460x110

Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB

pos jaga parts

CaraKerja-VVA_2tak-honda

Bro sekalian, Ternyata Selain mematentkan desain Mesin 2-Tak Direct injection yang diklaim Ramah lingkungan Honda juga memparalelkan patent desain mesin tersebut dengan Patent ke dua yakni Patent ” Sistem Variable Valve Actuating untuk Mesin OHV ”  . . . what Variable Valve Actuating ? VVA yang selama ini kita kenal Di Yamaha NMAX dong ? Yap Variable Valve Actuating sebenarnya adalah sistem otomatisasi yang bisa menghasilkan beberapa variabel/ state dari Bukaan Valve/ klep dan Jika di NMAX berlaku untuk Mesin SOHC, maka Di patent Honda ini berlaku untuk Mesin Overhead Valve ( AHV) 2 -Tak  . .. dan tidak menutup kemungkinan VVA juga bisa berlaku untuk Mesin DOHC  dan VVA pun hadir di industri otomotif dengan nama dagang yang berbeda beda berdasarkan diferensiasi detail sistemnya. Ada VVTI, VTEC, VVT dan lain sebagainya You name it deh sob . . . Nah kali ini kita akan bahas VVA untuk mesin 2-Tak OHV nya honda dulu yaaa . . . . . . Cekidot  . ..

440x100-2

MBtech Riders-APR

VVA-patent

 

VVA-Yamaha-NMAX-2

Nah Bro sekalian kan sudah cukup ngerti tuh sama sistem VVA nya Yamaha NMAX ( jika lupa silahkan melipir ke artikel tmcblog yang lawas )  nah kalau di Yamaha NMAX , yang di variasikan bukaan klep/ valve nya adalah klep IN atau klep masuk . . . namun di Patent Honda 2 tak ini yang di variasikan adalah klep EX atau Klep output/ exhaus . . . Lho apa bisa?

chat-imam

karena ilmu tmcblog nggak seberapa, tmcblog sempat tanya ke yang lebih ngerti yakni mas imam Bengkel sepeda motor yang lulusan Training Yamaha Motor Corporation, jepang   . . . beliau jawab  . . . ” BISA . . . Bisa Makin Kencang, tergantung Power Band yang mau diraih . . . Pilih Mau Power Bawah atau Power RPM atas ”  . . . nah  siapp kalau begitu . . . kita kunyah kunyah lagiii .. .

sistem-variable-camshaft

Lha Sistem Variable Valvenya ada di head silinder dong secara valve nya berada di Overhead? Nggak bro, karena sistem penggerek klepnya menggunakan Pushrod dimana gerakan otomatisasisnya dilakukan di bagian Crankshaft menggunakan profil kem  . . . nahhh jadi kemnya di letakkan di bawah . . . Cek gambar diatas deh  . . . Nah jikalau kita perhatikan lebih detail lagi bagian bawah  . . . akan diperoleh detail  ..

sistem-variable-valve1

Bro bisa lihat ada kem, semacam Roller rocker arm dan tentunya pushrod. Kalau kita lebih perjelas lagi akan hadir gambar seperti yang bro bisa simak di gambar cover artikel ini :

CaraKerja-VVA_2tak-honda

Cukup jelas ? gambar di atas jika di Breakdown lagi akan hadir seperti ini sob  . . .

CaraKerja-VVA_2tak-honda-2

Nah tambah terang benderan dan jelas yaaa? ada dua profil kem yakni profil kem Hi untuk membuka klep EX lebar dan Profil kel Low untuk membuka Klep EX kecil . . .jadi nanti ada dua keadaan yakni low load operation PIN ( syncronizing PIN ) tidak mengunci, jadi RRA low saja yang aktif dan Hi Load Operation  yakni saat butuh performa maka PIN ( syncronizing PIN ) akan mengunci sehingga RRA ( roller rocker arm) Hi dan  RRA Low akan menempel  . .  persis seperti yang terjadi di VVA NMAX . . .

