TMCBlog.com  . . Di Video berdurasi 2 menitan diatas sobat dapat menyimak trik dan tips bagaimana jika rider memiliki jangkauan kaki yang tidak panjang ( tmcblog hanya 750 mm ) namun bisa menaiki motor Jangkung yang memiliki ketinggian tempat duduk ( seat height ) jauh lebih tinggi, dalam hal ini adalah Honda CRF 250 Rally yang menurut spesifikasi teknis resmi memiliki angka seat height 895 mm ( 89,5 cm ) alias  14 cm lebih tinggi dari jangkauan kaki maksimum tmcblog ( 75 cm ) . .. 

Gambar di atas menggambarkan posisi duduk / Ergonomi riding HondaCRF250 Rally . . ergonominya sebenarnya macem macem dengan cara mengeser geser posisi duduk, bisa kedepan banget saat ingin bikin traksi ban depan, bisa kebelakang saat mau buat traksi ban belakang ditambah . . Namun umumnya saat riding standar Ya seperti di atas mas bro

Secara umum gambar diatas sangat mengilustrasikan betapa ini Honda CRF250 rally jangkung banget jika dibandingkan dengan tmcblog, seat heightnya yang 89,5 cm ini bikin saat naik diatasnya membuat dua ujung kaki melayang ..  udah ngak namanya tip toe lagi ini namanya, udah bukan jinjit balet lagi .. Namun Gimana Caranya biar Safe naik ke atas motor ini di area Cross country/ Cross . . ? Cekidot . .

  1. Ok Dekati dulu Motornya  . .
  2. Dalam Kondisi motor terstandar dan gear Netral ( N) Nyalakan mesin
  3. Lalu Lipat standar Samping
  4. Masukan gear ( gear 1 – untuk motor 150 cc atau gear 2 untuk Motor 250 cc keatas ) kenapa CRF250Rally butuh gear 2 . . ? Untuk Pemula Torsi maksimum di gear 1 dimana 22,6 nm bisa sangat mengagetkan, oleh karena itu better pake Gear 2 . . .
  5. Lalu naik ke atas Jok dan setelah naik Otomatis motor akan melendut kebelakang karena suspensi CRF250Rally yang lumayan empuk
  6. Setelah itu siap siap berdiri dengan satu kaki ( kaki kiri )
  7. pelan pelan buka kopling dan Jalan  . . .

Ilustrasinya bisa sobat lihat di Video di atas Ya . . . Proses berhenti pun berkebalikan, . . gak butuh cari dinklik atau pingiran trotoar dulu buat turun sob . . Cukup berhenti dengan satu kaki kiri, matikan mesin pakai engine kill switch, lalu turun dari motor dan terakhir buka standar samping ..  selesai  . . semoga bermanfaat  . . Selamat menikmati asiknya blepotan dan silahkan simak preview Gubraknya tmcblog pada Video instagram di bawah ini sob 😀

Taufik of BuitenZorg

38 COMMENTS

  1. kalau udah didudukin jadi jauh lebih rendah ya wak? kayanyanya masih lebih jinjit pas naik r15 2017.

    Guest
  2. Wak dulu wak haji jg pernah test wr 250 yah.
    Sayang foto di blog nya gak bs dibuka lagi.
    Jk boleh tahu dulu wak haji jg bs lancar pakai wr 250 r ya wak
    Ana 165cm jk mau beli wr 250r apa bs naik jg wak??
    Bedanya secara kemampuan dan power wr dg crf r ini apa wak?
    Awet mana
    Boleh kasih masukan wak
    Tks wak
    #silend ride blok njenengan

    Guest
    • wr kayaknya sudah special engine yah
      kalo sudah special engine kayaknya spek trail yang sudah sangat advance tuh bro

      Administrator
    • belom SE Wak, cuma memang secara spek power dan torsi paling besar dikelasnya

      Guest
  3. Joss wakkk ngeri-ngeri sedap hampir nabrak, Nah tips kalau dijalan raya macet-macetan gimana wak naik motor tinggi gini buat postur mungil ngeri juga kalau jatuh bego karena postur mungil

    Guest
  4. Jadi inget t4 ane samarinda klo ujan, mendadak bnyak sungai bermunculan di jln raya
    Asik bnget kali y nerabas jalan yg motor lain pda umumnya g brani lwatin

    Guest
    • Samarinda ga terlalu seru om.. masuk ke daerah L, menuju ke Tabang.. ato ke bontang tapi lewat jalan hauling… ane juga samarinda soale
      Josss…
      Wkwkkwkwk

      Guest
    • Jalan ibu kota provinsi aja “menantang” klo pas lg musim ujan pa lg klo waduknya ampe tumpe2 dijamin awet banjirnya pa lg jalan pedalaman dijamin lebih josss…

      Guest
  5. Oiya bener tuh wak, coba kalo sempat tolong bikin artikel tentang cara negakin motor yg jatuh. Dari posisi jatuh kiri & kanan sekalian bir komplit. Thks wak

    Guest
  6. motor belum ditunggangi sudah masuk gigi + engine on apakah safety ??? 😉
    emang crf pk mesin diesel ?
    ampe torsi NJENGATS 22,6 NM didapat di rpm rendah (1k – 3k) ??
    Oondahhhh bangets yaks 😆

    Guest
  7. Hallo…ada yang punya info lowering kit for crf 250 rally?…
    Kemarin coba motor ini langsung jatoh waktu belok…..padahal saya 170 cm…..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here