460x110

Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB

tmc-sukamart-april2

doohan

Bro sekalian, sebuah tulisan di speedweek kembali menyingung tentang kemungkinan Comebacknya Seri Indonesia untuk Perhelatan Balap motor prototipe paling bergengsi sejagad MotoGP. Penjelasan artikel panjang lebar di Speedweek [1]tersebut menyebutkan satu satunya sirkuit permanen yang punya kedekatan spesifikasi FIM yakni Sirkuit Sentul yang kondisinya sudah menua karena  lepas dari mantenance serius semenjak di resmikan 1993 yang lalu. Lalu info apa yang bisa diperoleh artikel speedweek tersebut ?

440x100-2

MBtech Riders-APR

Yap mengenai timingnya sob . ..  seperti kita ketahui pihak management sirkuit sentul sudah mendatangkan designer sirkuit terkenal seperti herman Tilke dan mungkin juga ada panitia panitia pembangunan sirkuit lainnya . . . dan Dikatakan Carmelo ezpeleta CEO Dorna Sports yang juga sempat didatangkan ke Jakarta beberapa bulan yang lalu mengatakan bahwa sekarang Dorna tinggal menunggu Proposal yang berisi Layout sirkuit dan Infrastuktur yang tentunya sudah di sesuaikan dengan regulasi FIM mengenai Sirkuit MotoGP . .

sentul-transmission-map-nvl

nah salah satu Kuncinya timingnya memang pada proposal yang ditunggu Dorna pada akhir MotoGP Silverstone Inggris tersebut. Jika Dorna dapat memberikan stempel ” Approved ” pada proposal tersebut barulah kemungkinan step fisik perbaikan/ renovasi Sirkuit akan dimulai pada akhir 2015 sampai di Full 2016  . . . Herman tilke sendiri sempat memberikan Clue bahwa butuh maksimum sekitar 1,5 tahun renovasi sentul agar siap Untuk MotoGP 2017  . . . Lho pas full renovasi Praktis Sentul nggak bisa dipakai dong ? ya ngalah dikit mungkin gak apa apa kali yaaa, Biar All out githu . . . silahkan dikomentari sob

Taufik of BuitenZorg

foto Credit : speedweek

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

70 COMMENTS

  1. Pesimis masbro. Paling renov minor. Ga mungkin semegah sirkuit2 luar. Tau sendiri pemerintah indo. Murahan. Hwehwehwe.

  2. ayo kita dukung indonesia untuk jadi bagian dari motogp….. Renovasi menyeluruh sirkuit sentul jadi internasional biar jd bersaing seperti negara malaysia sm singapur… ms klh sm mereka……

  3. Iya pastinya sentul all out entar kang…sampai dorna teperangah sambil dikunyah-kunyah ngeliat sentulnya..huehuehue :))

  4. mending bikin sirkuit baru, di Bali atau dimana
    jakarta udah sumpek, macet, kumuh
    malu nanti sama orang2 luar yang ngeliput

    kalau (misalnya) di Bali kan cakep tuh, bangga kitanya juga pas diliput

  5. NGUiiiiiiiiMMMPiiiiiiii cooyyy

    Behahahhahaahah

    “Salam SEMPAKIN DIDEPAN. ……………..KENISTAAN”

  6. Gpp 2 tahun, mungkin dari sekarang pemerintah bsa bkin sentul tandingan biar ada 2 gtu… Yah gak usah gede2 macam sentul kecil lah, lumayan buat semprot 150,,,, byar diinjek2 tuch doch wala2 ama motorsport nonggeng ala motogp,,, ngiahahaha….

    Satu lagi layout sedikit diubah kali yah….byar g terlalu monoton (kata doohan dlu)…
    Itu gambar keren amat yah ada bni bankkkkk nya milik indonesiaaaaa coy!!!!,,,,

    Mudah2an terlaksana biar bsa nonton lg spt sentul 97!…

  7. Yang kasian kalo jadi mobil akomodasi kudu nyiapin receh yang buanyak!!!… Bayangin aja tiap tikungan belokan ada polisi cepek!!!…

  8. Pak,nitip saran pak

    Tolong nanti ϑ¡ sentul dibikin sepanduk ato baliho “dilarang sebar brosur ϑ¡ tengah sirkuit”

    Takutnya kacungg2 honhon pd nyebar brosur ditengah sirkuit pak,ngejar motor2 prototipe

    Soalnya ngejar bus kopaja udah gk mempan pak,liat ɑ̤̥̈̊jª MS honhon makin anjlok

    Ngoahahahahahaa

  9. Menurut saya terlalu gegabah kalau tahun 2017. Karena yang perlu diperbaiki kan bukan hanya sirkuit. . Lagian masih banyak negara yg bisa lebih membuat wow pagelaran motogp. Jadi mendingan jgn buru2. Benahin dlu fasilitas sirkuit, menuju sirkuit dan tempat penginapan penonton.

  10. Kang di Young Machine baru ada penampakan kuntil anak dan gendruwo kelas 250 baru liat di warung sebelah..ayo kang dibahas isi majalahnya!!!!

  11. kok ga bikin di papua aja ya…?
    sepertinya lebih seru, dan bisa menambah kesejahteraan masyarakat disana…

  12. Buat yg pesimis berarti ga pengen Indonesia maju… ga berani sama perubahan… sampe kapan juga gini-gini aja…
    Padahal kalo negara lain aja bisa bikin sirkuit megah kenapa negara kita ga bisa??
    Tenaga ahli banyak, pembalap berpotensi juga banyak, promotor juga banyak yg siap mendukung, dan mumpung orang2 pemerintah lagi narsis dan pengen eksis, kenapa ga jadiin aja?

  13. setuju di sentul.. karena deket rumah sy… hahha… deket rumahnya pak leo, mas iwanbanaran dan bang haji…

  14. Semoga cepat terealisasi dengan lancar biar Indonesia bisa menyelenggarakn motogp, masa kalah sama tetangga . . .

  15. tmc baru blog beneran dan profesional, kalo warung sebelah…
    Masak gambar ngambil dr majalah young machine dikasih watermark nama blognya 😀

  16. Kesempatan kadang lebih mahal daripada apapun, gengsi ,yang penting terlaksana dulu, membangun sirkuit mercusuar belakangan saja. Bisnis itu mengalir

  17. Dorna cuman mancing aja,pemerintah mana berani garap circuit? hambalang aja penuh pro kontra.mau bikin circut yg mungkin hanya diharapkan sebagian kecil rakyat saja? apa mungkin? mau dari kantong swasta? apa iya sih?

  18. GP Silverstone itu 30 Agustus, masih sebulan lagi dan rasanya saya juga belum mendengar berita yg signifikan terkait persiapan sentul menuju motogp 2017.

    Namun setelah saya coba browsing, sempat nemu berita (agak lama) disini: http://www.jpnn.com/read/2015/06/22/310958/Ini-yang-akan-Diubah-dari-Sirkuit-Sentul-Sebelum-Jadi-Venue-MotoGP-2017-/page2

    Kata Ananda, dalam standar Federation International de Motocyclisme (FIM) saat ini Sentul masuk dalam grade 3. Padahal penyelenggara Moto GP harus berada di grade A. Karenanya Sentul harus membenahi beberapa hal.

    Salah satunya mengubah beberapa tikungan.

    Sirkuit Sentul memiliki 11 tikungan sepanjang lintasan. Dalam dunia balap, istilah tikungan dinamai radius yang biasa dikenal dengan sebutan R. Dalam renovasi nanti R2 alias tikungan kedua dalam lintasan harus diubah lurus.

    Perubahan berikutnya terjadi di R3 dan R4. Nanti lintasan di titik-titik tersebut diperpanjang.

    R5 atau tikungan kelima juga dirubah. Ananda mengaku perubahan itu mengacu pada keselamatan pembalap. Tikungan lain yang juga diubah adalah R6 dan R7. Sebab kedua tikungan itu sangat berdekatan. Kedua tikungan itu akan diperlenar.

    Selain itu runoff juga akan dilebarkan dan aspal juga diganti. Menurutnya aspal Sentul saat ini tidak bagus. “Lintasan balap dan aliran sungai dekat, yakni sekitar 15 meter. Karena resapan air dari sungai itu merembet ke pori-pori aspal. itu yang membuat aspal ompong,” ujarnya.

    Nah perompakan Sirkuit Sentul dikerjakan desainer sirkuit asal Jerman Hermann Tilke. “Dia akan menjadikan Sentul sebagai sirkuit grade A,” kata dia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here