Saat Hi Load Operation, otomatis gerakan yang dominan adalah gerakan akibat profil kem HI  . . . RRA Low juga ikut gerak namun nggak akan menyentuh profil kem Low karena  . . . logis . . . bayangin gini kalo pesawat terbang bisa sedikit lebih tinggi dari  gunung tinggi, gunung rendahnya lebih jauh lagi kan ? hehehe siiippp lanjut  . . . nah gerakan RRA ini diteruskan via Pushrod ke pergerakan Klep EX di Overhead .  .  done ! . . . masalahnya penasaran kan kayak apa bentuk profil kemnya ? nihh jika dilihat dari samping sobbb tmcblog sajikan lengkap  . ..

cam-profile

Lalu kayak apa derajat bukaan klep EX saat modenya low load operation ? . . . nih sob  . .

Valve-1

bacanya ngerti kan ? . . . itu adalah diagram timing siklus saat low load operation dimana klep membuka selama waktu yang tertera yakni sekitar 60 derajad sebelum TMB dan 60 derajad sesudah TMB

Valve-2

Nah gambar diatas adalah  diagram timing siklus saat hi load operation dimana klep membuka selama waktu yang tertera yakni sekitar 80 derajad sebelum TMB dan 80 derajad sesudah TMB . .  atau artinya saat Hi Load Operation . . . Klep Membuka lebih awal dan menutup lebih akhir dibandingkan saat low Load Operation . . .

Nahhh namun menurut hemat tmcblog sistem conrod seperti patent Honda diatas jelas membutuhkan banyak part karena  . . . tahu sendiri ada pushrod dan lain lain . . . gerakan yang dihasilkan RRA dengan profil kem melalui saluran distribusi yang cukup panjang dan memungkinkan loss power dan ketidak efesienan bila dibandingkan dengan sistem VVA langsung di head silindernya.  . . . piye sob, tercerahkan?  . ..   silahkan dikunyah kunyah, yang bikin desain cerdas, yang baca juga jadi ikut cerdas  . . .

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

127 COMMENTS

    • semenjak honda mengeluarkan motor dua tak modern saya akhinya tau kalo mesin itu bukan perkara sohc n dohc. Sekarang saya paham mana yang teknologinya jadul dan mana yang modern. terimakasih honda.

    • wow..luar biasa..honda memang cerdas..yg otaknya segede UDANG itu para FB yg bisanya cuap2 niru2..kenapa otanya segede udang..namanya tiru meniru ya lw ajuin tuntutan lah..merasa dirugikan karena ditiru..Hukum lah yg berbicara dan yg menentukan mana yg niru mana bukan..

      orang yg meMATENkan pertama ya jelas2 si PIONEER

      logo2 mirip aje bisa dituntut miliayan..apa lagi teknologi..KOCAK lu para FB..mending hidup dihutan sana biar bisa BC sepuasnya..kan yg denger paling nyemot dan sejenisnya si Pem BC otak udang..EKWKWKWKWWW

      • mudah2an bisa diproduksi massal jadi harga bisa ditekan dengan kekuatan mass product.. in my humble opinion…

  1. di mesin ohv pake push rod saya rasa jelas tidak bisa efisien di rpm tinggi … jadi apa bakalan di buat balapan ?

  2. walau rada puyeng2 dikit mbayanginnya tapi sedikit masuk di bayangan tentang cara kerja mekaniknya ini mesin …. walo jadi lebih rada ribet dari mesin 4 tak konvensional tapi power nya bisa di atas mesin 2 tak konvensional ….. josss insinyur honda .

  3. paten honda sdh mempertimbangkan banyak hal, termasuk efisiensi dan realibility.
    TAR FBY BILANG NIRU NMAX LAH, PADAHAL MESIN VTEC HONDA SDH ADA SEJAK TAHUN 80an.
    VVA yamaha yang contek VTEC HONDA

    • Emang niru NMAX om, VVA yang pertama kali di Motor siapa? Nmax

      Yoyota (yamaha) juga udah ada VVT-i sejak tahun 70 , mau bicara apa anda sekarang ? Fansboy honda rata2 ilmunya cetek tidak berpendidikan.

      • garis bawahi bos, yg masuk indo ya, bukan yg prtmw kali di dunia..
        VVA pertama di motor masal itu honda cb400 Vtec klo ane ngk salah, tapi yg masuk indo pertama kali itu ya ENMEK

      • Goblok dipiara yg prtamakali mngaplikasikan VVA di motobike itu Honda, guoblok dipiara,, Nmax itu ngekor vtech dol..dodol…ilmu FBH lo bilang cetek, pengetahuan VVA baru tahu aja di nmax bilang yg pertama??? Ilmu cupet alias sempit ngaku smart dasar dodol

      • Wah…
        Bikin kapok orang Yamaha kalo kaya gini. Beli motor aja udah dirampok sales, sering disuruh balik diler. Diganti ini, diganti itu.. Motor dijual lagi juga susah. Tambah lagi SDM kaya gini. Bodohnya minta ampun. Kapok dah beli Yamaha. Ampuuun…

    • Behahhahahahah

      Contoohhh FBYKERE cuma makan senaarr otaknya kayak senaar

      Afika on July 24, 2015 at 10:38 am
      Emang niru NMAX om, VVA yang pertama kali di
      Motor siapa? Nmax
      Yoyota (yamaha) juga udah ada VVT-i sejak tahun

      TOYOTA dibaca yAmahaa

      “Salam SEMPAKIN DIDEPAN. ……………..KENISTAAN”

    • Huahahaha nmax dijiplak apa gk nmax itu yg jiplak vtech dr motobikenya honda??? Pengetahuan sempit, pates dodol semua

  4. ada yang bilang
    dohc itu modern
    sohc itu jadul
    sohc multyklep itu jadul
    2tak itu?

    teknologi itu bukan sekedar 2tak/4tak sohc or dohc

  5. Disinyalir dipersiapkan untuk mesin all new cbsf cos mesin dohcx masih inferior dari mesin sohc modern multyklep… jadi menciptakan mesin 2tak modern, yng notabenya mensinnya lebih jadul dari 4tak pada eranya….

  6. setelah tanya ke mekanik….

    jangan ampe salah tanya ke mekanik yang teknologinya modern tapi jadul kayak…. ah sudahlah….

    memang ada mesin jadul tapi teknologi moder dan motor modern tapi teknologi jadul seperti…. ah sudahlah

    • Komeenn seng jelas cuuukk

      Upak upuukk koyo tilang blasteran penteett

      Ngocehe

      PENTTIILLL……PENTIIIIILLLL……PENTIIIILLLLL

      “Salam SEMPAKIN DIDEPAN. ……………..KENISTAAN”

  7. Semakin dihayati, semakin mual.. ga nyampe nih otaknya wa.. 😀 pertanyaan yg blm terjawab, masih pakai oli samping ga ya? kalau iya bener2 bakal jadi mesin mahal, karena catalytic converternya harus yahud

  8. berarti dohc overbore lebih simple dari 2tak ini, dohc overbore FI is simple engine,no RRA,no reed valve,no oli samping, more power and no ngebul. Haha

  9. VVA udah duluan masuk ke Indonesia lewat Yamaha, apakah honda juga memasukkan?

    Pengen liat statement om gokil alias cakil bahwa mimpi terlalu besar VVA di 2 tak.

    • Sebentar lagi ada komen nickname palsu blogger ala om gokil (cakil) seperti hayate dan simple plan yang nyamber komen saya.

      Ciri2 oknum Fansboy honda satu orang dengan beribu nickname dan plagiat nickname.

    • Behahahahaha

      Jgn suka pitneess broooh

      Keliatan mental anda cuma seujung kuku…..alias sak menirr

      “Salam SEMPAKIN DIDEPAN. ……………..KENISTAAN”

  10. 2 tak ohv ada acara setel klep segala kah?kalau iya malu dong sama kucing garong eh maksudnya malu sama dohc overbore no RRA.

  11. mesin 2tak modern dengan klep exhaus tenaga dapat, ramah lingkungan, dan irit juga dapat.

    mesin sohc modern multyklep tenaga menyamai dohc irit tetep dapat, mesin efisien mudah n murah perawatan.

    mesin dohc jadul tenaga tidak lebih baik dari sohc, tidak efisien, n boros.

  12. kemunduran teknologi namanya,ingat teknologi dibuat bikin simple hidup,spt karbu di ganti FI,biar ga usah setel setel karbu, cukup kunci kontak on maka campuran bbm dan udara udah tercampur sempurna.

  13. semenjak honda mengeluarkan motor dua tak modern saya akhinya tau kalo mesin itu bukan perkara sohc n dohc. Sekarang saya paham mana yang teknologinya jadul dan mana yang modern. terima kasih honda.

  14. Semenjak Honda patenkan VVA di 2tak, tiba2 efbeha jadi doyan bicara keunggulan 2 tak. Padahal dulu mesin 2tak begitu dicaci para embekkk.

    Sama kayak semenjak muncul DOHC wala-wala overbore-overstroke yg limiter RPMnya diturunin lebih rendah daripada SOHC, tiba2 efbeha jadi lupa dulu katanya DOHC untuk mebantai SOHC di putaran atas. ngoahahahaha… beha…beha…

  15. terjawab sudah alasan kenapa pake pushrod, biar bisa pasang VVA di crankshaft.
    rancang bangun mesin kurang cocok untuk mesin multi silinder, semoga mesin ini mesin irit yang murah.

  16. Mesin 2tak itu populer karena selain kencang juga perawatannya mudah, ringan dan partnya sedikit. Merujuk paten honda di atas hampir semua kelebihan 2tak terdahulu hilang. Penggunaan part jauh lebih banyak dari mesin 4 tak sekalipun yang berimbas pada bobot yang berat dan perawatan yang sulit. Belum lagi banyak part bergerak yang pasti perlu penggantian. Kalo gitu kenapa honda bikin mesin 2 tak modern? Ah sudahlah…..

    • Kenapa honda bikin mesin 2tak modern?
      Jawabannya mudah, untuk meminimalisir kekurangan mesin 2tak yang tinggi polusi.
      Kemarin udah dijelaskan bagaimana polutan terjadi dimesin 2tak konvensional.
      Nah daripada bertanya-tanya kenapa, cobalah berpikir bagaimana membuat mesin 2tak simple tapi ramah lingkungan. Sebelum keduluan yama, suzi, kawa, jepang lah.

  17. Ora mudeng mas..
    Tapi harus diakui H memang jauh lebih canggih ke banding Y, bukti nyata dari mesin motor, mobil dan pesawat terbang/Jet sdh dibikin, kl Y baru Motor, mobil masih prototip blm jelas kapan ada realisasi…

    Point utamanya ternyata indonesia kita yg tercinta ini masih di jajah jepang dalam urusan perekonomian dan teknologi tapi.. ya sudahlah..

  18. ya semoga saja para vendor mau memasang teknologi ini kepada sport 150 mereka. Tapi dapat tetap mempertahankan harga.

  19. klo menggunakan klep buang vva nya seperti itu. nah klo konvensional tanpa klep buang kan sudah ada ypvs, kips dan rc valve. sistem klep dimesin 2 tak sudah ada sejak lama digunakan dimesin diesel 2 tak tp knp hondyar menggunakan mekanisme seperti ini lagi? menurut ane lebih ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar yg lebih baik, karena ketika langkah bilas bahan bakar yg baru akan mendorong keatas untuk mengusir gas sisa pembakaran menuju klep buang yg letaknya disilinder head sehingga hanya sedikit sekali gas baru yg ikut terbuang. hal ini berbeda dgn mesin konvensional tanpa klep buang karena gas baru yg mendorong gas buang akan ikut terbuang karena letak lubang exhaust yg sejajar dgn lubang bilas

  20. Behahahahah

    FBYKERE pada kagak trimaaa

    Tng yakepeet msh produksi kok 2tak modern

    NEWPIGSONNGEBUL

    “Salam SEMPAKIN DIDEPAN. ……………..KENISTAAN”

  21. FBYKERE gak usah ngiri

    Pabrikan sesembahan lu yg ngasih makan lu msh produksi kok mesin 2tak

    Tuh liat aja NEWPIGSONNGEBULL

    Behahahahahahah

    “Salam SEMPAKIN DIDEPAN. ……………..KENISTAAN”

  22. Ngekorrrr terusss coyyyy

    Honhon sukanya ϑ¡ pantatt yamaha

    Fbh kambing sukanya ϑ¡ ketek kaoskakii

    Ngoahahahahahahaha

  23. Mw dbilang niru atw gmn tp yg pertama patenin brarti yg laen haram pake nama yg sm…klo emang ymaha ngerasa pertama yg pake vva knp goblokny g dpatenin??trs knp yg kpkiran bikin 2tak ramah lingkungan baru honda??jd buat para fansboy&sales tu artiny honde ud jenuh maen 4tak krn g ad perlawanan dr yg laenny

    • semenjak honda mengeluarkan motor dua tak modern saya akhinya tau kalo mesin itu bukan perkara sohc n dohc. Sekarang saya paham mana yang teknologinya jadul dan mana yang modern. terimakasih honda.

  24. Pabrik tukang jiplak ya hongda
    Nggak ada cerdasnya sm skali

    VVA jiplak dr nmax
    Cb jiplak dr vixi
    Cbr jiplak r15
    Ciko jeriko jiplak komeng

  25. sbnarnya kalau pabrikan ini mau berbaik hati,ga usahlah bikin 2T model gini.cukup kembangin aja 2T yg dulu ada, trus tinggal tambahin deh ini itu biar bisa lolos euro berapa pun.bila perlu pakai tenaga air haha.

  26. ngahirnya, kluar juga tititnoligi kuno balik ke ngasal. Dulu katanya mesin 2 tak itu kuno, lah apa karena ni mesin 2 taknya udah dohc dengan ecu pirelli sehingga paga lupa dengan ucapanya, mesin itu mesti dohc croot

  27. Ngahemm jago maen paten:kemaren dohc operstruk
    Kemarenya Ecu pirelli+velg showa.sekarang 2tak vva.
    Besok besok dohc vva.

    Hadeuh..

  28. Wah…wah dah banyak yh kelojotan rupanya yah…. Yg plng lucu ngomongin toyota di baca yamaha…. Kebanyakan naek motor nonggeng basi an acha2…. Ada lagi yg bicara paling paham, bilang nyontak nyontek… Dirumah paling mentok naek mbit kw… Ngakunya r25… Ngiahahahahahaha… Eta hakan tah runtah…..

  29. Otak fby mah cuma sampe di cripton apalagi yamaha ga ada bwt inovasi.bikin suling aja fals mau bikin mesin lagi

  30. kalo beneran jadi ya semoga untuk mesin dibawah 250cc wak.. diatas itu kebijakan pajak’e bikin mumet ra iso tuku… dan semoga jg masuk Indonesia..hehe… ato skalian produksinya di Indonesia deh!

  31. Adi – July 24, 2015
    Goblok dipiara yg prtamakali mngaplikasikan VVA di motobike itu Honda, guoblok dipiara,, Nmax itu ngekor vtech dol..dodol…ilmu FBH lo bilang cetek
    =====================

    namanya VTEC om yang pintar….bukan VTECH

  32. Wkwkwk
    Fby taux cuma yamaha yg pertama
    Ssg juga yamaha yg pertama
    Honda ssg masih haram jdi g masuk itungan
    Kasi ja dah…. mari goyang gigi lima dulu biar semangat

  33. kirain OHV udah gk ada wak… inget kalo bongkar2 mobil jadul…
    bukan nya mesin jenis ini lebih berisik dibandimg yg sohc ato dohc wak..??

  34. wowww…fby dongo bin dungu bilang vva 2 tak modern honda jiplak yahomo m•mex.. yg ada tuh yahomo jiplak vva sohc honda jazz..di rubah sistem pendorongnya aja..!! susah klo sdh dongo dan mata berkarat garpu..

