460x110_rev

440x110_9

jorge

Bro sekalian, Kaget kan melihat Jorge Lorenzo dan juga beberapa rider factory yang bermain di factory Class menggunakan ban dengan side strip berwarna hijau, which is artinya ban extra soft di Sirkuit Assen saat FP3 tadi? Koq Boleh? padahal setahu kita ban dengan kompon extra soft hanya bisa dipakai oleh Riders yang berada di kelas Open Class seperti Aleix Espargaro misalnya? . . . hmm ( Buat yang pengen tahu beda open class – factory Class silah buka kembali artikel ini )

440x130614

Parts

Jawabannya adalah karena kondisi Track Di Sirkuit Assen yang sangat dingin dan dipenuhi dengan tikungan cepat dan Lambat yang cukup banyak dan bervariasi sehingga membutuhkan ban dengan level Grip yang sangat tinggi  . . . jadi sudut pandang dan latar belakang keputusan adalah karena keselamatan para Rider itu sendiri sehingga Bridgestone menyediakan range ban depan slick (hanya ban depan lho) dengan jajaran Soft-nya yakni : Extra soft, Soft dan Medium  dan 3 pilihan  ini juga berlaku untuk Rider Factory Class

2014-motogp-bridgestone-unveils-new-tire-marking-system

 

Sedangkan untuk ban belakang slick untuk rider pabrikan Factory class tetap hanya dua pilihan yakni  medium dan hard . Dan Untuk Tim Ducati dan Open Class seperti yamaha forward  menggunakan ban dengan compound Soft dan Medium  . . . Menurut Bridgestone yang telah di bicarakan dengan komisi teknik MotoGP . . . jelas ban Extra Soft adalah ban yang paling aman untuk keadaan Track yang super dingin dan twisty . . . nah  silahkan simak berikut adalah pernyataan Bridgestone . . .

MVAI-Banner-1

tire_reg

so gimana sekarang sudah jelas ya ?

Taufik of BuitenZorg

21 COMMENTS

  1. klo gak salah di FP2 Marquez dan Rossi pake ban depan extra soft sedangkan Lorenzo pake soft (warna putih). Klo FP3 saya gak lihat hehehe

  2. Klo race pace sih Marquez sedikit lebih kencang dari Lorenzo, Pedrosa dan Rossi. Terutama di sektor 4 yg twisty itu lumayan selisihnya dari yg lain.

  3. Pantes tadi ngeliat gambar valentino rossi pake ban strip ijo bikin bingung, ternyata gara” ini to 😀

  4. Wow…honda bkn cm prnh bikin rc166 250cc 6 silinder tp jg 125 cc 5 silinder (25 cc persilinder). Bayangkan betapa kecil pistonnya, sungguh btuh presisi tinggi!
    vnd.youtube:Xuvx15DLDmc?vndapp=youtube_mobile&vndclient=mv-google&vndel=watch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here