantikan alur penahan oli, hilangnya TSS karena digantikan HVIC  . . . atau ada lagi yang terlewat sama tmcblog?

lalu ada beberapa upgrade yang dilakukan pada HSX 125 helm ini ini seperti Fuel Tank yang lebih besar, bagasi yang lebih besar, tensioner lift sudah pake sistem hidrolik, lampu led pada stoplamp (irit listrik, lebih terang), swing arm yang full kotak, Knalpot yang sudah dikasih pelindung panas, Pengaman rantai pada sprocket belakang, dan needle bearing pada rocker arm

Nah sekarang udah komprehensifkan? IMHO, secara Umum part Honda Supra X 125 Helm In yang diupgrade lebih banyak dari Part yang downgrade bila dibanding HSX 125 desain biasa/lama . Silahkan Bro nilai sendiri deh he he he . . . dan jangan lupa share komentar di kolomnya, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. keong64 - October 12, 2011

aho

2. kebo anabrang - October 12, 2011

Aye

3. sruntull - October 12, 2011

11 -12 di down grade maupun di up grade masih berbanding

4. absoluterevo - October 12, 2011

4 besar

5. absoluterevo - October 12, 2011

Masih dapat poin

6. absoluterevo - October 12, 2011

Salip terus walau tidak petarmax :D

7. absoluterevo - October 12, 2011

Jangan biarkan orang lain nyalip :D

8. absoluterevo - October 12, 2011

Gaspol biar pondium terus….! :D

9. frkun - October 12, 2011

5 besar

10. absoluterevo - October 12, 2011

Wusssssss posisi aman :D

11. absoluterevo - October 12, 2011

Selamat ulang taun mang udien

12. absoluterevo - October 12, 2011

Baru baca santai kalau sudah dapat pondium mah :mrgreen:

13. frkun - October 12, 2011

uasem tenan

14. absoluterevo - October 12, 2011

kang haji nah sekarang kan sudah full tesrider supra x helm nah saya mau nanya enak mana sama absoluterevo soal perorma dan hadlingya

15. Readijoss - October 12, 2011

Tensioner lifter hidrolik apa itu kang? apakah sama dgn punya blade?

16. 4201journey - October 12, 2011

konsumen indonesia sukanya yang keliatan dr luar(penampilan)
makanya spido yg downgrade itu banyak dipermasalahkan…
Nitip kang….
http://4201megaprolama.wordpress.com/2011/10/11/keadaan-ibu-saat-ini/
makasih kang taufik…

17. 4201journey - October 12, 2011

konsumen indonesia sukanya yang keliatan dr luar(penampilan)
makanya spido yg downgrade itu banyak dipermasalahkan…
Nitip kang….

http://4201megaprolama.wordpress.com/2011/10/11/keadaan-ibu-saat-ini/

makasih kang taufik…

18. thole - October 12, 2011

imbang? dgn kata lain gak ada value lebih dong? hahah a

yg penting tetap jaga kualitas, ok? ok,

19. Cah ndeso - October 12, 2011

Mau tanya kang haji… Apakah bisa CDI pada supra x helm in diaplikasikan pada supra x 125 lama…? Mengingat pada supra x 125 lama sdh ada tss nya…? Karena saya tertarik dengan dual mappingnya.. Dan apakah berpengaruh juga pada supra x 125 lama…sehingga konsumsi bbm lebih irit..dan tarikan motor jadi lebih sip?

20. paton - October 12, 2011

si honDUT pengen untung lebih pasti, buat konsumen kok coba2 xixixi

21. moonraker - October 12, 2011

mesinnya blade bore up ?

22. Hendra Jawa - October 12, 2011

masalah mesin yamaha ketinggalan nih…wkwkwk…. nah taun depan mesin jupi di upgrade gak yah???

23. SkyrideR - October 12, 2011

Biarkan konsumen yg memilih… :mrgreen:

24. Sinbe - October 12, 2011

Mantap ne enginernya honda… Ga kaya sebelah yg mlempem.

