Bro Sekalian, Ternyata beberapa hasil snap shot bro Budi di artikel pertengahan september lalu itu menunjukan varian baru yakNi Mio J sporty dan bukan facelift dari varian yang telah ada dari Mio J . . . weleh weleh, Yamaha sepertinya telah meyimpan peluru ini untuk menghadapi hingar bingar Beat FI yang baru dirilis kemarin. So dengan ketambahan Mio J Sporty ini berarti Mio J memiliki paling tidak 4 Pilihan Varian . . . Yakni Mio J Family, Black Series, Teen, dan Sporty . . . wih difersifikasi masif nih . .

Dari 4 varian tersebut . . . terlihat banget bahwa ada strategy ‘ keroyokan’ disini . . Mio J dengan range Harga 12,9 Juta dibuat 3 varian yakni Family, Black Series dan Sporty . . . sedangkan Honda dengan pe De hanya menyiapkan satu varian di segmen ini yakni Beat FI CW Non CBS

Namuan Uniknya walaupun memiliki banyak varian di segmen 12,9 Juta (tengah) penjualan terbanyak Mio J ada di Mio J Teen yang cuma sendirian . . . seperti kita ketahui dari klaim yamaha berdasarkan data AISI, Mio J CW FI Teen menorehkan catatan manis menjadi motor terlaris Yamaha pada 8 bulan pertama di tahun ini. Sejak dilempar ke pasaran di Maret 2012 hingga Agustus 2012, Mio J CW FI Teen sudah terjual 233.435 unit dan bahkan sempat menorehkan angka distribusi tertinggi di April dengan prestasi 57.133 unit

Yang jadi menarik untuk dianalisa adalah upaya Yamaha memperkuat posisi menengah Mio J (12,9 juta)   . ..  bro bisa banayngin . . . sendirian aja Mio J Teen dengan modal striping dinamis dengan tambahan uang mahar bisa berbuat banyak . . . lha ini di segmen 12,9 Juta sampe dibuat 3 varian banyaknya . . . ada yang mau men share analisanya mengenai fenomena ini . . . monggo mas bro . . .

taufik of BuitenZorg

132 COMMENTS

    • Kesimpulannya, tampang motor cakep itu perlu untuk produk yimm, apalagi desainnya juga di ganti yang lebih matching, nggak perlu mainin warna dan striping pasti bisa lebih diterima.
      Kemudian warna baru mio J sporty kali ini prediksi ane tidak akan bisa melebihi penjualan mio J versi teen.
      Saran ane, tambah lagi varian warna cerah, velg warna putih, cover deck berwarna. Hilangkan warna-warna kombinasi ungu dan hijau, kurangi warna-warna gelap pada varian berwarna cerah.

  1. kenapa….striping mio j family aturan diganti mio j sporty dan black..tapi stoknya tak kunjung habis.. dan takut dicela ama FBH..blm setahun udh ganti striping..

  2. waduhh.. bunuh diri cak nyo/…
    ngapo demikian yahh..
    apo dk ado ide lainn..
    cm bedo stripping tp harga beda..

    ntar beat bs buat tagline
    yg lain ngasih warna tmbah harga..
    neh gw kasih tambah cbs plus tambah harga n wrna..

    hmmmmm

  3. mo varian apa kek! mesin jeroan n kwalitas tetp sama!… pinternya YIMM klo si MioJ Family, blackseries n sporty ga laku tinggal di cat ulang trus ganti nama varian jdi mioJteen!… ga bsa bkin yg baru x ya?…

  4. Membandingkan produk matic low end H n Y…
    Mio J bukanlah lawan yg sepadan dari new beat. Dari desain saya rasa msh bagusan new beat, plus fitur2 yg nemplok d new beat. Lawan sepadan new beat adalah Soul GT…tp sangat di sayangkan banderol keduanya terpaut sekitar 1 juta (versi new beat CW vs soul GT).

    Yamaha kurang agresif untuk desain sekarang. Coba desain soul GT seharga mio J, mgkn penjualan akan naik drastis.

    Apa mgkn skrg matic identik dgn lampu bego (soul, beat, vario series, xeon).

    Mgkn kl new beat tak terbendung, jurus terakhir adalah memberikan potongan harga 1 juta untuk mio j n soul GT. Trs buat produk dg desain bagus untuk melawan new beat… Sekali lagi desain…..untuk melawan new beat…. Untuk mesin matic Yamaha saya rasa sudah bagus untuk y injeksi (irit).

    Gmn YMII? segera siapkan produk ekslusif untuk mem “beat” honda new beat…!!!

  5. saran gw, tambah 1 lagi varian Mio J Ultimate Series!

    dgn kelir bertema techno style + fitur side stand switch + parking brake lock

    + EMBLEM 3D, harga taroh 13.5jt head 2 head Beat CBS

  6. jadi tambah banyak pilihannya, (namuan dan banayngin) kalo cuma 1 pilihannya, ditempat parkiran pasti bingung motorq yg mana?

