TMCBlog.com – Bro sekalian, sirkuit Ricardo Tormo Valencia pagi hari ini tergolong dingin dengan temperatur udara hanya 13 derajat celcius diawal sesi membuat rider urung keluar paddock mereka, sehingga sesaat setelah sesi test dimulai tidak ada rider yang icip icip motor baru mereka. Marc Marquez mengakhiri 2 hari sesi test post season di Ricardo Tormo Valencia sebagai yang tercepat dengan waktu  1:30.033 detik. Dibelakang Marquez hadir rekan setimnya, Pedrosa yang membukukan waktu 1:30.436 detik serta Zarco di tempat ketiga dengan 1:30.439 detik. Mayoritas dari team dan juga rider memilih lebih banyak di dalam paddock, mengingat suhu cukup rendah karena memasuki musim dingin, juga karena di hari kedua ini semua agenda pengetesan spare parts terbaru sudah banyak yang selesai.

Hasil Valencia Test Hari Kedua

Berikut ini adalah beberapa berita serta catatan-catatan kecil yang berhasil TMCblog himpun dari berbagai sumber tentang hari terakhir Valencia test. Monggo dibaca sob..!

Suzuki

Saya awali dengan team Suzukii Ecstar factory yang akhirnya bisa tampil full team, setelah Andrea Iannone dan Alex Rins merasa badan mereka lebih baik pagi ini setelah menderita sakit selama hari Senin sampai Selasa kemarin.

Alex Rins angkat bicara mengenai penyakit yang ia derita; “Kemarin saya benar-benar mengalami sakit yang hebat, sekarang sudah merasa jauh lebih baik, gak tau apa yang sebenarnya tejadi pada diriku, serta 14 orang crew kami juga mengalami sakit  yang sama kemarin.” Hari ini Rins langsung geber sasis dan mesin baru, namun karena waktu yang cukup mepet akibat absennya dio rider Suzuki kemarin, maka semua yang ada akan dibawa ke Jerez pekan depan.

Ducati

Sementara itu di kubu Ducati, dikonfirmasi oleh Ciabatti bahwa Ducati akan berkonsentrasi pada suspensi. Membandingkan suspensi lama dengan suspensi baru dari Ohlins, pada motor lama dan juga motor 2018, yang nantinya akan diagendakan untuk di test kembali di Jerez setelah menghimpun semua data masukan dari 2 hari pengetesan di Valencia barusan. Dovi; “Sesi test hari ini sudah berakhir bagi kami, hasil yang cuukup positif.” Lorenzo; “Cara riding-ku di Ducati sudah makin membaik, kita tunggu saja motor baru kami di Sepang nanti.”

Ducati Factory tidak mengungkap banyak dari dua hari ini, lebih banyak bekerja dengan rahasia. Dovizioso mengakhiri sesi test lebih awal, sepertinya memang sudah selesai apa-apa saja yang ditargetkan untuk diuji coba. Ducati factory kini bersiap untuk sesi test di Jerez pekan depan, seperti beberapa team yang lain juga.

Jack Miller dengan GP17 ber-Aero kit

Petrucci masih struggling dengan grip ban belakang terutama saat motor mulai memasuki tikungan, kata Petrux feeling pada motor membuatnya kurang percaya diri untuk geber maksimal kali ini. Alvaro Bautista dari Aspar Ducati yang kemarin jatuh dengan keras di Turn 1, kali ini absen karena dirinya merasa sakit di area tulang punggung, meski hasil medisnya dinyatakan baik-baik saja. Begitu juga rekan setimnya, Karel Abraham yang tidak ikut test di hari kedua.

Jack Miller yang begitu impresif dua hari ini terlihat kembali semangat beradaptasi dengan GP17, meski sempat jatuh di turn 10 seperti banyak pembalap lainnya yang juga crash di tikungan yang sama dari hari kemarin. Casey Stoner test rider Ducati factory sempat angkat bicara, menyarankan kepada pengelola sirkuit untuk segera dilapis ulang aspal pada turn 10 karena di area itu banyak sekali yang mengalami kecelakaan dengan gejala yang sama [minim traksi pada ban depan]. Diakhir sesi, Miller kedapatan GP17 lengkap dengan aero kit seperti Lorenzo dan Dovi pakai tahun ini.