25. Joko - October 12, 2011

Pernah tanya harga kaliper cakram depan ganda dan single, mahal yg single lho. Jadi rem punya helm-in ini lebih mahal drpd punya supra x lama.

26. Tarjo - October 12, 2011

Body plastiknya smakin tipis ndak seperti body honda jaman dulu.

27. win - October 12, 2011

ga tertarik

28. kucrut_bike's - October 12, 2011

kalo pabrikan sebelah yang upgrade cc dari 110 ke 115cc tapi performanya malah turun plus knalpot cempreng gak ada value lebih nya dong? ada juga malah kayak odong2 kebanyakan lampu dangdut.. :mrgreen:

29. setia menunggu skubek kawasaki - October 12, 2011

strategi jitu….

30. Mercon C gak Mretelli - October 12, 2011

jangan lupa power dan torsi naik, sama merek dan tipe aja jeroannya sama, gak kayak pabrikan sebelah hobi gonta2 celana doank :mrgreen:

31. aldo taHEr - October 12, 2011

Mantab kang penjabaran perbedaan’ny..yg mantab hrg new supri ini tdk naik dari edisi yg lama..

32. keshamotor - October 12, 2011

ulasan yang mendidik dan komprehensif, mantabs
kira body geter nya masih dipertahankan atau malam tambah geter mas ? hehe :D

http://keshamotor.wordpress.com/2011/10/11/honda-sedang-menyiapkan-satria-fu-killers-dan-vixion-killers/

33. keshamotor - October 12, 2011
34. setia1heri - October 12, 2011

pake AHO yah ?
kasih orang2 desa…siang2 nyalakan lampu…:-D

http://setia1heri.wordpress.com/2011/10/12/usaha-foto-kopi-diatas-motor/

35. super sip - October 12, 2011

apik

36. Taufik - October 12, 2011

@14. absoluterevo
enakan Supra x ini bro . . . IMHO, lebih nyaman, cmiiw . ..
lagi kedanan pertamax ya ? :mrgreen:

@15. Readijoss
nanti tak siapkan gambare dulu bro

@19. Cah ndeso
sebenarnya mirip dengan TSS . . . cuma TSS itu mekanik . . . sedangkan HVIC ini TSS yang otomatik dengan melihat/merasakan dengan sensor RPM, cmiiw

@25. Joko
nah lo baru tau aku

@30. Mercon C gak Mretelli
power dan torsi naik . . yaa . . kelupaan ngetik aku :mrgreen:

37. Petter Tesla - October 12, 2011

Downgradenya tdk mengurangi valuenya, sdgkan upgradenya menambah value nich motor….

38. sapujagad - October 12, 2011

HSX helm in : kompresi lebih gede,power lebih gede, jalur oli untuk pendinginan mesin disempurnakan , bodi lebih melar,rangka lebih melar.
kalo spedometer balik analog,toh kompetitor yang ber cc sama (axelo,athlete) juga analog :D

39. Rere - October 12, 2011

Boneka Teddy Bear blom kang …..:mrgreen:

40. ya maho - October 12, 2011

ati2 lho mas topik, dibilang blogger penjilat entar sama blogger yang ngambek ga diundang

41. fradzy - October 12, 2011

dipilih-dipilih, mari pak, bu, neng, jeng, mas semuanya komplit.

42. in - October 12, 2011

semuanya kumplit toh…. sayang pastinya nggak pengaruh pada konsumennya… terutama konsumen muda.

*** yg muda = yang penting bisa di modifikasi….pasti laku

43. Erlan-ymi Drummer - October 12, 2011

aku cima tertarik dual mappingnya.. soalnya penasaran aku

44. EISCELL - October 12, 2011

gear set dan rantainya gmana y? sama atau lbh bagus? bisa saling pakai atau g?

45. nhd - October 12, 2011

38. sapujagad – Oktober 12, 2011
Yang sport saja masih analog.

46. assassin - October 12, 2011

resonator kan dah ada di cs1…..kaya belalai gajah garis2,,,,,besar bgt

47. dave - October 12, 2011

kayak nya kalo 2 kaliper lebih enak aja liad nya daripada 1 kaliper,, mksd nya kaliper rem nya.. imho..

48. andhi_125 - October 12, 2011

lengkap..kap…kap…

49. ya maho - October 12, 2011

sport stang oblak penyebab kecelakaan aja masih tromol n analog

50. hi hi hi - October 12, 2011

kalo material body/rangka gimana oom?

51. absoluterevo - October 12, 2011

hahahahahhaah iya kang haji ni setiap buka artikel pasti blm pernah patarmax soalnya saya matau warung kang haji di twitter pas nonghol di twitter masuk warung sudah berjibun pelangan :D

52. deje - October 12, 2011

thx banyak mas mas bro…masukannya sangat berarti saya jadi lebih mantap kredit motor ini….

53. temonsoejadi - October 12, 2011
54. tuxlin - October 12, 2011

hm… jadi tau kali mereka gak sepenuhnya sama beda body :D banyak juga bedanya :D

55. Komengtator - October 12, 2011

Kurang kerjaan kalo ada yg mempermasalahkan masalah speedometer punya HSX Helm-in… Yg penting kan ga mengurangi fungsionalitasnya kan… Dengan harga sama dengan pendahulunya, ane pikir value HSX Helm-in meningkat signifikan..

56. JAFFAR - October 12, 2011

jangan lupa buka jok di kunci kontak depan tinggal push !!!!!!
http://rc212vblog.files.wordpress.com/2011/09/img_016171.jpg

57. JAFFAR - October 12, 2011

yang jelas ada fungsi lebih dari kelebihan tanki dan bagasinya !!!!!

58. Tajam-Tajam~Seksi - October 12, 2011

nice artikel. pembahasan yang komplit!
btw kompresi naik masih bisa minum premium gak nich..

59. speed_lover - October 12, 2011

downgrade yang nggak perlu! upgrade yang di perlukan… good job!!

60. subchan - October 12, 2011

hahha!

61. es teler - October 12, 2011

Ada ya istilah blogger penjilat ?? baru tahu aku…
blog jadi sarana bisnis memang perlu..tapi urusan netralitas dan keberpihakan tergantung masing2 orang
HSX 125 memang mengikuti momentum fungsionalitas motor dengan tidak mengabaikan sisi desainnya..mengikuti konsumen lah…

62. assassin - October 12, 2011

es teler
walah!

63. motoranyar - October 12, 2011
64. capek - October 12, 2011

upgrade yg signifikan menurut gw adalah knalpotnya yg sudah pake pelindung panas.

tinggal revo + supra x 125 helm out yg knalpotnya kurang safety

65. Adit bukan Aidit - October 12, 2011

kalo analog semua..harga speedo turun ngga ya? HSX lama aja speedonya 1juta kang..weleeehhh…

66. Alex - October 12, 2011

Kalo lebih banyak yang di Upgrade daripada yang di Downgrade, berarti konsumen lebih diuntungkan dong ya…
Muantap dong kalo gitu ya…

67. aina - October 13, 2011

mantap honda new supra x 125 helm in ini, banyak fitur yg ditambah smakin membuat mesin honda supra x 125 helm in semakin moncer aja. pasti banyak yg tertarik buat memilikinya.

68. supra hitam - October 13, 2011

AKU BLM LHT LGSUNG JD IKUT AJA DECH

69. adele - October 13, 2011

Pengen nyobain HSX helm in ini..
Kira2 bisa ngumpetin laptop 14″ ga ya? :D

70. D Y A Z - October 13, 2011

fitur di HSX 125 helm in banyak yg di upgrade,
so makin banyak konsumen yg tertarik dengan produk ini…

waaah…ga sabar nih pengen tau gimana entar hasil penjualannya…

-welovehonda

71. tristan - October 13, 2011

semakin memperjelas citra Supra X dengan gelar rajanya motor bebek, ditambah dengan kemudahan dalam membawa barang yang ditawarkan dengan bagasi yang super besar dan volume tangki yang besar 5,6 liter… saya rasa tidak ada alasan lagi buat para calon konsumen untuk melihat ke lain hati. pokoknya one heart untuk Supra x

72. tristan - October 13, 2011

benar Bro… meski ada yang dikurangi namun pastinya nilai safetynya sduah dipikirkan dan disiapkan, lagi pula dengan beberapa fitur yang ditambah, terutama helm in nya yang menjanjikan kemudahan bagi konsumen untuk membawa banyak barang.

73. ipanase - October 14, 2011

banyak minusnya

74. Syarif Fudin - October 14, 2011

mantep kang jempolnya tuh..

75. adele - October 14, 2011

kira2 klo naek hsx helm in ini gimana ya? sasisnya dibilang agak lebar dari yg dulu.. mungkin jok-nya juga ikutan lebar..
nah, kira2 klo naek itu, kakinya ngangkang ga ya? pas misal berhenti (kaki turun) atau pas jalan..

76. Idham Kholid - October 16, 2011

Yang warna biru dah keluar belom?

77. smokeymovie - October 22, 2011

HSX 2007 ku tetep enak, tapi HSX Helm In Hitam Silver ku yg baru, jauh lebih mantabh! Nyaman (bahkan buat bonceng anak + bini sekalipun), Irit (32KM harian, dah seminggu blum isi bensin), Soal tenaga belum isa kasi comment krn belum buka gas pol.
Kesimpulan: Gak nyesel beli ni motor HSX Helm In ! Recomended lah.

78. smokeymovie - October 22, 2011

To all: Mohon Informasi untuk asuransi motor yg terbaik, hasil googling kurang memuaskan, siapa tau ada yg dah pake asuransi?
Syukur2 ada yg All Risk bukan cuma TLO.
Trims atas infonya, Jempol buat admin blog nya.

79. cb anti tobat - October 23, 2011

beyuuh nganjuk udah byak jga yg pkek gan…

80. legiunnaire - November 2, 2011

yah ini yang ga suka knp sih hrus AHO? kan kadang buat ngehidupin motor lebih mudah lampu dimatiin dulu stelah itu dihidupkan,,,,

81. legiunnaire - November 2, 2011

honda supra helm in suka suka

82. cumasatu.com - November 4, 2011

Yang paling ngagetin tuh pas ane jadi tester supra X 125 dari Bengkulu ke lubuk linggau sumsel.
gile bener kaget gw 300km cuma dengan 1 tangki…
busyet…

83. Rama - November 5, 2011

Saya bru beli Supra X 125R,tp knpa suara mesinnya disaat kita jalan dgn gigi,1,2dan 3 sprti gigi klos tak enak kita dengar,tp ke gigi 4 tdk ada lg.tp rata2 hmpir smua mcm gtu,sbnrnya bunyì apa itu gigi klose apa ptran gigi mesin,apa memang design bgtu atau bubutan gigi tdk standart krn rata2 X125 bunyi mcm gtu.tp sy krng puas,krn beda suara dgn keluaran thn 06,07 mesin putih.thanks

84. benkfs - November 10, 2011

apa yg bagus….modelnya aja kaya combro…masih bagus suzuki axelo design sport,irit dan mantap…hd ngga ada model khusus bebek..dari dulu sampai saat ini hanya bohongi consumen aja..mutu mesin suzuki yg lebih unggul dan awet lama…thanks

85. benny - November 10, 2011

sayang rantai ketengx downgrade…kmbali ke jaman bahula…
nda tahan gaspol…..tensionerx jelek

86. Fajar Wicaksono - November 13, 2011

Mau bertanya, ada gambar dengan serial SH829AA. Itu apa ya? Alat sensor kecepat digital? Apakah Alat Sensor Digital bisa dijual pasaran/distributor untuk dimodifikasi?

87. ponconugroho - November 15, 2011

pada sisi depan kok gak ada lubang udaranya, apakah dengan konfigurasi seperti itu pasokan udara supra x 125 helm in tercukupi

88. ucuuy - November 21, 2011

saya perlu bukti bukan janji coba di tes sama motor merek laen
kita lihat ketahananya…!
iritnya..!
ketangguhanya..!!

