jump to navigation

Istighfar . . May 27, 2016

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , trackback

istighfar

Berikut ini adalah sebuah kisah yang saat saya pertama kali mendengarkan langsung dari guru saya membuat hati tersentak dan membuat bulu kuduk saya berdiri, memuji betapa besar kuasa Nya . . . awalnya saya ingin menuliskan versi yang saya dengar, namun ndilalah di sebuah grup whatsapp biker yang saya ikuti kisah ini di share, jadi deh saya re-share  ke sobat sekalian untuk kembali mengingatkan kita keutamaan meminta ampun kepada Nya, Kisah ini sepertinya cukup terkenal jadi kemungkinan besar sobat sudah pernah juga mendengar/ membacanya sebelum ini. . . cekidot

Menjelang akhir hidup Imam Ahmad bin Hambal atau dikenal juga Imam Hambali, beliau bercerita tentang perjalanan yang luar biasa dan mencerahkan jiwanya. Murid utama Imam Syafi’i ini bertutur: “Satu ketika, (saat usiaku telah tua) aku tidak tahu mengapa aku ingin pergi ke Bashrah.”

Beliau sendiri merasa heran, mengapa ada dorongan kuat sekali untuk pergi ke Bashrah. Beliau saat itu beliau sedang menetap di Baghdad.Padahal, tidak ada janji sama sekali dengan siapa pun. Dan, tidak ada hajat apa pun di kota itu. Akhirnya Imam Ahmad pergi sendiri menuju ke kota Bashrah.

“Ketika sampai Bashrah, malam telah masuk waktu Isya’. Saya ikut shalat berjamaah Isya di salah satu masjid. Hati saya merasa tenang, lalu saya ingin beristirahat,” tutur beliau. Setelah shalat Isya’ ditunaikan dan jamaah telah pun berhambur keluar masjid, maka Imam Ahmad ingin sekadar beristirahat di masjid itu sambil tiduran.

Namun, tiba-tiba Takmir masjid datang menemui Imam Ahmad sambil bertanya, “Wahai Syaikh, apa yang kau lakukan disini?”  Pengurus masjid ini memanggilnya “Syekh” karena orang yang di depannya tampak tua, bukan karena dia orang kaya atau orang alim. Dia sama sekali tidak tahu bahwa orang yang ditemui itu adalah Imam Ahmad. Ulama sangat termashur di zamannya.

“Saya hanya ingin beristirahat. Saya musafir,” jawab Sang Imam.
“Tidak boleh! Tidak boleh tidur di masjid ini!” bentak pengurus masjid.

Dengan sikap tawaduknya, Imam Ahmad pun tidak memperkenalkan siapa dirinya. Padahal di seluruh negeri, semua orang kenal siapa Imam Ahmad. Tetapi, tak semua orang pernah melihatnya langsung.
Terjadilah peristiwa yang menyedihkan, Imam Ahmad diusir dari masjid. Beliau didorong-dorong hingga hampir tersungkur. Setelah beliau di luar, masjid itu pun dikunci.

Setelah berada di luar masjid yang sudah terkunci pintunya, beliau ingin tidur di teras masjid itu karena kelelahan.
Namun, ketika sedang berbaring di teras masjid tersebut, tiba-tiba Marbot itu kembali datang dan memarahi Imam Ahmad.
“Apa lagi yang akan kau lakukan, Syekh?” bentaknya.
“Saya mau tidur, saya musafir,” jawab Imam Ahmad.
“Jika di dalam masjid tidak boleh, maka di teras masjid pun tidak boleh,” tegas marbot.
Imam Ahmad pun diusir dengan cara yang tak sopan. Bahkan, beliau didorong-dorong hingga ke jalanan.

Kesabaran Imam Ahmad telah teruji. Beliau sama sekali tak marah dan sama sekali tak mau menunjukkan siapa sesungguhnya beliau. Padahal, jika marbot itu tahu siapa sesungguhnya dia, pasti tak akan terjadi peristiwa ini.

Kebetulan, di samping masjid itu ada warung penjual roti. Sebuah rumah kecil sekaligus untuk membuat dan menjual roti. Tampak ada seorang penjual roti yang sedang membuat adonan, sambil melihat kejadian yang menimpa Sang Imam yang didorong-dorong oleh marbot tadi.