  7. Tetep aja Mio J perbulan enggak lebih dari 40 Ribu Motor …
    Masih kalah jauh sama Beat yang tembus 125 Ribu Motor … Woooowwww …

  8. Belajarlah sama Kawasaki wahai Yamaha & Honda…………No striping klo model Bagus ya tetep cakep…!!!! sebaliknya klo modelnya JELEK mo dibedakin gmn ya tetep g menarik….

  9. Mohon doanya..

    Agar kelas 150cc sport bike bisa dimasukan ke agenda kejurnas IRS

    Rencananya tahun 2015 sdh mulai terealisasi
    Jadi positioning kelas 250cc untuk jenjang profesional yg mengarah ke jenjang wsbk & motogp dan kelas 150cc untuk rookies cup pemula / amateur

    Kenapa masih lama? Karena kebijakan pabrikan turut mempercepat atau memperlambat terealisasinya cita2 mulia ini..

    Kita sedang membujuk agar pabrikan besar sperti big four honda, yamaha, suzuki dan kawasaki untuk membuat motor sport massal kualifikasi performa dgn cc 150. Bukan bebek loh ya.. Tapi 4 tak sekelas cbr150 yg masuk kategori performa. Maaf buat 2 tak. Untuk didukung oleh FMI maka 2 tak jadi haramm ikutan

    Selain market share tidak akan sesempit kelas 250cc ongkos produksi juga bisa ditekan. Berdasarkan research kelas 150cc di region asean termasuk gemuk dan paling diminati.. Sehingga diharapkan big four diatas tidak akan sesak nafas mengeluarkan 150cc kelas performa..

    Mohon para blogger juga ikutan mensosialisasikan ini.. Bangkitkan awarness pembaca terutama dri kalangan pabrikan dan sport racing and biker enthusiasm..

    Cerdaskan bangsa dan majukan bangsa kita melalui balap motor bertaraf internasional dan bergengsi.. Please stop black campaign.

    Kalo anda masih seorang nasionalis dan tdk mau di cap sebagai penghambat kemajuan bangsa alias pengkhianat

  10. tp memang terbukti irit banget………..tenaga bawahnya ok………….hemat ongkos bensin buat PP rumah kantor………..mantap

  11. maaf klo fby ada yg trsinggung. tp dimata saya bentuk mio j bnr2 trlihat culun mskipun udah ganti striping. trutama bgian head lamp.

  12. Jane mas ipanese turune ngeloni komputer opo piye? Kok neng di bae pertamax. Wkwkwk sorry mung pemasaran tok…. Mau diapa aja, tetep gak minat.sama mio..bukan soal modelnya.buooroooooos, gak tau yg injeksi. Belum pernah coba ga berani komen, ga berani coba2 beli, mungkin udah kadung kecewa sama keborosan yg karbu. Mending pake rx king sekalian.

  13. kalau gini yg kasihan dealernya mas haji….
    coba bayangin aja dealer harus jaga stok semua warna mio j ini..
    ya kalau boleh milih warna yg laku aja dipasaran, tp kenyataannya pabrikan yg nentukan stok di dealer dan ndak bisa nolak… sama kayak fino.. siap2 aja nambah modal dealer…
    nyesekk….

  14. Kelemahan nyu beat fi :
    – posisi aki dibawah kaki (rawan kebanjiran & konslet)
    – shock ambles buat boncengan
    – tarikan ga segalak yg lama
    top speed 91 kpj (klaim pabrik)

    kelemahan mio j :
    – blm sss & pbl
    – ban lebih sempit 1 cm
    – shock atos
    – diasyl silinder & forged piston, body ketebalan, rem terlalu pakem (kata fb3ha)
    – bikin fb3ha benci setengah modar
    top speed 92,5 kpj versi gps

    kelemahan suzi nex fi:
    – blm sss & pbl
    – ban lebih sempit 1 cm
    – body paling culun (kata semuanya)
    top speed 110 kpj versi speedo

    • Kelemahan nyu beat fi :
      – posisi aki dibawah kaki (rawan kebanjiran & konslet)
      ===========================================
      skywave sama hayate posisi aki nya sama loh dengan new beat. tapi ga pernah ada masalah.

  15. ane ikut merasakan kegalauan teman fesbuk ane sampe2 update status seperti ini http://oi49.tinypic.com/264ge1g.jpg …ingin ngakak tp ra tega…. inilah mungkin realita dilapangan…. dealer2 sepi pengunjung sementara stoknya menumpuk dan karyawannya ngegosib or smsan coz mo kerja apa kalo ky gini…jadi ngakak deh…

  16. kemungkinan do’i juga belum tau bahwa diluar sana sudah ada beat FI yg akan membuat Dia tambah ekstra keras menjual dagangannya yg numpuk itu…..

  17. Maen keroyokan warna dan striping sih ga terlalu ngaruh, tapi kalo maen keroyokan fitur ya tetep Honda yang selangkah didepan.

  18. Kalau Parkir masih harus diganjel pakai Batu enggak … Wa ka ka …
    Hari gini enggak pakai Parking Brake … Jadulllll … Operpret …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here