Xavier Simeon yang pada hari kemarin jatuh, kali ini sanggup tampil lebih baik. “Saya sangat bersemangat pada hari ini, kemarin sempat terjatuh karena masih menerapkan titik pengereman dan juga cara pengereman dengan motor Moto2 dan kehilangan traksi ban depan. Jadi hari ini lebih kepada menyesuaikan diri dengan motor lebih jauh lagi.”

Honda

Marc Marquez hari ini lebih sering berada diatas jok RC213V 2017 sepertinya dijejali dengan beberapa update parts untuk 2018 sebagai pembanding dari kekuatan motor jawara RC213V tahun ini. Dani Pedrosa yang sejak awal masuk trek sudah pakai RC213V spek 2018 versi awal terlihat tidak ngepush. Disinyalir Pedrosa memang hanya menguji motor terbaru tanpa memperdulikan waktu tercepat. Marc di akhir-akhir sempat tampil sangat cepat dengan motor 2017 yang pakai ban baru.

Keduanya tampil cepat dan yang menarik adalah kedua rider Repsol Honda selain cepat tapi juga terus konsisten mencetak lap time yang identik ditiap putarannya. Ini dia nih hal yang perlu diwaspadai oleh semua rival Honda tahun depan, cepat dan konsisten selalu jadi kunci kesuksesan para juara dunia. Honda sudah siap untuk kompetisi 2018 sejak Valencia!

Dari tim satelit Honda, Nakagami merasa lebih nyaman dengan RC213V hari ini, tapi penyesuaian kecil tetap dilakukan untuk mencari posisi berkendara terbaik. Juga settingan suspensi pada motornya di setup lebih jauh lagi karena bobot Nakagami yang terbilang cukup berat namun masih belum mulai bekerja pada setingan geometri motor.

Morbidelli sempat merasakan licinnya turn 10, namun tidak mengalami cidera apapun dan langsung bergegas ke pit box untuk recovery.

Yamaha

Baru setelah satu jam test dimulai, Valentino Rossi dan Maverick Vinales mulai memasuki trek. Vinales pertama keluar dari garasi Movistar Yamaha dengan fairing ber-aero kit di motor sasis 2017, selang beberapa menit Rossi menyusul ke trek. Rossi dilaporkan memakai 2 sasis M1 2016, dengan dipasangkan mesin M1 2017 dan sasis satunya lagi dipasang dengan mesin M1 2018. Di lain sisi Vinales punya misi pengetesan yang berbeda, dengan 2 mesin M1 2017 yang dipasangi masing-masing ke sasis M1 2017 dan M1 2016.

Terlihat Yamaha masih bingung dengan coba-coba banyak setup mesin dan sasis, jelas bahwa Rossi punya kerjaan untuk membandingkan dua spek mesin, sementara Vinales bekerja dengan membandingkan data sasis.

Zarco yang hari kemarin sempat saling geser di puncak timesheet, hari ini terlihat lebih kalem dengan hanya sesekali mencetak lap time baru. Sempat mengalami kendala teknis ketika baru masuk ke lintasan, Zarco jadi lebih sering berada di pit.

Menurut Zarco, motor 2017 lebih nyaman ketimbang Yamaha M1 2016, ada perbedaan antara keduanya namun menurutnya tidak terlalu jauh berbeda. Seperti kecepatan mesin 2016 dengan 2017 yang sama tapi lebih unggul yang versi 2017 nya. “Saya menjalani long run dengan ban balap, kami sudah banyak menganalisa dan kami akan mengulangikembali di Sepang dan juga ini adalah motor [2017] yang siap untuk merebut kemenangan.”

Aprilia

Redding yang sejak hari pertama sesi uji coba merasa baik dengan RS-GP, menghabiskan masa test untuk beradaptasi dengan tunggangan baru serta mencari posisi berkendara terbaik dengan Aprilia. Scott Redding mengungkapkan fakta bahwa Aprilia RS-GP dengan aero kit hanya sedikit keuntungan yang didapat pada trek lurus, namun Aprilia punya target untuk mencoba fairing baru dengan aero kit yang lebih besar namun disinyalir akan bekerja lebih baik dari yang sekarang. Sementara Aleix Espargaro masih sanggup mempertahankan pace seperti hari pertama. Belum ada tanda-tanda parts baru untuk RS-GP yang dipakai kedua rider.

KTM

Hari kemarin jatah Pol Espargaro yang mencoba suspensi terbaru dari WP Suspension dan swing arm baru, nah pada pengetesan hari ini giliran Bradley Smith yang dapat kesempatan untuk menguji parts baru itu di RC16. Dan semua masukan yang didapat selama dua hari di Valencia akan dibawa ke Jerez pekan depan untuk kembali di uji coba.

Recap Hari Pertama MotoGP Valencia Test

Honda merupakan pabrikan dengan motor 2018 yang paling siap, prediksi singkat dan sederhana TMCblog, HRC sudah melakukan pengembangan jauh-jauh hari sembari bergulirnya musim kompetisi 2017. IMHO. Lalu duo rider Suzuki sudah mendapatkan paket motor untuk 2018, namun sangat disayangan karena kondisi badan kedua rider nya yang belum fit sehingga urung tampil maksimal di hari terakhir test Valencia 15 November ini.

Yamaha pabrikan yang sangat sibuk sejak malam danpagi hari tadi, dengan berbagai macam kombinasi sasis dan mesin 2016, 2017, 2018 yang diuji-cobakan kedua ridernya. Sementara tim satelit, Tech 3 Yamaha sudah mengetest motor 2017 yang disinyalir kuat akan dipakai di musim kompetisi 2018 mendatang, yang kami berharap akan diberikannya update part terkini untuk seorang yang bertalenta seperti Johann Zarco.

Dari pabrikan Eropa, DUcati factory yang mengakhiri lebih awal tampak sudah siap dengan semua data-data untuk ditest kembali di JErez pekan depan. Di lain paddock, ada KTM dan Aprilia belum menunjukkan kejutan pada dua hari sesi uji coba Valencia.Hari terakhir pengetesan KTM factory kedua rider nya sudah mencoba perangkat suspensi terbaru yakni front fork serta swing arm baru.

Beberapa team akan melakukan sesi test di sirkuit Jerez pekan depan, Ducati, Suzuki dan juga Honda. Sedangkan Yamaha baik Movistar Yamaha Factory dan Tech 3 Yamaha lebih memilih melakukan sesi test di Sepang Malaysia dua pekan mendatang.

Nugi TMCBlog

Hasil Kombinasi Waktu Post-season Valencia Test 2017

68 COMMENTS

    • Tepatnya setelah race sachsenring Stoner mengeluh sakit cideranya dan setelah itu absen 3 seri(padahal pemimpin klasemen), sehingga Pedrosa yg kerja keras..
      Ya setidaknya memenangi konstruktor & team(kalo g salah)..

      Guest
    • iya 2012 gara” stonernya cidera itu pas gp sachsenring jerman. fight sama pedrosa sampe last lap dan last corner lalu stoner crash cidera dan absen.

      Guest
    • ya masih inget tuh duel sengit sachsenring cs vs dp, gile itu ninggalin duo yamaha 14 dtk lebih.. waktu jaman dp ngacir saat start.. hhee.. #mf ini bukan bc ya..

      Guest
  1. kyak ny udan mnjadi rutinitas wak hji nih lounching artikel tengah mlam(jam 23-24 wib),…untung wak hji bukan petinggi atpm pabrikan motor, gak terbayangkan tuh me-lounching produkny tengah mlam gini😁😁

    Guest
  2. Kabar Stefand Bradl gimana nih..?
    Melanjutkan karirnya di SBK atau jadi test rider HRC..?

    Jadi g sabar kaya gimana sponsor minuman energi berebut rider rookie macam Luthi sama Nakagami(Simeon kayanya g bakal dapat dan Morbidelli bakal lanjut sama Monsternya) dan kelanjutan kontrak RedBull sama Dovi dan Miller(putus apa lanjut)

    Guest
    • Bukannya 2 bulan dilarang adanya test winter(desember-januari) ya..?

      Kecuali tim konsensi penuh bisa lain cerita..

      Ya sekiranya ada “clue” antara mereka yg akan dapat sponsor minuman energi, selama ini yg paling berkesan 2 sponsor RedBull-Monster Energy selalu adu kuat sponsor di lingkup motogp..
      Kemungkinan di moto3 tahun depan bakal ada 7 rider Monster dan 5 Rider RedBull(soal Antonelli bakal lanjut RedBull atau balik ke Monster, Toba bakal dapat RedBull atau nggak)..
      Moto2 yg dapat RedBull cuma 3(Nagashima belum pasti) rider sedang Monster 5 rider..
      Nah motogp masih sangat samar-samar banget, nunggu tahun depan seenggaknya bulan februari baru terlihat sponsornya..

      Guest
    • klau sya gak slah, jadwal test pramusim pertma 2018(test resmi) d majuin jadwalny bro, .. yg biasany d adakan buln febuari d majuin jdi bln bln desember(kayaknya),….

      Guest
  3. di jerez nanti merupakan hal yang istimewa buat marquez brother nih. dikarenakan marc vds menurunkan alex marquez buat kasih input rcv ke tim karena luthi belom bisa ikut tes.
    penasaran liat marquez brother ngebut bareng pake rcv nih.
    dulu 2014 naik rcv bareng tp lebih ke fun race aja.

    Guest
    • gen balap yg d miliki ortu marquez bersaudara 70% jatuh ke dri marc marquez bro, sedangkan alex marques hanya kebagian 30% doang sehingga performa mereka bak harimau vs kucing😁😁😁😁

      Guest
    • belom tentu juga bro. alex dimoto2 emang sulit banget berkembang, saya malah gregetan pengen bgt nyuruh dia nyoba pake ktm atau suter gitu kaya si marquez dulu pake suter yang anti mainstream siapa tau gen marquez cocoknya pake suter.
      dulu juga marquez di gp125 kesulitan juga sih kaya si alex, sulit berkembang pake ktm sampe akhirnya memutuskan pindah pake derbi.

      Guest
    • Tapi entah juga termasuk sihir sponsor minuman energi juga..

      Di moto3 dulu Rins performanya jauh lebih bagus dibanding Alex Marquez waktu di KTM sponsor minuman Monster, ketika pindah ke Honda dan bersponsor RedBull malah Alex Marquez sulit musuh sulit Miller, yg aneh malah Rins justru ngedrop banget dibanding sebelumnya..

      Mungkin Alex Marquez ngikutin kakaknya Disponsorin RedBull lagi biar disihir jadi juara..😆😆

      #ini cuma sebatas opini saya aja

      Guest
    • bukannya silsilah keluarga marquez nggak ada yg dari pembalap ya?bapaknya aja cuma hobi nonton balap doang.
      Jadi skill marc itu emang murni karunia tuhan,dan alex ada juga tapi nggak se strong abangnya harus adaptasi lama dulu

      Guest
    • yup. benul. keluarga markes gak ada yg mbalap. cuma keluarganya markes mendukung anaknya yg hobi mbalap dari kecil usia belia

      Itu

      Guest
  4. Menurut Zarwo, motor 2017 lebih nyaman ketimbang Yamaha M1 2016,,,

    Loh kata rossi johan zarwo jangan pake motor 2017 alesannya ngga enak,,,

    Ini si legend makin ngawur?????

    Guest
    • gengsi bror. legend tukang pancal bocah ini harus benar poko e. doctor palsu gak boleh disalahken. jebulek….
      ucapan stoner, terbukti benar.
      “Obviously your ambition outweighed your talent”

      Itu

      Guest
    • Ini baru test mas bro! Ingat lagi gimana hasil test M1 tahun kemarin! Rossi kan cuma menyarankan, dan di tambahi bro Nugi minta dikasih part terkini.
      Kalian mah ABR(asal bukan Rossi).
      Sama pak tua mandul aja masih kojel-kojel!

      Guest
    • Tuh ada valeban yg ga terima…di blog lain dia ngaku netral…disini kelihatan aslinya wekekekek

      Guest
    • disini yang ditekankan pendapat zarconya bro bukan hasil tesnya juga. zarco bilang kan M1 2017 lebih baik dibanding 2016, malah punya beberapa kelebihan yang menurut dia membantu dalam mengendarai motornya.
      sedangkan rossi sama vinales bilang kan 2017 itu lebih buruk dibanding 2016.
      nah omongan zarco ini diperkuat hasil tes dia yg oke juga.
      jadi penasaran ini yang bener 2 pembalap pabrikan apa si zarconya nih ?
      kalo misalnya nanti pas race zarco bisa finish didepan 2 pembalap pabrikan pake M1 mah bisa ancur dunia persilatan motogp nih.

      Guest
    • *kalo misalnya nanti pas race zarco bisa finish didepan 2 pembalap pabrikan pake M1 2017 mah bisa ancur dunia persilatan motogp nih.

      Guest
    • Waduuhhh….susah kalo sudah jadi hater mah…..hasil test valencia bahakan sampe beberapa seri pertama malah vinales mengkilap banget….makanya gak aneh kalo sekarang ditest valencia sama zarco mengkilap juga….liat aja ntar pas race 2018 sampe akhir seri terbukti gak omongan si VR…ekekekekek….

      Guest
    • ana istilah baru kiye. ABR (asal bukan rosidin). yo jelas ! LOL

      namanya kompetisi ada supporter, ada hater. makanya ada namanya fans-base rider.
      pean dukung semua rider motogepeh untuk jadi pemenang ??? jelas pean super ngapusi gedabrus

      race musim depan, analisa inyong masi tetep sama kompetisinya. juara bertahan vs ducati army. yg lain we’ll see ae lah

      kenapa ??
      gigi & ducati akan memprioritaskan jolor full support untuk pertarungan championship. sudah terlihat nge-klik performanya. porsinya spertinya akan dibalik dg dovi.

      punya analisa sendiri ?? silakan diutaraken di kolom komentar.

      Itu

      Guest
  5. Pekan depan kalo test di Jerez blue team masih lambat di sarankan pake winglet congor + ban cacing + tanki bensin isi 2 liter biar enteng,,,

    Guest
    • ada yg menyarankan supaya para rider m1cin untuk nyemplak jin jarpis biar juara bror. bukan nyemplak motor. LOL

      Itu

      Guest
    • saya malah kurang yakin, itu part aerodinamik yg di test yfr bakal lolos regulasi, secara dari bentuk 99% menyerupai winglet yg dipakai JL wkt msih di yamaha, yg boleh dibilang seperti “sirip” yang jelas² itu dilarang menurut regulasinya.. tp mungkin alasan pertimbangan test kali ya.. imho..

      Guest
  6. dari semua tes saya malah penasaran sama tes buriram thailand nanti.
    dulu pas dikasih layout sirkuit buriram pembalap pada komen sirkuitnya biasa aja cenderung membosankan karena lebih banyak track lurusnya.
    nah pas nyoba langsung nanti gimana nih, belom lokasinya dari pusat kota dan bandara bisa 6 jam lebih wkwkwk

    Guest
  7. inyong tetep penasaran dg teknologi baru yg dibenamkan di engine & sasis rcv 2018. ngubek2 web gelap tetep masi gelap, super secret. meskipun ‘bocoran’ info rcv menggunakan new engine & sasisnya akurat pada libur paruh musim lalu, klop & sinkron. cuma disebut teknologi pertama kali yg diciptakan HRC untuk rcv generasi terbaru. super penasaran

    Itu

    Guest
  8. jack miller???? hhhmmmm,…. aroma ny nih miller bersinar thun depan …… gak mungkin lah stoner tega melihat rekan senegaranya sekaligus rider terbaik aussie saat ini d semua ajang blap roda dua berjuang sendirian,…. kemarin doi langsung jdi rider ducati tercepat, dan hari ini doi hanya klah ma lorenjo(d antra rider ducati) yg notabeneny merupakan “rajany” sirkuit valencia,… bisa2 thun depan miller akan jdi tempat “pelabuhan dadakan” valeban nih😁😀😁😀

    Guest
    • Ya cukup diakui juga Miller seperti “dendam” sama keluarga Marquez gegara waktu di moto3…

      Tapi di motogp kayanya antara Miller sama Marq Marquez g terlalu ada clash dibanding Miller-Alex Marquez, mungkin dendamnya sama adeknya Marq, mungkin Miller g terlalu nunjukin keselnya sama Marq krn yg pantes diluapkan emosinya harus sama Alex..

      Guest
    • hahahaha miller vs alex marquez. epic banget tuh pas dimoto3 ktm vs honda.
      paling parah yang pas sait bai sait seru antara miller vs alex sampe si miller nyungsep dari motornya.

      Guest
    • Hadir,
      Dan sentuhan agresifitas yg ditunjukin alex marquez di moto3 nggak terlalu kelihatan di moto2,agresif dikit langsung crash

      Guest
    • dana; jarko nanti crita serunya pas gabung di kateyem factory taun 2019 bror
      kateyem sudah terang2an & terbuka ngunci jarko untuk jadi rider utamanya. smith didepak

      Itu

      Guest
  9. Yamaha nggak test di Jerez lagi?nggak bakal jadi blunder lagi buat evaluasi kemampuan M1 di sirkuit kuno nan sempit dan licin yg buruk banget musim ini
    Keputusan yg benar2 dipertanyakan???

    Guest
    • Geblek emang yamaha… Ga mau belajar dari tahun sebelumnya..
      Dulu m1 terkenal sebagai penguasa sirkuit eropa. Sekarang kejuaraannya dah bisa ditebak.
      3 race awal disirkuit baru yang gripnya bagus,,yamaha menguasai.
      Walaupun di seri cota,,mm93 yg jadi pemenangnya.
      Seri jerez yamaha mulai sakit. Para fby mulai masuk zambaann.
      Bener2 ga mau belajar..

      Guest
  10. Tumben coment pada sejuk semua, enak dibaca, enak untuk nambah wawasan, ane demen nih begini.
    Semoga para sales dan fan boy katro hilang di telan bumi.

    Guest
  11. ”Menurut Zarco, motor 2017 lebih nyaman
    ketimbang Yamaha M1 2016, ada perbedaan antara
    keduanya namun menurutnya tidak terlalu jauh
    berbeda. Seperti kecepatan mesin 2016 dengan
    2017 yang sama tapi lebih unggul yang versi 2017
    nya. “Saya menjalani long run dengan ban balap, kami sudah banyak menganalisa dan kami akan
    mengulangikembali di Sepang dan juga ini adalah
    motor [2017] yang siap untuk merebut
    kemenangan”……….nah loh kata mbah oci m1 2017 gak recomended wak,,,yg bener yg mana neh???

    Guest
    • Emang bener2 punch in the face buat rossi nih statement nya zarco. Ane yakin setelah vinales punya “temen” dia bakal berani speak up ke tim factory yamaha.

      Setelah sebelumnya vinales sendirian beda pendapat sm rossi soal sasis, tentu yamaha ngikutin pendapat rossi karena lebih berpengalaman. Tapi disini blundernya rossi, dia ngeluarin statement publik bahwa vinales gatau sejarah m1 dan salah ngembangin m1. Menurut ane itu blunder yg sangat bahaya pake cara mendiskreditkan seseorang secara publik, pasti bikin orang itu dendam. Harusnya hal2 ky gitu disimpen di dalam tim aja. Tp vinales sadar posisinya saat itu emang lemah jd dia diem aja ngikutin permainannya rossi.

      Tp sekarang ada 2 pembalap muda yg punya pendapat berlawanan sm rossi, posisinya rossi pasti jadi lemah sekarang, apalagi hasil test si 2 pembalap muda ini laptimenya konsisten lebih cepet dari rossi
      Dan si Zarco nih nakal juga wkwk. Setelah “dibilangin” rossi secara publik buat nolak m1 2017 karena motor itu bosok, malah setelah test dengan enteng nya bilang m1 2017 lebih bagus dari pada m1 2016. Bener2 dipermalukan sama 2 bocah. Entah gimana lanjutan ceritanya, pasti menarik dinamika perpolitikan didalem paddock yamaha

      Guest
  12. Klo honda sdh kompetitip sejak awal musim alamat boring nih balapan buat honda dan marc haters,kayak thn 2014,walaupun saya yakin gap antar pabrikan gk terlalu jauh kayk musim 2014,tapi bisa di bayangkan jika mm bisa juara mulai seri qatar bakal pda empot empotan pembalap laen buat ngejar dia,minimal kayak thn 2016 dimana mm93 sdh mengunci gelar saat masih tersisa 3 seri lagi.

    Guest
    • Setuju! Jangan sampe sepanjang musim didominasi sm 1 pabrikan aja, apalagi 1 pembalap doang ky musim 2014, yakali 13 podium 1 di makan semua sm marquez what the hell dude. yang lain pada mancing

      Semoga keseruan musim 2017 terulang musim depan. Desmodovi jangan sampe cuma jadi 1 hit wonder, lorenzo semoga udah nyaman sama gp18. Factory yamaha semoga udah bisa nemu settingan pas. Gontok2an udah, bakal seru banget pasti!

      Guest
  13. Gk sabar nunggu penampilan rockie mordidelli smoga seperti zarco klo motor mendukung bs cucu cicilan dgn pembalap senior..sepertiny peta persaingan gk berubah antar dovi marquez pedrosa khusus mbak vina mbah rosikil kyknya gk ada perubahan lempeng kyk kerupuk lalu menyalahkan ban.. Hihihi.. hati hati kolom mulai nyata dgn motornya raja touring klo dpt motor bagus…ekekkekkkk

    Guest
  14. Team Honda selalu siap untuk paket motor musim depan dengan menyiapakannya sambil musim berjalan, sementara yamaha selalu di sibukkan pada awal pengetesan mungkin ini akibat tidak punya test rider yang benar2 mumpuni seperti permintaan vr46, akan berat buat yamaha jika tidak segera mendapatkan hasil untuk memutuskan motor mana yang akan di pakai untuk musim depan. Sangat menarik hasil dari Zarco tapi tinggal lihat pada lintasan panas atau hujan yg minim grip untuk membuktikan bahwa M1 2017 bermasalah pada sircuit2 tertentu dan lintasan basah. Pasti akan ada kejutan sasis 2016 yang dipasangkan mesin M1 2018, tinggal lihat hasil akhir sesi test. Untuk para debutan dan juga rider2 yang pindah team sangat menarik nih penasaran sama morbideli apakah bisa lebih bagus dari jack miller, untuk membuktikan kalau motor honda RCV 213 bisa dikompetitif di team satelit.

    Guest
    • yamamprol sudah punya test rider. sering dapat wildcard kalo pas race jepang. setiap pabrikan pasti sudah ada test rider bror

      Itu

      Guest
  15. Gk bisa bkin inline bkin mesin v itupun tdk skenceng ducati..

    Yg naik markozonk di Raja dlosor ,,mtr nya pun pling sering dlosor ya recivi..😂
    Pasangn ideal

    Guest
    • Terus yg ngaku mesin dewa dari planet namex mana batang hidungnya..?😆

      Dlosor paling banyak aja bisa juara dunia, lah yg kena hujan jadi krupuk melempem apa kabarnya(baca vingelez)..😆

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here