Ketika Imam Ahmad sampai di jalanan, penjual roti itu memanggil dari jauh, “Kemarilah,Syekh, kau boleh menginap di tempatku. Aku mempunyai tempat, meskipun kecil.”
“Baiklah. Terima kasih,” jawab Imam Ahmad sambil masuk ke rumahnya. Lalu, duduk di belakang penjual roti yang sedang membuat roti.
Lagi-lagi, Imam Ahmad sama sekali tidak memperkenalkan siapa dirinya. Beliau hanya mengaku sebagai musafir.

Penjual roti ini punya kebiasaan yang unik. Mungkin seperti orang yang pendiam dan tak banyak basa-basi. Jika Imam Ahmad ngajaknya bicara, baru dia mau menjawabnya. Tapi, jikalau tidak, dia terus membuat adonan roti sambil melafalkan istighfar.
Bacaan istighfarnya tak pernah berhenti. Saat menaruh garam pada adonan, dia menyebut “Astaghfirullah”, saat mau memecahkan telur, dia pun menyebut “Astaghfirullah”, saat mau mencampur gandum pun mengiringi dengan “Astaghfirullah.” Praktis, dalam setiap keadaan dia mendawamkan istighfar.

Peristiwa menarik ini diperhatikan terus-menerus oleh Imam Ahmad.
Lalu beliau bertanya “Sudah berapa lama kau lakukan ini?”
Orang itu menjawab, “Sudah lama sekali syekh, saya menjual roti sudah 30 tahun, jadi semenjak itu saya lakukan membaca istighfar.”

Lalu, Imam Ahmad bertanya lagi, “Apa hasil dari perbuatanmu ini?” Penjual roti itu menjawab “(Melalui wasilah istighfar) tidak ada hajat yang aku minta , kecuali pasti dikabulkan Allah. semua yang aku minta Allah, langsung diterima”.
Orang ini sangat percaya denga. hadis Nabi,”Siapa yang menjaga istighfar, maka Allah akan menjadikan jalan keluar baginya dari semua masalah dan Allah akan berikan rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangkanya.

“Semua dikabulkan Allah, kecuali satu, masih satu yang belum Allah berikan kepadaku,” ungkap penjual roti.
“Apa yang belum Allah kabulkan?” tanya Imam Ahmad penasaran.
Orang itu menjawab, “Aku minta kepada Allah supaya dipertemukan dengan Imam Ahmad.”

Saat itu juga Imam Ahmad kaget luar biasa hingga beliau bertakbir, “Allahu akbar! Allah telah mendatangkan saya jauh dari Baghdad pergi ke Bashrah dan bahkan sampai didorong-dorong oleh marbot masjid itu sampai ke jalanan itu ternyata karena istighfarmu.”

Penjual roti pun terperanjat. Dia memuji Allah bekali-kali, karena ternyata yang di depannya adalah Imam Ahmad, orang yang sangat dirindukan dan diharapkannya berada di hadapannya, di dalam rumahnya sendiri. Sebuah tarikan dzikir “istighfar” yang dilantunkan oleh seorang secara terus-meneris mampu menarik kordinat seorang ulama hadis terkemuka dan imam mazhab.

Comments»

1. nurdin - May 27, 2016

pertamax

MT_Rider - May 28, 2016

Subhanallah, Allahu Akbar…istighfar para kaum pemBC

2. nurdin - May 27, 2016

wah kena jaring komen wajar …
yowis baca artikel dulu biar insyaf jangan sadar …
entar dikira fby

3. jono - May 27, 2016

Subhanallah.

4. veve - May 27, 2016

astaghfirullah

5. Riki Bdg - May 27, 2016

Luar biasa..

6. aris - May 27, 2016

Subhanallah

7. agus tok - May 27, 2016

Subhanalloh

8. Alfakir - May 27, 2016

Terharu bacanya’ Mudah2an bisa terus beristigfar juga kaya penjual roti

9. imron - May 27, 2016

masyaallah kang, kita harus bercermin dari kisah ini.

http://gasmentok.net/honda/ahm-sediakan-aksesoris-ori-keren-untuk-supra-gtr150/

10. isal - May 27, 2016

Merinding wak bacanya.. Subhanallah.

11. cah kene bae - May 27, 2016

Mahabesar Allah ..

12. dave - May 27, 2016

nice

13. jono - May 27, 2016

dua paragraf terakhir mmbuat kdua mta sy berair

14. rotibakar - May 27, 2016

subhanallah…..maha suci allah!!

15. menyan - May 27, 2016

Merinding wak

16. rama - May 27, 2016

wak boleh di share ya?

17. piio - May 27, 2016

Subhanall

18. piio - May 27, 2016

S ubhanallah

19. fa,at - May 27, 2016

bermanfa,at sekali

20. coey91 - May 27, 2016

subhanallah intiqomah ya wak bikin artikel gni….

21. ardiantoyugo - May 27, 2016

merinding…

22. M16 - May 27, 2016

akhirnya ada juga kisah seperti ini setelah lama absen
Alhamdulillah..

23. kawung - May 27, 2016

kok bisa pas dengan khutbah di mesjid sy tadi jumatan ya wak? sy di semarang pdhal wak..
semoga jadi peringatan utk diri sy..

24. Pendi - May 27, 2016

Subhanallah…..Izin share Wak…

25. Dion - May 27, 2016

mbrebes mili wak Haji…. Astaghfirullah

26. orang awam - May 27, 2016

luar biasa, subhanAllah

27. acacia - May 27, 2016

habis baca …. sampai berkaca-kaca wak mata saya.
Insyaallah kita umat muslim bisa mengamalkan bacaan istighfar

28. Aladin - May 27, 2016

masyaallah

terharu ane wak :’)

sering2 buat artikel beginian donk wak , minimal setiap jumat..
hehee

29. Harry Hidayat - May 27, 2016

Subhanallah..

30. pendekar sakti suling emas - May 27, 2016

30tahun.. Sedangkan aku, kadang berdoa kalo lg butuh..

31. Burgaz - May 27, 2016

Subahanallah. Beginilah seharusnya cara kita juga mengunjungi warung ini. Bebas dari rasa hasad, dengki, dan sombong. Saatnya beristighfar, kembali ke jln yg benar, dan berhenti utk saling sikat. Antara fby vs fbh

32. ujang - May 27, 2016

Subhanallah…
Asliii beneran merinding & berdegup ni jantung bacanya.
Izin share mas…

33. Mang EPi - May 27, 2016

Masyaallah.. Inspirasi…

34. batucha - May 27, 2016

A Very very good one reminder for all of us embracing the Ramadhan Kareem.

35. chintya tanoewidjaja - May 27, 2016

sama kayak produk honda… dihina hina… di BC terus… dibilang motor DNf…. mledug lah…
tp akhirnya ditunjukkanlah kepada seluruh dunia kenyataan yang sesungguhnya

motor klan tertinggi dari pabrikan Yamahe mledug di sirkuit balap motoGp….

mledug… kayak fogging…

alhamdulillah..
.

Mamimu - May 27, 2016

Masih sempet nyeles y?

Banyakin istighfar mas

klothok - May 27, 2016

Otak fbh. Lanjut bc walau artikel bukan tentang motor.

Semoga cepat masuk surga.

Aamiin.

chintya tanoewidjaja - May 27, 2016

ini bukan BC mas..

tunjukkan mana kata kata saya yang termasuk BC

saya hanya menunjukkan fakta

kebenaran memang menyakitkan om…

yang sabar ya fby

MT_Rider - May 28, 2016

motor klan tertinggi dari pabrikan Yamahe mledug di sirkuit balap motoGp….

mledug… kayak fogging…

___________________________

Benar2 tersesat daya ingatnya, Astagfirullah!!!

chintya tanoewidjaja - May 29, 2016

fakta mledug memang milih motor yamaha

menyampaikan kebenaran memang butuh perjuangan…

kebenaran memang susah diterima.. tp kebenaran akan selalu menang

jelas jelas motor kasta tertinggi yamaha mledug di sirkuit..

itu fakta… bukan gosip ataupun isu miring

Rins - May 27, 2016

orang munafik ni.kmarin2 nyamar fby,oh ternyata fbh.

MT_Rider - May 28, 2016

Astaghfirullah…!!!

36. aku - May 27, 2016

Subhanallah… adem banget yeh blog klo isinya beginian…

37. le' man - May 27, 2016

MasyaAllah… sampai nangis bacanya wak..

38. R-f - May 27, 2016

Subhanallah…..Allahuakbar

39. Riri - May 27, 2016

Masya Alloh…..luar biasa….

40. Hadehhh - May 27, 2016

Kok sama persis dengan khubah Jum’at di mesjid tadi, sepertinya…..

41. Bogel - May 27, 2016

Subhanalloh

42. Lord Duarte - May 27, 2016

Subhanallah, artikel yang sangat bagus. Sangat berguna untuk kehidupan di dunia ini

43. bdt - May 27, 2016

alhmdulillah

sudah beberapa thn vakuum,

artikel ngaji tiap jumat kelaur lagi

44. bdt - May 27, 2016

mudah-mudahan,

mbah dharmno yg lagi ngopi di warung mbah dukun,

ikut nimbrung di mareh

45. gearbalap - May 27, 2016

Urusan dunia cenderung membuat kita lupa bahwa segala sesuatu mutlak atas seijin-Nya.. Semoga saya bisa sabar, tawakal dan selalu ingat untuk beristigfar supaya selamat..
Tetaplah sabar dan jangan hilang fokus jika sobat ingin selamat..

46. ribowo - May 27, 2016

Ijin share wak…

47. klothok - May 27, 2016

Luar biasa.

48. pengamat - May 27, 2016

Subhanallah….
Ya Allah Seandainya miskin harta itu baik setidaknya jadikan kami kaya ilmu, supaya rezeki yg sedikit menjadi berkah, sedekah ilmu yg bermanfaat menjadi amal yg tidak pernah putus & menjadikan kami orang² yg selalu bersyukur.
… Amin

MT_Rider - May 28, 2016

Amiin ya Robb!

49. Gandi - May 27, 2016

Ijin bagi bagi wak haji

50. agus arifin - May 27, 2016

Izin share gan

51. awas - May 27, 2016

merinding. suerrr terimakasih wak…

astaghfirullah….

kebiasaan baik sekiranya perlu dibagi..

semoga keselamatn tercurah bagi kita sekalian.. aamiinn…

52. eduardo - May 27, 2016

semoga kita semua diberi hidayah oleh gusti Allah amiiin…makasih om artikelnya

53. Cuma kt yg maksain di dpn - May 27, 2016

Kita Umat akhir zaman.. Sdh makan Dr jln Subhat kadang haram, dgn Ghibah atau Fitnah orang.. & kita paling sedikit Istigfar’y,, malah dgn bangga kt sering tertawa smbil menghinakan orang.. Ngohahaha,,

Astagfirullahal’azhim.

#Miris

54. motomania - May 27, 2016

Subhanallah…
Mantap kang…

55. yurry1 - May 27, 2016

subhanallah.. menyejukkan kang..

56. alex - May 27, 2016

Kesimpulannya

Mau beli MOGE, Istighfar!

Mungkin keinginan – banyak gaya, padahal finansial jauh dari PANTAS

Roy (Sempak Operpret) - May 27, 2016

Kan ada sport 150cc dohc? Modif bak moge n kebut2an gak jelas dijalan raya. Serasa immortal n unstoppable kek juggernaut.

Sadarlah wahai biker sport 150cc dohc/sohc. Kalian bukan dewa atau makhluk immortal. Klo mw ngebut disirkuit. Kalau mw mati sendiri aja ditengah jalan kereta

57. top-x - May 27, 2016

58. virus on - May 27, 2016

Subhanallah, keistimewaan sebuah kalimat yang penuh ampunan dan doa. Astagfirullah

Note: nik yg biasanya nyales hilang di artikel ini

59. Kotaro - May 27, 2016

..Subhanallah,.. Smoga Allah memberikan keberkahan, smoga umat dinegeri ini bisa mengikuti jejak si fulan (pembuat roti).

60. Kotaro - May 27, 2016

..Subhanallah.. Smoga umat di negeri ini bisa mengikuti jejak si Fulan (pembuat roti) tsb..

61. Smoke - May 27, 2016

Makasih wak, semoga artikel ini menjadi tambahan catatan amal baikmu :’)

62. dogol - May 27, 2016

Istigfarnya Ikhlas sehingga dapat ridho Allah SWT.

63. EGI-YK - May 27, 2016

Rahimahumallah, wa baarakallahu fiik..

64. The Biker Stig - May 27, 2016

baru baca kisah nya
mantap kang

65. old vixy 2012 BRT lover - May 27, 2016

Nyesek nong dhodho waaakkkk…

66. do - May 27, 2016

Ijin share ya pak haji…

67. cap cus cin - May 27, 2016

Subahanallah

68. Widji Soetedjo - May 27, 2016

Aku jadi terharu Wak,,,

69. metikwae - May 27, 2016

like this wak haji….

70. Sanghyangasmara - May 27, 2016

Subhanallah… Subhanallah… Subhanallah…

& ssungguhny tiap prbdi mmiliki kisah sndr, kisah yg mgkn hny ia & Allah yg tw… 😄

71. kusnanto - May 27, 2016

SubhanALLAH

72. mbah ted - May 27, 2016

Masya Allah wak… Artikel pencerahan islami khas tmcblog. Penyejuk rohani. Semoga tiap malam jumat/hari jumat keluar artikel kayak gini wak kaji!

73. motor cool - May 27, 2016

kita banyak sekali mengambil hikmah dari riwayat riwayat tsb wak smoga bnyk penerapanny dikehidupan sehari hari .. dan dijauhkan perpecah belahan permusuhan antar saudara seperti di negeri perang timteng sono … amiinn ..

74. moi - May 27, 2016

luar biasa
subhanallah

75. gony - May 27, 2016

masya allah….smoga blog anda lancar terus ya …dan diberkahi sama allah SWT….

amiiin

76. kolong langit - May 27, 2016

Nangis saya bacanya..koq 30 tahun saya ga prnah dgr atw baca cerita ini ya..saya jadi malu cuma tau cerita 1 dr 4 imam besar, itupun cuma crita presiden soekarno yg mencari kuburan imam bukhori..

77. gv - May 27, 2016

astaghfirullahhaladzim…smga qt ttp sslu saudra berbagi kebaikan n sllu mnjga….jngn ad fanatik merek aplagi memujanya xg mngakibtkn sling BC, fitnah,dengki,n permusuhan.qt bs bli motor allamdllah..smga manffaat n awet.

78. siao - May 27, 2016

Allahu Akbar.. Matur nuwun mas Taufiq..

79. ahsan - May 27, 2016

astaghfirulloh

80. ahmad - May 27, 2016

Terimakasih buat artikelnya …

81. sukhoi utangan - May 27, 2016

romadhon emang bulan penuh berkah, ini baru menjelang romadhon aja udah dpt berkah dari artikel ini.

klo di artikel otomotif ada perang fbh vs fby, sy memandangnya sbg hobi netizen yg sedang cari sensasi dan hiburan, tdk perlu dimasukin hati. mudah2an aslinya mereka adlh org yg takut siksa neraka.

82. Mang EPi - May 27, 2016

Sebelumnya saya mnta maaf teman2, bukan maksud menggurui. Hanya berbagi.
Silahkan searching, perbedaan MASYAALLAH dengan SUBHANALLAH Hatur nuhun semoga bermanfaat..

83. Sunartosili - May 27, 2016

SubhanAlloh

84. tamvan - May 27, 2016

istighfar

85. SEN25 - May 27, 2016

Kekuatan Doa dan Istigfar mmg luar biasa

86. un tung - May 27, 2016

“Astaghfirullah”,

87. Mr. Black - May 27, 2016

ijin share wak 🙂

88. sohc sohc hota hei - May 28, 2016

ajiib wak haji… Ane demen dah nih
Tp pass scroll kebawah ane sempet ngakak ada komen yg masi aje pde ribut, Kelakuan dasar. Wkwkwk

89. serreniti - May 28, 2016

MasyaAllah..
nabi saja minimal 100x istighfar dlm sehari..
pantaskah kita yg bukan ahli syurga sombong dan menjelek2kan dagangan orang lain melalui BC?

90. cah bagus - May 28, 2016

Subhanallah, merinding Saya Wak. Sampai gak sadar terharu. Astagfirrullah..

91. setiyakawan - May 28, 2016

sering-sering pak bikin artikel kayak gini

92. Tony - May 28, 2016

SUBHANALLAH

93. bark - May 28, 2016

Subhanallah 😭😢
Merinding bacanya.. Ternyata amalan istighfar itu sangat luarbiasa.
Mari saudaraku sekalian perbanyak istighfar..
.
Saya dukung ttp bikin article siraman rohani wak.
Semoga apa yg telah di share wak haji menjadi pahala yg berlimpah. Aaamiiiin

94. sidiqAerox - May 28, 2016

Astaghfirullah…
Subhanallah
Pencerahan hati setelah sekian lama bebal
Tertutup debu2 kelalaian & maksiat

95. (penikmat cikopi+gorengulen dipagi hari) - May 28, 2016

tuh istighfar para sales… rejeki gakan kemana…

buat kami istighfar saat riding en touring… biar lancar

96. Navara_Jutex/Syarief - May 28, 2016

Subhanallah… semoga Allah mengampuni dosa kita yg telah lalai,,, ayo istigfar…

97. muchlis - May 29, 2016

Astaghfirullah Al-azim ,Alhamdulillah…..!?.

98. Syahrul Mubarak - May 30, 2016

Masyaallah

99. bengkellas - June 9, 2016

masya ALLAH..

100. Ario - August 16, 2016

awalnya saya ingin menuliskan versi yang saya dengar
——
Wak, bolehkah saya request versi yang Wak Haji dengar?
Terimakasih.. 🙂



%d bloggers like this: