460x110-maret2

IWB-TMC-Banner

tmc-sukamart-april2

eDL_Application_2

Bro sekalian, seperti Kita ketahui di artikel terdahulu bahwa KORLANTAS MABES POLRI, Pak Irjen Condro Kirono, MM , M.Hum memberikan sedikit clue bahwa POLRI sedang mempersiapkan aturan penjenjangan Surat Izin mengemudi untuk sepeda Motor yang mudah mudahan akan hadir di 2016 nanti Nah berikut ini adalah sebuah Sebuah Tanggapan Jurnalisme warga seorang Pengunjung tmcblog yang isinya lebih mengearah ke Elektronik Driving License ( Sim-Elektronik)  dikirim Via akses whatsapp tmcblog . . . Cekidot bro  . . .

440x100-loop

MBtech Riders-APR

eDL_Application_introductio

Jadi gini, ini menurut opini saya. Sebaiknya sim berjenjang memang ada, selain karena motor semakin besar cc-nya semakin besar tenaga dan semakin liar, butuh aware plus selain itu iubutuhkan skill dan pengendalian emosi yg lebih. Ada baiknya polri bikin tes wawancara dan psikotest.

Juga sekalian buat mobil jga dibikin berjenjang. Mulai city car, supersport, dan exotic. Terus untuk kartu simnya kalo bisa sdah mlai pkek edcl atau electronic driving card license. Yg kemudian memiliki barcode yang bisa berisi mcam-macam informasi termasuk daidalamnya kategori simnya dan histori pelanggaran lalin.

Jadi nanti kita gak perlu banyak kartu sim didompet. Masak dalam dompet ada 5 sim kan gak lucu wak. Oya edcl ini umeminimalisir sim tembak karena terintegrasi dengan server dan bisa diakses publik..

eDL_Application_3

Kalau Menurut tmcblog sih cukup Logis, kan sudah ada E-KTP tuh . . . nah kenapa Juga tidak E-SIM atau yang di sebut dalam artikel ini sebagai electronic driving card license. Kalau kita lihat gambar gambar info grafik di atas yang tmcblog peroleh dari presentasinnya salah satu suplier kartu elektronik ini , Indonesia memang sudah menjadi salah satu project asalkan memang data basenya tidak di gunakan untuk kepentingan negeri lain aja yaa hehehe. .Bagaimana Menurut pendapat bro sekalian mengenai hal ini? Silahkan didiskusikan sob .. .  selamat Berakhir pekan

taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

46 COMMENTS

    • Maaf wak Haji, ada penulisan yang aneh ini wak:

      KORLANTAS MABES POLRI, Pak Irjen Condro Kirono???

      KORPS LALULINTAS (KORLANTAS) MABES POLRI itu instansi/lembaganya wak, sedangkan Irjen Condro Kirono itu Kepala (komandan) nya.

      Jadi kalau penulisan yang benar adalah KAKORLANTAS MABES POLRI atau Kepala Korps Lalulintas Mabes Polri, Irjen Condro Kirono.

      😀

  1. Idenya baik, tapi malah merepotkan selama masih ada falsafah di aparat :
    – Kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah?
    – Kalau bisa lama kenapa harus dipercepat?
    – Kalau bisa dibayar mahal kenapa harus dipermurah?
    dst…..

  2. e-ktp gampang ngelupas wak nanti e-sim kawatir berkualitas nggak jauh dari e-ktp bikin repot, …e-ktp ane sama istri juga pada rusak ngelupas di pinggir2nya… kalo sampai teledor dipegang sama anak kecil/ batita dirumah – pasti bakalan ditarik dikelupas oleh si kecil langsung rompal wak

  3. Klo gak salah udah e-sim deh wak…
    Soalnya sya baru perpanjan sim tahun lalu…polisinya blg udah e-sim..
    Dan saya punya tmn yang simnya ngelupas dan memang bnar ada cip nya di pojok kanan atas kyk e-ktp wak…
    Tpi itu pendapat saya aja berdasarkan pengalaman buat sim tahun lalu ban bukti pnya tmn…
    Maaf klo slah ya wak..

  4. Gaya2an difoto retina.. Trnyt cm akal2an buat proyek doank alias fitur abal abal 😀 #e-ktp proyek yg berhasil b̶a̶g̶i̶ ̶y̶g̶ ̶p̶u̶n̶y̶a̶ ̶p̶r̶o̶y̶e̶k̶

  5. Klo gak salah udah e-sim deh wak…
    Soalnya sya baru perpanjan sim tahun lalu…polisinya blg udah e-sim..
    Dan saya punya tmn yang simnya ngelupas dan memang bnar ada cip nya di pojok kanan atas kyk e-ktp wak…
    Tpi itu pendapat saya aja berdasarkan pengalaman buat sim tahun lalu ban bukti pnya tmn…
    Maaf klo slah ya wak.. Makasih

    • Betul itu, sim sekarang sudah ada chipnya.
      Coba di baca pake hp yg ada nfc nya, install nfc card reader (atau sejenisnya).
      Ada data yg bisa di ambil/lihat, walau pun tidak terbaca itu data apa.

  6. Sim juga berlaku seumur hidup kaya e-ktp. Kalo melanggar lalin diambil simnya. Jadi menimbulkan efek jera

  7. Licence itu apa taufik? Nulisnya gede2 salah lagi. Mbok kalau blm fasih inggrisnya buka kamus dulu sblm nulis biar ngga malu2in..

  8. Mau SIM manual atau elektronik gak akan ngaruh kalau penegakan hukum di Jalan raya tidak kuat dan diiringi kesadaran tertib lalu lintas…SIM boleh aja berjenjang tapi kelakuan masih katrok dan sruntulan ya sama aja bohong…..

  9. Usul Juga wak Haji… Buat Warga Jekerte Sekalian bikin SIM Khusus MEngendarai aka Nyupir lewat air.. maklum Jekerte pada musim Hujan berubah menjadi Pulau Jekerte aka Kebanjiran. Ostosmastis di perlukan Skill Khusus mengendarai kendaraan dalam air. tau sendiri kan naek motor kebanjiran Ostosmastis bertambah berat macem Bawa Moge (Maaf bukan MOtor GErobak lo ya)… n Maaf lagi Bukan Motor BOdong Lo ya… Lirik IMBI (Ikatan Motor Bodong Indonesia)

  10. e-sim bagus.
    Tp akan lbh bagus kl mental dan moral penegak hukumnya juga bagus.
    Kl mental dan moral penegak hukum dah bagus, pasti rakyat jg akan mengikuti.

  11. E KTP aja server data basenya di Luar Negeri blum lg pengadaan komputer dan piranti pendukungnya di korup. Benahi dulu aj jajaran. Baru deh mikirin E Sim.

  12. Semoga g kaya e-ktp. Cz e-ktp itu cuma namanya doang. Cz malah jadi ribet cz untuk merubah data jadi 2 kali kerja yaitu manual+input data. Y smoga nek jd e-sim cma ada barcode(atau semacamnya), nomor sim, dan nama. Jd g ada kata pindah alamat atau perpanjangan gnti sim. Cukup rubah datanya j.

  13. Harusnya moral aparat duluan yang dirubah, supaya tidak jadi k*parat. Coba aja dicek dari sekian banyak petugas pasti gak semuanya juga punya SIM. Padahal bawa kendaraan juga..

  14. sekarang kayanya udh e sim deh wak. tp tetap ga benar2 berguna berhubung log pelanggaran ha pernah dimasukin ke database polri. tilangnya msh manual biar bisa minta sogokan di jalanan.

  15. ente yg belum fasih bahasa inggris dan harus buka kamus biar ga malu2in.
    FYI english (bahasa inggris) ada 2, English UK(Inggris) sama US(Amerika)
    surat izin kalau diterjemahkan ke english UK itu LICENCE, kalo english US ya baru LICENSE.

  16. E-KTP saja bermasalah. sarjana/diploma kita perlu 10 tahun lagi biar seluruhnya kompeten kek nya.

  17. lah sampe sekarang ktp ane masih ktp biasa, yg e-ktp belum terbit sampe sekarang, kalo sim, emang udah ada chip nya, coba aja di liat di belakang logo polri, ada chip ukuran 2x3mm…

  18. Daripada ngomongin E SIM, gue dikit OOT nih
    gue nubie,gue pengen nanya,apa sih fungsi nopol di depan motor?demi unsur keindahan,sepertinya ga pas.kalau flashback sedikit,aturan hidupkan lampu depan kan dapat dari luar, trus diterapkan,SUKSES, napa aturan nopol ga.wong LAMBORGHONO ojo iso….kepiye 🙂 iki.kan lumayan tuh,menghilangkan 1 biaya pembuatan plat nopol kali sekian juta dah hemat berapa.pabrikan juga ga pusing2 amir mikirin letakin plat depan yg cocok dmna

  19. Lagian, sorry ni agak generalisasi, motor cc besar yang dipampang dimedia, anti yang namanya pasang plat depan.bro silakan browse dan bandingkan jumlah yang makai dan tidak pada motor cc besar.kalau kita share disini alamat situsnya kan kurang pas.tp ya itu tadi,terlepas dari emang ga ada plat dudukan seperti kasus LAMBORGHONO, @atau pak pol pakai kacamata item pas liat motor cc besar lewat.kok isooooo??.aku sing setuju pasang nopol d belakang wae, jadi ora nutupi rupa depan motor yg makin hari makin ciamik.masak motor apik-apik pake koyo nang endase….suwun tempate mas.sorry curcol

  20. Maaf wak Haji, ada penulisan yang aneh ini wak:

    KORLANTAS MABES POLRI, Pak Irjen Condro Kirono???

    KORPS LALULINTAS (KORLANTAS) MABES POLRI itu sebuah kesatuan pada institusi Polri wak, sedangkan Irjen Condro Kirono itu Kepala (komandan) nya.

    Jadi kalau penulisan yang benar adalah KAKORLANTAS MABES POLRI atau Kepala Korps Lalulintas Mabes Polri, Irjen Condro Kirono.

    😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here