89. narnooke - November 22, 2011

wew manteb bang keknya nih motor. pengen segera beli bang. thanks infonya

90. Feddyka - November 28, 2011

para mas-mas.. klo ad yang kenal director Honda Indo..
tolong sampein klo bkin motor supra x 125 helm-in injection nnt pk DOHC y.. (Dual OverHead Camshaft)
hoho.. thx

91. Paket Wisata Bali - November 30, 2011

model motornya warnanya ada apa saja

92. nolvic - December 1, 2011

kenapa switch lampu(aho) nya kok di hilangkan,krn setiap mau masuk parkiran sepeda motor lampu hrs di matikan,kl sepeda motornya di matikan otomatis dorkit (dorong dikit…)kl lampu nya di hidup kan terus org yg catat karcis parkir bisa sakit mata…..

93. Dodi - December 14, 2011

buka sheat buat isi bensin gimana caranya gan?

94. Muhammad Defri Mediansyah - December 15, 2011

ko lampunya ngga bisa di matiin ?

95. Dodi - December 15, 2011

lampu sm on/off nya oke..cuman joknya nggak jalan koncinya..

96. dan bekasi - January 3, 2012

Dah 3 bulan memiliki ini motor, km dah 1900san nunggu servis yang kedua..kesannya adalah:
1. paling stabil dikendarai dibanding honda bebek lainnya termasuk supra 125pgm punya istri saya, mantap seperti motor gede mungkin karena bodynya lebih bongsor, softbreaker lebih enak, posisi bonceng lebih tinggi dan luas (karna jok lebih lebar)

2. Terasa banget keunggulan defaultnya yaitu bagasi luas bisa bawa macem macem dan tangki bensin gede bisa dikendarai lebih jauh

3. dalam hal kelincahan masih unggul supra x biasa karena body lebih ramping dengan tenaga yang relatif sama menurut saya.

4. keiritan relatif sama dengan yang biasa, ngoper gigi agak lebih halus dari yang biasa

97. muhammad chantry - January 22, 2012

nice post mas
salam kenal
:)

98. mustaqim - January 22, 2012

knapa supra x klo da lewat 1 tahun slalu ja pada kendor bodynya pda asaat mesin on pada getar semua…..knapa tuh..,…?

99. Lagi pilih motor Honda - February 20, 2012

Bro, klo injeksi ama karburator medning pilih mana ya…

Tengkyu

100. frans - March 5, 2012

saya sdh memakai supra x helm in pgm-fi untuk kepeluan sehari” dari rmh ketempat kerja dan buat tongkrongan bersama tmn”.
Performance dr supra x varian baru ini tarikan lebih responsif dan perpindahan gigi lebih halus.
Rem depan biarpun cuman kalipernya satu tp masih tetap pakem buat menahan laju motor dengan baik, dan saya yakin pihak Astra honda motor tidak mungkin mengabaikan hal safety riding apalagi AHM sebagai pelopor safety riding di Indonesia.

Buat tongkrongan bersama teman” model Supra X helm in PGM-FI tidak kalah dengan model” kompetitor.

Secara keseluruhan saya sangat puas dengan Supra X varian baru ini. Thanks buat AHM yg sudah membuat motor yg bermutu istilah kerenya motor premium hehe ^.^v

O iyah, saya sangat mendukung akan Global warming / pemanasan bumi dunia dengan PGM-FI saya cinta lingkungan dan cinta Indonesia. SELAMAT BERAKTIVITAS TEMAN-TEMAN.

101. peyez - March 15, 2012

gak gembrot tu motor . bayak yg beli tapi ortu aj

102. Sastro Gentolet - April 1, 2012

Honda Supra X125 Helm in memang kurang baik dan wagu.

103. bentom - April 1, 2012

wk….wk….wkw…..

104. asdroid - August 6, 2012

yaahh,,… dah mAHO.
gak jadi beli ah,…

105. tjanverdy - February 27, 2013

AHO pun isa d kadalin kalo yang pingin kayak motor saya sekarang bisa merem juga tuh lampu yang semula AHO skrng jdi kaga AHO



%d bloggers like this: