honda-vario-440x100

Bro sekalian, Honda CBR150R boleh dibilang Sportbike Full Fairing pertama Produksi Lokal Honda ( AHM) yang menggunakan Headlamp LED (Light Emitting Diode) sebagai penerang depannya. Daya listrik yang digunakan untuk menerangi 4 Cluster Lampu depan saat menyala normal adalah sekitar 11,4 Watt dan Bila ditambah lampu jauh maka total 6 cluster lampu led akan menyala dengan total daya yang dibutuhkan 14,4 Watt . . . Yap pada umumnya Motor yang masih menggunakan Headlamp Bohlam/ bulb butuh daya sebesar 25 sampai 35 watt . . . so kalau pake LED  bisa di pangkas sampai 50% nya kan . . hemat energi sob

440x100_drivechainkit

headlamp-road

TMCBlog coba nyalakan headlamp di Kontur jalan yang baru tersiram Hujan ini menurut tmcblog adalah kondisi yang cukup riskan dan ekstrim . .. bukan apa apa , Asphal Yang habis terguyur Hujan dimalam hari sangatlah hitam kelam, jauh berbeda dengan ashal saat kering . .. dan sobat bisa lihat sendiri dengan Modal Lampu headlamp 11,4 Watt, jalanan yang gelap , cukup diterangi dengan sinar putih yang terpancar dari 4 cluster headlamp LED CBR150R . . .

spidi-2

headlamp-compare

Di video atas Juga di perlihatkan perbandingan sorotan lampu headlamp Honda CBR150R dengan Yamaha NMAX yang juga menggunakan headlamp LED . . . Kenapa dibandingin sama NMAX ? . . kebetulan yang sama sama masih baru ya NMAX, dan lagi pula NMAX Juga menggunakan headlamp bertipe LED ini  . FYI headlamp Yamaha NMAX menggunaan 3 pcs LED yang masing masing berdaya 6 watt jadi total sekitar 18 Watt . ..  11,4 Watt LED VS 18 Watt LED  . . .  Logikannya ya menang / lebih terang 18 Watt kemana mana dan hasil pengujian di video atas pun membuktikan secara empiris . . . silahkan dikunyah kunyah sob dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

76 COMMENTS

    • Modiar kowe fbh, 32 jt dapat lampu senter kiyep-kiyep, masa 6 buah cuma 11 watt, nmax aja 3 buah udah 18 watt
      ????

      • “Daya listrik yang digunakan untuk menerangi 4 Cluster Lampu depan saat menyala normal adalah sekitar 11,4 Watt dan Bila ditambah lampu jauh maka total 6 cluster lampu led akan menyala dengan total daya yang dibutuhkan 14,4 Watt..”
        —————————-
        kayanya ada yg ga lulus SD nih..

    • lampu led honda.. bahaya terlalu silau.. dari pengalaman berpapasan dengan motor honda yg pakai led, membuat mata tersiksa

        • Itu krna projector led honda yg buruk.. Gk slalu daya lampu lbh besar brarti lbh silau..
          Bikin projector led itu lbh sulit ketimbang projector lampu halogen..
          Gw prnh pas”an ama Nmax dan Soul GT 125 emg kenyataannya pancaran gk sesilau klo pas”an ama Vario 110..

    • ayo fby yg semangat bc nya…..
      jangan sampe pabrik garppu kaaraat tutup….
      awas dipecat lho kaalo gk semangat…..

  1. nah yang motornya pake headlamp led silahkan tolong diperhatikan INDIKATOR LAMPU JAUH NYA.

    itu lampu jauh tolong dipake hanya pada saat ga ada penerangan atau kalo kasih kode mau overtaking

    banyak bener orang kampung tolol ga ngerti artinya indikator lampu jauh

    • klw itu bukan masalah kampung atau kota pakde, itu orangnya yg ngejengkelin, mobil jg byk yg kyk gitu, di jalanan kota yg lmpu jalannya hidup smua bisa2nya pake lampu jauh…. bahaya banget tuh, jln lubang/rusak di depan gk keliatan…

      pengen nglempar tuh org rasanya, sabar2…huff

  2. musti di upgrade berarti yg cbr biar jadi 35 watt led,,
    biar sama ky yg thai kan 35 watt,,
    cm tipe nya halogen atw apa ya? lupa,,
    kalo ga salah tipe nya H4.. 55/60 cmiiw

  3. Kebanyakan yang bikin silau adalah headlamp yang dibuat cluster terpisah antara lampu jauh dengan lampu dekat.
    Contoh paling banyak adalah vario techno series. Kenapa mereka menyalakan lampu jauh? Karena ketika semua cluster hidup akan lebih keren. Thats it.
    Semua tergantung ridernya sadar keselamatan atau cuma ingin motornya kelihatan keren.

  4. cbr 150 lampu led jg jauh lbh hemat ternyata tp cukup terang buat nerangin jln yg hbs diguyur hujan. Honda selain bs membuat engine dohc yg irit bbm tp akselerasi top jg sektor lampu lbh hemat, shg bs bikin accu lbh awet/ tahan lama. Honda top lah untuk ini.

  5. bukannya headlamp nmax itu 3 led, buat lampu dekat 2 led?? jadi lampu dekat 12 watt, lampu jauh 18 watt
    cbr lampu dekat 11,4 watt,lampu jauh 14,4 watt

    jadu itu lampu dekat cbr vs lampu jauh nmax???
    hadehhh

  6. itu Vario 150 di ekspor ga ya? parah lampunya bikin silau.
    klo di USA kan pancaran lampunya ketinggian langsung di recall.
    kaya kasus ZX1000 beberapa tahun lalu…

  7. Gak cocok tempat komparasinya wak haji…..
    Mengapa? Sorot lampu nmax disorotkan ke tembok putih sedangkan sorot lampu cbr ke pintu warna coklat.

  8. Pengalaman berpapasan motor2 berheadlamp LED :
    CB150R, Sonic n Mio series = sangat silau.

    Nmax n Xabre = cukup terang but entah kenapa tidak menyilaukan

    pertanyaannya: Headlamp All New CBR150R masuk kategori yg mana?

  9. nmax lampunya lebay en bikin silau… asaal bikin tuh
    maklum ajah pabrikan abal2…

  10. Bruud on April 27, 2016 at 10:29 am
    yang Masih Pake bohlam Jadul Kriep kriep Monggo mingir masuk Gudang Dlu ya..

    klo udah pke led tpi msih kriep2 gmn kang, yg ada cuma bkin silau pengendara lain.
    gk safety

  11. Warna Putih itu memantulkan cahaya sedang Hitam menyerap cahaya, kelihatan DITITIK PUTIH kedua motor ini terangnya SAMA.

    So, 11,4 Watt …VS…18 Watt hasil test di atas jelas Unggul s CBR Yg hanya 11,4 Watt sanggup lawan yg 18 Watt jika di sorotkan di subyek yg SAMA ?

  12. konyol donk ahm… irit sih irit kalo kurang terang mh buat apa irit.. motor bkn cm buat jalan coran yg berwarna terang… masa kalah sm NMAX.. jd nih beli NMAX.. salah satu alasan ane dlu beli old CBSF, adalah kekuatan cahaya lampunya yg 55/60 H4.. klo LED nya masih minim mh, ane blm berani beli produk AHM lg…

  13. tp masih mending lah wak ada lampunya. yg bahaya itu mtr yg pake ban cacing udh gitu ga da lampunya. yg lebih bahaya lg ada yg lampu depannya warna merah trs lampu belakangnya warna putih/kuning.

  14. Warna Putih itu Memantulkan cahaya sedangkan Hitam Menyerap cahaya, kelihatan DITITIK PUTIH kedua motor ini terangnya SAMA.

    So, 11,4 Watt …VS…18 Watt hasil test di atas jelas Unggul s CBR Yg hanya 11,4 Watt sanggup lawan yg 18 Watt jika di sorotkan di obyek yg SAMA ?

  15. Wak..
    mau tanya..
    di awal2 video itu kok teksnya “Pengetesan Penerangan lampu LED Honda CBR150R MY 2016”
    MY itu apa? Malaysia kah?
    Berarti import CBU Malaysia bukan lokal?
    bingung saya..

    Trims..

  16. Pak haji.. Info doang.. Kalo komparasi lampu ada baik nya pake aplikasi lux meter, ane yakin di ios dan Android pasti ada.. Dulu ane suka pake waktu masih main main lampu, supaya ada data yang di hasilkan, tidak dari kasat mata. Thx

  17. Lampu LED Honda selalu menang……….. silaunya.

    Terang enggak, yang ada malah bikin mata pengendara berlawanan arah menjadi silau. Terutama model SCOOPY setelah itu Vario series.

    • Kalo scopp tanah belum led yg udah led itu waria series lednya bikin mata serasa kebakar maklum mahonda kalo bkin sesuatu yg baru selalu awalnya jelek gak seperti yamaha selalu bagus dari awal liat tuh led cb new bikin orang kecelakaan , bangsat kan jadinya mending led nya yamaha terang adem n ga silau ane punya new soul enak daripda waria 110 kampungan modelnya cc kecil harga mahal

  18. Saya nggak ngerti bgmn sampeyan semua saling adu argument tanpa menyadari hal2 yg sampeyan temui. Pabrik motor atau mobil tidak memilih atau produksi projector lampu baik halogen atau LED yg bikin silau. Mereka nggak sebodoh itu. Anda sadar nggak banyak pengguna motor baik lampu bohlam atau LED yg dgn santainya pakai lampu jauh di dalam kota? Mau bohlam atau LED pasti silau. Kedua, kalau motornya dipakai boncengan, motor bakal ambles ke belakang toh? Efeknya, headlamp akan dongak ke atas! Biarpun lampu dekat, klo motor tsb boncengan pasti lbh silau. Jadi nggak perlu nyolot2 seperti itu krn lampu ini itu. Dewasa dikit napa? Mikir dulu, dicermati dulu kondisi di lapangan. Jng asal semprot sana sini. Toh keluarga anda pasti jg ada yg pakai motor dgn lampu LED kan? Bukan salah lampunya, salah yg pakai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here