  35. padahal push rod ditinggalkan honda karena banyak selip di rpm tinggi wak, lebih presisi timing chain
    makanya mesin CG berhenti, yg berkembang mesin CB, contoh sederhananya sih gitu

  36. Teknologi jadul…padahal ROTAX udah duluan mengembangkan Direct Injection dengan teknologi yg hampir2 mirip…intinya Teknologi jadul dengan Nama baru

  37. ini sih 4 tak jatohnya wak….!
    liat aja ini gambar tekniknya posisinya mirip 4 tak ohv cuman yng membedakan menggunakan 1 valve+1 push rod tau itu valve in/ex.

  38. yg otaknya segede UDANG itu para FB yg bisanya cuap2 niru2/jiplak2..kenapa otanya segede udang..namanya tiru meniru ya lw ajuin tuntutan lah..merasa dirugikan karena ditiru..Hukum lah yg berbicara dan yg menentukan mana yg niru mana bukan..

    orang yg meMATENkan pertama ya jelas2 si PIONEER

    logo2 mirip aje bisa dituntut miliayran..apa lagi teknologi..KOCAK lu para FB..mending hidup dihutan sana biar bisa BC sepuasnya ga da hukum/aturan..dihutan kan yg denger paling nyemot dan sejenisnya si Pem BC otak udang..EKWKWKWKWWW

  39. Sedih liat sales saling mengklaim sb pioneer….apa kalian tdk sadar tekhnologi honda dan yamaha selalu ada kemiripan beda penamaan aja jd tdk usah saling mengklaim paling hebat honda dan yamaha itu jebat dan masing2 punya kelebihan dan ciri khas….apa lagi fbh Slamet On isi otak tdk lebih kaya anak sd ngomong ga karuan sok tau……dasar otak dengkul

  40. hayo siapa yg mao bli penemuan saya tak obral murah saja..teknologi mesin tanpa stang piston,jdi ada ruang bakar atas dan bawah

  41. Coba anda2 skalian teliti dan juga coba anda2 yg sok pinter ini pahami…serta blajar kosa kata lagi. Balik lagi ke SD sana? Ato emang otak fb2 ini yang kongslet.

    Wak haji kan bilang engine/mesin. Bukan motor! Knapa anda2 skalian kisruh seakan mesin itu buat motor? Malh ngebandingin SOHC atau DOHC. Bisa aja buat genset, mesin giling, pompa air, pmotong rumput, cuci motor, mesin perahu, POKOK’E KANGGONE AKEK..Secara sejak jaman dulu mesin honda buat keperluan giling atau genset udah berkonfigurasi OHV. Mgkin dikembngkan lagi biar lbh ramah lingkungan. Lagian tekhnologi Klep Variable pertama kali ya VTEC itu bos…cepat googling sana,sblum otak2 fb karatan.

    • Biasa di kasih basian nyah gtu… Satu basiam dohc darinpektay satu basian arem2 nongkeng dari aca2….

      Asli motor yah epyu!!!

  42. Jiplak jiplak aja bahasanya wkwkwkw sudah sudah,

    Bahasa saya jiplak entah dari ibu bapak dan lainnya,<< bener ga?
    Motor saya bannya dua jiplak motor siapa ya? hehehe << jiplak ga?
    Ban motor saya bundar apakah jiplak ga ya? << jiplak ga?
    Kalo ga mau jiplak besok saya ganti sama yang bentuk persegi deh wkwkwk… ???

    Jangan terlalu mempermasalahkan soal jiplak menjiplak, teknologi bagus itu patut di CONTOH, lalu dikembangkan!! Susah kan kalau misalkan ban itu bundar lalu kita inovasi jadi persegi?? minimal kita bikin kembangkan grip berbeda, << itu umpamanya jika anda mengerti.

    Semuanya itu sah-sah saja.

  43. gak yakin sma yg ini, sbuah kemunduran tekno klw pke “ohv” vva 2 tak lagi??? yakin emisinya? pushrod bwt balap? yg maju itu dohc vva ataw unicam vva, tohc vva, emang perlu gua ajarin buat ide bagus hon??

  44. dari sekian bnyak coment yg berkoar koar bak fby fbh bayaran apa yg di tulis wak haji di artikel ini pasti ngga ada yg ngudeng …..survei membuktikan dri coment yg ngga nyambung semua , salam smart wak haji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here